Beranda > KELUARGA, TOP TEN > Rekor Mampu Mempertahankan Pernikahan TERLAMA

Rekor Mampu Mempertahankan Pernikahan TERLAMA


Pasangan Terlama Menikah

Wolipop – Dengan semakin maraknya perceraian, mampu mempertahankan hingga berpuluh-puluh tahun tentu jadi prestasi tersendiri. Pasangan asal Amerika yang sudah menikah selama 78 tahun ini misalnya, dinobatkan sebagai pasangan terlama menikah di negeri Paman Sam itu.

Wilbur Faiss dan istrinya Theresa menikah pada 14 April 1933. Anak tertua pasangan tersebut, mendaftarkan mereka dalam kontes Worldwide Marriage Encounter.

“Aku sama sekali tidak menyangka kami akan memenangkan pasangan tertua dengan pernikahan terlama,” jelas Faiss seperti dikutip dari Time.

Faiss kini sudah berusia 100 tahun, sedangkan istrinya 96 tahun. Keduanya mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama. Cinta tersebut tetap bertahan hingga sekarang, setelah 78 tahun. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai tiga anak, enam cucu, lima cicit dan empat buyut.

Dalam wawancara dengan KVVU, Faiss pun berbagi rahasia kelanggengan rumah tangganya itu. “Sangat sederhana. Saling memberi dan menerima serta kompromi. Selalu bertanya setiap hari pada istriku bagaimana perasaannya dan apakah ada yang bisa aku lakukan untuknya. Dan ucapakan, ‘Sayang, aku selalu mencintaimu’,” katanya. Faiss menambahkan lagi, baginya istrinya adalah sahabat terbaiknya.

Selain Wilbur Faiss dan Theresa, sebenarnya ada pasangan lainnya yang mampu mempertahankan pernikahan mereka hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Berikut ini lima pasangan dengan pernikahan terlama, termasuk pasangan asal Las Vegas, Amerika Serikat itu:

1. Daniel Frederick Bakeman dan Susan Bakeman 
Pasangan asal New York yang sudah meninggal ini menikah selama 91 tahun, 12 hari. Daniel yang wafat pada 5 April 1869, menikahi Susan pada 29 Agustus 1772.

2. K. Philipose Thomas dan Sosamma Thomas
Pasangan asal India ini sudah menikah selama 88 tahun, 2 hari. Kini Sosamma Thomas sudah meninggal. Dia meninggalkan suaminya ke alam baka pada 19 Februari 2006.

3. Herbert Fisher dan Zelmyra G. Fisher
Keduanya sudah menikah selama 86 tahun, 290 hari. Herbert Fisher yang tinggal di North Carolina bersama istrinya, meninggal pada 27 Februari 2011. Sedangkan Zelmyra sendiri usianya sekarang sudah 105 tahun.

4. Liu Yung-Yang dan Liu Yang Yang-Wan
Pasangan asal Taiwan ini wafat pada 2007 dan 2003. Keduanya menikah selama 86 tahun, 133 hari.

5. Lazarus Rowe dan Mary Rowe
Lazarus Rowe yang lahir pada Januari 1725 menikah dengan Mary Rowe selama 85 tahun, 178 hari. Rowe dan istrinya sama-sama meninggal dalam usia 104 tahun, pada 1829. (eny/kik Eny Kartikawati – wolipop)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: