Beranda > PESONA ALKITAB > Mengapa Adam dan Hawa tidak boleh makan buah Pohon Kehidupan

Mengapa Adam dan Hawa tidak boleh makan buah Pohon Kehidupan


Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Dalam Alkitab kitab Kejadian Pasal 2, kita ketahui bahwa pada waktu Adam dan Hawa tinggal dan hidup di Taman Eden, makanan mereka adalah buah-buahan (alias mereka Vegetarian) dari berbagai jenis pohon yang ada di Taman Allah atau Taman Eden.

2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

2:16. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Awalnya Allah memberikan perintah bahwa mereka bebas makan buah dari segala macam pohon di Taman Eden kecuali buah dari Pohon Pengetahuan yang Baik dan Jahat yang terletak ditengah-tengah Taman (Kej 3:3). Mereka bebas makan berbagai buah apa saja dari berbagai pohon termasuk buah dari Pohon Kehidupan yang terletak ditengah-tengah taman (Kej 2:9).

Jadi di tengah-tengah Taman Eden ada dua pohon yaitu Pohon Kehidupan dan Pohon Pengetahuan yang Baik dan Jahat. Namun kisah Alkitab selanjutnya mengatakan bahwa setelah manusia jatuh dalam dosa karena melanggar Larangan Tuhan yang pertama, mereka (Adam dan Hawa) dilarang makan buah dari Pohon Kehidupan. Mengapa demikian? Mengapa terjadi perubahan? Kok mereka dilarang makan dari buah Pohon Kehidupan padahal sebelum jatuh dalam dosa Allah membebaskan mereka makan buah Pohon Kehidupan?

Jawabannya kita temukan dalam Kej 3:22 yang berkata:

Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Jadi Adam dan Hawa dilarang makan buah Pohon Kehidupan setelah mereka jatuh dalam dosa karena jika mereka makan buah ini mereka akan hidup selama-lamanya (kekal) dalam keadaan berdosa. Inilah alasannya mengapa Adam dan Hawa tidak boleh makan buah Pohon Kehidupan setelah mereka jatuh dalam dosa.

Maka jalan terbaik yang Allah lakukan adalah:

Lalu TUHAN Allah mengusir manusia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan (Kej 3:23-24).

  1. 14 April 2011 pukul 6:27 PM

    Hampir sama dengan yang saya tahu dalam Qoran, cuma kata-kata kalau dimakan maka adam akan menjadi seperti salah satu dari “kita” spertimya sulit untuk diterima logika, yang paling dasar sekalipun. Karena kata kita berarti lebih dari satu Tuhan, lalu apa bedanya dengan agama pagan, padahal anda menyebutnya Allah. Seharusnya anda menyebutnya dewa-dewa, baru pas. Bagaimanapun hak anda untuk mematikan nalar dan logika anda demi mempertahankan dogma. Namun kebenaran dimanapun adanya tetap satu, kalaupun ada diluar itu, dipertanyakan kebenaranya. Jadilah orang pintar yang berpikir, jangan membabi buta. Semoga kita semua dibantuNya Amin.

  2. Abu kok dibakar
    28 Oktober 2012 pukul 5:14 PM

    Nash alwie,,, Baca sejarah Dunia Bro,,, baca sejarah agama, klu udh pintar… bru koment

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: