Beranda > ISLAMOLOGI, ISU POPULER > Arkeolog Temukan Kerajaan Kristen di Kota Makkah

Arkeolog Temukan Kerajaan Kristen di Kota Makkah


Paul Yule Kota Makkah

Makkah merupakan kota yang dianggap suci oleh umat muslim, beberapa netizen di bikin bingung akan penemuan arkeolog Jerman yang satu ini, Tepatnya di kota Makkah arkeolog ini menemukan sebuah kerajaan Kristen.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan. Ahad (30/12), arkeolog menemukan sebuah batu dengan pahatan seperti tokoh Kristen di Wilayah Zafar, sekitar 935 kilometer selatan Makkah. Batu ini diyakini para arkeolog berasal dari zaman Nabi Muhammad.

Arkeolog asal Kota Heidelberg, Jerman, Paul Yule, mengatakan batu ini mempunyai tinggi sekitar 1,5 meter. Dia memperkirakan pahatan itu dibuat pada 530 masehi.

Akeolog Menemukan Pahatan Kerajaan Kristen / Dailymail
Arkeolog Menemukan Pahatan Kerajaan Kristen / Dailymail

Dia menjelaskan dalam pahatan batu itu digambarkan seorang lelaki memakai perhiasan, berambut keriting, bermata bulat, dan telanjang kaki. Dia percaya tokoh ini mirip dalam penggambaran orang suci dari Gereja Koptik.

Arkeolog Temukan Kerajaan Kristen di Kota Makkah, Ini Detailnya
Kota Makkah / Google Image

Dikutip dari merdeka.com Lelaki dalam pahatan itu juga terlihat memegang seikat ranting yang merupakan simbol perdamaian pada tangan kirinya dan palang seperti salib di tangan kanannya. Sementara mahkota dipakai pria itu mirip dengan apa dikenakan oleh penguasa-penguasa kerajaan Kristen Ethiopia kuno.

Yule percaya pahatan itu menggambarkan seorang penakluk dari Afrika yang datang ke wilayah Yaman sekitar 525 masehi untuk menyebarkan agama Kristen. Dia mengatakan misi itu merupakan perintah Raja Aksum kepada para ksatria untuk menjelajahi area di sekitar Laut Merah yang sebagian besar merupakan Jazirah Arab.

Setelah menggali beberapa area di Yaman para arkeolog menyimpulkan, dahulunya Wilayah Zafar merupakan pusat perkumpulan dari suku-suku Arab. Areal ini mencakup lebih dari 124 ribu kilometer persegi dan pengaruhnya sampai ke Kota Makkah.

Yule mengklaim memang ada indikasi semua penemuan ini benar. Namun, dia menambahkan, masih banyak aspek yang harus ditemukan agar semuanya lebih jelas.

Pada zaman dahulu Zafar memiliki sejumlah besar komunitas Yahudi, Nasrani, dan penduduk Arab. Namun, kedamaian dari antara mereka jatuh ke dalam konflik sekitar abad kelima.

Sumber: Website INSATUNESIA.COM

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: