Beranda > ISU POPULER > RRC MELARANG MLM

RRC MELARANG MLM


Inilah berita hangat yang dimuat dalam ‘USA Today’ (Sept.7/09) (http://www.usatoday.com/money/world/2009-09-07-chinafraud_N.htm).  Sebuah berita yang tidak terduga mengingat sebagai negara yang berideologi komunis, RRC sekarang membuka diri pada Kapitalisme, sistem ekonomi yang menekankan kebebasan penumpukan modal (kapital) dan kepemilikan pribadi yang dulunya dimusuhinya, padahal MLM adalah salah satu sub-sistem Kapitalisme yang juga menekankan kebebasan penumpukan modal dan kepemilikan pribadi. Mengapa?

Kapitalisme dengan segala kelemahannya disadari sudah terbukti mendatangkan kemajuan ekonomi negara dan memacu industri, dan dengan dibangunnya pabrik-pabrik maka terbukalah kesempatan banyak orang bekerja dan mendapat penghasilan. Memang Komunisme mengkritik Kapitalisme karena keserakahan para pengusaha yang melakukan monopoli dan kurang memperhatikan kaum buruh yang hanya dianggap sekedar alat produksi, namun kapitalisme telah belajar memperbaiki dirinya dengan menuju ‘welfare state’ yang lebih memeratakan penghasilan dengan dibukanya pasar saham, diadakan berbagai regulasi, dan menerbitkan undang-undang yang membela dan melindungi hak upah dan jaminan sosial kaum buruh. Dalam sub-sistem perusahaan umum dibawah sistem kapitalisme, semua pekerja mendapatkan upah sesuai dengan kadar tanggung-jawab masing-masing.

PYRAMID … It’s A Networking Tomb

Ditengah boom ekonomi yang dihadapi RRC di tahun 1990-a, dari USA masuk banyak perusahaan yang ingin beroperasi termasuk banyak perusahaan MLM. MLM (multi level marketing) adalah sistem penjualan yang mengandalkan direct selling (penjualan langsung) secara berjenjang dan membentuk jejaring (networking), dimana seseorang (upline) menjual secara langsung kepada beberapa pembeli (downline) dan kemudian para pembeli itu menjadi penjual langsung kepada beberapa downline dibawahnya demikian pun selanjutnya. Para upline bukan saja mendapat keuntungan dari penjualan langsungnya tetapi juga mendapat bonus berupa persentase dari keuntungan para downlinenya sampai beberapa jenjang dibawahnya.

Ternyata bentuk berupa skema piramid yang diikuti itulah yang merupakan cacat bawaan yang menyebabkan ekonomi pincang dialami para pesertanya. Ibarat piramid di Mesir dimana Firaun yang kaya raya dengan sedikit anggota keluarga dan kroninya menyiapkan kuburan mereka dalam piramid namun dalam pembuatan piramid itu mereka mengorbankan jutaan rakyat jelata yang membangunnya, sehingga tidak salah kalau orang memberi komentar: “PYRAMID … It’s A Networking Tomb,” demikian jugalah dengan MLM karena sifat penjualan berjenjang dengan skema piramidnya juga hanya mendatangkan keuntungan berlimpah kepada pengusaha dan sebagian untuk sedikit upline di level-level atas/depan (winner) dan keuntungan itu diperoleh dari pengorbanan/kerugian sebagian besar peserta yang berada di level-level bawah/belakang (loser). Terutama level ter-bawah/belakang akan menjadi tumbal (total loser) karena harus membayar uang pendaftaran/starter kit atau beli produk tanpa menikmati keuntungan apa-apa, demikian juga beberapa lapis diatasnya yang masih merugi atau hanya mendapat keuntungan sedikit dari down line mereka. Cacat bawaan inilah yang segera terlihat dampaknya di RRC yang rakyatnya mengalami eforia ‘mimpi indah MLM’ pada era 1990-an.

Dampak sistem pemasaran berjenjang demikian kemudian dirasakan kebanyakan rakyat Cina. Banyak pemuda/i Cina yang ikut menjadi bangkrut dan merugi yang menyebabkan sebagian besar mereka yang menjadi korban mengalami frustrasi (karena ditanamkan sugesti/indoktrinasi bahwa kerugian adalah kesalahan mereka sendiri karena kurang giat berusaha), dan tidak sedikit yang terlilit hutang, menganggur yang meninggalkan pekerjaan tetap mereka sebelumnya agar menjadi ‘investor/distributor’ sukses seperti yang dipromosikan MLM, banyak yang karenanya bercerai, sakit jiwa, sampai ada yang bunuh diri ketika impiannya musnah setelah bangun dari tidur mereka! Kondisi inilah yang menyebabkan kegoncangan ekonomi yang baru akan bangun di RRC dan mendatangkan keresahan sosial terutama dirasakan dampaknya bagi rakyat yang memang sedang dililit kesulitan keuangan, sehingga menyadarkan pemerintah RRC pada tahun 1998 (diperbaharui 2005) untuk melarang MLM dan menganggapnya sebagai subversi ekonomi yang mengancam negara.

Banyak angka drop-out (gugur) terjadi setelah seseorang selama bertahun-tahun menjadi ‘investor/distributor’ dengan pengembalian modal yang minim mulai menyadari adanya ilusi yang keliru yang disebabkan ‘brainwash’ (cuci otak) promosi para pengusaha MLM dengan gegap-gempita sukses materi yang ditanamkan dengan sugesti/indoktrinasi secara sistematis ke benak mereka oleh para motivator training MLM. Ini ibarat ‘obat bius rohani’ (spiritual opium) yang mendorong penegak hukum di RRC mengadakan razia 100 hari secara nasional pada ratusan pertemuan MLM termasuk 280 pusat jaringan MLM melalui tilpon sebelum perayaan hari kemerdekaan RRC yang ke-60 (1 Oktober 2009). Disamping itu banyak korban MLM yang sadar membentuk persatuan dengan nama ‘China Anti-Pyramid Sales Association’ dengan misi membantu mereka yang menjadi korban yang telah frustrasi karena kehilangan tabungan/pekerjaan dan harapan indah mereka sebelumnya, dan juga membantu menyadarkan para calon akan jerat-jerat MLM dengan impian agar cepat kaya dan pensiun dini. Li, seorang mantan ‘investor’ MLM mengatakan: “To do pyramid sales, you trick your own friends and relatives. That’s the real danger.” Artikel berikut menyebut:

“MLMs have great ability to mislead people about promised income, and the nature of pyramids and their legality. These lies are combined with lies about products, fake testimonials from shills at recruitment meetings, and fake growth numbers.” (http://pyramidschemealert.org/PSAMain/news/ChinaLeadsPyramidFight.html)

SITUS – SITUS MLM

MLM di USA

http://pyramidschemealert.org

http://www.falseprofits.com/

http://www.falseprofits.com/MLM%20Lies.html

http://www.sequenceinc.com/fraudfiles/

http://www.mlmwatch.org/

http://cc.edumacation.com/mlminfo.html

http://www.vandruff.com/mlm.html

http://www.armydiller.com/financial-scam/mlm.htm

http://www.crimes-of-persuasion.com/Crimes/InPerson/MajorPerson/mlm.htm

http://www.freedomofmind.com/resourcecenter/groups/m/mlm/

http://www.mlm-thetruth.com/

MLM Survivor

http://mlmsurvivor.com/

http://original.mlmsurvivor.com/

http://finance.groups.yahoo.com/group/mlmsurvivorsclub/

http://finance.groups.yahoo.com/group/MKSurvivors/

MLM di Negara Lain

http://www.themlmfile.com/

http://dierckxassociates.com/?p=12

http://www.bizop.ca/blog2/multi-level-marketing/

http://corporatefraudswatch.blogspot.com/

http://esgotocapitalista.blogspot.com/

http://www.transgallaxys.com/~beo/index.htm

http://www.ideologie-im-mlm.de/kos/WNetz?art=Compilation.show&id=3

Pengamat MLM

http://www.amquix.info/

http://amwayglobalcultintervention.blogspot.com/

http://www.ponzipluspyramidequalsprepaid.com/

http://www.pinklighthouse.com/

http://www.usanawatchdog.blogspot.com/

http://www.madesmall.net/

Semoga artikel dan informasi ini menjadi berkat bagi pembaca dan menyadarkannya akan jerat-jerat daya tarik duniawi yang menggoda. (Redaksi Yabina.org)

Iklan
Kategori:ISU POPULER
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: