Beranda > BERITA, IPTEK, ISU POPULER > Komet Cinta Jadi “Bintang Natal” Tahun Ini

Komet Cinta Jadi “Bintang Natal” Tahun Ini


Foto komet Lovejoy yang diambil Gabriel Brammer dari Gurun Atacama, ChilePerisai.net– MENJELANG kelahiran Yesus Kristus sekitar 2000 tahun silam, tiga pria bijaksana yang disebut Para Majus menyaksikan Bintang Natal atau Bintang Bethlehem. Adanya bintang tersebut membuat Para Majus percaya bahwa seorang mesias penyelamat bangsa Yahudi telah datang.

Sementara Bintang Natal sebenarnya yang dideskripsikan dalam Alkitab tersebut belum jelas keilmiahannya, tahun ini manusia di Bumi kembali disuguhi pemandangan Bintang Natal baru. Bintang Natal ini sejatinya bukan sebuah bintang, namun sebuah komet yang baru saja selamat dari maut.

Bintang Natal tahun ini adalah Komet Cinta alias Komet Lovejoy. Komet ini adalah komet yang baru saja ditemukan oleh astronom Australia, Terry Lovejoy. Oleh astronom, komet ini disebut sebagai golongan komet Kreutz, komet yang bergerak mendekati Matahari. Diameter komet tersebut sekitar 200 meter.

Lovejoy dikatakan baru saja selamat dari maut sebab pada 18 Desember 2011 sekitar pukul 07.00 WIB melesat masuk ke dalam korona Matahari yang suhunya 1,1 juta derajat Celsius. Hampir semua orang berpikir bahwa komet itu akan hancur lebur, namun seluruh prediksi gugur. Lovejoy tetap selamat.

Komet Lovejoy menampakkan diri pada Kamis (22/12/2011) dan Jumat (23/12/2011), 2 hari sebelum perayaan Natal tahun ini, karenanya diasosiasikan dengan Bintang Natal. Komet tampak sebagai bola api yang punya ekor panjang yang tampak beberapa saat sebelum fajar menyingsing.

Beberapa astronom amatir sempat mendokumentasikan kenampakan komet itu. Salah satunya Gabriel Brammer, astronom amatir yang mengabadikan komet dari Observatorium Paranal di Gurun Atacama, Chile. Menurutnya, komet terlihat dengan mata telanjang, bersama Bulan yang juga masih bersinar.

Orang lain yang beruntung bisa menyaksikan “Bintang Natal” tersebut adalah Yuri Beletsky. Ia mengamati komet ajaib itu dari kota Santiago, Chile. Di belahan dunia lain, ada Colin Legg yang mengamati dari muara sungai Mandurah, Australia Barat pada Jumat (23/12/2011) pagi.

Sebuah komet yang selamat dari maut menampakkan diri menjelang Natal, apa artinya? Mungkin tak ada artinya sama sekali. Tapi, kecerlangannya menyemarakkan langit menjelang Natal. Nama Lovejoy juga bisa diartikan kegembiraan dan cinta. Lovejoy mungkin hendak mengajak manusia untuk memberikan kegembiraan dan cinta bagi orang lain. []

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: