Beranda > IPTEK, KESEHATAN, Uncategorized > 50 Temuan Baru Bidang KESEHATAN Sepanjang 2016

50 Temuan Baru Bidang KESEHATAN Sepanjang 2016


1. Obat yang Menghambat Perkembangan Kanker Limfoma

Perusahaan farmasi Roche menemukan obat yang menunda perkembangan sel kanker bernama gazyva. Menurut Roche, pada studi fase III GOYA, obat gazyva tidak mengurangi risiko berarti pada orang yang belum pernah mendapat pengobatan penyakit kanker limfoma sel-B.

2. Vaksin HPV Bagi Remaja Indonesia

Kemenkes melakukan pilot project pemberian vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks pada remaja perempuan di tingkat Sekolah Dasar. Vaksin ini diklaim mampu mencegah terserang kanker serviks hingga 100 persen jika diberikan sebelum menikah.

3. Obat Anti Kebotakan Bagi Pria

Angela Christiano, PhD, profesor di University of Columbia, melakukan penelitian terhadap obat bernama JAK inhibitors. Obat ini bekerja dengan cara merangsang folikel untuk menumbuhkan rambut yang kuat pada pria yang sebelumnya pernah mengalami kebotakan.

4 Cacing Ini Bisa Pulihkan Radang Usus

Telur-telur cacing parasit usus orang Asia kini digunakan untuk mengobati radang usus yang dialami oleh orang Amerika dan Eropa. Cacing ini diklaim mampu memakan bakteri Bacteroides, penyebab utama penyakit radang usus dan penyakit Crohn.

5 Kulit Kedua Agar Tampak Awet Muda

Tim ilmuwan dari Harvard Medical School dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengembangkan formula untuk sebuah lapisan elastis tembus pandang. Ketika dipakaikan di kulit, lapisan ini meniru sifat-sifat kulit muda dan menyembunyikan keriput.

6 Siput Laut Australia untuk Lawan Kanker

Dr Kara Perrow, dari University of Wollongong dan Illawarra Health and Medical Research Institute, Australia, menemukan adanya molekul bernama N-alkylisatins yang mampu membunuh sel kanker. Molekul ini ditemukan di dalam telur siput laut White Rock.

7 Operasi Usus dan Lambung Tangkal Diabetes

Ahli bedah di Inggris mengatakan operasi usus dan lambung bisa mengontrol gula darah pasien diabetes. Operasi ini dapat mengurangi konsumsi obat dan suntik insulin serta untuk menurunkan berat badan dan juga mengubah hormon usus dan lapisan usus.

8 Obat Anti Basah Ketek

Dermira, salah satu perusahaan farmasi asal Amerika, mengujikan sebuah obat eksperimental yang dinamakan DRM04. Obat ini diklaim ampuh untuk mengatasi basah ketek atau yang secara medis disebut sebagai axillary hyperhidrosis.

9 Tulang Rawan Baru Bagi Pasien Operasi Pinggul

Pasien radang sendi yang melakukan operasi pinggul tak harus menggunakan sendi prostetik. Farshid Guilak, PhD, profesor bedah ortopedi dari Washington University memiliki metode yang dapat menumbuhkan tulang rawan menggunakan kerangka dari bahan biodegradasi.

10 Sofosbuvir Hadir di Indonesia

Sofosbuvir, obat baru untuk hepatitis C sudah hadir di Indonesia. Pengidap hepatitis C tak perlu lagi membeli keluar negeri atau menggunakan obat yang lama karena sofosbuvir lebih murah dan efek sampingnya lebih rendah.

11 Celana untuk Meningkatkan Performa Seks

Vylyv merupakan celana pendek yang diklaim mampu melatih otot pinggul penggunanya. Harapannya, si pengguna bisa merasakan peningkatan kekuatan ereksi, stamina seksual bahkan kalau perlu mendorong terjadinya orgasme berulang kali.

12 Obat Baru Atasi Tiga Infeksi Parasit

Dr Elmarie Myburgh dari University of York mengembangkan obat berkode GNF6702. Obat ini disebut peneliti dapat menyembuhkan tiga penyakit akibat parasit sekaligus yakni chagas, leishmaniasis, dan penyakit tidur.

13 Skrining Parkinson Lewat Mata

Professor Francesca Cordeiro dari University College London (UCL) menyebut ada tanda-tanda tertentu yang dapat diamati pada mata individu untuk melihat gejala parkinson. Deteksi dini ini merupakan skrining yang murah dan noninvasif bagi parkinson.

14 Obat Baru Malaria

Tim peneliti dari Sydney University melihat air susu setan tasmania berpotensi membunuh bakteri super seperti Staphylococcus aureus dan enterococcus. Peneliti kini berusaha meneliti lebih jauh kode genetik dari setan tasmania untuk membuat susu tiruan.

15 Susu Setan Tasmania untuk Lawan Bakteri Super

Tim peneliti dari Sydney University melihat air susu setan tasmania 
berpotensi membunuh bakteri super seperti Staphylococcus 
aureus dan enterococcus. Peneliti kini berusaha meneliti lebih jauh 
kode genetik dari setan tasmania untuk membuat susu tiruan.

16 Vaksin Dengue Hadir di Indonesia

Dengvaxia, nama dagang dari vaksin CYD Tetravalent Dengue Vaccine (CYD-TDV) buatan Sanofi Pasteur, resmi hadir di Indonesia. Vaksin ini didaftarkan sebagai vaksin untuk pasien berusia 9-45 tahun dengan tingkat efektivitas mencapai 88,5 persen.

17 Implan Mr P bagi Pasien Disfungsi Ereksi

Dr Brian Le dari University of Wisconsin mengembangkan logam khusus yang disebut ‘nitinol’, campuran dari nikel dan titanium. Logam ini merupakan implan yang bisa dipasang pada penis pasien disfungsi ereksi yang tak mau mengonsumsi obat atau terapi

18 Kaki Palsu dari Bayam

Peneliti dari Heriot-Watt Univeristy mengungkapkan bahan kimia hijau dari daun bayam dapat menarik keluar bahan metalik nano partikel yang sudah tertanam di plastik untuk membentuk sirkuit yang lebih konduktif bagi sistem kelistrikan kaki palsu.

19 Bawang Putih untuk Atasi Jerawat

Tim dokter Konsula, dr Murni Fianti Eksan Margo mengatakan bahwa bawang putih memiliki khasiat sebagai bahan alami penangkal jerawat. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

20 Es Krim Anti Mabuk

Es lilin dengan nama Gyeondyo-bar ini berasal dari Korea Selatan. Pembuatnya mengaku es lilin ini memang sengaja diciptakan untuk mengatasi efek mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol dengan menggunakan jus atau ekstrak pohon kismis oriental.

21 Air Rebusan Ubi Turunkan Berat Badan

Para ilmuwan dari National Agriculture and Food Research Organisation di Tsukuba menyebut senyawa dalam air rebusan ubi jalar bisa menurunkan berat badan. Senyawa yang disebut Sweet Potato Peptida (SPP) atau peptida ubi jalar ini bisa membakar lemak di tubuh.

22 Aplikasi Hitung Kalori

Tim Indonesian Hydration Working Group (IHWG) membuat sebuah aplikasi bernama Kalkulator Asupan Gula 24 (Kuala24). Aplikasi ini memiliki fitur untuk melihat apakah asupan gizi sudah cukup, kurang atau lebih.

23 Aplikasi Pelacak Kecenderungan Bunuh Diri

Tim peneliti dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu mengenali kecenderungan bunuh diri seseorang. Kode yang digunakan antara lain cara tertawa, mendengus, ataupun nada bicara.

24 Terapi Online Atasi Insomnia

Tim peneliti dari University of Virginia, melakukan studi untuk melihat keampuhan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) berbasis online bernama SHUTI untuk mengatasi insomnia. Hasilnya memuaskan, karena 57 persen partisipan kembali memiliki pola tidur normal.

25 Aplikasi Pantau Tumbuh Kembang Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) meluncurkan aplikasi yang membantu orang tua memantau perkembangan si kecil. Dengan aplikasi bernama PRIMA ini, orang tua bisa mendeteksi dini keterlambatan tumbuh kembang anak sekaligus melakukan pencatatan secara berkala.

26 Terapi Akupresur Bagi Pasien Kanker Payudara

Terapi akupresur tidak hanya bisa menghilangkan pegal. Suzannda Zick dan rekan-rekannya dari University of Michigan melakukan penelitian yang menyebut terapi akupresur mampu menghilangkan lelah yang dialami pasien saat melakukan pengobatan kanker payudara.

27 Game untuk Melatih Pemberian Rangsangan pada Istri

La Petite Mort merupakan permainan untuk melatih pemberian stimulasi atau rangsangan pada wanita. Tak hanya itu, aplikasi ini juga melatih kesabaran Anda karena ia akan memberikan reaksi sesuai sentuhan yang Anda berikan.

28 Aplikasi Pesan Obat Online

Jasa layanan via online kini juga bisa membelikan Anda obat di apotek via aplikasi Apotik Antar. Tjan Gito, VP-Apotik Antar mengatakan Aplikasi mobile ini merupakan pengembangan dari layanan ApotikAntar.com  yang sebelumnya telah hadir sejak 2012.

29 Aplikasi untuk Mengenalkan Makanan Sehat pada Anak

Aplikasi buatan Yayasan Balita Sehat yang bernama YBS Food Battle ini bisa menjadi cara simpel orang tua untuk mengenalkan makanan sehat pada anak. Sesuai namanya, YBS Food Battle meminta anak untuk memilih mana makanan yang dianggap sehat.

30 Peta Distribusi Nyamuk

Cesare Bianchi mengembangkan peta distribusi nyamuk yang bernama ZanzaMapp. Fungsinya adalah membantu orang-orang menghindari tempat padat nyamuk dan juga membantu otoritas pengendalian hama menjalankan programnya.

31 Mainan Seks dengan Sensor Otomatis

Perusahaan asal Inggris bernama Lioness mengembangkan sebuah mainan seks berteknologi canggih khusus wanita. Mainan itu adalah vibrator yang dilengkapi dengan lima sensor sehingga mampu memberikan data respon tubuh pemakainya ketika digunakan.

32 Uji Klinis Sel Punca di Indonesia

Yuyus Kusnadi, PhD, dari Stem Cell and Cancer Institute (SCI) mengatakan Indonesia sudah melakukan uji klinis untuk pengobatan dengan menggunakan sel punca atau stem cell. Penelitian dilakukan bersama dengan 11 rumah sakit yang ditunjuk oleh Kemenkes RI.

33 Setrum Listrik Sembuhkan Disfungsi Ereksi

Penelitian Dr Tom Lue dari University of California, San Francisco menyebut menyebut fungsi ereksi pada penis pasien disfungsi ereksi mengalami kenaikan 2 kali lipat setelah dilakukan intervensi setrum listrik tegangan rendah.

34 Rajin Ibadah Bikin Panjang Umur

Penelitian Tyler J. VanderWeele dari Harvard menyebut rajin beribadah membuat seseorang memiliki gaya hidup yang lebih sehat, tidak merokok dan tidak minum alkohol. Hal ini membuat mereka lebih jarang terserang penyakit kronis dan memiliki umur lebih panjang.

35 Vaksin HIV Diuji Ke Manusia

Konferensi Internasional AIDS 2016 di Durban, Afrika Selatan, menyatakan akan memberikan vaksin HIV kepada manusia mulai tahun depan. Vaksin yang dikenal juga sebagai HVTN100 ini memiliki kemampuan untuk menangkal virus HIV sebesar 31 persen.

36 Saat Meninggal, Otak Mati Lebih Dulu Daripada Jantung

Selama ini proses kematian dianggap berasal dari jantung yang berhenti dan tidak memberi nutrisi ke otak. Padahal sebaliknya, otak berhentilah yang membuat jantung akhirnya berhenti berdetak dan tak bisa memompa darah.

37 Penjelasan Soal Pengalaman Spiritual Saat Mendekati Maut

Dr Jimo Borjigin dari University of Michigan mengatakan ketika seseorang mendekati maut, aktivitas otak akan meningkat dan mengirimkan sinyal ke jantung. Inilah yang menjelaskan mengapa orang yang pernah sekarat bisa mengalami pengalaman spiritual.

38 Tes Urine untuk Diagnosis Infeksi Zika

CDC Amerika Serikat menyebut berdasarkan data yang mereka miliki, virus Zika hidup lebih lama ketika berada di urine ketimbang di dalam darah. Tes yang disebut sebagai Zika Virus RT-PCR ini dilakukan 14 hari setelah pasien mengalami gejala pertama.

39 Infeksi Jamur Gejala Skrizofrenia

Dr Emily Severance dari Johns Hopkins University School of Medicine menyebut sariawan dan berengan, kondisi yang dipicu oleh infeksi jamur Candida albicans lazim ditemukan pada pria yang mengidap skizofrenia dan gangguan bipolar, terutama pada kaum homeless.

40 Perubahan Iklim Sebabkan Penyakit Ginjal

Peneliti Jason Glaser dari La Isla Foundation mengatakan penyakit ginjal kronis misterius semakin sering muncul akibat perubahan iklim. Suhu bumi yang semakin panas dituding sebagai penyebab banyak orang mengalami penyakit ginjal akibat dehidrasi parah.

41 Daftar Gen Penyebab Kanker Payudara

Prof Sir Mike Stratton, direktur Sanger Institute, Cambridge yang memimpin studi mengatakan ada sekitar 20.000 gen dalam tubuh manusia, dan penelitiannya berhasil menyusun daftar lengkap tentang 93 gen yang bermutasi menjadi kanker payudara.

42 Detektor Bau Badan

Perusahaan asal Jerman, Nivea, mengembangkan aplikasi untuk mendeteksi bau badan pria. Aplikasi berbasis android ini bernama NOSE, dan dapat ‘mencium’ bau badan dengan cara ditempelkan di ketiak. Aplikasi ini menggunakan algoritma dari aroma tubuh 4.000 pria.

43 Imunoterapi bagi Pasien Melanoma

Pasien melanoma (kanker kulit) memiliki harapan hidup lebih tinggi jika diberi pengobatan imunoterapi. Cara kerja dari obat kombinasi ini disebut cukup unik karena menggunakan sistem kekebalan tubuh pasien dan menggunakannya untuk menyerang kanker.

44 Vaksin untuk Setop Merokok

Peneliti dari The Scripps Institute, California, sedang mengembangkan vaksin untuk membantu berhenti merokok. Vaksin ini akan meningkatkan jumlah antibodi yang dapat memperlambat atau menunda keluarnya efek nikotin pada tubuh si perokok.

45 Alat untuk Deteksi Dini Alzheimer

Deteksi penyakit Alzheimer kini lebih mudah dengan Positron Emission Tomography (PET). Alat yang dikembangkan oleh Dr William Jagust dari School of Public Health, UC Berkeley ini dapat melihat plak pada otak dan jumlah protein Tau, penyebab utama Alzheimer.

46 Terapi Kecanduan Heroin dengan VR

Patrick Bordnick dari University of Houston mengatakan perangkat virtual reality (VR) bisa digunakan untuk menstimulasikan gejala putus obat bagi pecandu heroin. Nantinya pasien akan melihat hal-hal yang dapat meningkatkan rasa ingin menggunakan heroin.

charge-hp

47 Gunakan Ponsel Saat Di-charge Rusak Sperma

Penelitian yang dipublikasikan di Reproductive BioMedicine ini mengungkap pria yang menggunakan ponsel lebih dari 1 jam sehari berisiko 2 kali lebih besar untuk mempunyai sperma dengan kualitas rendah. Menggunakan ponsel saat baterainya sedang diisi ulang atau di-charge memberikan efek 2 kali lebih besar.

48 Cokelat Bermanfaat Bagi Janin

Kandungan flavanol pada cokelat diketahui bisa memperkuat pertumbuhan janin dan membuat plasenta bekerja secara lebih efesien. Tak hanya itu, flavanol juga mengurangi risiko komplikasi kehamilan preeklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil).

49 Gula Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Peiying Yang, PhD, peneliti dari University of Texas MD Anderson Cancer Center menemukan bahwa diet tinggi gula dapat meningkatkan produksi 12-lipoxygenase (12-LOX), protein yang memiliki kaitan dengan percepatan munculnya sel kanker di payudara.

50 Ponsel Tanpa Cahaya Biru

Untuk memperbaiki kualitas tidur konsumen, Perusahaan Apple dan Amazon kini sudah mulai menyematkan fitur yang bisa mengurangi pancaran cahaya biru. Apple memiliki mode ‘Night Shift’ sementara Amazon memiliki fitur ‘Blue Shade’.

 

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: