Beranda > BERITA, IPTEK > Istimewa… Empat Planet Hiasi Langit pada Malam Natal!

Istimewa… Empat Planet Hiasi Langit pada Malam Natal!


Perisai.net– NATAL menjadi momen bersejarah bagi umat Kristiani karena kedatangan Yesus Kristus, Sang Mesias. Namun, malam Natal pada Sabtu (24/12/2011) malam hingga Minggu (25/12/2011) dini hari nanti menjadi istimewa karena ada empat planet yang akan menghiasi langit.

Sekitar pukul 19.00 malam nanti, beberapa jam setelah Matahari tenggelam, Jupiter dan Venus akan menampakkan diri. Jupiter akan tampak di ketinggian langit dengan magnitud -2,48, sementara Venus akan muncul di langit bagian barat dengan magnitud – 3,87.

Untuk melihat dengan jelas kedua planet tersebut, ada baiknya Anda menggunakan teleskop dan mencari lokasi tepat, lapang, dan minim polusi cahaya. Planet akan tampak seperti titik cahaya. Berbeda dengan titik cahaya bintang yang berkedip-kedip, cahaya planet akan tampak stabil.

Venus kemudian akan menghilang dari pandangan sekitar pukul 20.30 WIB. Pada sekitar pukul 23.30, Jupiter yang sudah berada di langit bagian barat akan ditemani oleh Mars yang terbit di langit timur. “Si Planet Merah” itu akan tampak dengan magnitud 0,35 sehingga cukup terang untuk disaksikan.

Sekitar pukul 02.00, Mars sudah akan berada di ketinggian langit, yaitu antara arah timur dan utara. Jupiter sudah hilang dari pandangan mata. Sebagai penggantinya, Saturnus akan muncul di langit timur dengan magnitud 1,30.

Mungkin, bila diteropong memakai teleskop, cincin planet tersebut bisa disaksikan. Sebagai catatan, malam ini bukan kali pertama keempat planet itu terlihat.

Jupiter, misalnya, sempat tampak sangat terang pada purnamanya, 28 Oktober 2011 lalu. Saat itu, Jupiter mencapai jarak terdekat dengan Bumi, yakni 629 juta km, 300 juta km lebih dekat dari jarak terjauh yang bisa dicapai.

Mars sendiri sudah tampak sejak beberapa waktu lalu. Planet tersebut memang sedang bergerak mendekati Bumi.

Setiap harinya, planet yang diduga bisa mendukung kehidupan itu bergerak 1.370.000 km lebih dekat dengan Bumi. Pada 5 Maret 2012 nanti, Mars akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi.

Namun, tentu ada syarat untuk bisa menyaksikan keempat planet tersebut pada malam Natal kali ini. Syarat utamanya adalah tak ada mendung dan hujan. Jadi, berdoa saja semoga langit pada malam Natal kali ini begitu cerah tanpa terganggu awan yang menghalangi pandangan. []

Selamat Mengingat Yesus Kristus, sang Firman YAHWEH pernah turun ke dunia menjelma dan lahir menjadi seorang manusia, yang adalah Tuhan dan Juruselamat seluruh umat manusia. GBU. 

Kategori:BERITA, IPTEK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: