Beranda > Fakta Unik > 300 Marga Tionghoa

300 Marga Tionghoa


Marga Tiongoa Xing
Berikut ini hasil sensus yang dilakukan di China, ternyata penduduknya 1.370.536.875 orang (1,37 Milyar). Daftar di bawah ini adalah nama keluarga (marga) orang China (diambil 300 terbesar) dari sekitar 500an marga :

marga-Lee01 李 (Li) 7,94%

Asal Usul Marga Lee (Marga Li) – Marga Lee atau Marga Li [李] merupakan Marga TionghoaTerbesar di Dunia dan menduduki urutan nomor 4 di Buku Ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing [百家姓]). Menurut Sensus pemerintah Tiongkok, Populasi Marga Lee mencapai hampir 100 juta jiwa atau sekitar 7.19% dari Total Populasi Rakyat Tiongkok. Marga Li (Marga Lee) juga banyak terdapat di Korea Utara, Korea Selatan, Vietnam dan juga Negara-negara di Asia Tenggara. Terutama di Korea Utara, Marga Li merupakan Marga terbesar kedua di Negara tersebut. Marga Lee juga merupakan Marga Penguasa di Dinasti Tang sehingga ditetapkan sebagai Marga Negara pada zaman Dinasti Tang.

Untuk membedakan Marga Lee [李] dengan Marga Li lainnya yang mempunyai Nada atau pelafalan yang sama, Marga Li (Lee) ini sering disebut dengan Mu Zi Li [木子李] atau Shi Ba Li [十八子李].  

Asal usul Marga Lee (Li) dapat ditelusuri menjadi 2 asal usul utama, diantaranya adalah berasal dari perubahan nama Jabatan “Da Li [大理]” yaitu suatu Jabatan Tinggi (Kepala Bagian atau Menteri) di masa dulu yang mengurusi Hukum dan Penjara.  Di samping itu, Marga Lee juga berasal dari perubahan Marga dari Marga lain menjadi Marga Lee pada masa pemerintahan Dinasti Tang (Dianugrahi oleh Kaisar Dinasti Tang).

Berasal dari Jabatan “Da Li [大理]”

Terdapat 2 asal usul Marga Lee yang berasal dari perubahan nama Jabatan Da Li [大理], diantaranya adalah dari Marga Yin [嬴] dan Pendiri Agama Tao yaitu Lao Zi [老子].

Marga Ying [嬴]

Asal usul Marga Lee yang berasal dari marga Ying [嬴] ini dapat ditelusuri hingga masa pemerintahan Kaisar Yu [禹]. Gao Yao [皋陶] yang bertugas sebagai Menteri yang bertanggung jawab atas Sistem Hukum ditetapkan sebagai pengganti Kaisar Yu, tetapi Gao Yao tutup usia (wafat) sebelum Kaisar Yu meninggal Dunia. Kaisar Yu kemudian menganugrahi Marga Ying [嬴] kepada anaknya Gao Yao yaitu Bo Yi [伯益]. Anak cucu Gao Yao juga meneruskan tugasnya sebagai Menteri Hukum hingga beberapa keturunan. Keturunan Gao Yao kemudian menggunakan nama Jabatannya yaitu Li [理] sebagai marganya.

Di masa pemerintahan Dinasti Shang, Kaisar Dinasti Shang yang terakhir yaitu Kaisar Shang Zhou Wang [商纣王] merupakan seorang Kaisar yang kejam dan sangat dibenci oleh Rakyatnya. Keturunan Gao Yao yang bernama Li Zheng [理征] yang sangat setia kepada Kaisar Shang Zhou Wang kemudian mengkritik kekejaman Kaisar dan menasehatkan kepada kaisar agar dapat berubah dan memimpin Dinasti Shang dengan bijak. Tetapi Kaisar Shang Zhou Wang yang kejam ini malah membunuh Li Zheng. Istri Li Zheng yang mendapatkan berita terbunuh suaminya langsung melarikan diri dengan membawa Putera bungsunya yang bernama Li Zhen [利贞].  Dalam Pelarian tersebut, Ibu dan Anak kedua-duanya sudah sangat lelah dan kelaparan. Syukurnya di sekitar tempat pelarian tersebut terdapat pohon Mu Zi [木子] yang penuh dengan buah sehingga mereka dapat memakan buah Mu Zi dan terhindar dari mati kelaparan. Mu Zi [木子] merupakan nama lain dari Jambu Biji atau Guava. Akhirnya mereka memilih bertempat tinggal di Ku Xian [苦县] (sekarang di Bagian Timur Lu Yi [鹿邑], Provinsi Henan, Tiongkok).  Sebagai rasa terima kasih kepada buah Mu Zi yang telah menyelamatkan mereka dari kelaparan dan juga untuk menghindari pencarian Kaisar Shang Zhou Wang, Li Zhen [利贞] kemudian menggantikan Marga Li [理] menjadi Marga Li [李] yang kita kenal sekarang. Li [理] dan Li [李] memiliki Nada atau lafal yang sama.

Pendiri Agama Tao, Lao Zi [老子]

Menurut catatan sejarah, Pada Masa Chun Qiu [春秋] Tiongkok terdapat seorang pemikir yang bernama Lao Zi [老子] yang juga pendiri Agama Tao. Leluhur Lao Zi adalah Menteri Hukum [大理] pada Dinasti-dinasti sebelumnya, sehingga Lao Zi menggunakan Li sebagai Marganya. Nama asli Lao Zi adalah Li Er [李耳]. Dikatakan bahwa Lao Zi juga merupakan keturunan dari Li Zhen [利贞].

Perubahan Marga dari Marga lainnya

Marga Lee (Marga Li) adalah Marga Kaisar di Dinasti Tang sehingga Marga Lee disebut sebagai Marga Negara [国姓]. Kaisar Pertama Dinasti Tang adalah Li Yuan [李渊] dan Kaisar Keduanya yaitu Kaisar Tang Tai Zong  yang bernama Li Shi Min [李世民] adalah salah satu Kaisar yang paling bijak disepanjang sejarah kerajaan Tiongkok. Pada mula-mula terbentuknya pemerintahan Dinasti Tang, Kaisar Tang menganugrahi Marga Lee (Marga Li) kepada para Jenderal dan Penasehat yang berjasa dalam mendirikan Dinasti Tang. Marga-marga tersebut diantaranya adalah Marga Xu [徐], Bing [邴], An [安], Du [杜], Hu [胡], Hong [弘], Guo [郭], Ma [麻], Xian Yu [鲜于], Zhang [张], A Bu [阿布], A Die [阿跌], She Li [舍利], Dong [董], Luo [罗] dan Zhu Xie [朱邪]. Jumlahnya mencapai 16 Marga.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Lee (Marga Li)

  • Li Er [李耳], Pendiri Agama Tao
  • Li Shi Min [李世民], Kaisar Dinasti Tang yang kedua dengan gelar Kaisar Tang Tai Zong [唐太宗], Salah satu Kaisar yang paling bijak sepanjang sejarah Kerajaan di Tiongkok.
  • Li Bai [李白], Sastrawan terkenal dan paling berpengaruh dalam Bidang Sastra Tiongkok.

marga-ong02 王 (Wang) 7,41%

Marga Ong [王] (Bahasa Hokkien) atau dalam Mandarin disebut dengan Marga Wang adalah Marga Tionghoa terbesar di daratan China menurut data statistik tahun 2007 dan menduduki urutan keenam di Taiwan. Di Buku “Bai Jia Xing (Ratusan Marga Tionghoa)”, marga Ong (Wang) menduduki urutan ke-8.  Kata ONG atau WANG dalam bahasa Tionghoa memiliki arti “RAJA”, pemakaian kata tersebut sebagai marga karena  Leluhur Warga Tionghoa yang bermarga Ong (Wang) sebagian besar berasal dari Keluarga Kerajaan (Bangsawan) yang berkuasa pada saat itu. Marga Ong dapat ditelusuri menjadi 3 asal usul utama, diantaranya adalah berasal dari Marga Ji, Marga Zi, dan Marga Gui. Marga Wang (Marga Ong) dengan jumlah populasi 94,68 juta jiwa orang atau sekitar 8% dari total populasi suku Han di Tiongkok.

Berasal dari Marga Ji [姬姓]

Marga Ji [姬姓] merupakan Marga Penguasa Dinasti Zhou. Setelah menggulingkan Dinasti Shang, Raja Dinasti Zhou mengadopsi sistem pembagian Wilayah menjadi beberapa Negara bagian Adipati yang kemudian dibagikan kepada beberapa Pejabatnya yang berjasa kepadanya dan juga kepada anggota keluarga Raja Zhou. Tetapi diakhir pemerintahaan Dinasti Zhou, Negara-negara bagian tersebut saling menyerang sehingga banyak Negara Adipati kecil yang lemah dimusnahkan oleh Negara Adipati yang berkekuatan besar. Oleh karena itu, banyak keluarga kerajaan yang mengalami kehilangan Negara Adipatinya menggantikan Marganya menjadi “Wang” yang artinya adalah “Raja”. Leluhur dari Asal usul ini adalah Wang Zi Qiao [王子乔] .

Menurut catatan sejarah, Wang Zi Qiao adalah putra dari Raja Zhou Ling Wang yang saat itu juga merupakan Pangeran Dinasti Zhou dengan gelar Tai Zi Jin (Pangeran Jin atau juga disebut dengan Wang Zi Qiao). Karena terlalu keras mengkritik dan menasehatinya ayahnya, Wang Zi Qiao kemudian dipecat dari statusnya sebagai Pangeran dan menjadi Rakyat Biasa. Masyarakat Kota dimana Wang Zi Qiao bertempat tinggal, rakyat setempat sering menyebutkan Keluarga Wang Zi Qiao sebagai Keluarga Wang yang artinya adalah Keluarga Kerajaan sehingga akhirnya Keluarga Wang Zi Qiao menggunakan Wang (Ong) sebagai Marganya.

Marga Ong (Marga Wang) mulai terkenal pada generasi Wang Zi Qiao yang ke-8,  yaitu Wang Cuo [王错] yang menjadi Jenderal Besar di Negara Wei di zaman semi gugur (Chun Qiu Zhan Guo [春秋战国]) . Di akhir Dinasti Qin dan awal Dinasti Han, Keturunan Jenderal Wang Jian [王翦] (Jenderal Terkenal di masa Dinasti Qin) yang bernama Wang Yuan [王元] dan Wang Wei [王威] mengungsi ke Shan Dong Lang Ya [山东琅琊] dan Shan Xi Tai Yuan [山西太原] yang merupakan kelompok terbesar diantara Marga Ong (Wang).

Berasal dari Marga Zi [子姓]

Marga Zi merupakan asal usul Marga Wang (Ong) yang paling awal karena dapat ditelusuri hingga 3100 tahun yang lalu pada zaman Dinasti Shang. Leluhurnya adalah Bi Gan [比干] yang juga merupakan Pamannya Raja Shang Zhou Wang. Bi Gan yang setia dan selalu mengkritik kekejaman Raja Shang Zhou Wang ini kemudian dibunuh oleh Raja. Keturunan Bi Gan yang juga merupakan keturunan anak Raja ini kemudian menggunakan “Wang” sebagai Nama Keluarganya dan “Zi” sebagai Marganya. Hingga kini Nama Keluarga dan Marga telah menjadi satu yang kemudian hanya disebut sebagai Marga Wang. Wang Zi [王子] dalam bahasa Mandarin berarti anak Raja. Kelompok Marga Ong (Marga Wang) yang merupakan keturunan dari Bi Gan ini pada awalnya berada di daerah He Nan yang kemudian menyebar ke daerah lain seperti He Bei, Gan Su, Shan Dong, dan Shan Xi.

Berasal Marga Gui [妫姓]

Leluhur dari Marga Wang yang berasal dari Marga Gui adalah YU SHUN [虞舜]. Pada awal berdirinya Dinasti Zhou, Raja Zhou Wu Wang membagikan wilayah Dinasti Zhou menjadi negara bagian adipati kepada keturunan Huang Ti [黃帝], Tang Yao [唐堯], dan Yu Shun [虞舜]. Gui Man [媯滿] adalah keturunan dari Kaisar Shun [舜帝] yang ke-32 yang kemudian membentuk Negara Adipati Chen [陈国] diatas wilayah Chen yang diberikan oleh Raja Zhou Wu Wang. Marga-marga seperti 陈 [Chen]、胡 [Hu]、袁 [Yuan]、田 [Tian]、齐 [Qi]、王 [Wang] dan 孙 [Sun] adalah berasal dari Marga Gui.

Asal usul Marga Wang yang berasal dari Marga Gui dapat ditelusuri dari akhir-akhir zamanDinasti Qin atau sekitar 2300 tahun yang lalu. Setelah Dinasti Qin digulingkan oleh Xiang Yu, Xiang Yu mengangkat Tian An [田安] menjadi Raja Qi Bei Wang [济北王]. Tian An adalah cucu dari Tian Jian [田建] yaitu Raja Negara adipati Qi pada zaman Zhan Guo (Zaman Negara berperang) yang dimusnahkan oleh Dinasti Qin. Liu Bang kemudian mengalahkan Xiang Yu dan mendirikan Dinasti Han sehingga Tian An kehilangan jabatannya sebagai Raja Qi Bei Wang. Keturunan Tian An kemudian menggantikan Marga mereka menjadi Marga Wang. Kelompok Marga Wang yang merupakan Keturunan Tian An ini bertempat tinggal di Bei Hai dan Qing Zhou China.

Tokoh-tokoh terkenal Marga Ong (Marga Wang)

  • Wang Jian [王翦], Jenderal Terkenal di Dinasti Qin
  • Wang Zhao Jun [王昭君], Salah satu dari 4 Wanita tercantik China yang menikah dengan Raja Xiong Nu demi perdamaian negaranya (Dinasti Han).
  • Wang Mang [王莽], Kaisar Dinasti Xin
  • Wang Chang Ling [王昌齡], Penyair terkenal di Dinasti Tang

Marga-Zhang03 張 (Zhang) 7,07%

Asal-usul Marga Teo (Marga Zhang) – Marga Teo atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Zhang [张] adalah Marga terbesar ketiga di daratan Tiongkok menurut statistik tahun 2014 dan menempati urutan ke-24 dalam buku Ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing [百家姓]). Sebutan “Teo” merupakan dialek Teochew dan Hokkian sedangkan dialek Kantonis menyebutkannya Marga Cheong dan dialek Hakka menyebutnya sebagai Marga Chong. Di Korea, Marga Zhang disebut dengan Jang sedangkan sebutan di Jepang adalah Cho. Marga Teo atau Marga Zhang ini juga banyak terdapat di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Asal Usul Marga Teo (Marga Zhang)

Berikut dibawah ini adalah beberapa asal usul Marga Teo (Marga Zhang) :

Berasal dari Marga Ji [姬], Cucu Huang Di yang bernama Hui [挥]

Marga Zhang (Teo) yang berasal dari Marga Ji dapat ditelusuri hingga zaman Tiongkok kuno yaitu berasal dari cucu Huang Di yang bernama Hui [挥].  Hui yang merupakan penemu Busur Panah ini juga menjabat sebagai Gong Zheng [弓正] yaitu jabatan yang bertugas untuk mengawasi produksi Busur dan Panah. Anak Cucu Hui kemudian dianugrahi Marga Zhang [张]. Asal usul Marga Zhang yang berasal dari Hui ini dapat dilihat pada catatan Yuan He Xing Zuan [元和姓纂] dan buku Tang baru yang berjudul Xin Tang Shu, Zai Xiang Shi Xi Biao [新唐书·宰相世系表]. Kelompok Marga Zhang ini berada di Provinsi Hebei [河北], Kabupaten Qing He [清河] .

Berasal dari Keturunan Huang Di yang bernama Xie Zhang [解张]

Xie Zhang merupakan keturunan Huang Di yang menjabat sebagai Menteri Besar di Negara Jin [晋国] pada zaman Chun Qiu [春秋]. Keturunan-keturunan Xie Zhang kemudian menggunakan namanya sebagai Marga. Pada tahun 403, Negara Jin terbagi menjadi 3 negara yaitu Negara Wei, Negara Han dan Negara Zhao, sebagian warga Marga Zhang bermigrasi mengikuti pemimpin Negaranya masing-masing sedangkan sebagiannya lagi masih tetap berada di wilayahnya. Oleh karena itu, Marga Zhang menyebar ke hampir seluruh wilayah daratan Tiongkok.

Dianugrahi Marga Zhang

Pada Zaman Samkok [三国] Negara Shu, Zhuge Liang menaklukkan Kepala Suku Nanman [南蛮] yang bernama Long You Na [龙佑那] di daerah Yun Nan [云南], Zhuge Liang kemudian menganugrahi Kepala Suku Nanman tersebut Marga Zhang. Keturunan Kepala Suku Nanman kemudian menggunakan Marga Zhang sebagai Marganya.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Zhang

  • Zhang Yi [张仪], Perdana Menteri Negara Qin pada masa Negara berperang (Zhan Guo),
  • Zhang Liang [张良], Politikus dan Penasihat di masa awal Dinasti Han, berhasil membantu Liu Bang (Kaisar Pertama Dinasti Han) mengalahkan Xiang Yu.
  • Zhang Liao [张辽], Jenderal Besar Negara Wei pada masa Samkok [三国]
  • Zhang Fei [張飛], Jenderal Besar Negara Shu pada masa Samkok [三国]
  • Zhang San Feng [张三丰], Pendiri Wudang [武当] dan Pencipta Kungfu Taichi [太极拳]

04 劉 (Liu) 5,38%

marga-tan cHEN05 陳 (Chen) 4,53%

Marga Tan atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Chen [陈] merupakan Marga Tionghoa terbesar ke-5 di daratan China dan menempati urutan ke-10 dalam buku “Bai Jia Xing (Ratusan Marga Tionghoa)”.  Bahkan di Singapura, Hongkong dan Makau, Marga Tan merupakan Marga dengan Warga terbanyak atau menduduki urutan pertama diantara Marga-marga Tionghoa lainnya.  Selain dipakai oleh warga Tionghoa, Marga Tan (Chen) juga dipakai oleh warga Vietnam dan Korea. Sebutan Marga Tan berbeda-beda tergantung dialek dan Bahasa yang dipergunakannya. Beberapa sebutannya antara lain Tan (Teochew dan Hokkien), Chan (Kantonis), Chin (Hakka) sedangkan di Vietnam menyebutkannya Trần dan Jepang adalah Chin.

Asal usul Marga Tan dapat ditelusuri hingga 3000 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1066 sebelum Masehi yang pada saat itu Dinasti Shang yang dikuasai oleh Kaisar Shang Zhou Wang [商纣王] berhasil dikalahkan Kaisar Zhou Wu Wang [周武王] yang juga merupakan pendiri Dinasti Zhou [周朝]. Untuk memperkuat Kekuasaannya, Kaisar Zhou Wu Wang melakukan  pembagian Negara Adipati dan memberikannya kepada Pejabat-pejabat yang berjasa kepadanya. Gui Man [妫满] yang juga merupakan keturunan Kaisar Shun [舜帝] mendapatkan wilayah Chen [陈] (sekarang adalah Kabupaten Huai Yang, Propinsi Henan, China). Gui Man kemudian mendirikan Negara Adipati Kerajaan Chen [陈国] dengan gelar Chen Hou [陈侯]. Wei Man juga menikah dengan Putri Kaisar Zhou Wu Wang.  Setelah Wafat, Gui Man mendapatkan peningkatan Jabatan sebagai “Gong [公] dengan sebutan Hu Gong Man [胡公满].

Dalam Masa pemerintahan Gui Man, Negara Chen merupakan salah satu dari Negara terkuat dan Rakyatnya hidup Sejahtera.  Tetapi setelah Gui Man meninggal dunia, Negara Chen mengalami perang saudara dan perebutan kekuasaan yang menyebabkan Rakyatnya menderita dan mengungsi ke daerah lain. Karena Kesetiaanya terhadap Negara Chen, Sebagian besar rakyatnya dan Keturunan Gui Man (Hu Gong Man) memakai nama negaranya sebagai Marga sehingga munculah Marga Chen atau lebih sering disebut dengan Marga Tan dalam dialek Teochew dan Hokkian.

Gui Man sebagai pendiri Negara Chen juga merupakan leluhur dari Marga Tan. Tempat pemakaman Gui Man yang berada di Kota Huai Yang  sering dikunjungi oleh Marga Tan yang berasal dari seluruh penjuru dunia untuk melakukan penghormatan kepada leluhur Marga Tan ini.

Tokoh Marga Tan (Chen) yang terkenal :

  • Chen Sheng [陈胜], pemimpin petani yang melakukan perlawanan terhadap kekejamanDinasti Qin dan menobatkan diri menjadi Raja saat Pasukan Militernya berhasil menaklukan Kabupaten Chen.
  • Chen Shou [陈寿], ahli sejarah pada Dinasti Jin Barat dan juga merupakan pengarang “San Guo Zhi [三国志] (Samkok)” yang sangat terkenal hingga zaman sekarang.
  • Chen Ba Xian[陈霸先], Pendiri Dinasti Chen di Era Dinasti Selatan Utara (Nan Bei Chao) dengan gelar Chen Wu Di [陈武帝]

Marga-Yeo06 楊 (Yang) 3,08%

Asal usul Marga Yeo (Marga Yang) – Marga Yeo atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Yang [杨氏] adalah salah satu Marga Tionghoa terbesar di Dunia. Di daratan Tiongkok, Marga Yeo (Marga Yang) menduduki urutan ke-6 sedangkan di Buku Ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing), Marga Yeo menempati urutan ke-16. Dalam memperkenalkan diri, warga Marga Yeo (Marga Yang) sering menyebutkan kata “Yang [楊]” menjadi “Mu Yi Yang [木易楊]” yang artinya adalah gabungan kata “MU [木]” dan “YI [易]” yang menjadi kata “YANG [楊]”. Tetapi pada dasarnya pernyataan tersebut kurang tepat, hal ini dikarenakan tulisan yang terdapat di sebelah kanan kata “Yang [楊]” ini bukannya “YI [易]” tetapi adalah “YANG [昜]”. Tulisan keduanya memang sangat mirip sekali.

Asal Usul Marga Yeo (Marga Yang)

Pada dasarnya, terdapat 3 versi cerita mengenai asal usul Marga Yeo (Marga Yang) yang sama-sama merupakan keturunan dari Marga Ji [姬]

Bo Qiao [伯侨]

Berdasarkan buku “Yuan He Xing Zuan [元和姓纂]” karya Lin Bao [林宝] dari Dinasti Tang dan buku “Tong Zhi: Shi Zu Lue [通志·氏族略]” karya Zheng Qiao [郑樵] dari Dinasti Song, mencatat bahwa Marga Yeo (Yang) adalah berasal dari Marga Ji [姬] yang berada di wilayah Jin [晋] Negara Yang [楊国] (sekarang disekitar Provinsi Shanxi, Kabupaten Hongdong. Kaisar Zhou Cheng Wang [周成王] memberikan sebuah wilayah kepada adiknya Shu Yu [叔虞] di sekitar barat daya Shanxi dan menganugrahinya sebagai Adipati Negara Jin [晋国]. Pada masa zaman semi gugur, Negara Jin terjadi perang saudara, Adipati Jin Wu Gong [晋武公] akhirnya berhasil mempersatukan kembali Negara Jin dari perpecahan. Setelah Adipati Jin Wu Gong meninggal, putra sulungnya Gui Zhu [诡诸] naik tahta menggantikan ayahnya menjadi Adipati Jin Xian Gong [晋献公]. Adipati Jin Xian Gong terus melakukan penaklukan terhadap Negara-negara kecil disekitarnya termasuk Negara Yang [楊国]. Adipati Jin Xian Gong kemudian menugaskan adik keduanya Bo Qiao [伯侨] untuk memerintah wilayah Yang dan mendapat gelar Yang Hou [楊侯]. Dengan demikian Bo Qiao merupakan leluhur dari Marga Yang.

Shang Fu [尚父]

Ada juga versi yang mengatakan bahwa Putra dari Kaisar Zhou Xuan Wang yang bernama Shang Fu [尚父] dianugrahi wilayah Yang menjadi Adipati Negara Yang pada masa pemerintahan Kaisar Zhou You Wang. Negara Adipati Yang kemudian dimusnahkan oleh Negara Jin. Keturunannya kemudian menggunakan Yang sebagai Marganya.

Yang Shi Xi [羊舌肸]

Sedangkan menurut buku “Shi Ji. Jin Shi Jia [史记·晋世家]” dan buku “Xin Tang Shu . Zai Xiang Shi Xi Biao  [新唐书·宰相世系表]”, setelah Negara Jin memusnahkan Negara Yang, Kaisar Jin memberikan wilayah Yang kepada Menteri Besarnya yang bernama Yang Shi Xi [羊舌肸] . Marga Yang Shi [羊舌] berasal dari Marga Ji [姬]. Pada tahun 514 SM, Raja Jin Qing Gong [晋顷公] menghancurkan beberapa keluarga yang dianggap sebagai ancamannya. Salah satu keluarga yang dimusnahkan adalah Yang Shi [羊舌]. Anak-anak Bo Shi [伯石] (Bo Shi adalah anak dari Yang Shi Xi) kemudian melarikan diri ke Hua Shang Xian Gu [华山仙谷] (sekarang di Provinsi Shanxi) dan menggunakan Yang sebagai Marganya.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Yeo (Marga Yang)

Yang Jian [楊堅]               : Pendiri dan Kaisar Pertama Dinasti Sui [隋朝]
Yang Tai Zhen [楊太真] : Selir Kaisar Tang Xuan Zong atau dikenal dengan Yang Gui Fei [楊貴妃]
Yang Ye [楊業]                  : Jenderal Terkenal di Dinasti Song, Pemimpin Yang Jia Jiang [楊家將]
Yang Xiu Qing [楊秀清] : Raja Timur Tai Ping Tian Guo [太平天國]

07 趙 (Zhao) 2,29%

marga-ng08 黃 (Huang) 2,23%

Asal Usul Marga Ng (Marga Huang) – Marga Ng atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Huang [黃氏] adalah salah satu marga Tionghoa terbesar di dunia. Menurut jumlah populasinya di daratan Tiongkok, Marga NG (Huang) menempati urutan ke-8. Sedangkan Marga Ng (Huang) merupakan marga terbesar ke-3 di Taiwan. Dalam buku ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing), Marga NG (Huang) berada di urutan ke-96. Dalam sebutannya, Marga Huang [黃氏] juga disebut dengan Marga NG dalam dialek Hokkien dan Teochew, sedangkan dialek Kantonis menyebutkannya “Wong”.

Asal-usul Marga NG atau Marga Huang ini dapat ditelusuri menjadi beberapa asal-usul utama, diantaranya adalah berasal dari Marga Yin dan Marga Jin Tian.

Berasal dari Marga Yin [嬴氏]

Marga Ng (Huang) merupakan keturunan dari Bo Yi [伯益] yang berjasa dalam membantu Yu [禹] mengatasi banjir dan memperbaiki sistem irigasi pada masa pemerintahaan Kaisar Shun [舜]. Kaisar Shun kemudian menganugrahi Marga Yin [嬴] kepada Bo Yi [伯益]. Keturunan Bo Yi terdiri dari 14 marga yaitu Ji Xu [既徐氏], Tan [郯氏], Ju [莒氏], Zhong Li [終黎氏], Yun Yan [運奄氏], Tu Qiu [菟裘氏], Jiang Liang [將梁氏], Huang [黃氏], Jiang [江氏], Xiu Yu [修魚氏], Bai Ming [白冥氏], Fei Lian [蜚廉氏], Qin [秦氏], Zhao [趙氏].  Di antara marga-marga tersebut, Marga Huang (Marga Ng) mendirikan Negara Huang di awal terbentuknya Dinasti Zhou. Lokasi Negara Huang [黄国] terletak di Henan [河南], wilayah Huang Chuan [潢川]. Pada tahun 648 Sebelum Masehi, Negara Huang ditaklukkan oleh Negara Chu [楚国] yang lebih kuat sehingga bangsawan-bangsawan dan Keturunan Raja Huang menggunakan nama Negaranya sebagai Marga, yaitu Marga Huang (Marga Ng).

Berasal dari Marga Jin Tian [金天氏]

Tai Dai [台骀] adalah keturunan Shao Hao [少昊] yang bermarga Jin Tian (Shao Hao adalah salah satu Kaisar di masa Tiongkok Kuno (sekitar tahun 2600 SM)). Tai Dai merupakan seorang yang berjasa dalam mengatasi masalah banjir di daratan Tiongkok. Karena usahanya berhasil mengatasi banjir, Tai Dai kemudian dianugrahi sebuah wilayah yaitu wilayah Fen Chuan [汾川] oleh Kaisar Zhuan Xu [颛顼]. Kaisar Zhuan Xu adalah salah satu Kaisar Wu Di [五帝] di masa Tiongkok Kuno (Yuan Gu). Keturunan-keturunan Tai Dai kemudian mendirikan beberapa Negara seperti Negara Huang [黄], Negara Ru [蓐], Negara Si [姒], Negara Chen [沈]. Negara-negara tersebut akhirnya ditaklukkan oleh Negara Jin [晋国] pada masa Chun Qiu [春秋]. Bangsawan-bangsawan dan keturunan Raja Negara Huang kemudian menggantikan Marganya menjadi Marga Huang (Marga Ng).

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Ng (Marga Huang)

  • Huang Xie [黄歇], Perdana Menteri Negara Chu pada masa peperangan Zhan Guo.
  • Huang Zhong [黃忠], Seorang Jenderal Terkenal di Negara Shu pada masa Samkok (Tiga Kerajaan)

Asal-usul-Marga-Zhou09 周 (Zhou) 2,12%

Asal Usul Marga Zhou (Chew atau Chow) – Marga Zhou [周] merupakan salah satu Marga Terbesar Tionghoa di Dunia. Di urutan Ratusan Marga Tionghoa, Marga Zhou menduduki posisi ke 5. Sedangkan berdasarkan data yang dikutip dari situs Baidu, Marga Zhou merupakan Marga Terbesar ke-9 di daratan Tiongkok atau sekitar 2,1% dari Suku Han Tiongkok. Dalam bahasa Hokkian dan Teochew, Marga Zhou disebut dengan “Chew” sedangkan di Hongkong menyebutkannya “Chow”. Marga Zhou juga merupakan salah satu marga Tionghoa yang memiliki sejarah yang lama.

Asal Usul Marga Zhou

Pada dasarnya, terdapat dua asal usul marga Zhou yaitu berasal dari nama Dinasti Zhou oleh Raja Zhou serta bangsawan-bangsawannya dan pergantian Marga Ji di Dinasti Tang.

Berasal dari Nama Dinasti Zhou [周朝]

Dinasti Zhou [周朝] adalah Dinasti yang berkuasa di daratan Tiongkok pada tahun 1066SM-256SM. Setelah Pemerintahan Dinasti Zhou digulingkan oleh Dinasti Qin [秦朝] pada tahun 256SM, Raja terakhir Dinasti Zhou yaitu Raja Zhou Nan Wang [周赧王] beserta keluarga dan Bangsawan-bangsawan Dinasti Zhou kemudian dipindahkan ke kabupaten Lin Ru [臨汝], Provinsi Henan [河南]. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Keluarga Zhou. Keluarga Raja Zhou dan Bangsawan-bangsawan yang masih setia dengan Kaisar Zhou ini kemudian menggantikan Marganya menjadi Marga Zhou. Oleh Karena itu, Raja pertama Dinasti Zhou yaitu Zhou Wen Wang [周文王] dianggap sebagai leluhur Marga Zhou.

Berasal dari Marga Ji [姬]

Pada zaman Dinasti Tang [唐朝], tepatnya di masa pemerintahan Kaisar Tang Xuan Zong [唐玄宗]. Nama asli Kaisar Tang Xuan Zong adalah Li Long Ji [李隆基], Ji [基] yang terdapat di nama Kaisar ini memiliki nada yang mirip dengan Ji [姬] Marga. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagian besar warga Marga Ji kemudian menggantikan marga mereka menjadi Marga Zhou [周].

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Zhou

Zhou Bo [周勃], Perdana Menteri di masa Kaisar Han Wen Di [汉文帝].
Zhou Yu [周瑜], Jenderal Besar Negara Kerajaan Wu pada masa Samkok [三国].

10 吳 (Wu) 2,05%

11 徐 (Xu)

12 孫 (Sun)

13 胡 (Hu)

14 朱 (Zhu)

15 高 (Gao)

marga-lim16 林 (Lin) atau Marga Lim

Asal Usul Marga Lim  – Marga Lim [林] atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Lin adalah marga terbesar kedua di Taiwan dan menduduki urutan ke 17 di daratan Tiongkok (China). Dalam Buku Ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing [百家姓]), Marga Lim berada di posisi 147. Selain di Tiongkok dan Taiwan, Marga Lim juga terdapat di Korea dan berbagai Negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Dalam perkenalan, Marga Lim sering disebut dengan dengan istilah “Double Mu Lim [双木林 (Shuang Mu Lin)]”, hal ini dikarenakan Tulisan Lim [林] merupakan gabungan 2 karakter Mu [木].

Berasal dari Marga Zi [子]

Bi GanAsal usul Marga Lim yang berasal dari Marga Zi dapat ditelusuri hingga Dinasti Shang. Leluhur Marga Lim adalah Bi Gan [比干] yang juga merupakan pamannya Raja Shang Zhou Wang [商紂王]. Marga Bi Gan adalah Marga Zi [子].  Bi Gan adalah seorang Pejabat tinggi Dinasti Shang [商朝] yang sangat setia sehingga selalu memberikan nasihat dan kritik yang pedas terhadap kekejaman Raja Shang Zhou Wang dengan harapan Raja Shang Zhou Wang dapat berubah dan memerintahkan Dinasti Shang dengan Bijaksana. Tetapi Kritik Bi Gan tersebut malah membuat Raja Shang Zhou Wang semakin membencinya yang akhirnya menghukum Bi Gan dengan menggali hatinya di depan pejabat lainnya. Raja Shang Zhou Wang juga memerintahkan prajurit Shang untuk mengepung rumah Bi Gan dengan maksud untuk membunuh  keluarganya. Bi Gan memiliki 2 istri yang masing-masing sedang hamil. Salah satu Istinya berhasil ditangkap dan langsung dihukum mati. Sedangkan satunya lagi yang berhasil lolos dari pengepungan tersebut dan menyembunyikan diri di Hutan”Chang Lin Shi Shi [長林石室]” (Sekarang di Provinsi Henan, Tiongkok). Dalam penyembunyiannya, Istri Bi Gan melahirkan seorang putera dengan nama “Jian [堅]” . Setelah Raja Zhou Wu Wang [周武王] menggulingkan pemerintahan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Raja Zhou Wu Wang menganugrahi Marga Lin (Marga Lim) kepada Jian [堅]. Keturunan Lin Jian  [林堅] kemudian menggunakan Lin sebagai Marganya dan berkembang menjadi Marga Lin yang terbesar yang mayoritasnya berada di Provinsi Henan. Marga Lim ini sering disebut juga dengan Marga Lim Henan atau “Henan Lin Shi [河南林氏]”.

Berasal dari Marga JI [姬]

Selain berasal dari Marga Zi, Marga Lim juga berasal dari Marga Ji. Marga Ji [姬] adalah Marga Raja pada Dinasti Zhou. Raja Zhou Ping Wang [周平王] memiliki seorang Putera yang bernama “Lin [林]”. Keturunannya kemudian menggunakan namanya sebagai Marga.

Sebutan-sebutan lainnya untuk Marga Lim

Sebutan Marga Lin [林] berbeda-beda menurut bahasa daerah masing-masing, di bahasa Hokkien dan Teochew  menyebutkannya Marga Lim, bahasa Hakka menyebutkannya Marga Lim sedangkan bahasa Kantonis menyebutkannya Marga Lam.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Lim

Lin Fang [林放], Siswa utama Kong Fu Cu
Lin Shi Hong  [林士弘], Raja Negara Adipati Chu di Dinasti Sui
Lin Ze Xu [林則徐], Pejabat tinggi di Dinasti Qing yang bertugas memberantas Opium
Lin Dan [林丹], Peraih Medali Emas Badminton di Olimpiade tahun 2008

17 何 (He)

18 郭 (Guo)

19 馬 (Ma)

20 羅 (Luo)

21 梁 (Liang)

22 宋 (Song)

23 鄭 (Zheng)

24 謝 (Xie)

25 韓 (Han)

26 唐 (Tang)

27 馮 (Feng)

28 於 (Yu)

29 董 (Dong)

30 蕭 (Xiao)

31 程 (Cheng)

32 曹 (Cao)

33 袁 (Yuan)

34 鄧 (Deng)

marga-KHO35 許 (Xu), hokkien dan Teochew (Kho), kantonis (Hui)

Marga Kho atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Xu (许), merupakan Marga Tionghoa yang menempati urutan nomor 20 di dalam buku “Bai Jia Xing [百家姓]” atau “Ratusan Marga Tionghoa” dan juga merupakan Marga terbesar yang ke-26 di daratan China (Tahun 2008). Di Taiwan, Marga Kho merupakan salah satu Marga Tionghoa terbesar dengan menduduki urutan yang ke 10 (Tahun 2008). Sebutan Marga Kho berasal dari dialek bahasa Tionghoa Hokkian dan Teochew, sedangkan dialek Kantonis menyebutkannya Marga Hui. Di negara Vietnam Marga Kho disebut dengan Hứa dan Heo adalah sebutan Marga Kho di Korea.

Asal usul Marga Kho (Xu) dapat ditelusuri hingga 3000 tahun yang lalu yaitu sekitar abab ke-11 Sebelum Masehi saat Kaisar Zhou Wu Wang [周武王] mengalahkan Kaisar Shang Zhou Wang [商纣王] yang kejam. Dengan demikian, Kaisar Zhou Wu Wang berhasil menguasai penuh wilayah Zhong Yuan [中原] (sebutan China pada zaman dulu) dan membentuk Dinasti Zhou [周朝]. Kaisar Zhou Wu Wang kemudian membagikan sebagian wilayah Dinasti Zhou menjadi negara-negara bagian adipati kepada orang-orang yang berjasa kepadanya. Diantaranya adalah Keturunan Si Yue Bo Yi [四岳伯夷] yang bernama Jiang Wen Shu [姜文叔] mendapatkan Wilayah Xu (sekarang di Propinsi Henan Kota Xu Chang [河南许昌]) sebagai negara bagian dari Dinasti Zhou. Karena Jiang Wen Shu adalah kepala negara Xu, maka Jiang Wen Shu kemudian dipanggil dengan sebutan Xu Wen Shu (许文叔)

Xu You (Leluhur Marga Kho)

Si Yue Bo Yi adalah keturunan Kaisar Yan [炎帝]  yang bermarga Jiang [姜], oleh karena itu Marga Xu merupakan Marga yang berasal dari Marga Jiang. Banyak Sejarahwan yang beranggapan bahwa Si Yue Bo Yi [四岳伯夷] dan Xu You [许由] adalah orang yang sama, Oleh Karena itu, Xu You adalah merupakan Leluhur dari Marga Kho (Marga Xu). Xu You adalah seorang tokoh masyarakat yang berbudi luhur. Kaisar Yao pernah berniat untuk menyerahkan tahta kepemimpinannya kepada Xu You, tetapi Xu You menolak tawaran tersebut dan mencuci telinganya di tepi sungai dengan maksud tidak ingin mendengarkan kata-kata tersebut serta menyembunyi ke Gunung Ji [箕山] . Xu You juga pernah menjadi guru dari 3 kaisar yaitu Kaisar Yao, Kaisar Shun dan Kaisar Yu (Pendiri Dinasti Xia). Makam Xu You berada di Gunung Ji, Propinsi Henan Kota Xu Chang.  Tempat pemakaman Xu You yang juga merupakan leluhur Marga Kho (Xu) ini sering dikunjungi oleh Warga Marga Kho (Xu) dalam negeri China maupun Warga Marga Kho (Xu) yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

Negara Xu yang juga merupakan negara bagian dari Dinasti Zhou pernah menjadi negara yang makmur dan kuat sehingga dijuluki Negara Adipati Timur yang Terkuat atau “Dong Zhu Hou zhi Zui [东诸侯之最]”. Tetapi pada Zaman Semi Gugur dan Zaman Negara berperang (Chun Qiu Zhan Guo [春秋战国]), Negara Xu melemah dan sering diserang oleh Negara tetangganya yang berkekuatan besar yaitu Negara Zheng [郑国] dan Negara Chu [楚国]. Negara Xu yang berkekuatan kecil kemudian beberapa kali memindahkan wilayahnya untuk menghindari serangan dari kedua negara besar tersebut. Akhirnya negara Xu dihancurkan oleh Negara Chu pada awal zaman Negara berperang (Zaman Zhan Guo) sekitar 481 SM. Saat itu Raja yang memimpin Negara Xu adalah Xu Yuan Gong [许元公]. Untuk memperingati Negaranya, Rakyat Negara Xu kemudian memakai nama negaranya menjadi Marga. Itulah asal usul Marga Kho (Xu) yang berasal dari nama negara.

Berdasarkan penjelasan diatas, terdapatlah kesimpulan bahwa leluhur Marga Kho (Xu) adalah Xu You [许由] yang kemudian keturunannya yang bernama Wen Shu mendapatkan negara bagian Adipati Xu dari Kaisar Zhou. Setelah Negara Xu dihancurkan oleh Negara Chu, Rakyatnya memakai nama Negara Xu sebagai Marganya.

Tokoh-Tokoh Marga Kho (Xu) yang terkenal

Xu Shen [許慎], Sastrawan terkenal Dinasti Han, karyanya Shuo Wen Jie Zi  [說文解字] adalah Kamus pertama di China.

Xu Chu [許褚], Jenderal terkenal pada masa Samkok (Tiga Kerajaan) dibawah pemerintahan Cao Cao.

Xu Guo [许国], Menteri Besar atau Sekretaris Jenderal [Da Xue Shi [大学士]] di Dinasti Mingyang bertugas membantu Kaisar dan juga sebagai Penasehat Kaisar.

36 傅 (Fu)

37 沈 (Chen)

38 曾 (Ceng)

39 彭 (Peng)

40 呂 (Lu)

41 蘇 (Su)

42 盧 (Lu)

43 蔣 (Jiang)

44 蔡 (Cai)

45 賈 (Jia)

46 丁 (Ding)

47 魏 (Wei)

48 薛 (Xue)

49 葉 (Ye)

50 閻 (Yan)

51 餘 (Yu)

52 潘 (Pan)

53 杜 (Du)

54 戴 (Dai)

55 夏 (Xia)

56 鐘 (Zhong)

57 汪 (Wang)

58 田 (Tian)

59 任 (Ren)

60 姜 (Jiang)

61 範 (Fan)

62 方 (Fang)

63 石 (Shi)

64 姚 (Yao)

65 譚 (Tan)

66 廖 (Liao)

67 鄒 (Zou)

68 熊 (Xiong)

69 金 (Jin)

70 陸 (Lu)

71 郝 (Hao)

72 孔 (Kong)

73 白(Bai)

74 崔 (Cui)

75 康 (Kang)

76 毛 (Mao)

77 邱 (Qiu)

78 秦 (Qin)

79 江 (Jiang)

80 史 (Shi)

81 顧 (Gu)

82 侯 (Hou)

83 邵 (Shao)

84 孟 (Meng)

85 龍 (Long)

86 萬 (Wan)

87 段 (Duan)

88 漕 (Cao)

89 錢 (Qian)

90 湯 (Tang)

91 尹 (Yin)

92 黎 (Li)

93 易 (Yi)

94 常 (Chang)

95 武 (Wu)

96 喬 (Qiao)

97 賀 (He)

98 賴 (Lai)

99 龔 (Gong)

100 文 (Wen)

101 龐 (Pang)

102 樊 (Fan)

103 蘭 (Lan)

104 殷 (Yin)

105 施 (Shi)

106 陶 (Tao)

107 洪 (Hong)

108 翟 (Di)

109 安 (An)

110 顏 (Yan)

111 倪 (Ni)

112 嚴 (Yan)

113 牛 (Niu)

114 溫 (Wen)

115 蘆 (Lu)

116 季 (Ji)

117 俞 (Yu)

118 章 (Zhang)

119魯 (Lu)

120葛 (Ge)

121伍 (Wu)

122韋 (Wei)

123申 (Shen)

124尤 (You)

125畢 (Bi)

126聶 (Nie)

127叢 (Cong)

128焦 (Jiao)

129向 (Xiang)

130柳 (Liu)

131邢 (Xing)

132路 (Lu)

133岳 (Yue)

134齊 (Qi)

135沿 (Yan)

136梅 (Mei)

137莫 (Mo)

138莊 (Zhuang)

139辛 (Xin)

140管 (Guan)

141祝 (Zhu)

142左 (Zuo)

143塗 (Tu)

144谷 (Gu)

145祁 (Qi)

146時 (Shi)

147舒 (Shu)

148耿 (Geng)

149牟 (Mou)

150卜 (Bo)

151路 (Lu)

152詹 (Zhan)

153關 (Guan)

154苗 (Miao)

155凌 (Ling)

156費 (Fei)

157紀 (Ji)

158靳 (Jin)

159盛 (Sheng)

160童 (Tong)

161歐 (Ou)

162甄 (Zhen)

163項 (Xiang)

164曲 (Qu)

165成 (Cheng)

166遊 (You)

167陽 (Yang)

168裴 (Pei)

169席 (Xi)

170衛 (Wei)

171查 (Cha)

172屈 (Qu)

173鮑 (Bao)

174位 (Wei)

175覃 (Tan)

176霍 (Huo)

177翁 (Weng)

178隋 (Sui)

179植 (Zhi)

180甘 (Gan)

181景 (Jing)

182薄 (Bao)

183單 (Dan)

184包 (Bao)

185司 (Si)

186柏 (Bai)

187寧 (Ning)

188柯 (Ke)

189阮 (Ruan)

190桂 (Gui)

191閔 (Min)

192歐陽 (Ou Yang)

193解 (Jie)

194強 (Qiang)

195柴 (Chai)

196華 (Hua)

197車 (Che)

198冉 (Ran)

199房 (Fang)

200邊 (Bian)

201辜 (Gu)

202吉(Ji)

203饒 (Rao)

204刁 (Diao)

205瞿 (Qu)

206戚 (Qi)

207丘 (Qiu)

208古 (Gu)

209米 (Mi)

210池 (Chi)

211滕 (Teng)

212晉 (Jin)

213苑 (Yuan)

214鄔 (Wu)

215臧 (Zang)

216暢 (Chang)

217宮(Gong)

218來 (Lai)

219嵺 (Liao)

220苟 (Gou)

221全(Quan)

222褚 (Chu)

223廉 (Lian)

224簡 (Jian)

225婁(Lou)

226蓋 (Gai)

227符 (Fu)

228奚 (Xi)

229木(Mu)

230穆 (Mu)

231黨 (Dang)

232燕 (Yan)

233郎 (Lang)

234邸 (Di)

235冀 (Ji)

236談 (Tan)

237姬 (Ji)

238屠 (Tu)

239連 (Lian)

240郜 (Gao)

241晏 (Yan)

242欒 (Luan)

243鬱 (Yu)

244商 (Shang)

245蒙 (Meng)

246計 (Ji)

247喻 (Yu)

248揭 (Jie)

249竇(Dou)

250遲 (Chi)

251宇 (Yu)

252敖 (Ao)

253糜 (Mi)

254鄢 (Yan)

255冷 (Leng)

256卓 (Zhuo)

257花 (Hua)

258仇 (Chou)

259艾(Ai)

260藍 (Lan)

261都 (Dou)

262鞏 (Gong)

263稽 (Ji)

264井 (Jing)

265練 (Lian)

266仲 (Zhong)

267樂 (Le)

268虞 (Yu)

269卞 (Bian)

270封 (Feng)

271竺 (Zhu)

272冼 (Xian)

273原 (Yuan)

274官 (Guan)

275衣 (Yi)

276楚 (Chu)

277佟 (Tong)

278栗 (Li)

279匡 (Kuang)

280宗 (Zong)

281應 (Ying)

282台 (Tai)

283巫 (Wu)

284鞠 (Ju)

285僧 (Seng)

286桑 (Sang)

287荊 (Jing)

288諶 (Chen)

289銀 (Yin)

290揚 (Yang)

291明 (Ming)

292沙 (Sha)

293薄 (Bao)

294伏 (Fu)

295岑 (Cen)

296習 (Xi)

297胥 (Xu)

298保 (Bao)

299和 (He)

300藺(Lin)

No berapa marga anda ?

Sumber: grup whatsapp

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: