Beranda > dede wijaya, PESONA ALKITAB > Musa Memasuki Tanah Perjanjian?

Musa Memasuki Tanah Perjanjian?


Siapa yang tidak mengenal tokoh yang satu ini, Musa yang berarti diambil/diangkat dari air. Dia Pemimpin Besar Bangsa Israel pertama, seorang yang paling lembut hatinya di muka bumi. 

Kitab Ulangan pasal 34:1-8 berkata
”34:1 Kemudian naiklah Musa dari dataran Moab ke atas gunung Nebo, yakni ke atas puncak Pisga, yang di tentangan Yerikho, lalu TUHAN memperlihatkan kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan,
34:2 seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut sebelah barat,
34:3 Tanah Negeb dan lembah Yordan, lembah Yerikho, kota pohon korma itu, sampai Zoar.
34:4 Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana.” 
34:5. Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
34:6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.
34:7 Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang.
34:8 Orang Israel menangisi Musa di dataran Moab tiga puluh hari lamanya. Maka berakhirlah hari-hari tangis perkabungan karena Musa itu.”

Musa masuk ke tanah Perjanjian? Ah yang bener, bukankah dalam Alkitab jelas mengatakan bahwa dia hanya diperkenankan Allah melihat dari gunung Nebo, puncak Pisga,  negeri perjanjian yang berlimpah susu dan madunya itu yang disebut Kanaan?

Memang benar dalam Alkitab kita pada kitab Ulangan 34: 1-8 Allah mengizinkan Musa hanya melihat dari jauh negeri Kanaan, namun kita pasti tahu akan cerita mengenai Yesus dimuliakan di atas Gunung (Mat 17:1-8, Mrk 9:2-8, Luk 9:28-36). Nah dari kisah ini Musa dan Elia, menemui Yesus yang berubah rupa dalam kemuliaan.

Musa dan juga Elia berbicara dengan Yesus mengenai kematian-Nya yang tidak lama lagi akan dijalankan-Nya di Yerusalem.

Jadi kita tahu bahwa Musa akhirnya memasuki tanah perjanjian, Kanaan di masa Perjanjian Baru pada zaman kedatangan Yesus yang pertama, meski peristiwa penampakan Musa hanya sesaat, tetapi kita tahu pasti Musa dalam tubuh kemuliaan yang bisa dilihat ketiga murid Yesus : Petrus, Yohanes dan Yakobus, hadir di Israel di atas sebuah gunung. Nah jadi Musa pun akhirnya mencicipi masuk tanah Kanaan. Sungguh indah bukan?!

Sumber: PESONA ALKITAB, cetakan ke-5,  PBMR ANDI, Dede Wijaya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: