Beranda > Alkitab > Ide kreatif baca ALKITAB

Ide kreatif baca ALKITAB


Alkitab Edisi Studi

Alkitab Edisi Studi

Boring baca Alkitab? Serasa nggak dapet apa-apa waktu baca Alkitab? Cobain deh tips berikut ini supaya kamu bisa dapet manfaat yang lebih waktu bacanya.

Bikin Alkitabmu secantik mungkin sesuai selera kamu. Pakai pembatas buku cantik, tempelin stiker, stabilo warna warni, ganti sampulnya dengan sampul yang kamu suka dll.

Biar nggak bosen baca dari Kejadian sampe Wahyu, gimana kalo bacanya sesuai urutan kejadiannya? Kamu bisa download dilink berikut 

Setelah baca Alkitab coba kamu jawab pertanyaan ini: Apakah yang kubaca tentang Tuhan, Adakah pedoman bagi hidupku, Adakah perintah untuk ditaati, Adakah janji Tuhan, Adakah dosa yang harus dibereskan, Adakah peringatan bagiku…

Atau kamu bisa tulis di bukumu, langkah-langkah apa yang bakal kamu lakukan untuk mempraktekkannya. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa lebih fokus dan bisa langsung praktekkin dalam hidupmu.
Lembar kerja untuk mempelajari Alkitab bisa kamu download juga di link berikut  

Pertanyaan lain yang bisa dipakai: 5 W dan 1 H –> What, Where, When, Who, Why dan How. Pertanyaan-pertanyaan ini bakal bikin kamu lebih tertarik bacanya jadi nggak lewat gitu ajah.

Nggak ada salahnya ganti suasana waktu baca Alkitab. Di kafe, di sawah, di kebun, di pantai, di food court atau tempat lain yang kamu suka.

Coba sekali-sekali baca Alkitabnya sambil bersuara biar kedengeran ama telinga kamu. Firman Tuhan bilang kalo iman timbul dari pendengaran akan Firman lho.

Kalo lagi baca tentang seorang tokoh, misalnya Daud, bikin penelitian tentang orang itu. Siapin satu buku khusus atau folder khusus untuk mengarsip semua hal yang kamu dapat tentang tokoh itu. Susun yang rapi sehingga kamu bisa dapet banyak manfaat.

Atau… coba bayangin seandainya kamu jadi tokoh itu, bagaimana perasaanmu, gimana responmu, apa yang bakal kamu lakuin, apa yang akan kamu katakan ke Tuhan dll. Tulis di bukumu lalu bandingkan dengan tokoh itu. Kamu bakal terkejut deh, ternyata banyak teladan yang bisa kita dapetin dari Alkitab.

Tanamkan/camkan di pikiranmu bahwa Firman yang barusan kamu baca adalah perintah Tuhan yang harus dilaksanakan. Misalnya ‘kasih’. Mungkin waktu bacanya kamu bilang, ‘ya mengasihi itu emang baik’ tapi cuman itu doank, kamu cuman berpikir untuk memilih mengasihi. Beda hasilnya kalo yang muncul di pikiranmu, ‘mengasihi itu perintah Tuhan, jadi aku harus lakuin’. Jadi ayat itu bener-bener masuk ke pikiran en hati kamu, nggak cuman sekedar lewat.

Bosen baca Alkitab yang isinya silsilah? Gimana kalo bikin pohon keluarga ajah? Gambar ajah pohon keluarga trus simpen, jangan dibuang. Biasanya yang disebutin cuman nama cowoknya saja, tapi kalo kamu baca ayat lain mungkin kamu bakal temuin nama istrinya atau keluarga yang lain. Tuh kan jadi asik… nggak jadi ngantuk lagi deh…

Udah sering baca Matius mpe Yohanes? Biar lebih asik gimana kalo bikin urutan peristiwa dalam hidup Yesus sesuai keempat injil itu. Atau kamu bisa bikin terpisah-pisah, menurut Matius begini, Markus begini dst trus kamu bandingkan. Kamu bisa tahu sudut pandang penulis injil itu.

Buat games seputar Alkitab. Versinya bisa banyak. Tanya jawab, siapa aku, ayat apa ajah yang udah pernah dibikin jadi lagu, lomba cari ayat dan barang dll dsb buanyakk banget deh. Kalo udah, kirim email ya… biar bisa dishare ke yang laen hehehehe…

Tambahan:
Baca buku PESONA ALKITAB yang akan memacu anda ingin mempelajari dan membaca ALKITAB lebih serius.

Jangan lupa membaca juga buku-buku pendamping untuk mengerti dan memahami ALKITAB, contohnya Konkordansi, Kamus Alkitab, Software Alkitab, Alkitab literal/sesuai arti kata dalam bahasa aslinya, Komentari Alkitab kitab per kitab, Renungan Harian, dll.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: