Beranda > cinta, TOP TEN > 13 CARA UNTUK MENGALAHKAN GODAAN

13 CARA UNTUK MENGALAHKAN GODAAN


Membongkar Rahasia Berpacaran01. Terimalah tanggung jawab pribadi untuk kekudusan moral. Ada sebuah doa yang saya tidak yakin biasanya dijawab Tuhan. Ini doanya, “Tuhan singkirkan semua godaan seksual ini!” Saya rasa Ia biasanya akan memandang ke bawah dari surga dan berkata, “Kamulah yang menyingkirkan hal-hal dalam hidupmu yang mengundang godaan itu.”
Maksud saya sederhana. Saya rasa kita harus memulai komitmen kita pada kekudusan seksual dengan kesadaran yang jelas bahwa kita akan harus terus-menerus membuat keputusan pribadi yang menggerakkan kita ke arah itu.
Kebenaran terus-terangnya adalah tidak peduli seberapa besar Anda mengasihi Allah, Anda dan Dia akan harus menjadi sebuah tim dalam hal kekudusan ini. Maaf. Tidak ada jalan keluar lain yang lebih mudah.

02. Kenali dan segeralah mulai menyingkirkan pemendek-pemendek sumbu dalam kehidupan asmara anda. Apa Anda ingat dengan istilah sebelumnya dalam buku ini?
Pemendek sumbu adalah tempat-tempat, orang-orang, dan pola-pola yang memendekkan sumbu seksual Anda entah secara fisik atau emosi, yang membuat Anda lebih rentan Anda kalah ketika Anda berhenti berjuang.

terhadap godaan seksual. Itu sebabnya saya seringkali meminta teman-teman yang mengejar kekudusan moral untuk menuliskan pemendek sumbu mereka sendiri.
Cobalah luangkan waktu dan tuliskan beberapa pemendek sumbu Anda di bawah ini. Jika Anda terlalu malu untuk menuliskan seluruh kata-katanya, gunakan saja singkatan! Anda akan tahu apa yang Anda maksudkan. Saya akan memberikan Anda beberapa contoh untuk Anda bisa memulai:
Kemungkinan Pemendek Sumbu temPat-temPat:
• Kursi belakang di bioskop-bioskop.
• Sofa di ruang keluarga dengan John ada di sana setelah
semua orang tidur.
• Pesta-pesta yang diadakan Josh dan Rita.
Kemungkinan Pemendek Sumbu orang-orang:
(Menuliskan teman-teman dan orang-orang di sini tidak membuat mereka “buruk” atau “baik.” Itu adalah masalah menjadi cukup dewasa untuk menyadari bahwa orang-orang berbeda menciptakan keadaan yang berbeda dalam hidup kita.)
• Orang-orang yang meledek nilai-nilai saya (seperti Suzanne)
• Ben dan Kristina dalam sebuah kencan ganda (Sebagai pasangan, kita berurusan dengan kelemahan yang sama.)
• Para pria yang dengannya saya pernah berpesta.

Kemungkinan Pemendek Sumbu Pola-Pola:
• Berduaan saja di rumah atau di mobil dengan Clint setelah pukul 10 malam.
• Ciuman yang diperpanjang.
• Menghabiskan waktu sendirian bersama Lynn ketika saya sebenarnya sudah lelah dan pertahanan saya sedang lemah.

• Bermain Internet lewat jam 9 malam di kamar saya sendirian, khususnya ketika saya tidak memiliki tujuan ketika membuka-buka Internet.
Ingatlah bahwa ketika Anda menunjukkan pemendek-pemendek sumbu Anda, biasanya tidak ada yang salah dengan tempat, orang, atau pola tertentu itu sendiri. Hanya, penting sekali untuk Anda menyadari bahwa “sumbu seksual” Anda sedang perlahan-lahan dipendekkan dan semakin dekat untuk “disulut” ketika Anda bermain-main dengan hal-hal ini. Kebenaran terus-terangnya adalah kita sebenarnya tidak “jatuh” ke dalam godaan seksual. Sebaliknya, kita membuat pilihan-pilihan kecil yang terus-menerus, yang secara perlahan-lahan membawa kita ke arah itu.

03. Ingatlah bahwa kompromi-kompromi Kecil pada akhirnya membawa kepada masalah BeSar. Titik di mana Anda melanggar hati nurani Anda, tidak peduli betapa kecilnya, adalah asal di mana “bola salju seksual” mulai menggelinding dari atas gunung. Kekudusan moral jauh lebih mudah ketika Anda bertekad dalam hati Anda untuk menghentikan diri Anda lebih dini dalam permainan itu, daripada mendorong melewati batas. Dan ingat, karena “Hukum dari

Buah Terlarang,” jenis penguasaan diri ini hanya membuat

Anda lebih menarik bagi lawan jenis, bukannya berkurang.

Jadi jika Anda ingin orang-orang dari lawan jenis tersandung pada Anda, ini adalah sebuah kunci penting untuk kemenangan jangka panjang.

04. Jujurlah dengan diri anda sendiri tentang pengaruh musik, media, dan Internet dalam hidup anda. Oke, ini memang sebuah area yang sensitif dan orang-orang biasanya menjadi cukup terganggu ketika itu dibahas. Tapi bolehkah saya menunjukkan bahwa mungkin saja sikap bertahan kita
yang cepat memberitahu kepada kita tentang kebenaran dari penyataan ini lebih daripada apa pun juga.

Tak pelak lagi, semua orang akan memiliki standar dan respons yang berbeda. Tapi MTV, Hollywood, dan industri musik tidak menghasilkan miliaran dolar setiap bulan tanpa menjadi ahli dalam mengetahui pola pikir kaum muda dan dewasa muda. Mari saya berikan kepada Anda fakta menarik lainnya. Sebelum Lucifer diusir dari surga, ia adalah pemimpin penyembahan di sana! Hebat, ’kan? Saya rasa iblis masih suka musik waktu itu dan tetap suka sampai hari ini.

Jadi inilah tantangan pribadinya. Pertimbangkan untuk menyingkirkan musik non-Kristen dari hidup Anda hanya untuk satu bulan dan menggantinya dengan beberapa musik Kristen yang Anda suka. (Ada ribuan artis yang dapat Anda pilih. Pergi saja ke sebuah toko buku Kristen dan luangkan waktu mendengarkan untuk menemukan beberapa artis yang cocok dengan Anda.) “Tes” sederhana ini bertujuan untuk melihat apa yang terjadi dalam hidup dan hati Anda jika Anda hanya berfokus mendengarkan musik Kristen selama periode waktu ini. Pada akhir tiga puluh hari, tanyakan diri Anda apakah kemampuan Anda untuk menumbuhkan kekudusan moral dan pikiran lebih tinggi atau tidak. Saya rasa Anda akan terkejut dengan dampak besar yang dapat diberikan musik atas seluruh hidup Anda.
Segala bentuk media dan Internet membawa pengaruh besar dalam pengejaran Anda akan kekudusan. Tak seorang pun dapat membuat keputusan itu bagi Anda selain diri Anda sendiri. Saya hanya dapat memberitahu Anda bahwa mereka terlalu penting untuk diabaikan atau ditentukan dengan bermain-main.
Tes sederhana—hasil yang mengubah hidup.
Tolong baca ini dengan pikiran terbuka.

05. Jangan pernah menurunkan diri anda untuk menipu orang lain. “Menipu”—itu bukanlah istilah yang sering Anda pakai dalam obrolan sehari-hari. Tapi itu digunakan dalam Alkitab yang berarti “membangkitkan hasrat seksual dalam diri seseorang yang tidak dapat Anda penuhi dengan benar di luar pernikahan.” Dengan definisi itu, kita memiliki beberapa tuntunan yang cukup jelas:
• Jangan menipu dengan mulut Anda, dengan menggunakan
bahasa dan janji-janji untuk mendapatkan apa yang Anda
inginkan dari orang lain.
• Jangan menipu dengan pakaian Anda, dengan berpakaian sedemikian rupa sehingga menciptakan sebuah papan iklan tak terlihat di dada Anda yang tertulis, “Terbuka untuk bisnis.”
• Jangan menipu dengan asmara Anda, dengan mendorong seseorang “ke tepi jurang” secara seksual dan kemudian bertanya-tanya mengapa mereka tidak dapat berhenti “di tengah-tengah udara.”
Sebut saja bagian ini “Menipu Tanpa Batas!” Mungkin sebuah istilah lama, tapi kenyataan sehari-harinya sama barunya seperti masa kini. Ambillah sebuah pelajaran dari paku kecil: “Ia tidak pernah pergi terlalu jauh karena ia selalu menggunakan kepalanya.”

06. Sadari bahwa otak anda adalah organ seks anda yang paling kuat. Jadi berusahalah untuk mengendalikan kehidupan pikiran Anda. Alkitab menyebut seluruh proses ini “menawan pikiran Anda.” Itu adalah sebuah analogi yang aneh tapi relevan. Anda dapat membayangkan dalam pikiran

Anda di mana Anda memanggil polisi untuk menangkap pikiran negatif Anda dan membuat mereka dijebloskan ke dalam penjara!

Izinkan saya memberi Anda beberapa saran tentang area
penting dalam hal mengendalikan kehidupan pikiran Anda ini:
• Sampah masuk; sampah keluar. Dengan kata lain, jangan
dengarkan dan menonton sekumpulan media yang bertema
seksual dan kemudian bertanya-tanya mengapa kehidupan
pikiran Anda terbaca seperti naskah dari Sex & The City.
• Jangan menarik ilalang tanpa menanam bunga. Izinkan saya menerjemahkan “Mayoisme” ini kepada Anda. Saya hanya mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah menyingkirkan pikiran sampah dalam kepala Anda tanpa dengan sengaja memilih untuk menggantikan mereka dengan pikiran-pikiran positif. Meskipun Anda menyanyikan lagu-lagu natal sekalipun! Putuskan dalam pikiran Anda untuk menyingkirkan pikiran-pikiran seksual yang negatif dari pikiran Anda dan kemudian pilihlah dengan seksama sesuatu yang positif untuk dipikirkan menggantikan mereka. Jelasnya, Alkitab adalah pengganti yang paling kuat. Nenek Anda benar sekali: “Pikiran yang menganggur adalah tempat kerja iblis.”
• hindari ketakutan ketika, setelah usaha keras untuk mendisplin pikiran, anda masih mengalami pikiran seksual yang liar bersileweran di pikiran anda. Adaptasi filosofi dari suami saleh saya yang bijaksana: “Saya tidak bisa menghentikan burung untuk terbang di atas kepala saya, tapi saya dapat menghalangi mereka untuk tidak membangun sebuah sarang di rambut saya!”

07. Prioritaskan menaruh firman allah dalam diri anda. Itu adalah “deterjen” terbaik di dunia! Apa Anda pernah mendengar seorang pria dalam Alkitab bernama Daud?

(Ingat? Ia adalah anak yang melawan dan membunuh seorang raksasa dengan sebuah ali-ali. Keren, ’kan?) Bagaimanapun juga, Daud banyak membuat kekacauan dalam hidupnya, termasuk kegagalan seksual yang banyak sekali. Akhirnya, hampir dalam keputusasaan, ia berseru kepada Allah dan berkata, “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih?” Kemudian ia menjawab dirinya sendiri dan berkata, “Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu” (Mazmur 119:9). Lihat, bahkan hamba Tuhan besar seperti Daud bergumul dengan area kekudusan seksual ini. Tapi kunci utama Daud untuk hidup benar adalah berfokus untuk menaruh firman Allah dalam dirinya sendiri.

Pastikan Anda melihat “Ayat-ayat amunisi” yang saya berikan di akhir bab ini. Perkatakan ayat-ayat itu dengan keras kepada diri Anda sendiri setiap pagi dan malam selama beberapa hari (minggu). Sedikit demi sedikit, ayat-ayat ini akan menjadi sebuah agen perubahan yang luar biasa dalam kehidupan bagian dalam diri Anda. Saya tidak dapat menjelaskannya, tapi saya berjanji itu akan berhasil. Cobalah. Reputasi Allah dipertaruhkan, jadi ini adalah hal yang pasti.

08. Bayangkan rasa malu, kekecewaan, dan akibat-akibat yang akan dialami anda dan orang-orang yang anda kasihi karena menyerah kepada godaan di area ini. Wow!

Milikilah keberanian untuk dengan jujur mencoba yang satu ini. Itu akan membuat Anda tenang tapi sangat membantu jika Anda benar-benar jujur dengan diri Anda sendiri. Ingat dengan kutipan saya sebelumnya? “Anda bebas untuk mengabaikan hukum-hukum Allah, tapi tidak pernah bebas menghindari akibat-akibatnya.” Tidak ada yang lebih luar biasa daripada hati nurani yang bersih.
Di lain pihak, berusahalah membayangkan diri Anda memberitahukan orangtua atau pelatih Anda bahwa Anda keluar dari sekolah untuk membesarkan seorang anak. Cobalah melihat diri Anda berjalan di lorong sekolah di hari Senin
Pertanyaan Anda yang sama
Jawaban Anda yang sama
pagi setelah “akhir pekan ketika Anda menyerahkan segalanya.” Anda menangkap basah dia sedang berbicara dengan beberapa teman dekat di lokernya, terlihat sangat rahasia. Anda tidak bisa tidak bertanya-tanya (meskipun itu disangkali) apakah Anda adalah topik dari percakapan rahasia itu. Ingat saja:
kencan yang muDaH bukan SeSuatu
yang HaRuS DiPeRtaHankan,
meReka HanyalaH SementaRa SamPai
oRang yang tePat Datang.

09. Putuskan apakah anda ingin menjadi seorang investor jangka panjang atau jangka pendek dalam “Bank nasional asmara.” Ketika saya sedang mengencani suami saya, malam sebelum pertunangan kami sangat jelas tergambar di pikiran saya. Kami saling mencintai dan hanya beberapa minggu dari tanggal pernikahan kami. Baik kegembiraan maupun hormon kami berada dalam keadaan yang sangat tinggi. Suatu malam, gairah asmara kami menguasai kami.

Meskipun kami tidak “terus sampai akhir,” sangat jelas bahwa kesan malam itu tidak sedang menuju ke arah “Lebih dekat kepada Allah saya.”

Akhirnya, setelah beberapa ciuman penuh emosi yang cukup panjang, saya berbisik kepadanya. “Mari kita taruh sisa malam ini ‘di dalam bank.’ Kita dapat mengeluarkannya setelah kita menikah. Sekarang, mari kita menunggu dan biarkan itu ‘mendapatkan bunga.’”
Ucapan itu mungkin kedengarannya sedikit aneh bagi Anda, tapi suami saya yang luar biasa ini tahu dengan pasti apa yang saya maksudkan. Kami berdua bertekad untuk menjadi investor jangka panjang dalam “Bank Asmara.” Mengertilah, cara kerja asmara dan seksualitas kurang lebih sama seperti Bank National asmara pertama keuangan dengan satu cara sederhana. Jika Anda menaruh uang Anda ke dalam bank dan menariknya dengan segera, Anda tidak akan memiliki banyak deviden. Sebaliknya, jika
Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang Anda sebagai seorang investor jangka panjang dan kemudian menunggu untuk menariknya, deviden Anda akan selalu jauh lebih tinggi. Satu-satunya perbedaan antara dua strategi ini adalah waktu—pada dasarnya itu adalah kesediaan Anda untuk menunggu sejenak sampai Anda “menagihnya.”
Ambillah jalan pintas, maka upahnya akan singkat dan minimal. Tapi ambillah jalan yang panjang, maka Anda sedang memposisikan diri Anda untuk menjadi orang yang sangat kaya dalam hal hubungan.
Izinkan saya menyebutkan satu hal lagi yang berhubungan dengan investasi jangka panjang. Semakin Anda peduli sekali tentang seseorang dan semakin Anda rindu hubungan itu untuk berlanjut lebih jauh, semakin penting bagi Anda untuk menjalaninya dengan perlahan-lahan. Jika seseorang itu menaruh tekanan pada Anda untuk tidak menunggu, sadarilah bahwa ini seharusnya menjadi sebuah “bendera merah” besar.
Kesediaan untuk kehilangan moral sekarang juga adalah sebuah tanda yang jelas bahwa mereka akan bersedia kehilangan nantinya.

10. Tanyakan diri anda sendiri pertanyaan ini. “apa yang sedang saya simpan untuk diberikan kepada seseorang ketika akhirnya saya mencapai titik ingin menghabiskan sisa hidup saya dengan dia?” Apakah Anda mengerti pertanyaan itu? Sangat asing bagi kebanyakan kita sehingga Anda mungkin akan perlu kembali dan membacanya sekali lagi.
Tapi berhentilah dan renungkan tentang itu. Apa yang akan
Anda berikan kepada seseorang ketika Anda yakin bahwa
Blak-blakan tapi benar
Anda ingin menikahi dia? Maksud saya, perusahaan penerbangan memiliki hak istimewa tertentu yang disimpan untuk pelanggan mereka yang disebut “Status Prioritas.”
Masuk akal bagi kita untuk menyimpan beberapa hak istimewa untuk orang yang suatu hari akan kita nikahi. Sebaliknya, kita seringkali mempermurah diri kita dengan menyerahkan “status prioritas” kita terlalu mudah.
PaRa wanita Sangat boDoH kHuSuSnya Dalam aRea ini
(saya adalah seorang wanita jadi saya boleh mengatakan itu!)
Inilah sebuah daftar hal-hal bodoh yang seringkali dipercayai para wanita yang menjauhkan mereka dari menjadi investor jangka panjang ketika berkencan dengan seorang pria jangka pendek:
• Dia memperlakukan saya dengan berbeda.
• Saya akan mengubah dia.
• Itu sebenarnya adalah kesalahan wanita terakhir yang
berhubungan dengannya.
• Saya adalah satu-satunya yang dia ajak melakukan ini.
• Ia benar-benar serius tentang saya dan siap untuk berumah tangga.
• Ini semua baik karena Allah menyatukan kami bersama.
• Tanpa saya, ia tidak akan pernah menjadi apa yang ia inginkan.
• Orang lain hanya tidak benar-benar mengerti dia seperti saya.
Saat saya masih SMU dan kuliah, saya yakin akan satu hal:
Saya tidak akan menyerahkan tubuh saya. Dengan pertolongan Allah, saya bertekad menyimpan itu untuk pernikahan. (Jika Anda telah melakukan itu, ingatlah sekali lagi bahwa “Allah tidak pernah berunding dengan masa lalu Anda untuk Para wanita:
Baca ini!
menciptakan masa depan Anda.” Dengan kata lain, mintalah pengampunan-Nya dan mulailah menciptakan “Bab 2” dalam hidup Anda. Yesus sangat mengasihi Anda sehingga Ia merasa terhormat untuk membantu Anda memulai sekali lagi ketika Anda meminta pertolongan-Nya.)

Juga merupakan keputusan yang benar-benar sadar dari pihak saya tentang seberapa jauhnya saya akan membiarkan, bahkan suami masa depan saya, untuk berbuat lebih jauh secara seksual. Tapi saya membuat keputusan pribadi strategis lainnya—keputusan yang hanya diketahui Yesus, sahabat saya, dan diri saya sendiri. Karena saya tidak akan menyerahkan tubuh saya kepada seorang pria di luar pernikahan, saya memutuskan bahwa saya akan menyimpan kata-kata “Aku mencintaimu” untuk suami masa depan saya.

Terdengar cukup aneh? Sebenarnya tidak.
Di malam saya berkata “Aku cinta kamu” kepada Sam Mayo, saya sebenarnya di dalam hati sedang berkata, “Aku telah memikirkan hal ini masak-masak. Dan jika kau memintaku, aku akan menikahimu.” Sekarang izinkan saya memberikan sebuah peringatan besar: SAYA TIDAK MENGATAKAN ITU KEPADANYA! (Dengan kata lain, saya tidak cukup bodoh untuk berkata, “Ketika kau mendengar tiga kata ajaib itu, kita bersatu selamanya!”)
Tapi saya dapat mengatakan kepada Anda betapa luar biasanya mengetahui bahwa saya telah menyimpan kata-kata itu dalam sebuah budaya yang seringkali membuatnya menjadi kata-kata murahan. Orang-orang menyamakan ”suka” dengan ”cinta.”
Mereka menyamakan rasa suka mereka terhadap jus jeruk, potongan rambut yang bagus, hamster lucu, dengan cinta terhadap pasangan masa depan mereka!
Satu peringatan lainnya: Misalkan saja Anda telah mengucapkan kata-kata itu (dan mungkin lebih banyak) kepada orang-orang dalam hidup Anda. Itu tidak membuat Anda sudah gagal, temanku. Minta saja pertolongan kepada Tuhan untuk menarik garis yang jelas dan mulai dari awal.
Yesus akan sangat senang membantu Anda. Ia lebih bersemangat untuk menciptakan masa depan yang indah bagi Anda daripada Anda sendiri. Lagipula, Ia sangat tertarik kepada Anda. Ia menciptakan Anda.

11. Ampuni diri anda dan orang-orang penting lainnya dalam hidup anda. Ingat: Rasa bersalah, kepahitan, kebencian, dan penolakan adalah tempat berpijak yang
mudah bagi musuh untuk berdiri di atas hidup Anda. Seperti
yang telah kita ketahui sebelumnya, “Sikap tidak mau mengampuni adalah seperti meminum racun dan mengharapkan orang lain mati karenanya.” Terkadang rasa sakit dan penolakan akan membuat Anda ingin melakukan hal-hal bodoh untuk membalas orang-orang. Jangan lakukan. Anda pada akhirnya akan selalu menyesalinya.
Ketahui juga bahwa Musuh ingin Anda percaya bahwa Anda adalah seorang pecundang besar karena kesalahan masa lalu.
Sadari saja bahwa ketika Anda meminta Kristus untuk mengampuni Anda, Anda benar-benar diampuni dari semua sampah di masa lalu. Jadi ampuni diri Anda sendiri—Yesus telah melakukannya! Firman-Nya berkata bahwa setelah Anda dengan tulus meminta pengampunan-Nya, Yesus membuang dosa-dosa Anda jauh ke dalam laut sejauh timur dari barat. Dan untuk membuat segalanya jelas bagi Musuh, saya rasa Ia bahkan menaruh tanda “Dilarang Memancing” di sana!

12. Jadilah salah satu dari orang-orang yang memelihara martabat dan rasa hormat pada diri sendiri dalam hidup anda. Saya tahu bahwa menyimpan diri Anda untuk pernikahan bukanlah hal yang “normal” dewasa ini. Tapi memangnya siapa yang mau hanya menjadi “normal”?

Peliharalah martabat dan rasa hormat pada diri sendiri.

Orang-orang tidak akan menghormati Anda lebih daripada Anda menghormati diri Anda sendiri. Itu pasti.
Izinkan saya mengingatkan Anda tentang salah satu pernyataan terus-terang saya: “Orang-orang yang telah melangkah terlalu jauh dalam hal seksual mengingatkan saya tentang sebuah papan tanda di sebuah meja penjual di departemen store:
‘Barang Telah Digunakan Sedikit. Diskon Besar-besaran.’”

13. Pandanglah perjuangan untuk kekudusan seksual sebagai salah satu perjuangan yang anda harap anda menangkan, dan sebagai perjuangan yang anda harapkan anda perjuangkan selama sisa hidup anda. Kedengarannya mengecilkan hati? Sebenarnya tidak. Seks hanyalah suatu kekuatan yang kuat dalam budaya kita sehingga akal sehat sederhana mengatakan kepada Anda bahwa jika Anda tidak waspada, perangkap-perangkap itu akan cukup sering muncul.

Tapi saya ingin Anda tahu bahwa setiap pilihan yang Anda buat untuk berjuang bagi kekudusan akan diberi upah seribu kali lebih banyak. Dan suatu hari, upah itu akan datang dari tempat-tempat yang tak terduga—seperti yang terjadi kepada saya kemarin.

Salah satu putra saya yang sudah dewasa berada di rumah selama beberapa minggu sebelum menerima pekerjaan di L.A. Ia meninggalkan sebuah pesan di kamar saya ketika ia pergi ke bandara. Sekarang di usia 25 tahun, para pria bukanlah penulis pesan yang banyak bagi ibunya. Jadi saya menghargai setiap kata. Izinkan saya menutup bab ini dengan memberitahu kepada Anda sebagian dari apa yang ia katakan kepada saya:
“Terima kasih, bu, karena selalu memiliki keberanian dan tekad untuk menjalani kehidupan yang berintegritas. Aku tahu itu tidak selalu mudah. Tapi ketahuilah bahwa aku telah memperhatikan semua pilihan-pilihanmu bahkan ketika aku tidak mengatakan apa pun. Kau telah membuatku sangat bangga memanggilmu “Ibu”-ku. Dan oh ya, aku masih berpikir kau adalah ibu terbaik di alam semesta! Dengan cinta, anakmu yang keren, Justin.”

Kedengarannya pengejaran kekudusan dan integritas telah menjadi perjuangan yang layak dilakukan, bukan? Bagi saya, itu layak. Saya tidak yakin Anda dapat menaruh harga pada nilai dari jenis hubungan seperti itu dengan anak-anak masa depan Anda. Jadi, biarkan saya mendorong Anda, mulailah membuat diri Anda layak mendapatkan kata-kata itu sekarang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: