Beranda > KESEHATAN > DAMPAK KONSUMSI MINUMAN BERENERGI BAGI TUBUH

DAMPAK KONSUMSI MINUMAN BERENERGI BAGI TUBUH


*DAMPAK KONSUMSI MINUMAN BERENERGI BAGI TUBUH*

Untuk mengatasi kelelahan dan mengembalikan konsentrasi, para terdapat beberapa pekerja sering mengkonsumsi minuman berenergi. Kisah meninggalnya Mita Diran, copywriter yang meninggal dunia (Maret 2014) karena bekerja nonstop, ramai dibicarakan terkait dengan minuman berenergi yang dikonsumsinya.  Bagaimana minuman energi ini mempengaruhi tubuh manusia ?

Orang yang mengkonsumsi 8–12 ons atau setara 236-354 mililiter minuman energi, ia juga mengkonsumsi 72-150 miligram kafein yang terkandung di dalamnya.  Batas konsumsi aman kafein per hari adalah 150 miligram atau setara satu botol energy drink bervolume 150 ml. Jika berlebihan maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti contoh berikut ini :

1.Konsumsi minuman berkafein pada batas tertentu bisa menyebabkan kematian. Tapi rumus ini tidak sama berlaku pada semua orang, tergantung kondisi jantung Anda. Bagi yang memiliki lemah jantung, semakin cepat mencapai tingkat meninggal.  Maka disarankan, periksa dan ketahui kondisi jantung Anda secara periodik bila berniat ingin mengonsumsi energy drink secara regular.

2.Terlampau banyak energy drink bisa memicu beberapa penyakit kepala (yang disebabkan kafein), seperti migrain misalnya. Atau gangguan system pencernaan seperti maag.

3.Kebanyakan orang memakai energy drink untuk membuatnya lebih terjaga, tidak mengantuk. Namun kalau disalahgunakan, minuman ini bisa mengakibatkan insomnia serta malah kehilangan konsentrasi.

4.Energy drink selain mengandung kafein juga zat-zat lain yang tinggi kadar gulanya. Keseringan mengonsumsinya menyebabkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin cepat rusak.  Adanya kadar gula yang berlebih juga dapat berpotensi tinggi menyebabkan gagal ginjal, karena gula yang berlebih dapat menyebabkan ginjal bekera ekstra keras.

5.Terlalu banyak kafein dari energy drink menyebabkan beberapa orang mudah cemas. Sebuah studi di Australia menemukan bahwa hanya satu botol energy drink 250ml dengan cepat membangkitkan perasaan cemas pada orang muda.

Minuman berenergi ternyata masih menyimpan efek berbahaya lainnya. Menurut Maria Pagano, peneliti dari Case Western Reserve University, Department of Psychiatry, minuman berenergi berisiko menimbulkan ketagihan yang tidak diketahui setiap orang.  Pagano menjelaskan efek minuman berenergi pada tubuh, hingga membuatnya merasa lebih berenergi.  Berikut ini cara minuman berenergi mempengaruhi tubuh manusia :

1. Pada otak
Kafein menghalangi efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membantu tubuh untuk tidur. Kafein juga menyebabkan jaringan saraf pada otak selalu dalam kondisi waspada.  Hal ini dikarena kelenjar pituitary selalu dalam kondisi fight atau flight, yang merupakan respon tubuh.

2. Aliran darah
Setelah mode fight atau flight, kelenjar pituitary akan melepaskan adrenalin.  Adrenalin adalah sinyal bagi liver untuk melepaskan lebih banyak glukosa, yang merupakan sumber energi, ke dalam aliran darah.

3. Jantung
Adrenalin menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan mata melebar. Efek inilah yang dicari para pekerja yang lembur dan merasa konsentrasinya berkurang. Meski begitu hal tersebut tidaklah bagus, riset terbaru dari Jerman membuktikan konsumsi kafein dan taurin dalam satu paket minuman berenergi akan mengalami debaran jantung berlebih dari kondisi normal, selama lebih dari satu jam

4. Kembali ke otak
Dengan kandungan glukosa yang tinggi dalam aliran darah, tubuh dalam kondisi fight atau flight, dan meningkatnya kadar dopamin, maka otak seperti diakali untuk percaya tubuh masih memiliki cukup energi untuk beraktivitas, padahal sebenarnya tubuh sudah memerlukan istirahat

5. Kulit
Bila minuman energi dikonsumsi usai berolahraga, maka tubuh akan semakin kekurangan cairan.  Usai berolahraga sebaiknya konsumsi air atau elektrolit untuk menggantikan keringat yang keluar lewat kulit.

6. Tubuh
Terlalu banyak kafein akan menimbulkan efek diuretik, yang berisko menyebabkan dehidrasi. Bila berlebihan mengkonsumsi stimulan dan kurang air maka tubuh akan merasa gelisah dan terganggu.

Demikian informasi terkait minuman berenergi.  Mari berpikir ulang ketika akan mengkonsumsi minuman berenergi. Apakah aman bagi tubuh kita ?

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: