Beranda > BIDAT-SEKTE, DOKTRIN ALLAH > 17 Bidat Anti Trinitas

17 Bidat Anti Trinitas


17 Bidat Anti Trinitas yang Harus Anda Ketahui dan Jangan Mengulangi Kesalahan yang sama

Ajaran-ajaran Bidat ini Menggugat Doktrin Trinitas-Kristologis pada masa gereja sebelum abad 9.

1. Arianisme: Yesus ciptaan bukan Allah. Yesus dan Bapa tidak berasal dari Hakekat yg sama. Yesus adalah makhluk yg diciptakan. Yesus adalah ciptaan Allah. Tidak sederajat kedudukannya dengan Allah. Kemudian melalui Yesus, Allah menciptakan segala sesuatu. Yesus bukan dari kekal adanya, melainkan diciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Dianggap bahwa suatu waktu ketika Logos tidak ada, kemudian Allah menciptakan Logos itu.

Sekarang namanya Jehovah Witnesses/Saksi-Saksi Yehuwa (SSY), Kristen Tauhid/Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (GJAGI), dll.

2. Sub-ordinasion-isme
Yesus dan Roh Kudus lebih rendah dari Bapa. Penempatan pada posisi atau derajat yang lebih rendah. Maksudnya, kedudukan dan derajat Tuhan Yesus lebih rendah daripada Allah Bapa. Pandangan ini dapat dikaitkan dengan dinamisme.

3. Pneuma-tomachianisme: Roh Kudus lebih rendah dari Yesus dan Bapa, dan Roh Kudus diciptakan oleh Yesus.

4. Nestorianisme: dlm Yesus ada 2 pribadi yang Berbeda: manusia dan ilahi. Yesus bukan Allah.
Yesus bukan memiliki dua sifat dalam satu oknum,melainkan dua sifat dan dua oknum dlm Yesus Kristus. Ini berarti Allah yg diyakini umat kristen bukan tiga di dalam satu,melainkan empat di dalam satu. Apabila Kristus sungguh sungguh Allah dan sungguh sungguh manusia, itu merupakan keduaan dan bukan ke-esaan.

5. Doketisme: Yesus tdk punya Tubuh Jasmani, hanya tampaknya saja punya tubuh.
Doketisme: Dokei artinya semu. Yesus adalah Allah sejati. Supaya Allah tidak menajiskan diri Nya, Allah perlu tubuh yang semu, atau lebih tepat menyebutkan bahwa tubuh jasmani Yesus tidak riil.Tubuh Yesus hanya suatu anggapan. Mungkin sebagai hantu atau serupa dengan riil yang di anggap daging, tulang dan darahnya tidak sama dlm kualitas dan unsur-unsur nya dengan manusia.

Gnostisisme: merupakan sinkretisme pantheistis yang berusaha menggabungkan filsafat barat dengan agama timur. Gnosistisme merupakan sistem kepercayaan yg keselamatan nya bergantung sepenuhnya pada pengetahuan khusus atau pencerahan batin tentang Allah yg membebaskan seseorang dari ketidaktahuan dan kejahatan yg merupakan ciri tata ciptaan.

6. Apolinarisme: Yesus tdk punya Roh atau Jiwa. Pada Yesus ada Logos ilahi. Kodrat terjelma dari Logos yg satu. Sangat menekankan keilahian Yesus Kristus, namun akibat terlalu menekankan kepada keilahian Yesus, jadi mengabaikan hakikat kemanusiaan Yesus. Yesus memiliki tubuh dan jiwa, tetapi tidak memiliki roh. Posisi roh digantikan oleh Logos. Sebab itu Yesus tidak dapat disebut manusia sejati.

7. Monofisit-isme: ajaran satu Kodrat. inkarnasi Yesus brarti Peleburan kodrat Ilahi dan Insani Kristus.

8. Mono-energisme: Hanya ada SATU bentuk aktivitas dlm diri Yesus yakni Energi Ilahi. Dari aktivitas yg semata2 ilahi dan melampaui daya2 insani, inilah diasalkan identitas Yesus Kristus.

9. Mono-teletisme: Yesus meskipun punya kodrat insani, TETAPI hanya punya SATU KEHENDAK ilahi.

10. Eutychian-isme: Hanya mengakui satu kodrat: Ilahi di dalam diri Yesus sesudah inkarnasinya.
Dua tabiat Kristus bercampur menjadi satu,sehingga menjadi tabiat yang ketiga. Dalam tabiat yang bercampur ini,tabiat illahi melampaui tabiat kemanusiaan. Sebab itu tabiat kemanusiaan Yesus terhisap ke dalam tabiat illahi nya. Sifat illahi yang lebih unggul dan sifat manusiawi terjadi dalam sifat illahi nya.

11. Modalisme/Sabelianisme/Oneness: Bapa, Yesus dan Roh Kudus adalah Satu Pribadi dengan 3 mode/wujud/fungsi/jabatan, Satu pribadi tapi berganti-ganti peran menjadi tiga manifestasi.
Tuhan jadi Bapa pencipta, jadi Yesus yang menyelamatkan, jadi Roh Kudus yang menghibur.

Sekarang namanya Oneness Pentecostal/United Pentecostal Church International (UPCI), GPSdI (Gereja Pentakosta Serikat di Indonesia) , GYS, dll

12. Patripasion-isme: Yg dilahirkan dan menderita di Salib bukan Putra, bukan pula Yesus, melainkan Allah Bapa. Ini menjadi bahan tertawaan karena berarti Bapa sendiri yg bangkit dan membangkitkan DiriNya sendiri. Juga aneh Anak Dara melahirkan seorang Allah Bapa.

13. Adoptian-isme: Sebagai Allah, Yesus menurut kodratnya memang benar-benar Anak Allah; namun sbg manusia, Yesus hanya Anak Adopsi/Anak Angkat. Ajaran ini muncul di Spanyol Abad 8 tuk mempermudah orang Islam tuk memahami misteri Trinitas dalam Kekristenan.

14. Monarkian-isme: begitu menekankan kesatuan Allah hingga menolak Putra Ilahi sbg yg berpribadi sendiri, terpisah dari Allah Bapa. Yesus adalah Ilahi Hanya Dalam arti bahwa kuasa Allah turun ke atasNya, berdiam dalam diriNya dan mengangkatNya.

Monarkhianisme Dinamik/ Adopsionisme: Keillahian Tuhan Yesus diakui, tetapi ditolak bahwa Yesus adalah Allah yang kekal. Menurut pandangan ini, Yesus adalah manusia biasa,lahir dari maria, yang di ADOPSI oleh Allah dan menjadi Anak Allah lewat peristiwa pembaptisan di sungai Yordan dan dipenuhi dengan dinamis Allah. Jadi,awalnya Yesus bukan Allah sejak semula, melainkan tabiat keillahian itu Dia terima melalui proses ADOPSI dan melalui pemenuhan dengan kedinamisan Allah.

15. Three Chapters/Tiga Bab: ajaran yang merujuk pada 3 pengarang (Ibas Edessa, Theodorus Mopsuestia, Theodoretus Cyrus) yang dituduh mendukung dan membangkitkan kembali Nestorianisme.

16. Jakobit: bentuk monofisit Syria yg dg tegas menolak dan menyangkal kebenaran ajaran2 Konsili Khalsedon thn 451 terutama yg berhubungan dg Pribadi Yesus.

Marcionisme: PL dan PB terpisah / dikotomi. Pandangan nya: Allah di PB ialah demiurgos, yaitu Allah yang lebih rendah ketimbang Allah dalam PB, yaitu Allah Bapa dari Yesus yang memperdulikan dunia rohani. Yesus diciptakan oleh Bapa dan mengambil tampilan seturut daging, kemudian pada saat penyaliban melepaskan tampilan itu, dengan demikian, sosok yang tergantung di kayu salib bukanlah Yesus yg sesungguhnya, melainkan hanya tampilan atau tampakan Yesus yg semu (doketisme)

Ebionisme: Golongan ini menganggap bahwa Yesus hanya seorang manusia yg kepenuhan Roh Kudus saja. Mereka juga menganggap 2 hakikat Yesus tdk mungkin ada di dlm 1 oknum. Pada umumnya, pandangan ini menganggap Yesus adalah mahkluk ciptaan Allah. Dianggap Yesus tidak illahi, krn Yesus menderita.

Tambahan:

17. Bidat Maryamiyah atau Trinitas/Tritunggal Fisik/Jasmani ala Quran:

Allah, Yesus dan Bunda Maria adalah Tritunggal.

Kita perlu baca juga ini

Bagaimana Islam memandang Tritunggal Alkitab

Rujukan Quran, ”sesungguhnya kafirlah orang-orang yang berkata bahwa: Allah salah satu dari yang tiga, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan yang Esa…” (Qs 5:73)

“Dia tidak beristri dan tidak beranak” (Qs 72:3)
“Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri” (Qs 6:101)
“Maha Suci Allah dari mempunyai anak” (4:17)
”Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: Jadikan aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah”. (Qs 5:116)
Orang Nasrani berkata: ”Al-Masih itu putra Allah… Dilaknati Allahlah mereka.” (Qs 9:30)
”Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang rasul… dan ibunya seorang yang sangat benar keduanya memakan makanan.” (Qs 5:75).

https://dedewijaya.wordpress.com/2008/05/25/bincang-bincang-soal-isu-tuhan-tritunggal-bagian-1/

Sumber: Selilit Sang Nabi, Bisik2 tentang Aliran Sesat, Eddy Kristianto, OFM, Kanisius, tambahan Alexios Giakartanensis

Kunjungi toko kami di

www.tokopedia.com/sembakonda

www.shopee.co.id/alkitabanda

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: