Beranda > CALVINISME > AYAT-AYAT BUKTI CALVINIS DITELAAH (Bagian 5)

AYAT-AYAT BUKTI CALVINIS DITELAAH (Bagian 5)


AYAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDUKUNG CALVINIS: AJARAN IRRESISTIBLE GRACE
(Anugerah Yang Tidak Bisa Ditolak)

Menurut doktrin Calvinis ini, panggilan Allah untuk umat pilihan adalah mujarab dan tidak dapat ditolak. Orang mati berdosa secara berdaulat dilahirbarukan dan diberikan “Karunia Iman.”
“Bahwa beberapa, dalam waktu, iman telah diberikan kepada mereka oleh Tuhan, dan lain-lain telah tidak diberikan, hasil dari keputusan abadinya”; untuk ‘dikenal kepada Allah semua karya-karyanya dari awal,’ dll (Kis 15:18;. Ef 1:11).
Menurut Keputusan Dekrit, Ia anggun melembutkan hati umat pilihan, namun keras, dan Ia membungkuk mereka untuk percaya; tetapi untuk non-terpilih Dia tinggalkan/biarkan, dalam penghakimanNya, untuk kesesatan dan kekerasan mereka sendiri” (Ringkasan berasal dari Sinode Dort).

Westminster Confession menambahkan hal berikut: “Panggilan mujarab Ini adalah rahmat gratis dan khusus Allah saja, tidak dari apa pun yang dilihat dulu pada manusia, yang sama sekali pasif di dalamnya, sampai, yang dipercepat dan diperbaharui oleh Roh Kudus, ia demikian diaktifkan untuk menjawab panggilan ini, dan merangkul anugerah disampaikan di dalamnya dan ditawarkan. Lainnya, tidak dipilih, meskipun mereka dapat dipanggil melalui pelayanan Firman, dan mungkin memiliki beberapa operasi umum Roh, namun mereka tidak pernah benar-benar datang kepada Kristus, dan karena itu tidak dapat diselamatkan … “

Berikut ini adalah ayat bukti yang diajukan dalam mendukung doktrin Anugerah Yang Tidak Dapat Ditolak:

1. Yohanes 3: 8 – “Angin berhembus ke tempat ia menghendaki, dan engkau mendengar suaranya, tetapi engkau tidak tahu dari mana dia datang, dan ke mana dia pergi; demikian pula setiap orang yang telah dilahirkan dari Roh.”

Ayat ini tidak mengatakan apa-apa tentang pemilihan ilahi dan tidak mengatakan apa-apa salah satu cara atau yang lain tentang doktrin bahwa mereka yang berdaulat terpilih yang tak tertolakkan disebut. Ini hanya menyatakan bahwa Roh Allah adalah seperti angin yang dalam hal itu Anda tidak dapat melihat Roh itu tetapi Anda dapat melihat Pengaruhnya dalam kehidupan orang-orang yang dilahirkan kembali.

2. Yohanes 6:37 – “Semua orang yang Bapa berikan kepada-Ku, ia akan datang kepada-Ku; dan siapa yang datang kepada-Ku, Aku sekali-kali tidak akan mencampakkannya ke luar. “

Jika “Anugerah yang tidak dapat ditolak” diajarkan dalam bagian ini, itu untuk semua orang yang percaya pada Kristus dan bukan hanya untuk beberapa khusus yang berdaulat pra-terpilih untuk diselamatkan.

Ayat ini tidak mengatakan bahwa Allah telah berdaulat pra-dipilih hanya beberapa untuk keselamatan dan bahwa itu adalah mereka yang pra-dipilih yang diberikan kepada Kristus. Seseorang harus membaca hal itu dalam ayat tersebut. Ini hanya mengatakan bahwa semua yang Bapa berikan akan datang kepada Kristus. Pertanyaannya adalah: “Siapakah yang Bapa berikan kepada Yesus?”

Pertanyaan itu dijawab dengan jelas dalam bagian ini hanya dalam tiga ayat sesudahnya: “Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu bahwa setiap orang yang melihat Putra dan percaya kepada-Nya, dia akan memperoleh hidup kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.”(Yoh 6:40). (Tentu saja Calvinis berpendapat bahwa hanya orang-orang pilihan yang bisa “melihat Anak,” tetapi kita harus membaca dalam ayat ini.)

Dengan demikian, semua orang yang percaya kepada Kristus diberikan oleh Bapa dan mereka diterima dan tidak diusir.Masalah kata “memberikan,” dan “diberikan”

3. Yohanes 6:37, 39 ”Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu dan barang siapa datang kepadaKu, ia tidak akan kubuang. 39 “dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.”
Semua yang diberikan kepada Anak dalam kamus Kalvinis Allah pemilihan tanpa syarat (unconditional election). Pemahaman ini muncul karena Kalvinis tidak melihat dan mengartikan ayat ini dengan melihat ayat yang lain. Seperti ayat Yoh 6:40 “Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku bangkitkan pada akhir zaman.” Sangat jelas, bahwa orang yang diberikan Bapa kepada Yesus adalah orang yang percaya kepada Anak. Kalvinis selalu memaksa Alkitab untuk mendukung pendapatnya yang salah demi Augustinus dan John Calvin, “bapa” yang mereka anggap benar.

4. Yohanes 6:39 – “Dan inilah kehendak Bapa yang telah mengutus Aku, supaya setiap orang yang telah Dia berikan kepada-Ku, Aku tidak akan membinasakannya, melainkan Aku akan membangkitkannya pada akhir zaman.”

Kami telah menjelaskan ini di bawah Yoh 6:37. Ayat 40 mengatakan bahwa mereka yang diberikan oleh Bapa adalah mereka yang percaya pada Kristus.

5. Yohanes 6:44 – ” Tidak seorang pun dapat datang kepada-Ku, jika Bapa yang telah mengutus Aku tidak menarik dia, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.”

Ini adalah pernyataan penting dan mengajarkan bahwa manusia tidak bisa diselamatkan selain gambar ilahi. Orang-orang berdosa tidak mencari Tuhan sendiri (Rom. 3:11). Jika Yohanes 6:44 berdiri sendiri, terpisah dari sisa Kitab Suci, akan ada kemungkinan untuk melihat Calvinis Anugerah Yang Tidak Bisa Ditolak dalam bahasa, tetapi tidak. Tuhan Yesus jelas mengajarkan bahwa semua orang tertarik. “Dan aku, kalau aku ditinggikan dari bumi, akan menarik semua orang kepada-Ku” (Yoh. 12:32). Tidak hanya itu, tetapi Dia juga mengatakan bahwa semua manusia diberi cahaya. “Itu adalah Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang yang datang ke dalam dunia” (Yoh 1: 9).. Selanjutnya, Roh Kudus telah datang untuk “menginsafkan dunia akan dosa, dan kebenaran, dan penghakiman” (Yoh 16: 8).

6. Yohanes 17: 1-2, 6 –
YESUS mengatakan hal-hal ini, dan Dia mengangkat matanya ke langit dan berkata, “Bapa, waktunya sudah tiba. Muliakanlah Putra-Mu, supaya Putra-Mu juga memuliakan Engkau. 2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya otoritas atas semua manusia, yaitu semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Dia telah memberikan hidup kekal kepada mereka,6 Aku telah menyatakan Nama-Mu kepada orang-orang yang telah Engkau berikan kepada-Ku dari dunia ini. Mereka adalah milik-Mu, dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku, dan mereka telah memelihara firman-Mu.
Allah telah memberikan Yesus beberapa orang, tapi siapa mereka? Apakah mereka orang-orang yang berdaulat terpilih atau mereka semua yang percaya Injil? Yohanes 6:40 mengatakan, “Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu bahwa setiap orang yang melihat Putra dan percaya kepada-Nya, dia akan memperoleh hidup kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.” Yohanes 1 : 12 dan 3: 14-16 dan banyak ayat-ayat lain mengajarkan hal yang sama.

7. Yohanes 17 : 6, 12 “Aku telah menyatakan namaMu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepadaKu dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepadaKu dan mereka telah menuruti firmanMu. 12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMu, yakni namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam kitab suci.”

Sangat menarik untuk dipelajari karena apa yang telah diberikan kepada Yesus ada juga yang binasa!Selain itu, sangat jelas pasal 17 ini membahas mengenai kerasulan dan bukan untuk orang percaya, karena ada satu rasul yang binasa dan itu bukan untuk orang percaya. Karena konteksnya Yesus sedang berdoa kepada kedua belas rasulNya. Kata “mereka ini” mengacu kepada 12 rasul, dan lanjutan doa Yesus adalah untuk orang-orang hasil pemberitaan mereka.
“Dia yang yang telah ditentukan” dalam ayat 12 ini ada kesalahan penerjemahan. Kata ditentukan tidak ada dalam bahasa asli. Dalam bahasa Yunani απολυω (apoluo) artinya menghancurkan dan απολειας (apoleias), artinya kehancuran dan ό υίος απολειας (ho huios apoleias) artinya putra kehancuran. Selain dari dia adalah “anak kehancuran”harusnya timbul pertanyaan kenapa ia menjadi anak kehancuran? Karena ia (Yudas Iskariot) memang akan menggenapi hal negatif (menyerahkan Yesus) yang timbul dari hatinya sendiri, bukan Allah yang menentukan demikian dari semula sejak kekekalan. Sebab jika Allah telah menentukan Yudas untuk melakukan hal ini, maka seharusnya ia mendapat reward.

8. 2 Tesalonika 2:13 “Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai” Ayat ini sama sekali tidak Unconditional, sebab di dalamnya kita menemukan Allah memilih orang untuk diselamatkan dengan dua syarat, yaitu di dalam Roh yang menguduskan dan di dalam kebenaran yang kamu percayai. Kebenaran apa yang mereka percayai? Tentu kebenaran yang menyatakan, bahwa Kristus telah menebus dosa seisi dunia dan barang siapa yang percaya kepadaNya pasti selamat.

Bagian ini mengatakan orang-orang percaya di Tesalonika dipilih oleh Allah untuk keselamatan. Apa itu tidak mengatakan, meskipun, adalah dasar untuk memilih ini. Bagian ini tidak mengatakan bahwa dasar untuk memilih adalah kehendak Allah yang berdaulat terlepas dari apapun yang Dia meramalkan. Yohanes 6:40 mengatakan, ” Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu bahwa setiap orang yang melihat Putra dan percaya kepada-Nya, dia akan memperoleh hidup kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.” Menurut ayat ini, dasar pemilihan Allah adalah iman manusia.

Bagian ini mengatakan orang-orang percaya di Tesalonika dipilih “melalui pengudusan Roh dan keyakinan kebenaran.” Doktrin Calvinis dari Anugerah Tak Dapat Ditolak mengklaim bahwa ini berarti Roh Allah berdaulat dan tak tertolakkan menarik orang-orang percaya ini kepada iman, tetapi kita harus membaca dalam bagian ini. Hal ini sederhana dan lebih Alkitabiah untuk mengatakan bahwa itu adalah Roh Kudus yang menerangi (Yoh 1: 9)., Meyakinkan (Yoh 16: 8)., Dan menarik (Yoh 12:32) orang-orang berdosa dan bahwa mereka yang percaya kebenaran diselamatkan.

9. 2 Tes. 2: 13-14 juga mengatakan orang-orang percaya di Tesalonika dipanggil, tetapi panggilan ini tidak dikatakan telah berdaulat dan tak tertahankan. Ia mengatakan, bukan, bahwa mereka dipanggil oleh Injil. Ini adalah hal yang sama yang kita lihat dalam Markus 16: 15-16. Injil harus diberitakan kepada semua orang dan orang-orang yang percaya diselamatkan.

Doktrin Calvinis pemilihan berdaulat dan Anugerah Tak Dapat Ditolak yang disangkal sebelumnya dalam bagian yang sama. Ayat 8-12 menggambarkan kedatangan Tuhan untuk menghancurkan antikristus dan menghakimi orang-orang yang percaya pada dirinya.

“Dan kemudian, dia yang durhaka itu akan disingkapkan, yaitu ia yang akan Tuhan binasakan dengan Roh dari mulut-Nya dan akan melenyapkannya melalui penampakan kedatangan-Nya, 9 yang mengenai datangnya itu adalah berdasarkan daya kerja Setan, dengan segala kuasa dan tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban palsu, 10 dan dengan segala tipu daya ketidakbenaran di antara mereka yang akan binasa, sebagai ganti kasih kebenaran yang tidak mereka terima agar mereka diselamatkan. 11 Dan karena itulah Allah akan mengirimkan daya kerja kesesatan kepada mereka supaya mereka percaya pada kepalsuan, 12 sehingga mereka dapat dihakimi, yaitu semua orang yang tidak percaya kepada kebenaran, tetapi yang senang berada dalam ketidakbenaran.” (2 Tesalonika 2:8-12).

Di sini kita melihat bahwa orang-orang dapat menerima kebenaran dan diselamatkan tetapi mereka juga bisa menolaknya dan karena itu binasa. Mereka tidak binasa karena mereka berdaulat terpilih yang binasa, melainkan karena mereka tidak percaya kebenaran.

10. Kisah Para Rasul 16:14 – “Dan, seorang wanita dengan nama Lidia, seorang pedagang kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah, yang telah Tuhan buka hatinya untuk memberi perhatian pada apa yang dibicarakan oleh Paulus, tekun mendengarkan. “

Tidak ada orang yang bisa diselamatkan kecuali Tuhan membuka atau hatinya. Ini bukan sebuah doktrin Calvinis tetapi doktrin bahwa semua orang percaya Alkitab pahami dan percaya.

Untuk mengatakan bahwa Tuhan membuka hati Lidia sehingga ia memerhatikan hal-hal yang Kristus itu bukan untuk mengatakan bahwa Allah telah pra-dipilih hanya sejumlah orang-orang berdosa untuk diselamatkan. Hal ini juga bukan untuk mengatakan bahwa Allah tidak berusaha untuk menyelamatkan Orang non-terpilih. Hal ini juga bukan untuk mengatakan bahwa Lidia itu Dipanggil tak Tertolakkan atau bahwa ia dilahirbarukan berdaulat dan kemudian diberi iman. Semua doktrin Calvinis ini harus dibaca dalam bagian ini.

Sumber:
The Calvinism Debate, Dr. David Cloud,
Bahan kuliah Kalvinisme di STT Graphe.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: