Beranda > KESEHATAN > 10 Strategi Diet 2016

10 Strategi Diet 2016


Jelang tahun baru, program diet mulai dibuat. Alih-alih membuat strategi yang rumit, cobalah strategi diet sederhana yang bisa membuat hidup lebih sehat.

Strategi diet yang terlalu ketat atau rumit biasanya hanya dipraktekkan sebentar sehingga tidak memberi hasil maksimal. Untuk tubuh lebih bugar dan memberi penyegaran pada pola makan, beberapa strategi diet sederhana dari The Daily Meal (28/12) berikut bisa Anda jalani di tahun baru.

1. Coba sayuran baru

Konsumsi sayuran memang menyehatkan. Agar tak bosan dengan sayuran yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba sayuran baru setiap minggu. Langkah ini dapat memberi pengalaman makan baru sekaligus tetap memenuhi asupan sayur harian. Bok choy, kecipir, labu siam, dan jantung pisangadalah contoh sayuran yang dapat Anda coba.

2. Kurangi garam

Makan makanan asin atau mengandung banyak garam dikaitkan dengan risiko hipertensi. Untuk hidup lebih sehat, cobalah kurangi garam secara perlahan. Batasi konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh per hari. Cara mengurangi konsumsi garam antara lain mengganti garam dengan rempah tertentu pada masakan, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta pilih produk makanan rendah garam.

3. Buat catatan belanja

Membuat catatan sebelum belanja memiliki banyak keuntungan. Diantaranya memudahkan Anda mendaftar kebutuhan makanan mingguan, mengatur keuangan, dan menghindarkan Anda dari membeli makanan yang tidak perlu ataupun tidak sehat.

4. Buat makanan sendiri

Banyak perusahaan kini mengklaim produk makanannya lebih sehat atau dibuat dengan bahan alami, padahal belum tentu hal tersebut benar. Agar lebih sehat dan hemat, tak ada salahnya membuat beberapa bahan makanan sederhana sendiri seperti selai atau saus celupan.

5. Tidak makan daging di hari tertentu

Anda tidak perlu menjadi 100% vegetarian untuk hidup lebih sehat. Cobalah membiasakan diri untuk tidak makan daging di satu hari tertentu. Masak menu vegetarian favorit yang kaya serat dan rendah lemak sebagai menu pengganti.

Andi Annisa Dwi Rahmawati – detikFood

Tak perlu membuat pola diet yang sulit untuk tahun depan. Beberapa trik sederhana seputar diet dapat Anda coba agar pola makan lebih sehat dan tubuh lebih bugar.

Selain mencoba jenis sayur baru atau resep baru, ada beberapa cara diet sederhana yang sebaiknya dijalani tahun 2016. Seperti dikutip dari The Daily Meal (28/12), inilah strategi tersebut.

6. Buat rencana mingguan

Membuat rencana makan mingguan mungkin terlihat merepotkan, namun langkah ini dapat menyelamatkan Anda dari kebingungan memilih menu sekaligus menghemat pengeluaran. Pilih bahan makanan yang dapat diolah lebih dari 1 kali, baik untuk makan siang maupun malam. Contoh: dada ayam untuk salad saat makan siang dan untuk topping pasta saat makan malam.

7. Hindari makanan berkalori tinggi

Makanan minuman berkalori tinggi sebaiknya tidak lagi dikonsumsi. Hindari soda dan gorengan karena dapat menambah lemak di perut serta sebabkan berbagai penyakit serius.

8. Ganti bahan makanan berlemak

Mulailah ganti bahan makanan berlemak dengan bahan makanan sehat dalam resep favorit Anda. Misalkan saus Greek-yogurtuntuk mengganti saus celupan berlemak atau pasta sayuran untuk mengganti pasta polos. Meski terlihat sederhana, langkah ini dapat memangkas kalori dan membuat Anda makan lebih sehat.

9. Coba masakan baru

Banyak orang atau keluarga terbiasa makan makanan yang sama di restoran yang sama selama bertahun-tahun. Tahun ini cobalah makan di restoran baru dengan pilihan menu berbeda agar dapat mencicip kekayaan kuliner seperti menu Thailand, India, atau Turki. Bukan tidak mungkin Anda akan menemukan menu favorit baru.

10. Coba resep baru

Resep-resep masakan baru bisa dilihat dengan mudah di internet. Tiap akhir pekan, Anda dapat mencoba resep tersebut bersama keluarga. Selain menghadirkan menu baru, cara ini dapat menjalin kebersamaan Anda dan keluarga.
(adr/odi)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: