Beranda > Fakta Unik > Pastor Berusia Seabad Berikan Tips Umur Panjang

Pastor Berusia Seabad Berikan Tips Umur Panjang


Pastor ClemensJawaban.com – Saat merayakan hari jadinya yang ke-107 sekaligus perayaan 80 tahun sebagai pendeta katolik, Senin (11/7), Pendeta asal Belgia Jacques Clemens membagikan rahasia usianya yang panjang.

Pendeta yang kini menjadi pendeta katolik tertua di dunia menyebut rahasia panjang umurnya terletak pada kebiasaan yang sehat. “Setiap hari saya bangun pukul 05.30 pagi dan tidur pada pukul 09.00 malam,” ujarnya.

Tidak hanya itu, terus beraktivitas juga membuat Clemens tetap bugar meski sudah sepuh. Sebenarnya, Clemens pernah berniat pensiun di usia 75 tahun. Tapi, uskup gereja memintanya untuk terus bertugas hingga mereka menemukan pengganti.

Alhasil, Clemens terus bertugas secara rutin di gerejanya di Nalinnes, di selatan Belgia, hingga tahun lalu. Sementara itu, pemegang rekor manusia tertua di dunia saat ini dipegang oleh Emma Morano asal Italia, yang tahun ini berusia 116 tahun.

Gelar tersebut disandang Morano setelah Susannah Mushatt Jones, manusia tertua di dunia menghembuskan nafas terakhir pada usia 116 di New York, Amerika Serikat, Mei lalu.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: