Beranda > BERITA, TOP TEN > Top 40 Berita Indonesia Bulan November 2010

Top 40 Berita Indonesia Bulan November 2010


  1. Menghadapi sidang perdana penyanyi Nazriel Irham alias Ariel, yang bakal digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (22/11/2010) ini, tim kuasa hukum menyiapkan tiga strategi.
  2. Ratusan pengungsi asal Desa Jrakah dan Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, kembali memadati tempat pengungsian di kantor kecamatan setempat menyusul terjadinya suara gemuruh dari puncak Gunung Merapi pada hari Minggu (21/11/2010) petang.
  3. Tim Gabungan Pemerintah Indonesia yang ditugaskan khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menangani kasus TKI korban penyiksaan, Sumiati Binti Salan Mustopa, hingga hari ini masih terganjal pemberian visa Pemerintah Arab Saudi.
  4. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tersangka kasus penerimaan suap cek perjalanan, Panda Nababan, sebagai saksi.
    “Saya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Max Moein cs, kapasitasnya ketika saya menjadi Sekretaris Fraksi PDIP waktu itu,” ujar Panda ketika tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.
  5. MASA tanggap darurat bencana tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, berakhir hari ini, Senin (22/11). Artinya, semua personel dari instansi terkait di luar pemerintah daerah setempat akan ditarik. Salah satunya adalah personel TNI yang selama ini perannya sangat vital dalam menjalankan tugas-tugas lapangan.
  6. Sejumlah penerbangan Garuda Indonesia sejak Minggu (21/11/2010) mengalami penundaan karena persoalan dalam sistem kendali operasi. Garuda Indonesia tengah menerapkan sistem baru yang disebut dengan sistem kendali operasi terpadu (integrated operasional control system/IOCS). Menurut Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia Pujobroto, sebelumnya sistem yang digunakan terpisah dan berdiri sendiri, yakni sistem untuk memantau pergerakan pesawat, awak kabin, dan penjadwalan. Sistem tersebut kemudian diintegrasikan. Sistem kendali terpadu ini telah diuji coba berkali-kali, tetapi pada Minggu (21/11/2010) pelaksanaan sistem tersebut bermasalah.
  7. Pengembang software/aplikasi dari Indonesia kembali unjuk gigi di tingkat dunia. Kali ini aplikasi “Love Indonesia” berhasil menjadi aplikasi super app terbaik di BlackBerry untuk tingkat Asia Pasifik. Aplikasi tersebut berhasil menyingkirkan lebih dari 400 aplikasi untuk BlackBerry yang masuk.
  8. Jumlah jamaah Indonesia yang wafat di tanah suci, sampai MInggu (21/11/2010) tercatat sebanyak 188 orang, terdiri dari 104 orang laki-laki dan 84 orang perempuan.
  9. Markis Kido/Hendra Setiawan mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di arena bulu tangkis Asian Games XVI 2010, Sabtu (20/11/10) di Tianhe Gymnasium. Di partai puncak, pasangan nomor satu Tanah Air tersebut menang 16-21, 26-24, 21-19 atas pasangan Malaysia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong.
  10. Indonesia gagal menambah perolehan medali pada hari kesembilan Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, China. Akibatnya, posisi tim “Garuda” melorot dua strip ke urutan 12, digeser Malaysia dan India, pada klasemen sementara perolehan medali, Minggu (21/11/10).
  1. Pemberian gratifikasi masih terjadi di dua unit layanan Kementerian Keuangan yang paling banyak bersinggungan dengan masyarakat, yakni Unit Layanan Penyelesaian Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Ditjen Pajak serta Layanan Bea Masuk di Ditjen Bea dan Cukai.
  2. Sejumlah bank pelat merah seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku siap menghapuskan utang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta.
  3. Pengamat telematika Abimanyu Wachjoewidajat memastikan, lelaki mirip Gayus yang tengah menonton tenis di Bali identik dengan terdakwa mafia pajak, Gayus Halomoan Tambunan.
  4. Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menilai bebasnya pejuang demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, tak lepas dari peran Indonesia. Bebasnya tokoh yang ditahan selama 15 tahun itu memberikan angin segar demokrasi di Myanmar dan dunia.
  5. Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup mulai melakukan pengambilan sampel di sejumlah titik di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Salah satunya adalah sampel kualitas air yang akan digunakan pengungsi di tempat relokasi pengungsi bencana tsunami. Pengambilan sampel mulai dilakukan Senin (15/11/2010) di Pulau Pagai Utara.
  6. Ratusan warga Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (14/11) dini hari, dikejutkan oleh suara letusan keras sebanyak tiga kali yang diduga dikeluarkan dari perut Gunung Anak Krakatau.
  7. Ratusan warga Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (14/11) dini hari, dikejutkan oleh suara letusan keras sebanyak tiga kali yang diduga dikeluarkan dari perut Gunung Anak Krakatau.
  8. Kapolri, Jenderal Timur Pradopo, mengatakan sembilan anggota kepolisian yang terkait dalam kasus keluarnya Gayus H Tambunan di Rumah Tahanan (Rutan) Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua, Depok, telah ditetapkan sebagai tersangka.
  9. Untuk mempelajari sistem dan manajemen kereta api bawah tanah atau subway, Wakil Presiden Boediono, pada hari kedua kunjungan kerjanya di Tokyo, Jepang, akan mengunjungi underground metropolitan expressway, Tokyo. Kunjungan akan dilakukan Wapres Boediono bersama para menteri yang mendampinginya, Senin (15/11/2010) siang.
  10. Kontingen Indonesia sementara berada di peringkat delapan dalam pengumpulan medali pesta olah raga Asian Games XVI Guangzhou, Minggu (14/11). Kontingen Indonesia telah mengumpulkan satu medali perak dan 5 perunggu.
  1. Kerusakan akibat semburan awan panas dari puncak Gunung Merapi mengakibatkan Kali Gendol, di Dusun Banjarsari, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, dipenuhi debu vulanisk setebal sekitar 25 meter atau sudah sejajar dengan perkampungan tersebut.
  2. Sebanyak 13 pengamat ekonomi dan pasar modal menggugat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan warga negara (citizen law suit) ini dilayangkan untuk menuntut pembatalan penjualan saham perdana PT Krakatau Steel.
  3. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) membentuk tim khusus yang mengawasi secara langsung penanganan tanggap darurat di lokasi bencana.
  4. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia mengimbau masyarakat Indonesia untuk menyambut Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebagai tamu yang harus dihormati. PBNU menilai, kedatangan Obama di Indonesia justru dapat dimanfaatkan Indonesia untuk mendesak Obama menjadi jembatan dialog Islam dan Barat.
  5. Setelah sempat menyebut kota Yogyakarta  adalah kota malapetaka dan pada tanggal 8 November 2010 akan terjadi bencana besar dalam salah satu tayangannya, redaksi acara infotainment “Silet”  akhirnya meminta maaf atas keteledorannya.
  6. Permintaan masker di Salatiga, Jawa Tengah, melonjak tinggi seiring dengan meluasnya sebaran abu vulkanik Gunung Merapi ke berbagai daerah, termasuk ke Salatiga yang berada di arah timurlaut . Akibatnya persediaan masker di kota mungil berhawa sejuk itu ludes.
  7. Masyarakat di pesisir Banten dan Lampung diimbau tetap tenang dan jangan memercayai isu-isu perihal akan adanya tsunami karena letusan Gunung Anak Krakatau.  Masyarakat diminta tetap beraktivitas seperti biasa dan senantiasa mengikuti arahan satuan pelaksana serta satuan koordinasi pelaksana penanggulangan bencana setempat.
  8. Sebanyak tujuh aksi unjuk rasa hari ini, Senin (8/11/2010), akan berlangsung di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Menurut data yang dihimpun dari TMC Polda Metro Jaya, ada tujuh unjuk rasa yang akan mewarnai kegiatan masyarakat Jakarta, Senin (8/11/2010).
  9. Sejumlah maskapai asing yang sebelumnya menghentikan penerbangannya ke Bandara  Soekarno-Hatta, pada Senin, 8 November 2010 sudah beroperasi kembali. Mulai normalnya penerbangan asing itu karena abu vulkanik Gunung Merapi tidak menggangu operasi di bandara.
  10. PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional II Bandung menyiapkan kereta untuk pengiriman bantuan logistik dari warga Kota Bandung bagi korban letusan Gunung Merapi. Bantuan akan diantar menggunakan kereta barang hingga ke Stasiun Yogyakarta secara gratis.
  1. Jumlah korban tewas akibat gempa dengan kekuatan 7,2 SR disusul tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bertambah menjadi 449 jiwa. Sementara warga yang belum ditemukan Tim SAR akibat gempa dan tsunami tersebut berjumlah 96 orang.
  2. Ketua DPR Marzuki Alie berpendapat, relokasi warga di Kepulauan Mentawai tetap merupakan solusi bagi mereka yang bertempat tinggal di kepulauan tersebut dari ancaman tsunami. Hal itu dikatakan Marzuki dalam pernyataan persnya yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/10/2010) malam.
  3. Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan armada pesawat amfibi yang bisa mendarat dan tinggal landas di air untuk menjangkau daerah terpencil dan sangat berguna sebagai sarana tanggap bencana. Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo yang ditemui di Jakarta, Sabtu (30/10/2010) kemarin, mengatakan, terakhir kali satuan pesawat amfibi digunakan untuk operasi pemadaman kebakaran hutan Kalimantan tahun 1997.
  4. Mantan Menteri Hukum dan Perundang-undangan Yusril Ihza Mahendra menggugat pasal yang menghambat pengajuan empat saksi yang dinilai menguntungkan dalam kasus Sisminbakum adalah Megawati, Jusuf Kalla, Kwik Kian Gie dan Susilo Bambang Yudhoyono.
  5. Ramainya kecaman terhadap anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang berkunjung ke luar negeri, membuat sejumlah partai bertindak. Tiga partai yakni Partai Amanat Nasional, Partai Golkar dan Partai Gerakan Indonesia Raya menyatakan melarang kadernya ke luar negeri.
  6. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (1/11) pukul 10.10 WIB meletus lagi dengan menyemburkan awan panas (wedhus gembel) dan mengeluarkan asap hitam dari kepundannya.
  7. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (1/11) pukul 10.10 WIB meletus lagi dengan menyemburkan awan panas (wedus gembel) dan mengeluarkan asap hitam dari kepundannya.
  8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG wilayah V Jayapura menginformasikan terjadi gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter didarat dengan pusat 86 kilometer sebelah Barat Jayapura, Papua. Gempa yang terjadi Minggu malam pukul 20:50 Waktu Indonesia Timur (WIT) itu, berada pada kedalaman 14 kilometer dan berlokasi di 2,82 Lintang Selatan (LS) -139,99 Bujur Timur (BT).
  9. Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kepulauan Seribu, Jakarta, Lukman Surya Nulhakim, mengatakan 16.000 dari 21.000 warganya tidak memiliki akte kelahiran.
  10. Sebanyak 20 persen atau 3,15 miliar saham PT Krakatau Steel (KS) akan dilepas ke publik, 2-4 November 2010. Kementerian BUMN menetapkan harga saham perdananya Rp 850, mendekati batas bawah harga indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp 800-Rp 1.150 per saham.
Kategori:BERITA, TOP TEN
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: