Beranda > BERITA > Top 40 Berita Bulan Oktober 2010

Top 40 Berita Bulan Oktober 2010


Top 40 Issue Indonesia Okober 2010
1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik jaksa agung definitif setelah melakukan kunjungan kerja ke China dan Vietnam. Presiden dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 31 Oktober mendatang.
2. Aksi demonstrasi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Tolak Studi Banding DPR RI ke Luar Negeri akhirnya dibubarkan pihak Polresta Bandara, Sabtu (23/10/2010).
3. Bakrie Sumatera Plantations Tbk membayar semua pinjaman kelompok usaha Domba Mas di Bank Mandiri. Nilai pinjaman yang dilunasi mencapai 180 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,62 triliun dengan asumsi nilai tukar ada di level Rp 9.000 per dollar AS.
4. Ledakan keras terjadi di salah satu ruangan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ledakan itu merusak sebagian bangunan kantor itu. Bahkan dinding dan kaca-kaca kantor pecah akibat kerasnya ledakan.
5. Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Aburizal Bakrie mengatakan tidak takut citra partainya jatuh karena memberikan pembelaan terhadap sejumlah kadernya yang diduga tersangkut kasus korupsi. Pria yang akrab disapa Ical ini mengatakan tuduhan korupsi itu belum tentu benar sebelum terbukti di pengadilan.
6. Jika benar  politisi PDIP Puan Maharani akan diberi jatah kursi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, maka itu merusak tatanan negara demokrasi. Demikian ujar pengamat politik UI, Arbi Sanit, Minggu (25/10/2010)
7. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menyatakan status Gunung Merapi naik menjadi awas pada pukul 06.00 WIB, Senin (25/10). Melalui suratnya nomor 2044/45/BGL.V/2010, BPPTK mengirimkan pada empat kabupaten di lereng Merapi,  yaitu Sleman, Klaten, Boyolali, dan Magelang.
8. Vokalis band “Peterpan” Ariel dan Redjoy disebut menyebar dan memperbanyak video porno di studio milik Capung, anggota Band “Java Jive” di Bandung. Jika hal itu benar, Capung mengaku kecolongan.
9. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  seperti mendapat angin segar dengan penyataan Boediono yang menolak rencana resshufle. PKS yakin, sebagai Wakil Presiden Boediono bisa mempengaruhi keputusan rencana reshuffle kabinet.
10. Speedy Tour d’Indonesia 2010 memasuki etape kedua Bandung-Cirebon, Senin (25/10). Sebanyak 63 pebalap melakukan start dari depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, pada pukul 09.08 WIB. Etape yang akan menempuh jarak 213,2 kilometer tersebut dilepas secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.(berbagai sumber)

1. Usulan pemberian gelar pahlawan bagi mantan presiden HM Soeharto memantik kontroversi. Saat ini, Kementerian Sosial telah menyaring 10 dari 18 nama yang diteruskan ke Dewan Gelar, Tanda Kehormatan dan Tanda Jasa yang diketuai oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.
2. Pusat Kajian Anti-korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) menilai mantan Presiden Soeharto tak layak dinobatkan sebagai pahlawan. Sejarah kelam pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi menjadi alasannya.
3. Ketua PBNU Slamet Effendi Yusuf berharap Kapolri yang baru, Komjen Timur Pradopo, bisa merangkul organisasi-organisasi garis keras. Harapan itu disampaikan mengingat selama ini organisasi garis keras kerap diasingkan.
4. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso menyatakan Timur Pradopo kemungkinan besar disahkan sebagai Kepala Kepolisian pada Selasa 19 Oktober 2010.
5. Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjamin akan meningkatkan penerimaan dari wajib pajak orang pribadi terutama dari para wajib pajak dengan berpenghasilan tinggi.
6. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, diundang mengunjungi Pusat Pengolahan Darah Palang Merah Israel (MDA) di Tel Aviv, Israel, Minggu (17/10/2010) pagi waktu setempat. Selama satu setengah jam, JK meninjau antara lain ruangan proses penyediaan bank darah, proses fraksionasi plasma darah, dan sistem manajemen ambulans di kota Tel Aviv.
7. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Aburizal Bakrie menyatakan, pihaknya telah mencapai kemenangan sebesar 53 persen pada pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia dan hal membuktikan Golkar memiliki jaringan paling luas. “Partai Golkar merebut lebih dari 53 persen kemenangan dalam pilkada di Tanah Air dalam setahun terakhir,” kata Ketum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie pada pembukaan Rapimnas I Partai Golkar di Jakarta, Minggu.
8. Tersangka kasus Sistem Aministrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Yusril Ihza Mahendra mengajukan permohonan hak uji materi (judicial review) Pasal 65 dan 116 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) terhadap Undang Undang dasar 1945, terkait perlu tidaknya Kejaksaan Agung (Kejagung)memintai keterangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai saksi yang meringankan.
9. Ratusan warga Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat kembali melakukan eksodus ke Kabupaten Manokwari dan sekitarnya guna mencari lokasi pengungsian yang lebih aman karena khawatir terjadinya banjir bandang susulan.
10. Hari libur lazimnya pusat kota Jakarta dipenuhi warga yang lari pagi dan bersepeda sehat. Tapi hari ini pusat kota juga akan dipenuhi para pengunjuk rasa. Menurut data yang dihimpun Ditlantas Pol.

1. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha membantah kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Ito Sumardi sebagai calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri.
2. Sore ini, Senin (4/10), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyerahkan nama calon kepala Kepolisian RI (kapolri) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
3. Sebanyak 36 penumpnag tewas dalam kecelakan kereta api yang Sabtu (2/10) pukul 02.45, sekitar 100 meter sebelah barat Stasiun Petarukan di Desa Serang, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
4. Masinis Kereta Api Argo Bromo, M Halik Rudianto, yang mengalami kecelakaan di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, resmi ditetapkan sebagai tersangka setelah diperiksa pada Sabtu (2/10/2010) malam, pukul 22.00-24.00 WIB.
5. Polisi sejak Kamis Malam pekan lalu telah berhasil melumpuhkan sembilan orang yang diduga terkait perampokan PT Bank CIMB-Niaga Medan dan penyerangan Markas Polsek Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari sembilan orang tersebut, enam tewas dalam baku tembak dengan Detasemen Khusus Antiteror 88.
6. Gayus Tambunan mengaku mendapat juta dollar AS dari PT Bumi Resources. Dia membantu perusahaan milik Grup Bakrie itu dalam menghadapi sidang di Pengadilan Pajak, yang sedang menghadapi tahap banding pada 2005 lalu.
7. Wakil Presiden Boediono akan menghabiskan malam ini untuk menonton film bersetting pulau Bali “Eat, Pray, Love”. Boediono dijadwalkan menonton pada pukul 18.45, Senin 4 Oktober 2010, di Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan.
8. Lebih dari 40.000 anjing di Pulau Bali akan divaksinasi rabies dalam beberapa bulan mendatang untuk menghentikan wabah yang diduga telah menewaskan 70 orang dan mengancam pariwisata di pulau para dewa ini.
9. Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla menyatakan siap bersaksi dalam kasus sistem administrasi badan hukum (Sisminbakum) yang menjerat Yusril Ihza Mahendra.
“Saya sebagai warga negara akan patuh kepada hukum. Saya tinggal menunggu pengadilan, kalau dipanggil saya siap datang,” kata Jusuf Kalla di Makassar, Sabtu 2 Oktober 2010.
10. Omzet penjualan makanan dan minuman terus membengkak. Pada September lalu, omzet penjualan industri ini naik 10 persen menjadi sebesar Rp 400 triliun.

1. Alexander Supelli (54), pilot pesawat Super Decathlon PK-NZP yang jatuh saat manuver di Bandung Air Show, Pangkalan Udara Husein Sastranegara, akhirnya meninggal dunia, Senin (27/9/2010) sekitar pukul 05.31.
2. Suryo Bambang Sulisto, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2010–2015, Sabtu (25/9/2010) malam, dalam Musyawarah Nasional VI Kadin yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).
3. Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi mengungkapkan para aktivis akan melakukan aksi besar-besaran pada Oktober mendatang untuk melengserkan Presiden SBY.
4. Seiring keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan jabatan jaksa Agung hendarman Supanji tidak sah, Presiden mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) mengganti Hendarman Supandji dengan Wakil Jaksa Agung, Darmono, sebagai Pelaksana Tugas Jaksa Agung hingga Presiden menunjuk Jaksa agung yang definitif.
5. Mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra mengapreasi pernyataan Hendarman Supandji, yang tidak dendam kepada dirinya sebagai penggugat pasal dalam Undang-Undang Kejaksaan, yang berujung pemberhentian Hendarman dengan hormat sebagai Jaksa Agung.
6. Sekitar 50 Gubernur Bank Sentral dari berbagai negara dijadwalkan hadir dalam acara Alliance for Financial (AFI) Global Policy Forum ‘Taking Financial Inclusion to The Next Level’ yang digelar di Bali hari ini, Senin 27 September 2010.
7. Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai saat ini belum perlu mengerahkan TNI untuk memberantas gerombolan teroris yang menurut polisi belakangan merampok dengan senjata api itu. Kinerja Detasemen Khusus 88 yang ditugaskan untuk memberantas teroris dinilai masih mampu.
8. PT Pertamina menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyokong pendapatan terbesar kepada negara, yaitu Rp30,2 triliun (34,1 persen). Lalu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk, sebesar Rp13,2 triliun (14,9 persen). Sisanya sebesar 51,0 persen berasal dari BUMN sektor lain, termasuk PT Telkom Indonesia Tbk.
9. Pemerintah menetapkan asumsi kenaikan tarif dasar listrik pada 2011 sebesar 15 persen, sehingga besaran subsidi listrik tahun depan bisa ditekan menjadi sekitar Rp41 triliun. Menteri keuangan, Agus Martowardojo mengatakan subsidi energi tahun depan diperkirakan akan mencapai Rp133,8 triliun. Dari total subsidi energi tersebut, katanya, Rp 41 triliun di antaranya merupakan subsidi listrik.
10. Nilai kerugian negara akibat pencurian ikan sangat besar. Direktorat Jenderal Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelauatan dan Perikanan memperkirakan nilai kerugian itu mencapai Rp 20 triliun setiap tahun.

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: