Beranda > IPTEK > Mengintip Masa Depan

Mengintip Masa Depan


Mengintip masa depan…

REVOLUSI INDUSTRI IV

Pada tahun 1998, Kodak memiliki 170.000 karyawan & menjual 85% dari semua kertas foto di seluruh dunia. Hanya dlm bbrp thn, model bisnis mrk menghilang & bangkrut.
Apa yang terjadi pada Kodak akan terjadi di banyak industri dalam 10 thn ke depan – dan kebanyakan orang tidak menyadarinya. Pada 1998 saat KODAK jaya kita tak pernah berfikir bahwa 3 tahun kemudian (2001) kita tak lagi membutuhkan film kertas lg bila ingin memotret
Kamera digital diciptakan pd thn 1975. Yang pertama hanya memiliki 10.000 piksel, tetapi mengikuti *hukum Moore* yaitu hanya jaya dalam waktu yang singkat kemudian  menjadi tak berjaya lagi, ini disebut *teknologi eksponensial*. Teknologi yang akan segera terjadi pada  *Artificial Intelligence, kesehatan, mobil otonom dan listrik, pendidikan, cetak 3D, pertanian dan pekerjaan*. Sadar atau tidak ternyata kita sudah dan akan memasuki *REVOLUSI INDUSTRI KE4*

*SELAMAT DATANG DI EXPONENTIAL AGE*

Apa saja perubahan besar era REVOLUSI INDUSTRI IV?

_Software_ mengintervensi sebagian besar industri tradisional dlm 5-10 thn ke depan, antara lain:

1) *Uber* hanyalah sebuah perangkat lunak, mereka tidak memiliki mobil apapun, dan sekarang perusahaan taksi terbesar di dunia. Begitu pula *Airbnb*  perusahaan hotel terbesar di dunia, meskipun mereka tidak memiliki properti apapun

2) *Artificial Intelligence:*Komputer menjadi eksponensial lbh baik dlm memahami dunia. Tahun ini, komputer mengalahkan _the best Go player in the world_ 10 thn lebih awal dari yang diharapkan di AS

3) *Pengacara muda sudah tidak mendapatkan pekerjaan.* Karena melalui IBM Watson kita akan bisa mendapatkan nasihat hukum (tentang hal-hal dasar) dlm hitungan detik, dgn akurasi 90% dibandingkan dgn akurasi 70% bila dilakukan oleh manusia. Jadi, jika anda belajar hukum, segera berhenti. Karena dimasa depan hanya sedikit _lawyer_ yang dibutuhkan dunia, hanya spesialis yang tetap eksis dibutuhkan.

4) Pada 2030, *komputer akan menjadi lebih cerdas daripada manusia,   contohnya:   *IBM Watson* dpt membantu perawat mendiagnosis kanker, 4x  lbh akurat daripada perawat manusia. *Facebook* kini memiliki perangkat lunak pengenalan pola yang dpt mengenali wajah lebih baik daripada manusia.

5) . *Mobil otonom:* Thn 2018 mobil pertama tanpa pengemudi akan muncul untuk publik. Sekitar thn 2020, industri lengkap akan mulai terganggu. Anda tidak ingin memiliki mobil lagi. Anda akan memanggil mobil dengan telepon anda, itu akan muncul di lokasi anda & mengantar anda ke tujuan yg kehendaki. Anda tdk perlu bayar parkir, hanya membayar utk jarak yg ditempuh dan dapat mengerjakan sesuatu yg produktif saat di mobil karena kita tak lagi mengemudi. Anak-anak kita tidak akan pernah mendapat SIM & tidak  akan pernah memiliki mobil. Ini akan mengubah kota, karena kita akan membutuhkan 90-95% lebih sedikit mobil untuk itu. Kita dapat mengubah bekas tempat parkir mnjd taman. 1,2 jt org meninggal/thn dlm kecelakaan mobil di seluruh dunia. nantinya hanya satu kecelakaan tiap100.000 km, dgn mengemudi otonom jumlah kecelakaan menurun sangat drastis sehingga bisa menekan biaya hidup per tahun.

Sebagian besar perusahaan mobil mungkin akan bangkrut. perusahaan mobil tradisional mencoba pendekatan evolusioner dan hanya membangun mobil yg lbh baik, sementara perusahaan teknologi *Tesla, Apple, Google)* akan melakukan pendekatan revolusioner & membangun sebuah komputer di dalam mobil. Saya berbicara dengan banyak insinyur dari *Volkswagen & Audi*; mereka benar-benar takut menghadapi *Tesla.*

6) Dampak lain dari *mobil yang mengemudi otonom,* a.l.:  Perusahaan asuransi akan mengalami kesulitan besar karena tanpa kecelakaan, asuransi akan menjadi 100x lbh murah, model asuransi mobil bisnis mereka akan hilang.; _Real estate_ akan berubah, karena jika anda dapat bekerja saat anda bepergian, orang akan bergerak lebih jauh untuk hidup di lingkungan yang lebih indah.; Mobil listrik akan menjadi _mainstream_ sampai 2020. Kota-kota akan kurang bising karena semua mobil akan berjalan pada listrik. Listrik akan menjadi sangat murah & bersih 

7) *Produksi energi Solar* (energi matahari) telah berada di kurva eksponensial slma 30 thn, dampaknya baru terasa skrg. Thn lalu, energi surya lebih dipasang di seluruh dunia daripada sumber enerji  fosil. Harga utk energi-solar akan turun sehingga semua perusahaan batu bara akan keluar dari bisnis pada tahun 2025.
Dengan listrik murah akan berdampak pada air murah & melimpah. Desalinasi sekarang hanya perlu 2kWh/m3. Di dunia ini air melimpah namun air yang dapat diminum sangat terbatas, dengan murahnya desalinasi maka air yang dapat diminum akan melimpah & hampir tanpa biaya.

8) *Kesehatan:* Harga _tricorder X_ akan diumumkan tahun ini. Akan ada perusahaan yang akan membangun perangkat medis (disebut “tricorder” dari *Star Trek*) yang bekerja dengan  telepon anda, yang membawa anda memindai retina, sampel darah & nafas ke dalamnya. Ini kemudian menganalisa 54 _biomarker_ yang akan mengidentifikasi hampir semua penyakit. Ini akan menjadi murah, sehingga dalam beberapa tahun semua orang di planet ini akan memiliki akses ke obat-obatan kelas dunia, hampir gratis.

9) *3D printing*: Harga printer 3D termurah turun dari 18.000 $ ke 400 $ dalam wkt 10 thn. Pada saat yang sama, menjadi 100x lebih cepat. Semua perusahaan sepatu besar mulai sepatu cetak 3D. suku cadang pesawat sdh dicetak 3D walau hanya di bandara terpencil. 
Pada akhir tahun ini, smartphone baru akan memiliki kemungkinan scanning 3D. Anda kemudian dapat 3D memindai kaki anda dan mencetak sepatu yang sempurna di rumah. Di Cina, mereka sudah mencetak 3D utk gedung perkantoran 6 lantai lengkap, 10% dari semua yang diproduksi akan  dicetak 3D.

10) *Peluang bisnis:* Jika anda berpikir dari _niche_ anda ingin masuk, tanyakan pada diri sendiri: *”di masa depan, apakah anda pikir kami akan memiliki itu?”* dan jika jawabannya adalah ya, bagaimana anda dapat membuat hal itu terjadi lebih cepat? Jika tidak bekerja berbasis smartphone maka lupakanlah ide tersebut. Sedihnya, ide yang sudah dirancang untuk sukses di abad ke-20 mungkin akan gagal pada abad ke-21.

11) *Pekerjaan:* 70-80% dr pekerjaan akan hilang dlm 20 thn ke depan. Akan ada banyak pekerjaan baru, tetapi tidak jelas apakah akan ada cukup pekerjaan baru dlm waktu yang kecil.

12) *Pertanian:* akan ada robot pertanian berharga murah di masa depan. Petani di dunia ke-3 akan menjadi manajer karena tidak lagi harus bekerja sepanjang hari di ladang mereka.
– _Aeroponik_ akan membutuhkan jauh lebih sedikit air.
– _The petri dish_ yang menghasilkan sapi pertama sekarang sudah tersedia dan trendnya akan lebih murah dibanding dengan peroleh sapi yang dilahirkan alamiah pada 2018. Saat ini, 30% dari semua ladang  pertanian digunakan untuk sapi. Bayangkan jika kita tidak membutuhkan ruang itu lagi.
– Ada beberapa _startups_ yang akan membawa protein serangga ke pasar lama. Mengandung lebih banyak protein daripada daging. Ini akan diberi label sebagai *”sumber protein alternatif”* (karena kebanyakan orang masih menolak ide makan serangga).

13) Ada sebuah aplikasi bernama *”moodies”* yang mampu membaca suasana hati anda. Hingga 2020 akan ada aplikasi yang bisa tahu ekspresi wajah anda jika anda berbohong. Bayangkan jika sebuah debat politik ditampilkan ketika mereka mengatakan yang sebenarnya dan bila tidak.

14) *Bitcoin* akan menjadi mainstream tahun ini dan bahkan mungkin menjadi mata uang cadangan _default._

15) *Panjang Umur:* Sekarang, rata-rata harapan hidup meningkat 3 bulan per tahun. Empat tahun yang lalu, masa hidup 79 tahun, sekarang 80 tahun. Kenaikan itu sendiri meningkat dan pada tahun 2036, akan ada lebih dari satu tahun meningkat per tahun. Mungkin kita akan hidup lebih dari 100 thn.

16) *Pendidikan:* harga smartphone  sudah mulai murah shg jumlah pemakai meningkat tajam, terutama di Afrika & Asia. Prediksi thn 2020, ada 70%  populasi.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: