Beranda > BERITA, INDONESIA > 1 Juta PNS dirumahkan Menghemat APBN 60 T per tahun

1 Juta PNS dirumahkan Menghemat APBN 60 T per tahun


Menteri Yuddy: Idealnya PNS Kita 3,5 Juta, Sekarang Ada 4,5 Juta

Misalkan saja rata-rata beban gaji, tunjangan, dan benefit lainnya dari 1 orang PNS sebesar Rp 60 jt / tahun. Maka dengan rasionalisasi 1 juta PNS, akan menghemat pengeluaran negara sebesar Rp 60.000.000.000.000,- atau 60 Triliun per tahun. (Jarwo680)
Yuddy Chrisnandy
Detiknews Bandung
– MenPAN RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa rencana merumahkan 1 juta PNS baru sekedar wacana. Alasannya rencana itu diungkapkan karena Indonesia mengalami kelebihan jumlah PNS.

“Idealnya PNS kita itu 3,5 juta. Sekarang ada 4,5 juta. Nah, bagaimana caranya secara hipotesis perlu dikurangi 1 juta. Semua itu masih kita kaji secara mendalam,” jelas Yuddy di Bandung, Rabu (1/6/2016).

Menurut dia, bila rencana itu dilakukan tidak serta merta. Perlu proses beberapa tahun untuk mewujudkan rencana itu.

“Kalau pun itu dilaksanakan, tentu tidak sekaligus. Karena kita memerlukan waktu sekurang-kurangnya tiga tahun. Kalau Pak Wakil Presiden kan menyarankan sampai delapan tehun ke depan. Jadi, masih kita kaji terus, tapi sudah cukup intensif kajian itu,” jelas dia.

Menurut Yuddy, total PNS 4,5 juta sekarang ini, berada di pusat dan di daerah. “Jadi kita punya angka simulasi hipotetis atau kajian dari 1,5 persen dari jumlah penduduk berarti pegawai pemerintah atau PNS yang idealnya 3,5 juta. Makanya yang dirasionalisasi 1 juta. Nah itulah yang sedang dikaji, tentu ya tidak sembarangan,” tegasnya. (dra/dra)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: