Beranda > PESONA ALKITAB > YESUS LAHIR PADA MASA KAISAR AGUSTUS ATAU HERODES? HERODES YG MANA?

YESUS LAHIR PADA MASA KAISAR AGUSTUS ATAU HERODES? HERODES YG MANA?


Pertama-tama ada baiknya kita baca dulu Matius Pasal 2 dan Lukas pasal 2 dan pasal 3. Jika sudah akan lebih mudah memahami dan menjawab pertanyaa.

Di Alkitab ada banyak orang yang disebut dengan Herodes (gelar/pangkat dalam pemerintahan) misalnya:
1. Herodes Agung, raja atas seluruh tanah Palestina (37-4 Sebelum Masehi).
Ialah yang memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki di Betlehem, pada masa tidak lama sesudah Yesus lahir. (Mat 2:1-23; Luk 1:5).
2. Arkhelaus, anak Herodes Agung, memerintah atas Yudea dan Samaria
( 4 Sebelum Masehi —6 Sesudah Masehi). Ia dipecat dan daerahnya dimasukkan
langsung ke dalam Kerajaan Romawi (Mat 2:22*).
3. Herodes Antipas, anak Herodes Agung, raja wilayah atas Galilea (4 Sebelum Masehi —39 Sesudah Masehi), yang kemudian dipecat. Ia kawin dengan Herodias, bekas isteri saudaranya (Luk 3:19). Dialah yang membunuh Yohanes Pembaptis (Mat 14:1-12).
4. Herodes Agripa I, cucu Herodes Agung, raja atas seluruh Palestina (41-44 Sesudah Masehi). Dialah yang membunuh rasul Yakobus dan yang memenjarakan Petrus (Kis 12:1-25). Anak Herodes Agripa I ialah Agripa II

Nah Yesus dalam Matius 2:1
(“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes [yaitu Herodes Agung], datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem”)

Yesus berada dalam masa pemerintahan Herodes yang bernama Herodes Agung (memerintah dari 37 sampai 4 Sebelum Masehi), jadi Yesus lahir di akhir masa pemerintahan Herodes Agung (perhatikan ayat Matius 2:22, Herodes Agung mati digantikan dengan Arkhelaus, anaknya)

Matius 2:22 “Tetapi setelah didengarnya, bahwa Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes [Herodes Agung], ayahnya, ia takut ke sana. Karena dinasihati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea.”
Lukas 2:1-2 berkata:
2:1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.
2:2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.

Lukas 3:1-2
3:1 Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea [Herodes Antipas], Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,
3:2 pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.

Perhatikan Keterangan mengenai Kaisar dan masa memerintahnya dalam Kamus Alkitab:

Sejak Agustus, raja atau kepala pemerintah Roma diberi gelar Kaisar. Yang menjadi Kaisar pada zaman Perjanjian Baru berturut-turut ialah:
1. Agustus (memerintah dari tahun 31 Sebelum Masehi —14 Sesudah Masehi (SM), bandingkan Luk 2:1*), Yesus Kristus dilahirkan pada zaman pemerintahannya
2. Tiberius (memerintah dari tahun 14-37 SM). Yohanes Pembabtis (Luk 3:1) dan Yesus (Mat 22:17,21; Luk 23:2; Yoh 19:12,15) tampil di masyarakat pada zaman pemerintahannya.

3. Kaligula (memerintah dari tahun 37-41SM),
4. Klaudius (memerintah dari tahun 41-54 SM), disebutkan berkaitan dengan bencana kelaparan (Kis 11:28) dan pengungsian orang-orang Yahudi dari kota Roma ( Luk 18:2*).

5. Nero, mungkin dialah yang disindir dengan angka 666 dalam Wahyu (Wahyu 13:18), Nero (54-68 sesudah Masehi), seperti termaktub di dalam Kis 25:10-12 ( Paulus) dan Filipi 4:22

6. Vespasianus (memerintah dari tahun 69- 79)
7. Titus (memerintah dari tahun 79-81) yang pada tahun 70 memusnahkan kota Yerusalem. Beberapa di antara mereka disembah seperti dewa dan juruselamat dan diberi gelar kehormatan Kurios = Tuhan.

Jadi jelas kiranya bahwa Yesus lahir di masa pemerintahan Kaisar Agustus dan Raja Herodes Agung. Yesus lahir menjelang masa akhir pemerintahan Raja Herodes Agung, perkiraannya yaitu Yesus lahir tahun 6 Sebelum Masehi (berdasarkan data Matius 2:16, bayi-bayi yg mau dibunuh Herodes Agung adalah bayi yg berusia 2 tahun ke bawah sesuai keterangan Orang-orang Majus yg datang dan menyembah Yesus—jadi Yesus saat itu berusia 2 tahun ke bawah). Herodes Agung mati tahun 4 Sebelum Masehi, maka kurangi 2 tahun, jadi kira-kira Yesus lahir tahun 6 Sebelum Masehi.

Jadi kesimpulannya Yesus lahir di masa pemerintahan Kaisar Agustus dan Raja Herodes Agung.
Dan ketika Kaisar Tiberius, pengganti Kaisar Agustus, memerintah, Yesus sudah besar (Lukas 3:1-2), kira-kira usia Yesus 30 tahun (berdasar data Lukas 3:1-2), lebih muda 6 bulan dari Yohanes Pembaptis. Sesuai dengan aturan PL bahwa Usia orang mulai mengajar/melayani adalah 30 tahun.

Demikian setelah Herodes Agung mati, anak-anaknya menjadi Herodes di wilayah yg beda-beda, bagi-bagi kekuasaan gitu dech. Arkhelaus jadi raja di Yudea dan Samaria, sedang Herodes Antipas, jadi raja di Galilea.

Inti jawaban pertanyaan yaitu perlu tahu siapa nama yg memerintah dan periode tahun memerintahnya serta apa jabatannya apakah Kaisar, Herodes atau lainnya. Maka terjawablah pertanyaan, tidak ada yg kontradiksi dalam ayat-ayat Alkitab.

Demikian jawaban saya. Jika menemukan ”kontradiksi2” semacam ini, coba pahami lebih dulu perikop dan ayat-ayat Alkitabnya.

About these ads
  1. belalang
    22 Januari 2013 pukul 3:48 PM

    Erm…kaisar agustus dan herodes agung sama atau tidak?

  2. 24 Januari 2013 pukul 7:02 AM

    Tidak sama. Beda orang

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: