Beranda > Fakta Unik, KESEHATAN > ORANG HUNZA: MANUSIA TERSEHAT DAN TERPANJANG USIA DI DUNIA

ORANG HUNZA: MANUSIA TERSEHAT DAN TERPANJANG USIA DI DUNIA


Orang Hunza, orang tersehat dan terpanjang usianya di dunia, dapat hidup di antara 120 sampai 140 tahun. Faktor utama yang membuat mereka sehat dan umur panjang adalah jenis makanan yang dimakan. Mereka banyak makan makanan segar dan kurang makan makanan yang dimasak; mereka praktis hanya sedikit makan daging dan makanan berlemak.
Orang-orang Hunza ini hidup di pegunungan Himalaya, barat laut Kashmir, selatan Pakistan, daerah barat daya Afghanistan. Tempat ini bebas dari polusi dan dipenuhi dengan udara pegunungan yang bersih dan segar. Airnya jernih, keluar dari batu-batu dan dapat diminum tanpa direbus. Suasananya menopang untuk hidup sehat wal’afiat.

Orang-orang Hunza ini bebas dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Di sana tidak terdapat orang-orang berpenyakit kanker, penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit rematik/encok, penyakit gula, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, penyakit jiwa, mandul ataupun penyakit-penyakit lainnya yang dapat melanda dunia dewasa ini. Pada umumnya orang-orang Hunza ini meninggal karena umur tua bukan oleh penyakit. Seseorang boleh saja masih bekerja di ladang di siang hari, dan tidur dengan baik di malam hari, dan besoknya tidak bangun lagi. Orangnya meninggal tanpa sakit sementara tidur karena habis tenaga.

Orang-orang Hunza yang berusia 100 tahun masih bekerja di ladang sama seperti orang-orang Indonesia yang berumur 50 tahun; bahkan dalam usia 100 tahun orang-orang Hunza itu masih berolahraga di lapangan, seperti main bola kaki atau bermain volley dengan giatnya.

Hidup sehat dan umur panjang, seperti orang-orang Hunza itu dapat dicapai setiap orang kalau kebutuhan tubuhnya dipenuhi dengan makanan-makanan bergizi.

Selain pengaruh makanan bergizi, udara segar dan air bersih, orang-orang Hunza juga hidup tenteram tanpa banyak berkeluh-kesah. Pengaruh materialisme, bersaing dengan tetangga, mencari kedudukan, persaingan politik dan semua hal-hal yang menegangkan kehidupan, tidak mengganggu ketenangan kehidupan mereka. Tolong-menolong di antara sesamanya membawa kepuasan jiwa, sehingga sangat mendukung kesehatan mereka. Berbeda dengan manusia modern dewasa ini yang umumnya makan makanan yang tidak lagi bergizi lengkap dan ditambah lagi dengan polusi udara kota yang dibarengi dengan air yang kurang bersih serta hidup tegang mencekam. Akibatnya timbullah berjenis-jenis penyakit yang melumpuhkan semangat dan memudarkan masa depan yang cerah. Tetapi jangan putus asa, tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Iklan
Kategori:Fakta Unik, KESEHATAN
  1. 1 Juni 2010 pukul 2:24 PM

    wah gan,di indonesia juga ada gan.
    kemarin di berita pas disensus penduduk di daerah jawa barat ada yang berumur 120 tahunan….

  2. kangtatang
    1 Juni 2010 pukul 6:43 PM

    keren…. keren…. 😀
    sebetulnya leluhur bangsa indonesia juga memiliki catatan tentang umur panjang, hanya karena gaya hidup, pola makan modern serta polusi membuat umur bangsa indonesia sekarang lebih pendek hampir 1/3 dari umur standar leluhur kita.

  3. 2 Juni 2010 pukul 3:49 AM

    Mungkin yg ini salaha satunya dari apa yg anda maksudkan, baca di SINI. DI Majalah apa gitu, ada 3 nenek yg usianya 120an ke atas di Jawa Timur dan berada di Dusun/Desa yg sama. Masih hidup hingga hari ini.

  4. 2 Juni 2010 pukul 3:50 AM

    @Thomas, salam kenal Thomas. Thanks link2nya.

  5. 2 Juni 2010 pukul 3:56 AM

    @Kang Tatang, yup, pola makan n Gaya Hidup Modern, jenis makanan yg mengandung 4P: PENGAWET, PEWARNA, PEMANIS, PERASA, dll membuat Usia jadi Pendek, POLUSI juga, Olahraga n Aktivitas yg tak teratur, ditambah Tingkat Stress yg tdk segera ditanggulangi. Ditambah lagi Kehidupan di dalam dosa, ehm nambah Pergumulan Hidup semakin berat:). Menjadi Teratur dan Disiplin penting juga, mulai dari olahraga, waktu tidur, istirahat, makan, aktivitas, dll. Thanks Tatang

  6. 2 Juni 2010 pukul 3:57 AM

    @Btw Kang Tatang, tahukah anda, nama Anda adalah nama jenis seekor NYAMUK. Inget lagu ini: Lalu Tatang Seekor Nyamuk…:) hup….. hehehe bercanda Kang:)

  7. ananto
    6 Juni 2010 pukul 9:42 AM

    Omong2 gmana kira2 dngn usia kita besok ? nyampai angka berapa ya……hehehehe

  8. 27 Februari 2011 pukul 5:05 AM

    ga sabar pengen cepat2 kesana gan…

  9. saay
    9 Mei 2011 pukul 3:10 PM

    ya coba mulai sekarang hitung hitung umur kita udah berapa yah, rata – rata orang kita umur 40 tahun ke atas udah mulai sakit-sakitan. mungkin resep yang manjur sulit kita temukan, hidup sekarang ini serba komplek dimana ada problem bikin kita sress
    oxe ?!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: