Beranda > KESEHATAN, Uncategorized > 6 Masalah Kesehatan Akibat Melewatkan Sarapan

6 Masalah Kesehatan Akibat Melewatkan Sarapan


Sarapan pagi

Sumber : http://www.seputarfitness.com

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan? Anda mungkin adalah salah satu orang yang memiliki kesibukan yang begitu padat sepanjang hari dan seringnya melewatkan sarapan. Anda perlu tahu bahwa kebiasaan tidak sarapan pagi hanya akan menimbulkan beragam masalah kesehatan, seperti ganguan fisiologis dan psikologis.

Efek samping tidak sarapan pagi juga menyebabkan perubahan suasana hati, iritasi, kurang konsentrasi, malas dan sebagainya. Dampak yang paling berbahaya saat melewwatkan sarapan pagi adalah:

  1. Berat badan bertambah

Ketika Anda melewatkan sarapan di pagi hari, tubuh akan mencoba menghemat energi dalam tubuh. Dan ketika Anda makan, tubuh tidak akan bekerja secara efektif. Sebaliknya, tubuh akan menyimpannya untuk digunakan kemudian. Akibatnya, sistem metabolisme akan menurun. Kondisi inilah yang menimbulkan risiko tinggi penimbunan lemak. Selain itu, orang yang jarang sarapan akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi.

  1. Mudah lelah dan sensitif                               

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, Anda akan mudah terserang lelah dan sensitif. Perut kosong Anda membuat Anda merasa tidak nyaman, tidak peduli sebesar apa usaha yang Anda lakukan untuk mengabaikannya. Sebaliknya, mereka yang sarapan teratur akan cenderung lebih aktif dan fit.

  1. Menyebabkan gangguan pada jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan mereka cenderung berisiko mengalami serangan jantung daripada mereka yang rajin sarapan. Orang yang tidak sarapan rentan dengan hipertensi, yang dalam hal ini berdampak pada kesehatan jantung.

  1. Menyebabkan penyakit Diabetes Tipe 2

Hal ini banyak dialami kaum perempuan. Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang melewatkan sarapan pagi yang sehat memiliki peluang 54% lebih berisiko Diabetes Tipe 2 dibandingkan mereka yang rajin sarapan.

  1. Penurunan kognisi dan kepikunan

Berdasarkan hasil studi menemukan bahwa anak sekolah yang melewatkan sarapan pagi memiliki memori jangka pendek yang lebih rendah dibanding anak-anak yang sarapan.

  1. Menyebabkan migrain

Melewatkan sarapan berarti harus menunggu waktu makan siang yang panjang. Dalam kondisi perut kosong, kadar gula darah akan menurun dan memicu peningkatan hormon yang memicu tekanan darah tinggi penyebab migrain.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: