Beranda > Fakta Unik > Peta Bumi Datar Berumur 120 Tahun

Peta Bumi Datar Berumur 120 Tahun


Peta dibuat Orlando Ferguson dari Hot Springs, South Dakota, AS, itu saat ini dimiliki Don Homuth yang tinggal di Salem, Oregon.

TRIBUNJOGJA.COM,- Sebuah peta langka yang menggambarkan Bumi datar akan didonasikan kepada Library of Congress di Washington DC, Amerika Serikat. Peta yang berumur 120 tahun itu mendukung teori Bumi yang datar, bukan berbentuk bola.

Peta yang dibuat oleh Orlando Ferguson dari Hot Springs, South Dakota, AS, itu saat ini dimiliki oleh Don Homuth yang tinggal di Salem, Oregon. Menurut keterangannya, peta itu merupakan pemberian guru bahasa Inggrisnya di kelas delapan yang bernama John Hildreth.

Homuth berniat untuk mendonasikan peta itu pada akhir Juni setelah selama bertahun-tahun menyimpannya dalam keadaan terlipat. “Sangat mengejutkan saat mengetahui ini mungkin satu-satunya peta yang menggambarkan bumi datar yang ada,” kata Homuth seperti dikutip Daily Mail.

Menurut Robert Morris, spesialis informasi teknis senior pada Geography and Map Division di Library of Congress, mereka telah berupaya mencari di antara 75 hingga 100 peta yang berkaitan sebelum memastikan bahwa mereka belum memiliki peta serupa dalam koleksinya. Saat ini, Library of Congress mempunyai lima juta peta dalam koleksinya. Namun tak satupun yang serupa dengan peta yang dimiliki Homuth.

Morris pun mengatakan, mungkin peta tersebut hanya dicetak beberapa lembar. “Dari jumlah itu, lebih sedikit lagi yang kondisinya masih utuh,” katanya. Peta serupa lainnya diketahui ada di Pioneer Museum of Hot Springs di rumah Ferguson, sang pembuatnya. Namun bagian bawah peta di museum itu hilang sehingga peta yang kini di tangan Homuth lah yang kondisinya masih utuh. (*) Editor : iwan, Sumber : National Geographic

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: