Arsip

Archive for the ‘Alkitab’ Category

ALKITAB ADALAH DASAR SEMUA PENGETAHUAN

BIBLEBanyak orang di dunia ini  yang menempatkan Alkitab pada posisi yang kontra  dengan  ilmu  pengetahuan. Mereka  melihat  Alkitab  sebagai  buku kuno  penuh  mitos  yang  mengandung banyak  kontradiksi  dengan  sains modern.  Jika  masalah  ini  terbatas  hanya kepada  orang-orang  dunia  yang  tidak percaya Tuhan, maka ini  tidaklah  terlalu mengherankan.  Tetapi,  yang  paling menyedihkan adalah  banyaknya  orang yang  mengaku  dan  memakai  nama “Kristen,”  tetapi  terpengaruh oleh paham  seperti  itu.   Banyak  orang “Kristen”  demikian  yang  berkompromi dengan  berkata  bahwa  “dalam  hal rohani,  Alkitab pasti benar, tetapi  dalam  hal ilmu pengetahuan, Alkitab banyak salah.” Dengan  kata lain,  Alkitab akurat untuk memberitahu jalan  ke Sorga,  tetapi tidak bisa memberitahu tentang  hal-hal material di  alam  sekeliling  kita.

Tetapi, posisi kompromi seperti  itu  tidak  bisa  dipertahankan  secara konsisten.  Sebenarnya  hanya  adalah  dua  pilihan: Alkitab  adalah  Firman  dari Allah  pencipta  langit  dan  bumi,  atau Alkitab  bukan  Firman  Tuhan.  Jika Alkitab  bukan  Firman  Tuhan, maka  ia hanyalah buku biasa, karangan manusia, dan juga tidak bisa memberitahu  jalan  ke Sorga  atau keselamatan  bagi  manusia. Tetapi,  jika Alkitab  benar  adalah  Firman  Tuhan Pencipta,  yang  Ia  turunkan  melalui pengilhaman  atas  manusia-manusia tertentu,  maka  kita  seharusnya  dapat mengharapkan  bahwa  Allah  yang menciptakan  langit  dan  bumi  tahu tentang  hukum-hukum alam yang telah  Ia  sendiri  tetapkan  itu. Read more…

Sudah Terbit!! Kitab Suci Indonesian Literal translation (KS ILT) Edisi 3

7 Desember 2013 10 komentar
20131207_130646Harga Edisi ke-3 ini dijual Rp 60.000,- ukuran besar warna Hitam dan ukuran Remaja/Sedang warna biru (PxLxT = 19 x 13 x 3 cm) dengan harga Rp 50.000,- per buku. (Khusus pemesan 10 buku atau lebih, akan mendapatkan Hadiah Menarik berupa sebuah Jam Digital selama persediaan masih ada, Pesan dan Inden segera. Bagi pemesan di atas 200exp, akan mendapatkan diskon khusus)
Bagi kami Kristen Fundamental, asal hasil terjemahnya bisa seperti KJV, itu bagus. Apalagi Sumber Naskah Acuannya sama yakni MT (Masoretic Text) untuk PL dan TR (Textus Receptus) untuk PB-nya. Terjemahannya memang perlu terus disempurnakan dan diperbaiki. Saat ini KS ILT sudah terbit edisi yang ketiga.

Penasaran dan Anda Tertarik:  Pesan KS ILT Edisi 3 seharga 60rb ukuran besar dan ukuran remaja/sedang seharga 50rb, segera hubungi saya di 0898.5116.980 atau 08180.4253.065 (harga belum termasuk ongkos kirim).  Read more…

Apa Alkitab Itu?

Etimologi

Istilah Alkitab berasal dari kata “Al-Kitab” (bahasa Arab) yang berarti “buku” atau “kitab”. Dalam bahasa bahasa Inggris disebut the Bible atau Holy Bible yang berarti Kitab Suci, yang diambil dari kata Yunani, “biblos” – Kitab.

Alkitab adalah Kitab Suci yang diinspirasikan/diilhamkan Allah kepada para penulis sehingga mereka menulis kitab Suci sesuai dengan keinginan Allah, tanpa salah, secara keseluruhannya, bukan hanya dalam bentuk pikiran, tetapi juga kata-katanya adalah pilihan Allah, secara sempurna.

Kanon Alkitab

Kata kanon berasal dari akar kata “reed” atau buluh (bah. Inggris “cane”; bah Ibr. “Ganeh”; bah. Yunani “kanon” dan bah. Indonesia diterjemahkan “patok”). Kata “kanon” dalam kaitannya dengan Alkitab berarti “daftar kitab-kitab yang diterima/diakui secara sah.” Alkitab adalah sebuah ukuran yang telah ditetapkan, atau sebuah ukuran yang telah pasti, yang tidak boleh ditambahkan maupun dipendekkan. Read more…

10 Manfaat Mempelajari Alkitab

Manfaat-Manfaat Mempelajari Alkitab

Guru besar Yale University, William Lyns Phelps, mengatakan, “Peradaban kita didirikan di atas fondasi Alkitab. Sebagian besar gagasan kita, kearifan kita, falsafah kita, sastra kita, seni kita, hukum kita berasal dari Alkitab dari pada berasal dari panduan buku-buku lain.”

Ahli falsafah besar asal Inggris, John locke, yang tulisan politiknya memberi saham besar kepada demokrasi Amerika, pernah berkata, “Alkitab merupakan salah satu berkat paling besar yang Tuhan karuniakan kepada manusia.” (William J. Federer, America`s God and Country: Encyclopedia for Quatations).

Alkitab adalah buku yang sedemikian hebatnya karena sumbernya dari Tuhan. Semua kata-kata dalam Alkitab adalah kata-kata Allah dan setiap kata dalam Alkitab adalah kebenaran (Yoh. 17:17).

Alkitab adalah buku pegangan kehidupan umat manusia. Manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, kita harus membaca, mempelajari, dan menaatinya.

Berikut ini beberapa manfaat besar dari Alkitab ketika kita mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.

Manfaat kita mempelajari Alkitab adalah: Read more…

Hal-hal kecil yang menarik di Alkitab

27 Desember 2012 Tinggalkan komentar

PESONA ALKITAB1. Bila seorang wanita asing/tahanan diambil sebagai istri orang Israel, dia harus cukur rambut dan potong kuku (Ulangan 21:12)

2. Kalo ada anak yang nggak nurut ke orang tuanya, maka anak itu harus dirajam batu sampe mati! (Ulangan 21:21)
3. Anak sulung berhak atas 2 bagian dari harta warisan. Itulah yang disebut sebagai hak kesulungan. (Ulangan 21:17)
4. Pria dan wanita tidak boleh saling tukar baju. (Ulangan 22:5)
5. Cowok Israel setelah married/menikah, honey moonnya itu 1 taon lho… selama honey moon itu dia akan dibebastugaskan dari segala urusan pekerjaan dan membela negara. (Ulangan 24:5)
6. Setiap 7 taon sekali, yaitu pada hari Pondok Daun, imam-imam bertugas membacakan Hukum Taurat untuk seluruh orang Israel. Wow! (Ulangan 31:10-11). Pantesan mereka diberkati Tuhan ya, karena mereka benar-benar menghormati Hukum Taurat dan melakukannya dengan setia. Read more…

Early Revelation Among Men Before the Scriptures

24 Desember 2012 2 komentar

The following is excerpted from the 2012 edition of the Advanced Bible Studies Series course “Bible Geography and History” by D.W. Cloud:

In Genesis we learn that man has had revelation from God since the very dawn of his history. Luke 1:70 and Acts 3:21 say that God has spoken “by the mouth of his holy prophets, which have been since the world began.”

1. The details of the revelation God has given man from the beginning

a. Adam and Eve walked and talked with God directly in the Garden of Eden. After they sinned, God personally taught them about the coming Saviour through direct prophecy (Genesis 3:15) and through the typology of clothing them in the skins that were required through the slaying of innocent animals (Gen. 3:21).

b. Abel, Adam’s second son, was a prophet who preached salvation by grace without works through the death of an innocent substitute (Lk. 11:50-51). Abel offered by faith (Heb. 11:4), meaning he offered according to God’s Word, because “faith cometh by hearing, and hearing by the Word of God” (Rom. 10:17). Read more…

Kategori:Alkitab Tag:

Jangan ambil ALKITABku

22 Desember 2012 Tinggalkan komentar
ALKITAB

ALKITAB

Sementara kita dengan mudah pergi ke toko buku untuk beli Alkitab, sementara Alkitab kita berdebu lantaran jarang dibaca, orang-orang ini harus mempertaruhkan nyawanya hanya untuk mendapatkan sebuah Alkitab, atau bahkan hanya untuk membacanya. Alkitab itu bagaikan kapur bagi guru, jarum suntik bagi dokter atau traktor bagi petani. Alkitab itu adalah peralatan yang sangat berharga bagi orang Kristen. Kita tidak dapat menyimpan kebenaran rohani itu untuk diri kita sendiri seperti orang kikir yang menimbun emas. Kita harus membagikan peralatan kita kepada mereka yang membutuhkannya.

CHINA
Rumah Nyonya Lu Ying digeledah oleh penjaga Komunis. Mereka nyari Alkitab dan menemukannya. Dengan berani Nyonya Ying merebutnya kembali. Mereka kemudian menyiksa Nyonya Ying tapi beliau tetap bertahan memegang Alkitab itu dan terus menerus menyatakan imannya walaupun dengan mulut bengkak dan berdarah. Sampai akhirnya penjaga mengambil tongkat besi dan memukul tulang tangannya sampai lumpuh sehingga Alkitab itupun lepas dari tangannya dan disita. 20 tahun kemudian, seorang kurir misi mengirimkan sebuah Alkitab untuk Nyonya Ling. Matanya penuh dengan air mata ketika beliau menerimanya dengan tangannya yang telah cacat sambil berkata, “…kali ini aku tidak akan membiarkannya jatuh” Read more…

Fact About BIBLE (Fakta Tentang ALKITAB)

15 Desember 2012 Tinggalkan komentar

pesona-alkitab.jpg1. Kitab dalam Alkitab yang hanya terdiri dari 1 pasal: Obaja, Filemon, 2 Yohanes, 3 Yohanes dan Yudas
2. Kitab terpanjang dalam Alkitab: Mazmur, 150 pasal
3. Pasal terpanjang dalam Alkitab: Mazmur 119; 176 ayat
4. Pasal terpendek dalam Alkitab: Mazmur 117; 2 ayat
5. Ayat terpanjang dalam Alkitab: Ester 8:9
6. Ayat terpendek dalam Alkitab, menurut bahasa aslinya: Yohanes 11:35 “Maka menangislah Yesus” dan 1 Tesalonika 5:16 “Bersukacitalah senantiasa”. Lucu ya…
7. Kitab Ester dan Kidung Agung dalam bahasa aslinya tidak mengandung kata “Tuhan”
8. Hanya ada 2 bagian dalam Alkitab yang benar-benar “ditulis” oleh Allah, yaitu 10 perintah Allah dalam 2 loh batu yang pertama (yang dibanting ama Musa itu) dan tulisan di dinding istana Raja Belsyazar
9. Ada 1189 pasal di seluruh Alkitab, 929 pasal di perjanjian lama dan 260 pasal di perjanjian baru
10. Ada 31.102 ayat di seluruh Alkitab, 23145 ayat di perjanjian lama dan 7957 ayat di perjanjian baru

BAGIAN TENGAH ALKITAB

1. Mazmur 118 adalah pasal paling tengah dalam seluruh Alkitab
2. Mazmur 117, sebelum Mazmur 118, adalah pasal terpendak dalam Alkitab
3. Mazmur 119, sesudah Mazmur 118, adalah pasal terpanjang dalam Alkitab
4. Alkitab kita terdiri dari 594 pasal sebelum Mazmur 118 dan 594 pasal sesudah Mazmur 118
5. Bila dijumlahkan seluruh pasal dalam Alkitab, kecuali Mazmur 118, hasilnya adalah 1188 pasal
6. 1188 atau Mazmur 118:8 adalah ayat paling tengah dalam Alkitab, bunyinya adalah : “Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada manusia”
WOW!!

Ide kreatif baca ALKITAB

Alkitab Edisi Studi

Alkitab Edisi Studi

Boring baca Alkitab? Serasa nggak dapet apa-apa waktu baca Alkitab? Cobain deh tips berikut ini supaya kamu bisa dapet manfaat yang lebih waktu bacanya.

Bikin Alkitabmu secantik mungkin sesuai selera kamu. Pakai pembatas buku cantik, tempelin stiker, stabilo warna warni, ganti sampulnya dengan sampul yang kamu suka dll.

Biar nggak bosen baca dari Kejadian sampe Wahyu, gimana kalo bacanya sesuai urutan kejadiannya? Kamu bisa download dilink berikut 

Setelah baca Alkitab coba kamu jawab pertanyaan ini: Apakah yang kubaca tentang Tuhan, Adakah pedoman bagi hidupku, Adakah perintah untuk ditaati, Adakah janji Tuhan, Adakah dosa yang harus dibereskan, Adakah peringatan bagiku…

Atau kamu bisa tulis di bukumu, langkah-langkah apa yang bakal kamu lakukan untuk mempraktekkannya. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa lebih fokus dan bisa langsung praktekkin dalam hidupmu.
Lembar kerja untuk mempelajari Alkitab bisa kamu download juga di link berikut   Read more…

Siapa sih Sebenernya Penulis Alkitab?

3 Desember 2012 9 komentar

http://www.comparativereligion.tv/images/Friedman.jpgAlkitab itu firman Tuhan or dengan kata laen, Alkitab itu buku karangan Tuhan. Loh emang Tuhan bisa nulis buku gitu? Why not?! Di Perjanjian Lama aja ada cerita kalo Tuhan sendiri menulis dua buah loh batu dengan tanganNya sendiri (Keluaran 31:18).

Tapi uniknya buat proyek nulis Alkitab, Tuhan mempekerjakan banyak ‘sekertaris pribadi’, kurang lebih ada 40 orang (banyak banget ya…) dan yang uniknya lagi, ‘sekertaris pribadi’-nya Tuhan ini nggak hidup pada zaman yang sama. Ada yang hidup di zaman dunia purba sampe ada yang hidup di zaman modern jadi kira-kira ada rentang waktu 1500 tahun.

Jadi kalo dibilang Alkitab itu bukan firman Tuhan karena nggak ditulis langsung sama Tuhan ya nggak bener, karena gimana pun juga Tuhan yang punya inisiatif buat nulis Alkitab cuma Dia nyuruh ‘sekertaris pribadi’Nya buat nulisin Alkitab buat Dia.

Sekertaris-sekertaris Pribadi Tuhan
Siapa aja sih orang-orang yang mendapat kehormatan menjadi ‘sekertaris pribadi’  Tuhan buat nulisin Alkitab? Read more…

DIVINE MYSTERY FROM EVERLASTING TO EVERLASTING

1 Desember 2012 1 komentar

The above chart conveys to the reader the main message of the Bible. Readers will understand God’s salvation program for man. Apostle Paul called it the mystery which from the beginning of the world has been hidden in God (Eph.3:9)

The Apostle Paul called his teaching “the mystery, which from the beginning of the world hath been hidden in God” (Eph. 3:9). Therefore, I have called this series of explanation as The Divine Mystery from Everlasting to Everlasting. This is the conclusion of all the verses in the Bible coupled with reason. God created our minds, and He also gave us the Bible as His Word. The religion (faith) which makes the most sense is the true way, and the most biblical expression of Christianity must make the best sense. Investigate this, and if you run into trouble, please contact GITS. The explanation has been given in order of numbers to make it systematic and neat and easy to understang. This is the essence of the Bible, which in turn is the essence of Christianity. First is a time line or an age-line. We see the passage of time and symbolize it by drawing a straight horizontal line. Read more…

WHICH BOOK IS TRULY THE WORD OF GOD?

28 November 2012 Tinggalkan komentar

The wisest path in a man’s life is acknowledging the existence of the Creator God. This realization, however, will not lead to anything useful if it is not followed by finding His Word. Knowing that the Creator exists, but not finding His instructions and directions for life and the way to heaven, is an achievement without any conclusion.

Solomon said in Proverbs 14:12, “There is a way which seemeth right unto a man, but the end thereof are the ways of death.” The statement is very true because we know that more than one book claims to be the Word of God, while their contents are directly opposite one to another. By applying just a little logic, a person can immediately conclude that the one Creator cannot give out many conflicting words. Logically, one of them is the Word of God. Because if none of them is the Word of God, then God has not spoken and cannot speak, which results in the conclusion that there is no God. On the other hand, if all of them are the Word of God, and they all contradict each other, such an option is impossible either. There is only one alternative left, that one of them is the Word of God.

Then how would a person determine that a book is the only Word of God? Quite simple and logical. First, if God, who is truth and righteousness, truly speaks, then His Word necessarily cannot have mistakes or errors. Read more…