Beranda > BERITA > Berita Dwimingguan JULI 2013

Berita Dwimingguan JULI 2013


PRESIDEN SOUTHERN BAPTIS MENGATAKAN BAHWA KITA TIDAK SEHARUSNYA MEMPERDEBATKAN THEOLOGI SEMENTARA DUNIA MENUJU NERAKA
(Berita Mingguan GITS 13 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Dalam pidatonya setelah terpilih ulang sebagai presiden Konvensi Baptis Selatan (Southern Baptist Convention, atau SBC), Fred Luter, Jr., mengatakan bahwa waktu yang dipakai untuk memperdebatkan perbedaan-perbedaan theologis antara anggota gereja seharusnya dipakai untuk menjangkau orang yang tidak percaya dengan Inijl. “Waktu sudah mau habis. Kita tidak punya waktu untuk debat. Kita tida punya waktu untuk berargumen. Dunia perlu mengetahui bahwa Yesus menyelamatkan” (“SBC’s Fred Luter,” Christian Post, 12 Juni 2013).

Untuk mendukung pendapatnya tersebut, Luter mengutip dari 2 Timotius 3. Tetapi Luter gagal melihat bahwa orang-orang yang digambarkan dalam 2 Timotius 3:1-5 justru adalah orang-orang yang sudah “beragama,” bahkan barangkali beragama Kristen. Paulus mengacu kepada orang-orang yang secara lahiriah menjalankan ibadah, tetapi pada hakekatnya memungkiri kekuatannya (2 Tim. 3:5). Paulus juga mengacu kepada orang-orang yang meminta para pengkhotbah untuk memberitakan hal-hal yang ingin mereka dengar, menggelitik telinga mereka sendiri (2 Tim. 4:3-4). Jadi, ini bukan deskripsi dunia yang tidak percaya saja, tetapi juga deskripsi kekristenan yang mengaku Kristus tetapi tidak memiliki hakekat Kristus, masih mengejar hawa nafsu daging dan mendengarkan kesesatan-kesesatan yang hari ini muncul dari berbagai pengajar Kristen (buku The Shack, doa kontemplatif, gerakan emerging church, keselamatan di luar iman kepada Kristus ala C. S. Lewis dan Max Lucado, penerimaan “Kristen” homoseksual ala Philip Yancey, dan lain-lain lagi). Itulah sebabnya doktrin sangat penting, dan tidak terpisahkan dari upaya penginjilan.

Saya setuju dengan Luter bahwa ini adalah waktunya memberitakan Injil. Itulah sebabnya Tuhan masih menunda kedatanganNya, karena Ia “sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat” (2 Pet. 3:9). Hal ini memang sudah jelas, dan orang Kristen yang baik seharusnyalah memberitakan Injil ke sebanyak mungkin orang selama ada kesempatan. Tetapi, 2 Timotius 3-4 juga menuntut agar kita memperhatikan doktrin yang benar (2 Tim. 3:14-16), menegur dosa dan kesalahan (2 Tim. 3:16; 4:2), menjadi murid dalam segala perbuatan baik (2 Tim. 3:17), memisahkan diri dari segala pengajaran sesat (2 Tim. 3:5), dan mempertahankan iman (2 Tim. 4:6). Orang Kristen tidak boleh memilih memberitakan Injil dan tidak mempertahankan iman yang benar, atau mempertahankan iman tanpa menginjil, melainkan melakukan keduanya.

PAUS MENAWARKAN PENGAMPUNAN DOSA UNTUK HARI REMAJA DUNIA
(Berita Mingguan GITS 13 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Paus Fransiskus telah menawarkan suatu indulgence (pengampunan dosa) bagi orang-orang Roma Katolik yang akan berpartisipasi di Hari Remaja Dunia ke-28 di Rio de Janeiro. Untuk menerima indulgence (pengampunan dosa) tersebut, sang individu harus mengaku dosa-dosanya kepada seorang imam, ikut serta dalam misa, dan “menyebut Perawan Mulia Maria, Ratu Brazil” (“Papal Indulgences,” Vatican Information Service, 9 Juli 2013). Suatu indulgence adalah “penghapusan hukuman temporal karena dosa tersebut telah diampuni.”

Menurut Catholic Encyclopedia, dosa sudah diampuni saat baptisan, tetapi “masih tersisa hukuman temporal yang dituntut oleh keadilan Ilahi, dan tuntutan ini harus dipenuhi entah di kehidupan dunia ini atau di dunia yang akan datang, yaitu dalam purgatori.” Paus mengklaim otoritas untuk menghilangkan hukuman temporal ini. Dari awal sampai akhir ini adalah penyangkalan terang-terangan terhadap kecukupan penebusan Kristus untuk menghapuskan dosa dan kecukupan keimamatan Yesus yang sebenarnya “sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka” (Ibr. 7:25).

Injil sakramental versi Roma yang menyuguhkan kasih karunia campur pekerjaan, jelas berada di bawah kutuk yang Paulus berikan dalam Galatia pasal 1. Lebih lanjut lagi, bahwa sangat sedikit orang Protestan, Baptis, Injili, kharismatik, atau lainnnya, yang menyerukan peringatan tegas tentang kesesatan Roma, adalah bukti bahwa kesesatan sudah sedemikian mengalam di dunia yang gelap ini. “Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia” (Gal. 1:8).

SATU KAKI DAN SEBUAH LAYAR
(Berita Mingguan GITS 13 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini dari Creation Moments, 24 Mei 2013: “Sekitar 50 tahun yang lalu imigran dari Cina ke Amerika Serikat membawa remis air tawar bersama mereka. Hari ini diketahui bahwa remis tersebut ditemukan di paling sedikit 35 negara bagian AS. Itu adalah wilayah yang sangat luas yang bisa ditempuh hanya dalam 50 tahun oleh suatu makhluk yang hanya memiliki satu kaki. Penyebaran remis Asia telah menimbulkan kerugian satu milyar dolar per tahun kepada industri, karena mereka menyumbat banyak pipa penarikan air. Para ilmuwan mulai bertanya-tanya bagaimana makhluk ini dapat berperjalanan sedemikian cepat, bahkan berpindah dari danau ke danau lain dan dari sungai ke sungai lain.

Yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan adalah bawah ketika remis Asia menemukan arus, ia mengembangkan layar. Mendorong diri dengan satu kakinya itu, ia lalu mengeluarkan suatu lembaran film yang transparan, yang menangkap arus air sama seperti layar menangkap angin. Ia lalu berlayar, menggunakan kakinya sebagai kendali. Ini menjelaskan banyak hal, bukan hanya bagaimana ia bisa bergerak begitu cepat mengikuti sungai, tetapi juga bagaimana remis ini dapat menyebar dari satu badan air ke badan air lain pada waktu banjir. Kemampuan berlayar remis Asia ini adalah desain yang sangat canggih. Demikian juga dengan keseimbangan dalam alam yang mencegah suatu makhluk menjadi terlalu banyak. Sayangnya, remis Asia di Amerika Serikat tidak memiliki banyak predator alami untuk menahan laju populasinya. Jika evolusi itu benar, seharusnya tidak adanya keseimbangan seperti ini adalah hal yang umum di alam. Tetapi justru keseimbangan ada di mana-mana, menjaga setiap makhluk tetap memiliki makanan, tetapi tidak berkembang biak terlalu banyak dalam setting alaminya, dan ini adalah kesaksian lain lagi bagi Pencipta kita.”

Dari wikipedia: Remis adalah sekelompok kerang-kerangan kecil yang hidup di dasar perairan, khususnya dari genus Meretrix, famili Veneridae. Remis mempunyai cangkang yang kuat dan simetris, bentuk cangkang agak bundar atau memanjang. Permukaan periostrakum agak licin, bagian dalam bewarna putih dan bagian luar bewarna abu-abu kecoklatan. Hidup membenamkan diri dalam substrat. Lebar cangkang dapat mencapai 3-4 cm.

KONFERENSI KEPEMIMPINAN HTB – GEREJA ESA-SEDUNIA BERAKSI
(Berita Mingguan GITS 6 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Konferensi Kepemimpinan Holy Trinity Brompton (HTB) adalah suatu contoh yang menyajikan sekilas pandang seperti apa bentuk “gereja” esa-sedunia akhir zaman. Holy Trinity Brompton adalah sebuah gereja Anglikan di London, Inggris, yang memiliki pengaruh luas melalui program pelatihan Alpha Course mereka, musik penyembahan kontemporernya, kesesatan-kesesatan kharismatik mereka (HTB berada pada sentral “KKR tertawa” di Inggris pada tahun 1990an), dan filosofi ekumenis mereka yang melebar ke mana-mana. Perhatikan konferensi tahun 2013 (tanggal 13-14 Mei).

Para pembicara dan peserta terdiri dari antara lain, seorang kardinal Roma Katolik, empat orang uskup dan uskup agung Katolik, 21 uskup agung Anglikan, pemimpin-pemimpin Ortodoks, Methodist, Baptis, Presbyterian, dan Pantekosta. Para pemimpin seminar termasuk Bill Hybels dari Willow Creek Community Church dan Christoph Schonborn, uskup agung Katolik dari Vienna.

Konferensi tahun 2012 mem-fitur Tony Blair yang Roma Katolik (dan yang telah menerima nasihat dari para penenung New Age, ikut serta dalam ritual lahir kembali New Age, dan berdoa kepada matahari) dan gembala sidang Southern Baptist, Rick Warren (yang dijadwalkan berbicara lagi tahun 2014). Sesi “penyembahan” tahun ini dipimpin oleh gembala sidang kharismatik Darlene Zschech, penulis dari lagu populer “Shout to the Lord.” Pada tahun 2014, pemimpin “penyembahan” nanti adalah Tim Hughes, kepala dari Worship Central, suatu pusat pelatihan dan sumber daya penyembahan kontemporer internasional, yang sedang menyebarkan doktrin kharismatik ekumenis melalui musik. Musik Penyembahan Kontemporer adalah salah satu komponen kunci dalam pembangungn “gereja” esa-sedunia, dan gereja-gereja Alkitabiah yang mau main-main api dengan barang ini sedang membangun jembatan menuju dunia.

IMAM KATOLIK DIPENGGAL DI SIRIA
(Berita Mingguan GITS 6 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Seorang imam Katolik adalah salah satu dari tiga orang yang dipenggal secara terbuka pada tanggal 23 Juni oleh para pejihad Siria yang sedang berperang melawan rezim Assad (“Syrian Jihadists Behead Catholic Priest,” Catholic Online, 29 Juni 2013). Pemenggalan tersebut dilakukan dengan sebuah pisau dapur dan disoraki oleh khalayak ramai yang antusias sambil menyerukan Alahu Akbar. Orang-orang yang menyaksikan merekam kejadian brutal itu melalui kamera telpon genggam mereka dan mempostingkannya online. Inilah para “pemberontak” yang didukung oleh administrasi Obama melalui pelatihan dan kemungkinan juga dana dan peralatan.

BISAKAH ORANG KRISTEN / KONSERVATIF MEMPERCAYAI WIKIPEDIA?
(Berita Mingguan GITS 6 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini dari Creation Moments, 28 Juni 2013: “Kebanyakan orang berpaling kepada Wikipedia untuk mendapat informasi pada zaman ini. Namun, orang-orang Kristen perlu tahu bahwa ensiklopedia online ini harus dipakai dengan hati-hati, terutama ketika mengecek topik-topik yang berkaitan dengan politik, Alkitab, perubahan iklim, isu-isu sosial, dan pandangan-pandangan rohani. Sebagai contoh, perhatikan artikel Wikipedia tentang penciptaan versi Alkitab dan evolusi. ‘Gerakan penciptaan (Creationism) adalah …. sering dipakai untuk mengacu kepada penolakan yang termotivasi secara agamawi terhadap proses biologis tertentu, terutama evolusi, dan lebih memilih suatu penafsiran mitos penciptaan sebagai penjelasan atas sejarah, keberagaman, dan kompleksitasn kehidupan di atas bumi…’

Berlawanan dengan apa yang mereka sebut ‘mitos penciptaan,’ Wikipedia menggambarkan evolusi sebagai ‘teori yang secara kuat menjelaskan dan memprediksikan [apa yang] telah menjadi prinsip sentral biologi….’ Dengan kata lain, penciptaan versi Alkitab adalah mitos dan evolusi adalah kebenaran. Sebagaimana diingatkan oleh Conservapedia, Wikipedia ‘dimulai oleh dua orang atheis: pengusaha Jimmy Wales dan profesor filosofi Larry Sanger pada tanggal 15 Januari 2001. Walaupun secara resmi mereka menganut ‘kebijakan netral,’ Wikipedia sebenarnya memiliki bias liberal yang kuat.'”

PEMERINTAH INGGRIS MENGATAKAN BAHWA LAKI-LAKI BISA MENJADI SUAMI DARI LAKI-LAKI LAIN
(Berita Mingguan GITS 6 Juli 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini disadur dari “Men can be ‘wives’ and women ‘husbands’ as government overrules the dictionary,” The Telegraph, 27 Juni 2013: “Para pejabat sipil telah menjungkirbalikkan Kamus Oxford Inggris dan ratusan tahun penggunaan umum, dan secara efektif telah menghilangkan makna tradisional dari kata-kata suami istri. Perubahan yang penting ini terdapat dalam kata-kata penjelasan dari panduan hukum yang baru yang diberikan kepada para anggota parlemen Inggris ketika perdebatan tentang hukum pernikahan sesama jenis sedang berlangsung. Hal ini satu paket dengan inisiatif pemerintah Inggris untuk ‘memperjelas’ apa yang akan menjadi arti kata-kata ini jika pernikahan gay menjadi undang-undang resmi. …

Hukum-hukum sebelumnya akan diamandemenkan untuk menyapu hilang pengertian istilah tradisional yang ‘spesifik jenis kelamin tertentu’ yang tadinya berpotensi untuk mengeksklusikan orang-orang yang menikah di bawah aturan baru. … ‘Istilah “suami” di masa depan dapat dikenakan kepada seorang lelaki yang menikah dengan lelaki lain (tetapi tidak bisa dipakai untuk seorang wanita yang menikah dengan wanita lain),’ demikian dijelaskan secara membingungkan. ‘Dan “istri” dapat dikenakan kepada seorang wanita yang menikah dengan wanita lain (tetapi tidak untuk seorang lelaki yang menikah dengan lelaki lain), kecuali jika terjadi perubahan lagi belakangan. Seorang jurubicara bagi Coalition for Marriage, yang berkampanye untuk menentang perubahan ini, mengatakan: ‘Kami dari dulu sudah tahu bahwa Pemerintah akan membuat diri sendiri pusing ketika mencoba mendefinisikan ulang pernikahan, dan terlihat betapa bodohnya kekacauan yang telah mereka perbuat. Pengacauan bahasa ini memperlihatkan apa yang terjadi ketika politikus mencampuri urusan pernikahan. Mereka berada dalam dunia konyol.'”

Editor: Dr. Steven E. Liauw
Graphe International Theological Seminary (www.graphe-ministry.org)
(Didistribusikan dengan gratis, dengan mencantumkan informasi sumber di atas)
Untuk berlangganan, pilih opsi “Join Group” di: http://groups.yahoo.com/group/gits_buletin/ dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar komputer

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: