Beranda > DOKTRIN GEREJA > Surat Untuk Laboratorium Graphe

Surat Untuk Laboratorium Graphe


PERTANYAAN

Dengan Hormat, Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan beberapa pertanyaan kepada Tim Laboratorium GRAPHE. Adapun pertanyaan-pertanyaan itu adalah:

1. Apakah pihak Graphe ada keterkaitan teologis dan organisatoris dengan GGBI (Gabungan Gereja-gereja Baptis Indonesia) yang berdiri pada 5 April 1973 ataupun dengan PBI (Persekutuan Baptis Indonesia)?

2. Di Jl. Simongan, Semarang, ada STBI (Seminari Teologi Baptis Indonesia). Juga di Jakarta ada STT Baptis (di daeah Grogol). Adakah kesamaan dan perbedaannya dengan STT Graphe yang juta menganut aliran Baptis?

3. Pada umumnya, gereja-gereja Baptis yang ada di Indonesia menganut teologi yang bagaimanakah? Apakah ada kesamaannya dengan aliran Southern Baptist yang di Amerika (USA)?

4. Apakah pihak STT Graphe menganut Teologi Dispensationalis?

5. Apakah alumni STT Graphe (khusus program S.Th dan SPAK) dapat mengikuti ujian negara yang biasanya diselenggarakan oleh Departemen Agama RI?

6. Di Amerika (USA) ada bermacam-macam gereja Baptis, yang kalau saya tidak salah sebut, nama-namanya itu seperti nama arah angin. Misalnya: Northern Baptist, southern Baptist, Western Baptist, Eastern Baptist, Southwest Baptist.

Adakah perbedaan teologis di antara mereka itu? Kalau TBTS dan EBTS dan STT Graphe menganut gereja Baptis yang mana?

7. Saya tinggal di Bandung. Apakah di Bandung ada toko buku Kristen yang menjual buku-buku rohani & teologi terbitan Graphe, tulisan Dr. Suhento Liauw?

Sekian dahulu surat saya, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah merepotkan pihak tim Laboratorium Graphe. Semoga Tuhan memberkati.

Salam Dalam kasih Kristus,

Hanan Gandasubrata, Bandung. (Alamat lengkap ada pada redaksi)

Inilah Jawaban dari Tim Laboratorium GRAPHE dengan nomor urut sesuai dengan nomor pertanyaan:

1. Kami tidak ada kaitan theologis dan organisatoris baik dengan GGBI maupun PBI.

2. Dengan STBI dan STT Baptis, mungkin ada kesamaan yaitu sama-sama bernama Baptis. Dan mungkin juga ada perbedaannya. Untuk mengetahuinya secara jelas tentu harus memiliki statement of faith mereka dan diperbandingkan.

3. Setahu kami di Indonesia ada banyak kelompok Baptis; GBI (Gereja Baptis Indonesia) yang adalah Southern Baptis, Gereja Kristen Baptis Jakarta yang di Jl. Samanhudi. Yang sesungguhnya nama mandarinnya bukan gereja Baptis melainkan Hui Tao Thang. KGPI (Kerapatan Gereja Baptis Indonesia) yang berkedudukan di Manado. PIBI (Persekutuan Injili Baptis Indonesia) yang dimulai di Kalimantan Barat. Ada juga beberapa denominasi Baptis di Papua yang berdiri sendiri. GBII (Gereja Baptis Independen Indonesia), dan kami adalah GBIA (Gereja Baptis Independen Alkitabiah).

4. Kami menafsirkan Alkitab secara Dispensasional, bukan secara Covenant Theology.

5. Seharusnya alumni GITS bisa ikut ujian negara jika negara RI adalah fair dan demokratis.

6. Sebagian sudah dijawab di poin 3. TBTS, EBTS dan GITS menganut theologi Baptist yang Independen dan alkitabiah. Kami juga berposisi fundamentalis.

7. Maaf, kami tidak tahu keadaan toko buku Kristen di Bandung. Jika anda berminat  mendapatkan buku Dr. Liauw, bisa memakai prosedur yang di Pedang Roh.

Kiranya Tuhan memberkati anda. Kami doakan agar di Bandung bisa didirikan Gereja Baptis Independen yang alkitabiah.

Salam Kasih Kristus, Tim Laboratorium GRAPHE

Sumber: Jurnal Teologi PEDANG ROH Edisi 51  Tahun XI , April – Mei – Juni 2007

Kategori:DOKTRIN GEREJA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: