Beranda > Fakta Unik > Pohon Tomat Gurita hasilkan 32 ribu buah Tomat sekali Panen

Pohon Tomat Gurita hasilkan 32 ribu buah Tomat sekali Panen


image

Foto: Oddity Central

Jakarta – Pohon tomat ini begitu istimewa karena keunikannya. Disebut “Octopus Tomato Trees,” pohon merambat ini mampu hasilkan puluhan ribu tomat setiap kali panen.

Sekilas tampilan “Octopus Tomato Trees” atau pohon tomat gurita seperti pohon hibrida karena rambatannya yang luas. Tetapi sebenarnya pohon ini berasal dari tanaman tomat tunggal yang sengaja dirambatkan pada teralis besar. Tak ayal, pohon tumbuh melebar hingga 40-50 meter persegi.

Ketika memasuki masa panen, pohon tomat gurita mampu hasilkan 32 ribu tomat sekaligus. Tampilan pohon berwarna hijau dan merah cantik ini menjadi salah satu objek wisata di Walt Disney World Resort yang ada di Florida, Amerika Serikat.

Tak sekadar jadi objek wisata, benih pohon tomat ini rupanya dijual di situs eBay dan AliexpressOddity Central (11/7) mengabarkan pohon ini pertama kali dibuat di China. Yong Huang selaku Manajer Ilmu Agrikultural di The Land pavilion at Epcot, Walt Disney World Resort mengakui pertama kali menemukan pohon tomat gurita di Beijing.

Ia lalu memutuskan membawa benihnya ke Florida untuk dijadikan objek wisata yang menarik. Bersama timnya, Huang menanam pohon tomat di area rambatan yang besar sehingga ketika tumbuh terlihat rimbun dan cantik.

Pohon gurita tomat ini butuh waktu 1,2 hingga 1,5 tahun untuk mencapai ukuran yang bagus. Pohon ini tidak menghasilkan buah selama 7-8 bulan pertama. Tetapi saat tiba masa panen, Anda bisa mendapat rata-rata 14.000 buah tomat sekaligus.

Guiness World Record mencatat panen terbesar dari pohon tomat gurita dipamerkan di Epcot dengan hasil panen 32.000 buah tomat seberat 522 kilo gram. Luas area rambatannya mencapai 40-50 meter persegi.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang pohon tomat ini, The Land pavilion at Epcotmenyelenggarakan tur “Behind the Seeds” selama 1 jam untuk melihat pohon tomat lebih dekat dan berbincang dengan pemeliharanya. Uniknya lagi, mereka memanen tomat secara reguler dan menggunakannya di beberapa restoran Walt Disney World.

Detik

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: