Beranda > Alkitab > BINCANG-BINCANG SOAL ISU: ALKITAB-MU PALSU

BINCANG-BINCANG SOAL ISU: ALKITAB-MU PALSU


Taurat, Zabur dan Injil asli telah hilang, dan Bible kalian yang sekarang adalah kitab yang telah dikorup, dipalsu oleh manusia. Itu sebabnya Quran diturunkan kemudian oleh Allah secara langsung demi menegakkan kebenaran yang asali.”

Perhatikan! Tidak seperti isu lain, tudingan Muslim dalam perkara “Alkitabmu palsu”, sulit dicarikan ayatnya dari Quran. Muslim hanya menuduh menurut kesan-kesan dan slogan yang telah ditanamkan dalam-dalam ke hati mereka melalui sejarah dan tradisi keagamaan yang sedemikian lama. Apa yang tertanam dalam, tentu sulit dibongkar oleh tangan-tangan luar. Oleh karena itu Anda tidak perlu membuang enegri dengan adu ”jual-beli” argumentasi. Muslim bangga akan Quran mereka yang diwahyukan langsung lewat Jibril kepada nabi yang terakhir, Muhammad. Itu adalah manifesto final dari kehendak Allah untuk menggantikan Taurat dan Injil. Dimata mereka alangkah jauhnya beda otoritas Quran terhadap Bible yang dianggap ditulis dan dikumpulkan secara gado-gado oleh orang-orang yang tidak jelas silsilahnya dari pelbagai lingkar masyarakat seperti petani, nelayan, gembala, jenderal, tabib, narapidana, dsb. Baginya itu tidak lebih daripada hadis-hadis maudhu atau da’if, palsu dan jauh dari yang shahih!

Menghadapi tudingan jenis ini, Anda bisa memilih pembukaan paraphrase. Artinya, Anda mengutip-ulang tudingannya, namun dengan kata-kata Anda sendiri yang menggiring kepada suatu maksud lanjutan.

„Ya, saya terlalu sering mendengar teman Muslim berkata bahwa kitab Taurat dan Injil itu palsu, dan yang aslinya telah tiada. Lalu Allah mengkoreksinya lewat Quran, dan Muhammad gencar memperingatkan manusia tentang pemalsuan ini. Tetapi sebenarnya apa yang diperingatkan oleh Muhammad mirip dengan apa yang telah diperingatkan oleh Yesus dan rasul-rasulNya. Apakah Anda tahu akan hal ini?“

Ah, masa, apa iya?! Sensasi kali. Dan mereka akan memasang kuping lebar-lebar untuk mendengar penjelasan Anda lebih lanjut.

PENJELASAN TENTANG PEMALSUAN ALKITAB

Kita sama sekali tidak bersensasi di sini. Kita amat serius, karena Alkitab memang telah memperingati anak-anak Tuhan agar mereka jangan sampai tertipu oleh macam-macam kepalsuan yang mengatasnamakan Tuhan dan kebenaranNya! Kita akan kutip sejumlah peringatan demikian dari Alkitab tentang ajaran-ajaran dan guru-guru palsu, bahkan mesias-mesias palsu:

”Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar, dan supaya mengikut mereka.” (Kis 20:30).

”Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.” (2 Petrus 2:1).

”Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.” (Matius 24:24-25).

Atas sajian ayat-ayat di atas, teman muslim mungkin akan membantah, ”Itukan lain. Itu bukan berkenaan dengan pemalsuan Taurat dan Injil, melainkan memperingatkan adanya nabi dan guru-guru palsu dengan ajaran yang palsu.” Nah, persis seperti apa yang dibantahnya, disinilah kita membalikkan isu tuduhan mereka dengan cara yang sama, dengan pernyataan kunci Anda kepada mereka:

”Justru sesungguhnya Muhammad mengecam orang-orang Yahudi yang mengajarkan dan menyampaikan firman yang palsu. Persoalannya bukanlah Kitab Allah dari orang Yahudi, melainkan orang-orang Yahudinya yang khusus dikecam oleh Muhammad! Mari kita periksa bersama. Kita kumpulkan semua ayat Quran yang mempersoalkan ulah Yahudi terhadap keotentikan Alkitab. Total ada 11 ayat.”

Persilahkan teman Muslim untuk menyimaknya sendiri apa bentuk kecaman Muhammad yang semuanya terekam dalam 11 ayat Quran, dan tidak lebih:

Allah membenarkan apa yang ada pada bani Israil (Taurat). Janganlah mereka mengingkari dan jangan menukarkan ayat-ayatNya (QS 2:41).

Janganlah mereka mencampuradukkan yang hak dengan yang batil dan jangan sembunyikan kebenaran (2:42).

Segolongan mereka mengubah firman Allah setelah mengetahuinya (2:75).

Orang-orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka sendiri, tetapi mengatakan ”Ini dari Allah”, demi memperoleh keuntungan yang sedikit (2:79).

Segolongan dari mereka menyembunyikan kebenaran (2:146).

Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampuradukan yang benar dengan yang batil, dan sembunyikan yang benar (3:71).

Segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Alkitab…Mereka berkata dusta terhadap Allah (3:78).

Sebagian dari orang-orang Yahudi merobah-robah kalimat-kalimat dari tempat-tempatnya (4:46).

Sebagian dari orang-orang Yahudi merobah-robah kalimat-kalimat dari tempat-tempatnya, dan melupakan sebagian dari apa yang telah diperingatkan Allah kepada mereka (5:13).

Orang-orang Nashara melupakan sebagian dari apa yang telah diperingatkan Allah kepada mereka (5:14).

Ahli Kitab banyak menyembunyikan isi Alkitab dan membiarkannya (5:15).

Jadi, apa persisnya substansi Alkitab yang dipersoalkan oleh Muhammad disitu? Muhammad tidak pernah mempermasalahkan Kitab yang beredar, melainkan orang-orang yang melancungkan KalimatNya dalam tutur katanya, dalam ajarannya, dan dalam otaknya karena kelupaan. Tidak ada ancaman Alkitab palsu yang dikhawatirkan atau yang diharamkan Muhammad. Ia tidak berkata: ”Percayalah kepada Alkitab/Injil yang Asli, dan awas terhadap Kitab yang palsu!” Tidak ada Kitab yang sengaja dihilangkan atau musnah, apalagi musnah semua dan digantikan dengan yang palsu. Dimanapun Muhammad dalam pewahyuan, hanya mengenal Alkitab asli, tidak pernah mengenal menjumpai, atau mengantisipasikan Alkitab-Palsu seperti yang ”diinginkan” oleh sekalangan penafsir Islam. Tidak ada firman Tuhan yang dinyatakan hilang-lenyap, kecuali sebagian isinya dilupakan, disembunyikan, diubah-ubah dan dicampur-adukkan, lidah bacaan diputar-putar, dipindahkan kalimat-kalimat dri tempatnya, diubah firmanNya, ditukar ayatNya, berkata dusta terhadap Allah.

Jadi Muhammad—sama halnya dengan Yesus—memberi peringatan bertubi-tubi akan penyelewengan pemberitaan/ajaran Alkitab (bukan palsunya semua Kitab yang beredar).

Bedanya ialah Muhammad lebih mengecam dan mengutuk pelaku-pelaku Yahudi yang memalsu ketimbang memperingati umat, sedangkan Yesus dan rasul-rasulNya lebih memperingatkan umat Tuhan ketimbang mengecam pelaku pemalsuan yang otomatis sudah menjai terkutuk!

Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.” (Wahyu 22:18-19).

Sebaliknya, Muslim segera dapat melihat bahwa Muhammad amat membela semua Kitab Tuhan, serta mengajukan sedikitnya 6 alasan mutlak kenapa Alkitab itu mustahil terpalsu, hilang atau digantikan oleh ulah manusia yang terbatas:

(1). Dikatakan bahwa Kalimat-kalimat Allah tidak dapat ditukarkan oleh manusia manapun; dan tidak ada perubahan atasnya sejak kapanpun (QS 6:34; 10:64; 48:23). Semua Kitab-kitab Allah itu dalam induk Alkitab disisi Allah (QS 43:4; 85:22), baka dan kekal. Dapatkah kebenaran Induk Alkitab yang terjaga disisi Allah itu dicuri, dihilangkan dan dipalsukan manusia bejad? Ini yang menjadikan para sesepuh awal Islam seperti Buchari dan Al-Razi setuju bahwa Alkitab tak dapat dirubah karena itu adalah Firman Tuhan.

(2). Dimanapun, Muhammad selalu mengingatkan bahwa tidak ada perlakuan Tuhan yang membedakan Kitab-KitabNya. Tidak ada yang satu terjaga, yang lain terlantar. Yang mendiskriminasikan itu hanyalah penafsir yang ngotot memilih menutup hati sendiri terhadap firman Allah yang jelas berkata kepada mereka:

Katakanlah, ”Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub…Musa dan Isa… Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka…” (QS 2:136, 3:84).

(3). Terdapat peneguhan yang amat pasti bahwa Taurat dan Injil itu dibenarkan oleh Allah, dan harus diimani! (QS 2:41, 89, 91, 101, 136; 3:3; 4:136; 5:43,44,46,47,48,68; 6:92; 10:73, 94; 29:46; 32:23; 35:31; 46:30; 43:4;dll).

Quran justru membenarkan Taurat dan Injil bukan 1 kali, tetapi berpuluh-puluh kali, jauh melebihi 11 ayat yang ditafsirkan secara paksa seolah Alkitab itu palsu. Maka setiap orang akan bertanya:

Untuk apa dan siapakah maka Taurat & Injil dibenarkan sampai berpuluh kali?” Sebab seruan semacam itu tidak berguna bagi orang-orang Yahudi maupun Nasrani yang toh sudah tahu dan bangga akan kebenaran kitab-kitab mereka. Jadi logis kalau itu ditujukan kepada orang lain, termasuk pengikut-pengikut Muhammad atau orang-orang Quraisy agar merekapun perlu membaca dan percaya akan Alkitab!

Penyelewengan verbal atau tekstual? Keaslian yang musnah atau tetap eksis?

Perhatikan bahwa semua penyelewengan/penggelapan yang dikecam Muhammad umumnya bersifat penyelewengan verbal dan bukan merubah fisiknya teks Alkitab dengan maksud substitusi total dan penggantian. Kecaman yang menyangkut fisik teks palsu dari Alkitab hanya terdapat dalam satu ayat saja, yaitu Surat 2:79, menyangkut orang-orang tertentu yang menulis Alkitab palsu dengan maksud untuk ditukar dengan harga rendah. Jelas ”menulis palsu” (untuk dijual dengan harga murahan) ini bukanlah melakukan substitusi dengan penghancuran & pelenyapan semua Alkitab asli, melainkan untuk turut menambahi (bukan mengganti) koleksi Kitab-asli yang sudah ada dengan kitab-kitab apokrif yang dikarang sendiri. Kitab apokrif ini hadir bahkan sampai sekarangpun, semisal Injil Nazarin, Kisah Petrus dll yang banyak mendongengkan mujizat-mujizat sihir. Lihat, betapa Injil Barnabas pun sering dijago-jagoi oleh orang Muslim tertentu sebagai Injil asli, tetapi mereka sendiri bahkan tidak memeriksanya, apalagi mengimaninya!

(a). Bahwa Taurat dan Injil itu ada dalam tangan bani Israil/ada disisi mereka, eksis secara fisik disisi para pemiliknya, tidak hilang seperti yang sering dituduhkan (QS 2:41, 89, 91; 3:93; 5:43,44,47,dll). Bila Kitabnya korup atau hilang habis, untuk apa Muhammad menyerukan agar Alkitab itu diimani? Muhammad memang perlu mengindikasikan adanya para penyeleweng atau penggelap ayat Alkitab, namun sama sekali itu bukanlah penghapusan/pelenyapan eksistensi Alkitab yang otentik. Sebaliknya kita menyaksikan diseluruh Quran bahwa Muhammad pada zamannya, tidak pernah menegur, mencegah, atau melarang siapapun untuk membaca Alkitab yang ada ditangan orang-orang Yahudi di Mekah atau Medina, apalagi yang ada ditanah Israel! Tuhan malahan mendesakkan bacaanNya:

Katakanlah, ”Maka ambillah Taurat dan bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar” (QS 3:93).

(b). Bahwa yang menyelewengkan Kitab Tuhan itu hanya segolongan orang-orang fasik, bukan seluruhnya. QS 3:199 menegaskan bahwa sebagian para Ahli Kitab justru adalah orang-orang beriman yang tidak menukarkan atau menjual ayat-ayat Allah yang diturunkan kepada mereka. Mereka memperoleh pahala disisi Allah. Juga dikatakan: ”Orang-orang yang telah Kami berikan Alkitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya.” (QS 2:121a).

(c). Dan sebagai puncak pengakuan atas kebenaran Alkitab bagi Muslim, maka Muhammad-pun perlu ”berkonsultasi” kepada ahli-ahli Kitab ini tatkala ada keraguan terhadap pewahyuan:

Maka jika engkau (Muhammad) dalam keragu-raguan tentang apa yang kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum engkau. Sungguh telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali engkau termasuk orang-orang yang ragu” (QS 10:94).

Ini adalah ”pusat rujukan kebenaran” yang otomatis telah memvonis keaslian Alkitab tanpa usah diperdebatkan lagi. Sebab bagaimanakah Muhammad dapat disuruh berkonsultasi kepada orang-orang yang Kitab-kitabnya palsu dan korup? Dan yang diulang sekali lagi agar tidak terlupakan oleh para penafsir:

Dan tidak Kami mengutus sebelum engkau melainkan laki-laki yang kami beri wahyu kepada mereka: maka bertanyalah kamu kepada mereka yang berilmu (tentang nabi dan kitab), jika kamu tidak mengetahui.” (QS 16:43).

DILEMMA MUSLIM

Alkitab dipersalahkan sebagai Kitab yang palsu, bukan wahyu Allah, korup, tidak asli, dan banyak yang direkayasa dan diubah-ubah. Tetapi baiklah kita berterus terang, bahwa jikalau tuduhan itu datangnya dari orang-orang non-Muslim, kita masih bisa memahaminya. Namun bila mereka itu Muslim, maka sulit untuk kita mencari dasar tuduhannya. Mungkin orang semacam ini kurang memahami ajaran Quran, atau terlanjur membutakan hatinya sendiri. Sekali Muslim menuding keabsahan Alkitab, mereka langsung masuk ke dalam dilema yang tidak terselesaikan.

*Tanyakan kepada teman Muslim:

Kapankah waktu terjadinya pemalsuan? Dan tidak ada satupun pakar Islam yang dapat menjawab pertanyaan yang amat perlu dan amat sederhana ini. Sebab jikalau dijawab ”sebelum Islam muncul”, maka kenapa Quran justru menyaksikan kebenaran Alkitab dan memerintahkan orang-orang untuk mengimaninya? Sebaliknya jika dijawab sesudah Islam muncul”, maka sang pakar tersebut akan dipermalukan oleh fakta-fakta sejarah, karena naskah-naskah Alkitab/Perjanjian Baru yang final sudah tersimpan rapi dalam gereja dan musium-musium dunia jauh sebelum datangnya Islam (a.l. Codex Vaticanus, codex Sinaiticus, dll diabad ke-4). Dan isi naskah–naskah itu dalam teks bahasa aslinya tidak berubah atau terpalsu apapun dengan isi Alkitab kita sekarang ini!)

In the Family of Abraham”, Anne Cooper menggambarkan dilemma Isma sbb:

Alasan utama kenapa Muslim mencap bahwa Alkitab telah dikorupsikan teksnya adalah karena mereka betul-betul tidak mempunyai pilihan lain lagi. Karena Quran disatu pihak membenarkan Alkitab, tetapi belakangan baru diketahui (bukan pada masa-masa sahabat Nabi) bahwa isi keduanya saling tidak cocok, sehingga tidaklah mungkin keduanya turun dari Tuhan yang sama. Dan karena Quran dianggap wahyu terakhir dari Tuhan, maka cara yang paling gampang untuk menghindari kesulitan-kesulitan ini adalah meletakkan tuduhan bahwa isi Alkitab telah dikorupsikan oleh si pemalsu.”

Namun dilemma terbesar pada Quran adalah justru ketika Allah sendiri yang meletakkan Taurat & Injil itu sebagai rujukan kebenaran bagi Muhammad. Dengan demikian, sekali Alkitab dituduh palsu maka palsu pulalah Quran itu dengan sendirinya!

Sesungguhnya, untuk teman Muslim yang menuduh secara sembrono, “Alkitanmu Palsu,” Anda dapat bertanya amat santai kepadanya: kapan dipalsu, dimana di palsu, siapa pemalsu, siapa saksi, apa yang dipalsu, seperti apa yang tidak dipalsu, dikemanakan yang tidak dipalsu, dst, dst….. dan tidak satupun dapat mereka jawab dengan nyata. Semuanya hanya argument siluman yang tidak berujud! Namun biarkanlah ia menjawab luhur pertanyaan dasar, bagaimanakah sipemalsu itu dapat memalsu/menggantikan Kalimat Penciptanya:

Akankah Tuhan Yang Mahakuasa membiarkan orang kafir yang bejat dan najis untuk mengotak-atik KitabNya serta mengubah kalimat/firmanNya yang kudus itu?

Akankah Tuhan membiarkan seluruh FirmanNya dalam Taurat, Mazmur, Injil, dan Kitab Nabi-nabi terhilang semuanya dan tidak tercari di dunia, namun masih terjaga kekal dan mulia disisi Tuhan di surga?

Dan dapatkah manusia menghilangkan Kalimat Tuhan, sedang setan dan iblis pun tak mampu melakukannya?”

Sungguh, Alkitab sejati tidak pernah gagal oleh ulah manusia, karena ia adalah pernyataan dan Sabda Tuhan yang kekal. Berapa banyak Alkitab telah dirusak, dinyatakan illegal, dibakar orang dan Negara. Berapa banyak penyebar-penyebarnya telah dianiaya, dibunuh atau dibungkamkan dipenjara. Tetapi Firman Tuhan yang kekal tidak bisa terbungkam, atau dihilangkan seperti tuduhan sejumlah orang. Ringkas dan sederhana saja, bilamana Firman Tuhan bisa hilang, maka kita bisa mencurigai bahwa itu bukanlah Firman Tuhan yang baka, melainkan “kalimat manusia” yang fana belaka.

Kitab Wahyu 14:6, Yesaya 40:8, dan 1 Petrus 1:25 mewahyukan kekekalan wahyu:

Dan padanya (malaikat), ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam diatas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum…”

Nabi Yesaya dan Rasul Petrus sama berucap: “Rumput menjadi kering, dan bunga menjadi layu, tetapi firman Tuhan kita tetap untuk selama-lamanya.”

Dan siapakah selain sang Kalimatullah sendiri, yang sanggup berkata sepenuh wibawa:

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu” (Matius 24:35).

Sebagai penutup, biarlah setiap teman Muslim tahu, bahwa Taurat dan Injil yang terlalu sering didiskreditkan manusia ternyata mendapat pembelaan dari Tuhan sendiri! Bukan kebetulan bahwa Tuhan sengaja mengistimewakan kedua KitabNya ini dengan satu janji rezeki yang teramat eksklusif. Janji mana hanya ditujukan bagi kaum yang menjalankan Taurat dan Injil, tidak yang lain:

Dan sekiranya mereka (kaum Ahli Kitab) sunguh-sungguh menjalankan Taurat dan Injil dan apa yang diturunkan kepada mereka dari Tuhan mereka, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka.” (QS 5:66).

PARA PEMBACA YANG DIKASIHI TUHAN.

Kita sedih melihat begitu kasat-mata, luas dan jauhnya salah paham yang terjadi sesame umat beragama ketika kita-kita ini bermaksud mencari sebuah kebenaran dari Tuhan.

Betapa lelahnya kita mencari-cari dalam kesia-sian. Mata hati kita yang telah terpolusi tidak akan mampu menemuinya. Kultur dan hakekat manusia yang memberontak dan jahat pada dasarnya, telah membutakan pencaharian manusia akan kebenaran. Dalam Alkitab, kita-kita yang berdosa ini disebut orang-orang buta. Kita yang buta ini tidak mampu mencari, kecuali membuka diri dan mengundang untuk dicari! Kita perlu merendah-diri, perlu menanggalkan segala “cawat daun” sambil membukakan pintu hati kita bagi Dia Yang Menebus kita dari vonis-kematian. Sebab Yesus Al-Masih yang bangkit dari kematian itulah yang mengalahkan MAUT. Dialah yang mampu memberikan kepada Anda dan saya hidup, hidup yang berkelimpahan:

Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.”

….Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Wahyu 3:20, Yohanes 10:10).

Sumber: ISMAEL…, Saudaraku, Bincang-Bincang Tentang Tudingan dan Salah Paham, Umar Tariqas, Reach Catalog, Jakarta, Cape Town. Penerbitan awal dengan judul: :”Bagaimana Mengatasi Penolakan Muslim”, 2005, Fitrah Eden.

Roma 10:4-18

10:4 Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.
10:5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: “Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya.”
10:6 Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: “Jangan katakan di dalam hatimu: Siapakah akan naik ke sorga?”, yaitu: untuk membawa Yesus turun,
10:7 atau: “Siapakah akan turun ke jurang maut?”, yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati.
10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan.
10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

10:11 Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”
10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.
10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.
10:14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?
10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”
10:16 Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: “Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?”
10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.
10:18 Tetapi aku bertanya: Adakah mereka tidak mendengarnya? Memang mereka telah mendengarnya: “Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.”

Iklan
  1. qomarudin PT.Gunung Madu Lampung
    10 Juni 2008 pukul 6:03 AM

    Mas Dede Wijaya, tulisan saudara bagus. Bagi saya yang muslim saya membaca tulisan ini sebagai khasanah pribadi. Semoga saudara juga menemukan TUHAN.

  2. Jerry
    22 Januari 2009 pukul 12:40 AM

    Pak dede wijaya, Artikel anda sangat bagus, dan mudah di mengerti oleh siapa pun yang membacanya.Semoga Allah membukakan pintu hati dan hidayah kepada pak dede yang ingin mencari kebenaran tersebut di atas. Renungkan dan Resapilah isi ayat Al-Qur’an yang bpk sampaikan, Sebenarnya Tuhan sudah memberikan petunjuk jalan yang lurus kepada bpk dede.. (QS 2:132)

  3. 12 Februari 2009 pukul 1:51 AM

    Saudara penulis, saudara sudah terang nyata mengetahui bahawa Allah itu tuhan yang sebenar nya. Tetapi mengapa pula di ubah kalimat saudara mengatakan yang Jesus itu tuhan? Jesus atau Nabi Isa a.s. adalah seorang anak maknusia yang di lahirkan oleh wanita yang termulia di samping Saidatina Siti Khadijah ( Isteri Rasulullah s.a.w. ) yang bernama Siti Mariam. Kenapa Saudara penulis dan semua keristian tidak faham faham lagi? Sememang nya benar firman Allah Taala dalam Surat Al Baqarah bahawa orang orang kafir ( keristian, Yahudi dan Nasrani ) telah Allah Taala butakan mata dan hati mereka walaupun mereka sudah mengetahui hanya Islam sahaja ugama yang di terima oleh Allah Taala.Siapa saja yang memusuhi Nabi Muhamad s.a.w. berarti mereka adalah musuh Allah juga! Seksaan Allah di Neraka jahanam terlalu menyakitkan untuk orang orang kafir. Tahukah saudara penulis siapa yang di maksudkan oleh Allah akan orang orang kafir tersebut? Ia itu hamba hamba Allah yang terlalu celupar mulut mereka mengatakan Nabi Isa a.s. ada lah tuhan! Astaghfirullah hil ‘ azim . Maha suci Allah tuhan semesta alam , segala puji hanya untuk nya.Hanya Allah saja tuhan yang sebenar benar tuhan yang berhak di sujuti dan di sembahi.Sebagaimana nikmat dan kurnia Allah kepada orang orang kafir di dunia, lebih lagi azab dan seksa Allah untuk mereka di neraka jahanam nanti.Itu lah ancaman Allah Taala khas untuk orang orang kafir di dalam Quran tak lain dan tak bukan , Neraka jahanam, dan mereka akan kekal di sana buat selama lama nya.Jika mereka telah hangus di bakar oleh api neraka yang tujuh puloh kali lebih panas dari api dunia, Allah akan menggantikan kulit yang baru dan begitulah seterus nya, supaya mereka sentiasa merasai betapa sakit dan pedih nya azab Allah Taala nanti.Dengan siapa orang orang Kafir hendak meminta pertolongan? Dengan Jesus? Sekali kali tidak! Hanya Allah Taala saja yang berbuat sekehendak nya kerana kerajaan di Neraka dan Syurga adalah milik Allah Taala.Walaupun demikian, Allah Taala masih lagi memberi harapan kepada orang orang kafir dari dunia neraka ke dunia Syurga jika sekira nya mereka menarik semula ucapan dari mulut celupar mereka akan Jesus dan mengakui tiada tuhan selain Allah semata dan mengakui bahawa Nabi Muhamad ada lah rasul nya.Terlalu banyak kali Allah Taala menyebut dalam Quran bahawa Nabi Isa a.s. ( Jesus bagi fahaman Kafir) berbin atau son off Mariam.Nabi Isa a.s. atau Jesus adalah sama taraf nya dengan Nabi Muhamad s.a.w. ia itu hanya seorang Rasul . Susah sangat ke orang orang kafir hendak memahami nya?

  4. Billy
    6 Maret 2009 pukul 10:05 AM

    Kedatangan Isa yang kedua kali akan mebuka mata anda bahwa Ia adalah jalan satu2nya untuk menuju Surga yang kekal. Ketika itu tejadi semua sudah terlambat jadi sebelum Ia datang untuk yang kedua kali sebagai hakim yang agung Percayalah pada-Nya. Barangsiapa mencari, Ia akan mendapati. Barang siapa percaya dan mengaku dengan mulutnya bahwa Isa adalah juruselamat ia akan diselamatkan.

    Yakinlah apa yang dikatakan Alkitab. Akhir dari dunia telah dekat bertobatlah.

  5. Hasan
    23 April 2009 pukul 3:34 PM

    Pak dedewijaya mudah2an mendapat hidayah dr Alloh SWT.Tau kah anda kenapa anda beriman kpd tuhanmu yesus yg jelas ia adlh manusia.Mungkin sy harap anda memakai akal sehat anda apa mungkin tuhan pencipta anda sama bentuknya seperti ciptaanya seperti anda.Lalu siapa pencipta alam semesta ini?Apakah mungkin berwujud manusia?Satu contoh misalkan anda pembuat tempe,apakah mungkin si pembuat nya berbentuk tempe?
    Sungguh tidak mungkn dan tidak masuk akal.

  6. 7 Mei 2010 pukul 11:00 AM

    @Jerry, terimakasih atas komentar anda. Kiranya Membawa anda kepada Pencerahan yang sejati. Tuhan Yesus memberkati.

  7. ingin tahu
    11 Mei 2010 pukul 1:30 AM

    mengutip komentar pa dede “Tuhan Yesus memberkati”… tuhan yesus sama Allahnya pa dede apa bedanya? hemmm ISM diatas blg yesus itu katanya nabi isa tp dibilang tuhan Allah jg tuhan jd tuhannya yg mana pa? kalo yesus itu tuhan lalu siapa yg ciptakan yesus? jadi arti kata “tuhan” itu apa? tuhan allah tuhan yesus.. hemmm…

  8. 11 Mei 2010 pukul 3:50 PM

    @cinta, Tuhan Yesus tidak ciptakan, Tuhan Yesus adalah Firman Allah itu sendiri dan darimulanya bersama dengan Bapa, dan Roh Kudus. Saya ada menulis artikel2 berikut yang bisa membantu untuk memahami hal ini: SINI
    SINI SINI dan SINI

    Juga soal ALKITAB
    dan Kebenaran Absolut

  9. renungkanlah
    25 Agustus 2010 pukul 5:32 AM

    sungguh kerdil pemikiran orang yg menuhankan manusia.

    mari kta renungkan sejenak kekuasaan ALLAH yg menciptakan alam semesta dan isinya.
    JIKA DIA MAU, dg mudah DIA akan menghancurkan manusia dan menggantinya dg jenis lain yg lbh beriman kepadaNYA.
    tak perlu TUHAN YG MAHA PINTAR menjelma menjadi manusia utk dihina dan ditertawakan!
    TUHAN punya jutaan cara untuk menentukan takdir hambanya, dan yg pasti TIDAK MENJADI MANUSIA

  10. renungkanlah
    25 Agustus 2010 pukul 5:40 AM

    dan mengenai alkitab anda, cba anda perhatikan baik2 dan dg pikiran terbuka.

    bukalah injil matius 1:16 mengenai silsilah yesus dan bandingkan dg kepercayaan anda dan kami kaum muslim ttg keperawanan maria.
    adakah tuhan membuat kesalahan yg begitu fatal dlm membuat alkitab?

    skali lg, tak usah berbantahan, cukup direnungkan saja isi kitab tsb. trimakasih, smoga Tuhan membuka hati dan pikiran anda, amin

  11. 25 Agustus 2010 pukul 3:32 PM

    Mat 1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.
    Tidak bertentangan dengan:
    Mat 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
    Mat 1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.
    Mat 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
    Mat 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”
    Mat 1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
    Mat 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.
    Mat 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
    Mat 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

  12. 25 Agustus 2010 pukul 3:35 PM

    @renungkanlah, YESUS, sang FIRMAN ALLAH, telah berkata dalam WAHYUnya:
    Wahyu 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
    Wahyu 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.
    Jadi, saya tidak menuhankan manusia, namun memang TUHAN Inkarnasi Jadi MANUSIA dan TUHAN. Firman Allah datang ke dunia dan lahir menjadi seorang anak manusia lewat perawan Maria.

  13. renungkanlah
    26 Agustus 2010 pukul 12:59 AM

    saudaraku, renungkan lagi.
    dlm 1 silsilah, memang dilihat dari garis bapak.
    anda adlh putra bapak anda KARNA ADA SPERMA BAPAK ANDA DI DALAM RAHIM IBU ANDA SHG LAHIRLAH ANDA.

    tetapi, ketika mengandung yesus, spt yg kita percayai bersama ttg keperawanan maria, itu berarti TIDAK ADA SPERMA YUSUF DALAM TUBUH MARIA KETIKA MENGANDUNG YESUS!

    bukankah kalau dilihat dg akal sehat, seharusnya silsilah yesus dihitung dr maria, BUKAN DR YUSUF!

  14. renungkanlah
    26 Agustus 2010 pukul 1:05 AM

    atau kaum kristiani sebenarnya meragukan keperawanan maria?
    shg silsilah yesus tidak dihitung sbg keturunan maria?
    ingatlah, yesus lahir HANYA DR TELUR MARIA TANPA SPERMA YUSUF.

    bagaimanapun sy mengira anda adlh org yg cerdas. jd, mari berpikir jernih utk melihat stiap persoalan.

  15. zakki
    29 Agustus 2010 pukul 6:18 PM

    bacaan yg cerdas di bln ramadhan.

    sy plg seneng pas pak dede menulis di bawah ini, saya mencari jawaban dan ketemux disni:

    “Dan sekiranya mereka (kaum Ahli Kitab) sunguh-sungguh menjalankan Taurat dan Injil dan apa yang diturunkan kepada mereka dari Tuhan mereka, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka.” (QS 5:66).

  16. 23 September 2010 pukul 5:02 PM

    klo yesus di sebut Tuhan, terus yang menciptakan yesus disebut apa????
    mana ada tuahan bisa mati???? bodoh…….

  17. AL FAKIR
    4 Oktober 2010 pukul 12:11 PM

    MEMBACA TULISAN MU MEMBINGUNGKAN SEKALI, PAK DEDE. “TUHAN TIDAK CIPTAKAN”, TUHAN YESUS ADALH FIRMAN ALLAH ITU SENDIRI, DARI MULANYA BERSAMA BAPA, DAN ROH KUDUS.
    1. TUHAN (FIRMAN ALLAH)
    2. ALLAH
    3. ROH KUDUS.
    SUBSTANSINYA JELAS BEDA, DIMANA BISA DI SAMAKAN. KECUALI DIPAKSA-PAKSAKAN.

  18. hand
    5 Agustus 2011 pukul 12:13 PM

    Pak dede tanya nih

    manusia itu segambar dengar Tuhan bukan
    kalo Tuhan ada 3 (Trinitas = Bapa, Yeshua dan Maria menurut kitabku kali…….)
    mana yang betul betul manusia ? apakah tubuh, roh atau jiwa !!!!!!
    (manusia itu 3 apa satu sih ?????)

  19. muhammad johari
    23 Maret 2012 pukul 8:59 AM

    knpa ummat kristiani dahulu menganggap bahwa Nabi Isa as Tuhan.? dala buku sjarah islam yg saya baca adalah karena Nabi Isa as memiliki mukjizat yg sama sperti tuhan yaitu menghidupi orang mati, mnyembuhkan pnyakit kusta, dan membuat burung dari tanah liat. Melainkan bukan karena mndapat niscaya dari roh kudus atau bisikan allah..

  20. muhammad johari
    23 Maret 2012 pukul 9:20 AM

    nabi isa trlahir dari perut maria jlas tanpa seorang ayah.. tetapi knapa anda bilang nabi isa lhir karena yusuf.? sungguh tak msuk di akal sudah jlas maria orang soleha tak prnah mengiklaskan keperawanannya kcuali menikah.. dan lebih singkat nabi isa diturunkan oleh ALLAH bukan untuk juruselamat mlainkan seorang RASUL yg diturunkan untuk mmberi arah orang² yg kafir agar kjalan yg bnar.. yessa 😀

  21. sahabat
    28 April 2012 pukul 7:43 AM

    Kepada teman2 muslim sekalian.
    Saya mengerti knapa kln sulit memahami mengapa kami menyebut Yesus sbg Allah.
    Kami bukanlah menuhankan manusia, kami tetap saja menuhankan Allah namun dalam konteks Allah yang menjadi manusia.

    Kenapa Allah harus menjadi manusia dan menebus dosa manusia padahal Dia sanggup melakukan hal tsb krna Dia adalah Tuhan yang Maha segalanya. Kenapa Dia mau menjadi hina seperti manusia??
    Krna Kasih Allah itu!! Dalam Yoh 3:16 dikatakan karena begitu besar KASIH Allah pada dunia ini sehingga Dia rela menjadi manusia!!
    Dia memang sanggup menyelesaikan semua urusan dosa manusia tanpa harus repot2 jadi manusia tetapi DIA MAU menjadi manusia karena Dia mengasihi umat manusia dan ingin mengenal manusia bukan dalam posisi Tuhan namun sbg manusia!!

  22. yaya
    12 Mei 2012 pukul 5:39 AM

    pemikiran kita sebagai manusia tidak bisa DISAMAKAN dengan pemikiran Tuhan Yesus.
    kita sebagai manusia hanya bisa berfikir secara logika, rasional dan sangat TERBATAS..
    itulah BUKTI dari ke-MAHA KUASA-Nya Tuhan..
    dengan adanya perdebatan begini dari kristen maupun non-kristen. kita uda bisa lihat bahwa KEDAULATAN Tuhan Yesus itu membuktikan bahwa Dia adalah Tuhan. 🙂
    GBUall.. 🙂

  23. 24 Mei 2012 pukul 1:30 PM

    Sulitnya meng-Imani Kristen dan Mudahnya meng-Imani Islam.
    Siapakah Tuhan ?
    Jika Tuhan itu maha kuasa, saya rasa tidak sulit baginya untuk berubah wujud menjadi manusia atau binatang sekalipun. Itu sesuka Dia aja mau ngapain.
    Tapi pertanyaannya adalah “Untuk apa Beliau melakukannya?…”
    Mayoritas masyarakat dunia percaya bahwa Yesus itu Tuhan, dan jika ternyata Yesus itu bukan Tuhan berarti sebagian manusia dibumi ini hanyalah orang BODOH, dan jika benar sebagian manusia ini hanyalah makhluk BODOH berarti pertanyaan selanjutnya.
    Mengapa Tuhan menciptakan Makhluk BODOH ini ? dan
    Apa mungkin Tuhan menciptakan bumi ini hanya untuk dipenuhi sebagian besar orang BODOH ?
    Dan kayaknya itu salah satu hal yang ga mungkin dilakukan oleh Tuhan yang Ganteng dan penuh Cinta Kasih.
    Jadi bagi teman2 yang tidak percaya keTuhanan si Yesus ini mungkin bisa belajar lagi dan mencari tau mengapa sebagian besar manusia di bumi ini percaya Yesus itu Tuhan. Dan saya sarankan, pastikan anda mencari Kebenaran bukan penbenaran apa lagi penyelewengan yang dilakukan orang tentang Yesus.
    Anda tidak perlu membaca Alkitab untuk mencari kebenaran tentang Yesus, cukup pelajari benar2 dan dengan hati, apa yang di ajarkan dan dituliskan di dalam Quran anda….

    Coba dehh…siapa tauuu….

  24. JOHN CONSTANTINE
    25 Juli 2012 pukul 12:11 AM

    sdr/sdri muslim disini menurut saya terlalu membatasi kuasa Tuhan, analogi yg sederhana saja ya, amoeba saja hewan paling sederhana bs membelah diri menjadi beberapa bagian dan menjadi hidup dgn bagiannya masing2 apalagi Tuhan Sang Penciptanya? seandainyapun Tuhan saya mau mewujudkan diri jd sebanyak jumlah orang yg meragukanNya di site inipun Ia bisa kok. yg Tuhan khawatirkan mungkin cuma malah akan membuat anda2 semuanya disini semakin bingung..

    Quote: Pastikan anda semua yg berada disini mendapatkan pilihan JALUR KESURGA YANG BENAR karena PERCAYALAH 2 MENIT SAJA BERADA NERAKA ANDA TIDAK AKAN PERNAH MAU MEMBAYANGKAN BAGAIMANA RASANYA.. 😀

  25. AAA
    10 September 2012 pukul 10:13 AM

    Sangat Maha Indahnya dan sangat penting Perintah Allah SWT kepada umat Muslim untuk Golongan agama / Tempat Ibadah ( Qs 22:67 ) yang mana ditetapkan & dilindungi oleh Allah SWT :

    1. Qs 42:13
    ALLAH ( KAMI ) mensyariatkan agama ( menetapkan ) ( Qs 22:40 )
    Sebagaimana telah diwasiatkanNya (Kami) kpd Nuh

    Dan yang KAMI wahyukan kepada mu (Muhammad) = Agama Islam Qs 3:85 3:19
    Dan yang KAMI wasiatkan kepada Ibrahim…………….= Agama Ibrahim Qs 2:132
    Dan …………………………………. Musa ………………= Agama Yahudi Qs 62:6 5:43 6:91
    Dan ………………………………… Isa ………………….= Agama Nasrani Qs 5:66,68

    Yaitu : Tegak kan-lah agama,

    Janganlah kamu ( Muhammad ) ber pecah-belah pada-nya.

    Berat bagi orang-2 musjrik, agama yg kamu (Muhammad) serukan mereka kepada-nya
    ALLAH ( KAMI ) Memilih kepada agama itu kepada :
    Siapa yang Dia ( KAMI ) kehendaki dan memberi petunjuk
    Kepada agama itu orang yg kembali kepada-Nya ( KAMI ).

    2. Qs 22:40
    ………… Kalau tidak karena Perlindungan Allah kepada manusia antara sebagian ………….. mereka dgn sebagian lain

    Niscaya Di-Runtuh-kan :

    Biara ( = Agama Katolik ) Qs 57:27
    Gereja ( = Agama Nasrani ) Qs 22:34
    Sinagok ( = Agama Yahudi ) Qs 62:6
    Mesjid ( = Agama Islam )

    ( Karena di-dalamnya )

    Yg Banyak disebut Nama Allah di dalam-nya. (Ke-empat agama tsb diatas)

    Allah akan menolong siapa-2 yang menolong-nya. Sungguh Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

    3. Qs 5:68
    ( Qul ) : Hai AHLI KITAB ( Orang Nasrani )

    Kamu ( Orang Nasrani ) Tidak dipandang ber-agama sedikitpun ( Agama Nasrani )

    Hingga kamu

    Menegakkan ajaran-2 Taurat dan Injil !
    Dan
    Apa yang diturunkan (Tuhan) kepada kamu.

    4, Qs 5:66

    Dan sekiranya mereka ( Orang Nasrani )

    Qs 5:68
    Sungguh-2 menjalankan Torat dan Injil
    Dan
    Apa yang diturunkan kepada mereka ( Kitab Samuel, Mazmur-Zabur-Daniel-Yesaya dll )

    Dari
    Tuhan mereka ( Tuhan Nasrani ? )

    Niscaya mereka (Orang Nasrani) akan mendapatkan :
    Makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka.

    Catatan Penulis : Betapa indahnya ayat-2 Alquran, jika umat beragama semuanya bisa menjalankan seperti isi ayat Alquran dengan sungguh-sungguh ( bukan ber-pura-pura ! )
    Maka dunia ini akan tenang – tentram – sejahtera dan saling mengasihi ! Semoga terwujud !

  26. AAA
    10 September 2012 pukul 10:56 AM

    Mulai sekarang, semua manusia mau berdiaolog / agrumentasi / beda pendapat agama jangan-lah keluar kata-kata kotor, menghina tanpa bukti, apalagi mengancam-intimidasi-merusak / membakar apalagi menghalangi tempat-2 Ibadah masing-masing ! misal Mesjid atau Langgar tidak ada izin resmi bisa mendirikan tempat ibadah mereka, maka umat Islam harus juga bertoleransi mengizinkan tempat ibadah agama lain ! demikian misal Gereja di Propinsi Papua sekiranya orang-orang Kristen disana bisa juga bertoleransi izinkah orang-orang Islam mendirikan Mesjid atau Langgar walau mereka tidak punya izin !

    Agrumentasilah dengan cara sopan dan tulislah apa adanya sesuai masing-masing kitab, jangan dikurangi apalagi di-tambah tambah yang bukan perkataan dari Kitab Suci itu.

    Masing-2 petikai agama : Mohon dengarkan dan Renungkan tulisan Kitab-Nya atau mengutip Kitab oarang lain dengan benar !

    Dan hormatilah penjelasan-2 dan sanggahaan orang lain, tentunya bersangkutan juga jangan ngawur tafsir sesuka gue sendiri menilai Kitab Suci orang lain !

    Jika Anda tidak mengerti dengan Kitab Suci orang lain, jangan Anda tafsir semau Anda ! Itu DOSA, apalagi menghina bukan tempatnya, itu jauh lebih DOSA !

    INGAT bagi umat beragama seluruh dunia !
    setiap tindakan penulisan atau ucapkan atau main hakim / Mengancam / Intimidasi dari kami dan Anda, pasti di-catat oleh malaikat 100 %, kalau tidak dicatat itu bukan dari TUHAN, melainkan dari setan / iblis yang menghasut kami dan Anda ! nantinya ngeri di hadapan TUHAN YANG BENAR di SURGA untuk mengadili kami dan Anda ! Jangan coba-coba !

    TUHAN YANG BENAR akan mencatat apa yang kita ucapkan benar atau tidak !

    SELAMAT DIALAOG DAN AGRUMENTASI dengan keinginan bersama

    yakni :

    Saling Ketemu di Surga, bukan kami di neraka, Anda di Surga !

  27. aa arif
    11 Oktober 2012 pukul 4:53 AM

    tuhan yesus mencintai AAA yang dewasa berkomentar ” luar biasa ” perlu diberitahukan bahwa sya adalah pribadi yang terlahir ditengah2 dua agama yaitu bibi sya islam dan adik mertua silam saya kristen, memang ajaran tuhan yesus adalah agar semua mahluk dibumi agar masuk surga( wahyu 3 ayat 3-20)tanpa kecuali,sebab neraka diciptakan untuk sijahat silicik iblis terkutuk siluciver, tapi karena wajah kita mirip dengan Allah,Mka dia iblis tidak dapat melawan allah kerena iblis telah diusisr keberadaanya disurga, allah pincpta kita(bapa ) org krinten bilang, maka dia puas kalau manusia ciptaan nya masuk ikut setan keneraka,sebagai pembalasan iblis untuk mendukakan allah bhwa ciptaan nya adalah murtad tidak menyembah bapa tapi memberontak sama seperti iblis luciver,
    allah yang datang kebumi merupai manusia agar dapat berbicara secara lansung dengan manusia
    tujuan nya agar dia lebih dekat memahami kedangigan manusia
    dan agar kita dapat bertemu secar face 2 face karena jika tidak menggambil rupa manusia, banyangkan dengan segala kemuliannya maka kita yang kotort oleh dosa tidak munkin dapat berjumpa secra lansung dengan pribadi yang ESA Artiinya kita bisa binasa karena kekudusan nya,
    peryanyaan selanjutnya adalah apakah tuhan yang anda sembah dan layani adalah tuhan nya nabi ibrahim,musa a.s ..? maka tuhan yang saya semabh adalah tuhan yang sama dengan nabi ibrhim dan n musa as bagaimana dengan saudara…???? jbu

  28. aa arif
    11 Oktober 2012 pukul 5:08 AM

    saudara setanah airku indonesia …? harus nya konlik seperti poso ambon tidak perlu terjadi dan jgn terulang kembali kalau
    1.pemuda/i indonesia pintar dan smart tidak gampang diadu domba,ya apa boleh buat karena kita sdah biasa diadu domab sejak jaman belanda sehingga penyakit ini sperti warisan sampai hari ini…
    2.memahami agama nya secara benar,meneliti esensi pokok dari tujuan agamanya
    3.waspadai jika ada seorang hamba allah kotbah menyulut perang, kebencian , suruh punya istri banyak, hasut , ingat itu setan lagi nyamar jadi hamba allah sedang kotbah, usir aja dari podium….INGAT TUHAN ADALAH KASIH LAGI PENYAYANG KEPADA SEMUA MAHLUK,…RAHMATILALLMIEN..
    4.. injil mengajarkan kasihilah sesamamu manusia sperti dirimu sendiri dengan sekuat tenagamu,akal budimujadi allah adala kasih tetpi dia juga adil menurut pikiran allah itu sendiri bukan adil menurut nafsu daging manusia yang egois jbu merdeka merdeka indonesia ku….bersatu bangsaku berantas koruptor musuh yang nyta dan menyakitkan god jesus bless all

  29. sweetmemories
    25 Januari 2013 pukul 9:15 PM

    Kepada semua yang berkomentar disini, saya hanya ingin memberikan sedikit komentar :

    * Mas Dede Wijaya yang sangat baik hati sepertinya lupa bahwa tidak ada kata “Allah” didalam Bahasa Ibrani yang asli yaitu TANAKH (Perjanjian Lama) , yang ada adalah YAHWEH dan Elohim (Tuhan/God).

    * Kata Allah hanya ada kitab suci Al-Quran dan tidak sepantasnya kita umat Kristen mencantumkan nama Allah SWT didalam Kitab Suci Umat Kristen karena YAHWEH sendiri yang melarang hal itu bahkan YAHWEH melarang umatNya menyebut nama Tuhan2 lain selain YAHWEH.

    * Nama Maha Suci YAHWEH, Tuhan yang menciptakan Bumi dan Alam Semesta sudah tertulis dan tercantum di Kitab Torat, YAHWEH sendiri yang menuliskan namaNya disaksikan langsung oleh Moses, ribuan tahun sebelum Islam muncul.

    Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Mas Dede yang sangat baik hati, saya hanya ingin mengingatkan kepada Mas Dede bahwa Tuhan kita, YAHWEH adalah Tuhan yang sangat cemburu dan akan memandang bersalah kepada setiap orang yang menyebut NamaNya dengan sembarangan.

    GBU

  30. Ryan Andy
    5 April 2013 pukul 7:13 AM

    Keselamatan itu dari Allah dan cuma-cuma. tapi perlu respon dari manusia. jadi keselamatan bukan hanya usaha manusia lewat amal ibadah.
    ukuran besar kecil kesalahan, tak diukur dari jenis perbuatan tapi dari ‘terhadap siapa kesalahan itu kita lakukan’. bila anda menampar temanmu, hukumanmu tak terlalu berat. anda bisa luput dari penjara dengan minta ampun serta sedikit uang tebusan. urusan jadi lebih rumit bila yang anda tampar adalah presiden. hukumannya lebih berat karena statusnya serta menyangkut penghinaan terhadap sebuah lembaga. maka minta ampun perlu disertai tebusan/denda yang jauh lebh besar. saudaraku, dosa adalah kesalahan terhadap Tuhan Dia itu MahaTidak Terbatas. maka tiap dosa akan berakibat hukuman tak terbatas yaitu neraka. minta ampun [bertobat] saja tak cukup. perlu sesuatu untuk menebus kita yang nilainya tak terbatas [karena konsekuensi hukuman tak terbatas tadi].
    hal lain lagi: katakan bila anda menghancurkan sebuah mobil mercy temanmu maka tak mungkin hanya minta ampun. perlu ganti rugi. dengan Sepeda? tak mungkin. bahkan dengan mobil kijang pun tak bisa. anda harus menggantikan dngan mobil sejenis atau dengan uang senilai mercy.
    selain itu perlu diingat bahwa yang berdosa itu manusia jadi tak mungkin manusia menjadi korban tebusan.
    korban tebusan agar manusia bisa selamat harus memenuhi 3 syarat: tak berdosa, sejenis [yakni berupa manusia] dan tak terbatas.
    kurban domba saja tak memadai. itu hanya simbol yang Tuhan lakukan untuk korban sempurna yang akan datang. domba tak berdosa tapi ia tak sejenis dengan manusia dan terbatas. anak Abraham/Ibrahim tak layak. ia hanya diuji. ia memang manusia tapi berdosa. dan terbatas… untuk itulah Tuhan sudah berencana menjadi manusia demi menebus manusia. Di dlam Yesus Kristus, Tuhan menjadi manusia sehingga semuanya dipenuhi. Ia Tuhan yang tak terbatas, sekarang ia menjadi manusia berasal dari Rohul Kudus dan merupakan Kalimatulah / Firman Allah. dan karena Dia sebenarnya Tuhan maka Ia tak berdosa?
    Apakah mungkin Allah jadi manusia? Pasti. karena Allah maha kuasa. tapi manusia tak bisa jadi Alllah. Ingat bagaimana Tuhan mewujudkan diri menjadi api ketika menjumpai Musa di padang gurun dan di gunung Sinai/Tursina. Kalau Tuhan bisa dan mau jadi api, kenapa tak bisa jadi manusia?
    Tapi memang Tuhan katakan bahwa manusia hanya bisa dan mau percaya secara benar
    apabila Roh Kudus menjamah hatinya.
    Kami berdoa bagi semua pengunjung situs agar dijamah ‘Roh Kudus. Dan saya berharap saat anda dijamah, jangan keraskan hatimu. karena yang kita cari adalah kebenaran, bukan pembenaran. kebenaran membawa damai dan selamat. pembenaran hanya mencari pertikaian.
    Hal lain, soal kata Allah. konsep kita berbeda. bahasa itu diciptakan Tuhan berbeda untuk setiap suku. orang bisa menyebutkan hal yan gsama dengan kata berbeda. Ibrani katakan Yahwe Elohim. Arab katakan Allah. Inggris God. Dayak kandayan bilang Jubata dst..Alkitab katakan Tuhanlah nama Allah Israel. jadi konsep Kristen, Allah itu oknum sedngkan namanya Tuhan dan saat Tuhan jadi manusia namanya disebut Yesus Kristus.
    dan ini diakui kebenarannya. buktinya klaim segelintir golongan yang melarang kristen menggunakan kata Allah di Malaysia, akhirnya kalah di pengadilan. Salut buat pengadilan yang obyektif.
    kiranya diskusi ini bisa membuka mata batin kita menerima Tuhan yang mau berkorban. karena untuk bisa masuk ke sorga adalah orang yang tentu mengenal pemilik sorga yakni Allah yang menjadi manusia dalam Yesus.
    Yesus itu Allah, sehingga Dia bisa memakai beberapa hak eksklusif Allah: membangkitkan orang mati, mengalahkan penghulu setan dan pengikutnya [dajjal/lucifer], menjadi hakim atas semua orang sejak Adam sampai kiamat termasuk Muhammad. Mari opikirkan dengan obyektif tanpa beban bahwa anda seorang muslim. apa mungkin Tuhan alihkan hak penghakiman atas dosa seluruh manusia kepada Isa yang cuma manusia? bahkan boleh adili lelhurnya adam dst, juga nabi muhammad yang dikatakan nabi terbesar? bagaimana yang terbesar diadili oleh yang tidak terbesar?
    banyak rahasia dalam alkitab yang perlu kita ketahui untuk mengerti kebenaran Tuhan. hati yang mau menerima kebenaran adalah kuncinya.
    Tuhan memberkati kita.

  31. buku wajah
    24 Januari 2015 pukul 4:07 PM

    salut sama penjelasan Ryan andy. mungkin bagi kita umat kristiani bisa menerima penjelasan diatas. tapi bagi teman2 muslim?mereka sudah terdoktrin sejak kecil.parahnya lagi mereka diajarkan bahwa Yesus tidak disalibkan, tapi diangkat oleh Allah, yang disalibkan adalah orang yang diserupakan dengan dia. Jadi bagaimana jiwa mereka akan ditebus atau didamaikan dengan Allah?sekarang ini mereka ngotot dengan hukum syariah nya,mereka mengira aturan dapat menyelamatkan mereka ditambah dengan amal perbuatan untuk dapat pahala atau penebusan.
    dalam pikiran teman2 muslim, sulit untuk menerima kenyataan iman kristiani bahwa Tuhan Yesus mati dikayu salib untuk menebus dosa. mereka mengira dosa terhadap Allah bisa dihapus hanya dengan amal, atau aturan syariah atau berpuasa. mereka tidak mengenal konsep penebusan dosa.
    itulah sebabnya kenapa dinegara timur tengah ngotot dengan aturan – aturan syariah. parahnya lagi aturan2 itu membawa kebudayaan mereka mundur jauh ke belakang. di rajam, di lempar, di cambuk, dan lain2 nya bukan aturan yang baik ditengah kemajuan dunia sekarang ini. apakah ini konsep penebusan dosa mereka?apakah pantas manusia sesamanya manusia melakukan ini?

  32. 15 Februari 2015 pukul 1:32 PM

    pemalsuan , pemutarbalikan firman Tuhan tercatat pada ratapan nabi nabi Yesaya dan Yeremia

    Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong. (Yeremia 8:8)

    Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita. (Yeremia 23:36)

    Celakalah orang yang menyembunyikan dalam-dalam rancangannya terhadap TUHAN, yang pekerjaan-pekerjaannya terjadi dalam gelap sambil berkata: “Siapakah yang melihat kita dan siapakah yang mengenal kita?” Betapa kamu memutarbalikkan segala sesuatu! (Yesaya 29:15-16)

    dan jika anda melihat kanon alkitab resmi codex tertua ….. anda tak akan pernah menemukan ayat ayat emas kebanggaan kristen amanat agung … anda tak akan pernah menemukan Markus 16.9-20 pada codex Sinaiticus dan codex Vaticanus

    ini link buktinya …. Markus 16:8 ternyata langsung disambung dengan Lukas 1:1

    http://codexsinaiticus.org/en/manuscript.aspx?book=34&chapter=16&lid=en&side=r&verse=8&zoomSlider=0

  33. 15 Februari 2015 pukul 1:35 PM

    kisah Yesus mengampuni perempuan pezina sebagai penjabaran Hukum Kasih Yoh 8:1-11
    ….. juga tak ada pada codex sinaiticus

    http://www.codexsinaiticus.org/en/manuscript.aspx?book=36&chapter=8&lid=en&side=r&zoomSlider=0

  34. 15 Februari 2015 pukul 1:50 PM

    juga ternyata tak ada perintah amanat Agung untuk mengajar Injil ke segala bangsa pada kitab Matius 28:19 -20 berbahasa Ibrani …..

    http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew-proof.html

    daann … ternyata tak akan anda temukan perintah membaptis dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus ….

  35. 15 Februari 2015 pukul 1:52 PM

    masih bersikukuh tak ada perubahan / pemalsuan dalam alkitab ???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: