Beranda > dede wijaya, PESONA ALKITAB, TOKOH > 4 NAMA MALAIKAT DALAM ALKITAB

4 NAMA MALAIKAT DALAM ALKITAB


Tahukah Anda ada berapa nama Malaikat dalam Alkitab? Jika kita membaca Alkitab maka kita akan mengetahui bahwa ada 4 nama malaikat dalam Alkitab yang bisa teridentifikasi yaitu: GABRIEL, MIKHAEL, LUCIFER (nama ini ada dalam Alkitab bahasa Inggris seperti KJV-King James Version, dalam Alkitab bahasa indonesia disebut Bintang Timur), dan ABADON / APOLION. Nah mari kita perjelas satu per satu keempat nama malaikat ini.

GABRIEL
Gabriel memainkan peran dalam kisah kelahiran Yesus, dan juga sepupu Yesus, yakni Yohanes Pembaptis yang usianya lebih tua 8 bulan dari Yesus. Lukas 1 mengisahkan tentang imam Zakharia, yang melihat malaikat di bait Allah. Gabriel mengumumkan bahwa istri Zakharia, Elisabet, akan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan “menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.” Zakharia yang sudah tua menjadi ragu-ragu, maka Gabriel yang menyatakan bahwa ia “yang melayani Allah” (ay 19), menghukum Zakharia menjadi bisu sampai bayi itu dilahirkan.

Gabriel mendatangi Maria di nazaret dan memberi tahu bahwa ia akan melahirkan seorang anak, “Anak Allah Yang Mahatinggi” (ay 32). Maria menjawab bahwa ia adalah seorang perawan, tetapi Gabriel berkata, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah” (ay 35). Gabriel menampakkan diri kepada Daniel dalam kitab Daniel sebagai penafsir dari berbagai penglihatan Daniel yang misterius. (Dan 8:16; 9:21)

MIKHAEL
Ada beberapa Mikhael dalam Alkitab, tetapi hanya satu yang penting yaitu Mikhael yang menjadi malaikat dengan jabatan Sang Penghulu Malaikat atau semacam “pemimpin malaikat atau kepala para malaikat.” Nabi Daniel menyebut dia lebih dari sekali sebagai “pemimpin”, Mikhael adalah malaikat pelindung surgawi bagi umat/bangsa Israel (Dan 10:13,21; 12:1). Kitab Wahyu menggambarkan sebuah peperangan pada akhir zaman, dengan Mikhael dan malaikat-malaikatnya bertempur melawan Naga, Ular Tua, Setan/ Lucifer dengan 1/3 para malaikat surga yang mejadi pemberontak mengikuti Lucifer (12:4,7). Jadi Mikhael lebih terlihat perannya pada akhir zaman ini.

LUCIFER
Arti namanya yaitu ”pembawa terang”. Ini disebutkan hanya sekali dalam PL, dalam Yesaya 14:12-15:

How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations! For thou hast said in thine heart, I will ascend into heaven, I will exalt my throne above the stars of God: I will sit also upon the mount of the congregation, in the sides of the north:  I will ascend above the heights of the clouds; I will be like the most High.
Yet thou shalt be brought down to hell, to the sides of the pit.

14:12 “Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku
mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
14:15 Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Para pembaca Alkitab dari berbagai generasi percaya bahwa Lucifer itu dulunya adalah malaikat yang melayani Allah dengan pujian dan penyembahan, tubuhnya dipercaya terdiri dari berbagai macam alat musik, ketika ia bergerak, maka alat musik dalam tubuhnya berbunyi dengan indahnya, pada mulanya ia memimpin para malaikat pemuji yang berada di sekitar takhta Allah, namun kemudian ingin menjadi seperti Allah, hendak menyamai Yang Mahatinggi, dia seorang malaikat angkuh yang memberontak melawan Allah, lalu dibuang dari surga ke bumi.

Dalam PB Paulus menyebutkan bahwa setan/Ular Tua/Naga/Singa yang mengaum-aum “menyamar sebagai malaikat Terang” (2 Kor 11:14). Dalam suratnya kepada Timotius mengenai kualifikasi rohani bagi seorang pendeta, Paulus menyatakan bahwa “janganlah ia orang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman seperti yang terjadi pada Iblis” (I Tim 3:6). Lusifer bersama para malaikat pengikutnya selalu berusaha mendakwa dan menggoda anak-anak Tuhan, bahkan berusaha menghalangi pemberitaan injil kerajaan Allah di bumi ini. Pada Masa Kerajaan Seribu Tahun, Lusifer ditangkap dan diikat serta dilemparkan ke dalam jurang maut supaya ia jangan menyesatkan bangsa-bangsa sebelum berakhir masa seribu tahun. Setelah itu dia dilepaskan dan untuk terkahir kalinya akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi dan mengumpulkan manusia yang berhasil disesatkan dan berperang melawan Allah dan orang-orang kudusnya. Namun dikalahkan oleh Allah. Akhirnya Lusifer/Iblis dan para malaikatnya akan dihukum selama-lamanya di neraka yang kekal bersama orang-orang yang tidak beroleh keselamatan dalam Yesus.

ABADON / APOLION
Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion (Why 11:9). Arti namanya ialah Kehancuran (Abadon) atau Penghancur/Pembinasa (destroyer- Apolion) Malaikat Jurang Maut ini memimpin para malaikat lain untuk menyiksa para manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya selama 5 bulan. Rupa Abadon dan para malaikat ini dalam bentuk belalang-belalang seperti kuda yang disipakan untuk peperangan, di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia, rambut seperti rambut perempuan, gigi seperti singa, dada seperti baju zirah, bunyi sayap mereka seperti bunyi kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan, ekornya seperti kalajengking dan ada sengatnya, di dalam ekor mereka terdapat kuasa untuk menyakiti manusia lima bulan lamanya. Peristiwa ini terjadi pada akhir zaman ketika malaikat meniupkan sangkakala ke lima. Para Malaikat ini hanya menyiksa tetapi tidak mencabut nyawa manusia pada 7 tahun masa kesusahan di akhir zaman nanti.

Sumber: PESONA ALKITAB, cetakan ke-5,  PBMR ANDI, Dede Wijaya.

About these ads
  1. Cat the Snake Chaser
    11 April 2013 pukul 6:35 AM

    KENAPA ADA SIMBOL DRAGON DI VATICAN? (check http://images.google.com)
    KENAPA DI KAMUS LAWAS “VATICAN” ARTINYA HOLY SERPENT (VATIS CAIN)?
    KENAPA ALTAR UTAMA VATICAN (BALDACHINO) BERBENTUK ULAR RAKSASA?

  2. iri dengki
    11 April 2013 pukul 9:42 AM

    mengapa ya Yahweh yahudi Pecemburu ?

  3. Kyung Joon
    26 April 2013 pukul 8:50 PM

    Bagaimana dgn serafim??

  4. 27 April 2013 pukul 4:00 AM

    Serafim bukan nama malaikat, namun Jenis/Golongan Malaikat. Sama seperti Kerubim (akhiran -im menyatakan Jamak/banyak)

  5. King James
    14 Mei 2013 pukul 10:28 PM

    Shalom Mas Dede yang saya hormati,

    Mas Dede yakin hanya 4 malaikat yang teridentifikasi ???

    Ada malaikat bernama AZAZEL Di Kitab IMAMAT 16:8-10.

    Dalam THE BOOK OF ENOCH (Buku yang ditulis oleh Hanukh), justru lebih lengkap lagi tapi sayangnya THE BOOK OF ENOCH tidak termasuk dalam BIBLE dan dianggap sebagai salah satu Kitab Apocrypa oleh Gereja, walaupun Kitab ini diakui oleh Gereja Kristen Orthodox di Ethiopia sebagai salah satu Firman YAHWEH Elohim.

    Hanukh bahkan menulis nama2 Malaikat seperti GRIGORI dan RAFAEL dan juga nama2 dari 200 Malaikat yang menikah dengan manusia…(Mas Dede jangan ketawa dulu)

    Kitab Suci ILT di Kejadian 6:1 : Dan terjadilah ketika manusia di muka bumi mulai berlipat ganda, dan anak-anak perempuan terlah diperanakan bagi mereka, lalu “anak-anak Elohim” melihat bahwa anak-anak perempuan manusia, bahwa mereka elok. Maka mereka mengambil istri-istri bagi mereka semua yang telah mereka pilih.

    Kata “anak-anak Elohim” yang disebutkan oleh Hanukh adalah 200 Malaikat yang mempunyai anak dari manusia dan anak2 mereka ini bertubuh tinggi besar seperti raksasa, Bangsa Israel menyebut mereka sebagai bangsa NEPHILIM.

    Kejadian 6:4 :
    Pada hari-hari itu, para raksasa telah ada dibumi, bahkan juga sesudahnya (kemungkinan yang dimaksud sesudahnya adalah sesudah BANJIR BESAR AIR BAH), ketika “anak-anak Elohim menghampiri anak-anak perempuan manusia dan mereka telah melahirkan baginya, mereka adalah orang-orang perkasa yang sejak lama, orang-orang yang ternama.

  6. 21 April 2014 pukul 8:42 AM

    I think this is one of the most vittal info for me. Annd i am
    glad reading your article. But should remark on
    some general things, The web site tyle is wonderful, the articles is
    really nice : D. Good job, cheers

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: