Beranda > KESEHATAN > Cara Mudah Singkirkan Bau Mulut!

Cara Mudah Singkirkan Bau Mulut!


Bau mulut adalah masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dikeluhkan oleh pasien, selain sakit gigi. Bau mulut ini merupakan hal yang paling sering disebabkan oleh masalah kebersihan mulut. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan atau penyakit tertentu. Punya masalah bau mulut memang menyebalkan dan memalukan. Masalah ini umum dialami banyak orang dengan penyebab yang berbeda-beda. Ingin tahu cara menyingkirkannya?

Inilah 5 Cara Mudah Singkirkan Bau Mulut

Simaklah 5 cara alami berikut yang bisa Anda coba sendiri, seperti dikutip Zeenews.com:

– Pastikan Anda selalu membersihkan mulut setelah setiap makan. Atau, Anda bisa coba dengan ramuan sederhana ini : larutkan sekitar seperempat sendok teh garam dalam air hangat dan berkumurlah.

– Cobalah kunyah herbal aromatik dan menyikat gigi dengan ranting kunyah siwak atau gunakan penyegar mulut.

– Minumlah banyak air secara rutin, sekitar 7-8 gelas, karena lidah kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

– Minumlah teh hijau karena sangat bermanfaat dalam membunuh bakteri berbahaya dalam mulut Anda.

– Gantilah sikat gigi Anda secara berkala jika terlihat sudah rusak, karena bakteri akan bersarang pada sikat gigi bila terus dipakai dan akhirnya menyebabkan bau mulut.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut:
1. Menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Melakukan flossing minimal sekali sehari. Penggunaan obat kumur biasanya hanya membantu menyegarkan napas untuk sementara. Tanpa sikat gigi dan flossing hingga bersih, obat kumur tidak akan efektif menghilangkan bau mulut.
2. Sikat lidah. Sikat lidah ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan sikat gigi maupun sikat lidah khusus yang sudah banyak dijual di supermarket atau toko-toko serba ada. Permukaan lidah disikat hingga 5 – 15 kali, terutama bagian tengah lidah.
3. Bila menggunakan gigi tiruan lepasan atau kawat gigi lepasan, jangan lupa untuk selalu membersihkan alat-alat lepasan tersebut secara rutin.
4. Jaga agar mulut tetap lembab, baik dengan cara minum air putih yang cukup (bukan dengan kopi atau softdrink), ataupun dengan mengunyah permen karet xylitol atau menghisap permen yang tidak mengandung gula.
5. Sikat gigi diganti dengan yang baru setiap 3 bulan sekali.
6. Periksa gigi Anda di dokter gigi, minimal 6 bulan sekali untuk memeriksa dan membersihkan gigi dari karang gigi yang ada.

Selain rutin sikat gigi, perhatikan apakah ada lubang di gigi yang belum ditambal, atau ingat-ingatlah, kapan terakhir membersihkan karang gigi (scaling) di dokter gigi. Gigi yang lubang dan karang gigi yang menumpuk juga menjadi penyebab bau mulut.

Ingatlah, obat kumur atau permen wangi, atau obat semprot mulut bukanlah solusi untuk menghilangkan bau mulut. Hal-hal tersebut tadi hanya membantu menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu. Bila efeknya hilang, bau mulut pasti menyeruak kembali.

Well, selamat mencoba! (jay)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: