Beranda > BERITA, Uncategorized > 30 Top News Berita Desember 2016

30 Top News Berita Desember 2016


  1. top-newsKejaksaan Agung menyatakan berkas perkara dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah lengkap atau P21. Bareskrim menetapkan Ahok sebagai tersangka pada Rabu 16 November 2016. Dia diduga menodai agama Islam karena pidatonya di Kepulauan Seribu pada 27 September menyinggung Surat Al-Maidah 51. Kendati berkas kasusnya sudah diserahkan ke Kejaksaan Agung, calon Gubernur DKI Jakarta menanggapi santai dan ingin kasusnya cepat selesai. Ahok yakin dirinya tidak bersalah karena ia merasa tidak pernah berniat menistakan agama mana pun. Dan apabila akhirnya hakim memvonis dirinya bersalah, Ahok mengaku tidak akan diam saja. Sebagai warga Negara, ia memiliki hak untuk mengambil langkah hukum selanjutnya.
  2. Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri berhasil mengungkap cara teroris mendapatkan dana operasional. Disampaikan Kepala Bidang Investigasi Densus 88, Faisal Tayap, para teroris memanfaatkan teknologi dalam mengelola keuangan, salah satunya meretas situs investasi online. Dalam tiga bulan terakhir, kata Fahri mereka berhasil mencuri 700.000 euro dengan cracking di situs online. Faisal menambahkan, uang hasil curian tersebut digunakan untuk membiayai beberapa kegiatan, termasuk di Poso dan beberapa daerah lain seperti Jawa dan Sumatera.

  1. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi berganti ketua. Melalui Rapat Paripurna (30/11) anggota DPR menyatakan setuju dengan keputusan Partai Golkar mencopot Ade Komarudin dan mengangkat kembali Setya Novanto menjadi Ketua DPR. Sebelumnya Setya Novanto mengundurkan diri dari posisinya Ketua DPR pada 16 Desember 2015, paska skandal ‘papa minta saham’ PT Freeport Indonesia, yang diduga melibatkan Setya Novanto.
  1. Rabu (30/11) jutaan rakyat Indonesia dari berbagai elemen bangsa bersama-sama prajurit TNI dan Polri seluruh Indonesia secara serentak mengikuti Aksi Nusantara Bersatu, Acara yang digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan. Kegiatan diikuti oleh tokoh agama, pelajar, mahasiswa, musisi, pemuda, budayawan, organisasi kemasyarakatan dan komponen bangsa lainnya. Aksi Nusantara Bersatu dimulai pukul 08.00 pagi secara serentak di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan di lapangan terbuka dengan memakai ikat kepala Merah Putih. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia tidak mudah dipecah belah dan bersatu padu dalam menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Indonesia mendapat pujian positif dari Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMD)Christine Lagerde atas reformasi kebijakan ekonomi yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Lagarde menilai reformasi kebijakan yang dilakukan pemerintahan Jokowi dalam dua tahun ini, Indonesia telah berhasil melakukan berbagai kebijakan, khususnya pengurangan subsidi BBM, memberikan ruang fiskal bagi pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik, seperti pendidikan dan kesehatan. Lagarde juga mengatakan Indonesia memiliki ketahanan yang patut dipuji karena ekonominya tetap tumbuh di tengah kelesuan ekonomi global.
  3. Detasemen Khusus 88 Mabes Polri berhasil menangkap terduga teroris di hari yang sama, yakni terduga berinisial BA di Aceh Utara dan BS di Serang, keduanya ditangkap karena diduga terkait terduga teroris RPW yang sebelumnya yang telah diamankan di Majalengka (23/11). Menurut polisi, BA berperan untuk merancang bom, ikut membeli bahan-bahan peledak dan memberi dana Rp 7 juta untuk keperluan aksi terorisme, sementara SB berperan membantu membangun laboratorium di rumah RPW  yang diduga digunakan untuk membuat bom serta turut merencanakan aksi pengeboman di beberapa objek vital. Pelaku berencana melakukan pengeboman Gedung DPR/MPR dan Mabes Polri juga stasiun televisi  dan tempat ibadah di pengujung tahun 2016.
  4. Gejolak politik dan aksi demontrasi yang belakangan ini marak terjadi di Indonesia ternyata tidak menyurutkan kepercayaan para investor asing. Diungkapkan Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani, para pengusaha dan investor tetap optimis terhadap perekonomian Indonesia saat ini. Rosan mengaku mendengar langsung pernyataan dari para pengusaha saat mengunjungi perusahaan dan pabrik, bahkan ia bertemu dengan perwakilan tenaga kerja asing. Rosan yakin pengusaha dan investor pertumbuhan Indonesia ke depan akan semakin cerah. Rosan mengatakan, demokrasi yang saat ini tengah terjadi di Indonesia tidak mempengaruhi dunia usaha.
  5. Pertemuan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) menghasilkan kesepakatan terkait Aksi Bela Islam III yang akan digelar pada Jumat 2 Desember 2016. Aksi Bela Islam III diklaim akan berlangsung superdamai, salah satu kesepakatan yang dihasilkan antara Kapolri dan GNPF-MUI adalah Aksi Bela Islam III akan berlangsung di Masjid Istiqlal dan Lapangan MOnas mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban umum dan hak masyarakat umum. Aksi 212 akan berwujud zikir dan doa bersama, polisi akan ikut andil dalam mengakomodasi sejumlah logistik dan menjaga jalannya unjuk rasa.
  6. Ratusan ribu massa diperkirakan akan memadati Jakarta, Jumat 2 Desember. Sebagian berasal dari Jabodetabek, dan banyak yang datang dari berbagai daerah lainnya. Ribuan massa di pusatkan di Monas untuk menggelar doa dan zikir bersama. Untuk pengamanan,  pihak kepolisian telah menyiapkan ribuan personil yang terdiri dari Polri dan TNI untuk mengawal aksi demo 212. Untuk demo kali ini, sebanyak 22 ribu personil dilibatkan untuk mengamankan demo di Monas. Diperkirakan akan ada 150 ribu massa akan berada di Monas. Seperti yang sudah disepakati, demo akan berjalan superdamai, tidak ada orasi dan aksi long march seperti demo 4 November lalu.
  7. Tak hanya digelar di Jakarta, beberapa kota lain juga menggelar aksi damai 2 Desember, salah satunya Kota Batam, Kepulauan Riau. Uniknya aksi bukan saja diikuti umat muslim, tapi seluruh umat beragama menggelar kegiatan doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Kegiatan doa bersama-sama, umat Islam berdoa di masjid, umat Kristiani berdoa di Aula Pemkot, sama halnya dengan umat Hindu, Budha dan Konghucu juga melakukan doa serentak dalam satu hari itu. Acara yang digagas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah memastikan kegiatan akan berjalan lancer seperti aksi sebelumnya pada 25 November, semua pemeluk agama melakukan doa bersama.
  1. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi berganti ketua. Katua Umum Partai Golkar, Setya Novanto kembali dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat menggantikan Ade Komaruddin. Melalui Rapat Paripurna (30/11) anggota DPR menyatakan setuju dengan keputusan Partai Golkar mencopot Ade Komaruddin dan mengangkat kembali Setya Novanto menjadi Ketua DPR. Sebelumnya Setya Novanto mengundurkan diri dari posisinya Ketua DPR pada 16 Desember 2015, paska skandal ‘papa minta saham’ PT Freeport Indonesia, yang diduga melibatkan Setya Novanto.
  2. Ribuan umat muslim dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti aksi super damai 212 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Jumat 2 Desember 2016. Hujan yang mengguyur kawasan Monas tak menyurutkan massa untuk mengikuti aksi yang beragendakan istighosah dan dzikir itu. Di bawah hujan deras, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga ikut Salat Jumat bersama dengan massa di Monas. Sesuai agenda, usai Salat Jumat, peserta aksi meninggalkan Monas dengan teratur. Aksi Damai 212 merupakan lanjutan dari aksi 411 terkait tuntutan proses hukum Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atas kasus dugaan penodaan agama.
  3. Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap sejumlah aktivis terkait dengan dugaan makar, penghinaan penguasa hingga penghasutan. Penangkapan dilakukan di beberapa tempat terpisah pada pagi hari sebelum aksi 212 digelar di Monas. Delapan dari sebelas orang yang ditangkap dibebaskan pada Sabtu (3/12) yakni, Rachmawati Sukarnoputri, Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, Eko Suryo Santjojo, Kivian Zein, Rizal Ramli, Alvin Al Fariz, dan Adityawarman Thahar. Sementara tiga lainnya yang ditahan adalah Jamran dan Rizal Kobar yang dijerat Undang Undang ITE, dan Sri Bintang Pamungkas yang dijerat tuduhan makar.
  4. Tak kalah ramai seperti aksi 212, ratusan ribu warga dari berbagai elemen masyarakat mengikuti Aksi ‘Kita Indonesia’ pada Minggu (4/12) di kawasan car free day (CFD), Jakarta. Aksi diisi dengan berbagai atraksi kebudayaan dan pawai budaya Indonesia yang menunjukkan ciri khas dari berbagai wilayah Indonesia di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. Alih-alih mempersatukan seluruh elemen masyarakat, aksi ‘Kita Indonesia’ ini justru disebut ditunggangi untuk kepentingan partai dan mengotori Jakarta. Para inisiator CFD menyebut ada banyak pelanggaran terjadi, yakni penggunaan atribut partai yang dilarang saat CFD, tumpukan sampah dan rusaknya fasilitas taman disekitar area CFD.
  5. Acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) yang dilangsungkan di gedung Sabuga, Bandung (6/12) dibubarkan paksa oleh organisasi masyarakat yang menyebut dirinya ‘Pembela Ahlus Sunnah’ (PAS). Ormas PAS memaksa penghentian penyelenggaraan kebaktian karena menilai acara keagamaan seharusnya dilaksanakan di gereja, bukan di gedung umum. Dalam aksinya, PAS membawa spanduk yang bertuliskan kalimat ‘masyarakat muslim Jawa Barat meminta kegiatan KKR dipindahkan ke tempat yang telah disediakan (yaitu gereja) dan bukan ditempat umum’. Sementara Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Winarto menjelaskan, penghentian kegiatan dilakukan atas hasil musyawarah. Ia menegaskan bahwa tidak ada larangan untuk menyelenggarakan acara keagamaan. Pada sesi kedua, kata Winarto, massa datang membubarkan kebaktian karena menilai pihak panitia melanggar izin. PAS meminta kegiatan sesi kedua KKR dihentikan pada malam hari. Adapun sesi pertama KKR telah berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.
  6. 7 Desember 2016, gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Gempa yang terjadi pada pukul 05.03 WIB itu menyebabkan kerusakan pada 11.000 bangunan, terutama rumah, masjid, rumah sakit, sekolah dan fasilitas umum lainnya. BMKG mencatat, lebih dari 100 gempa susulan terjadi paska gempa dengan kekuatan yang beragam. Dari data BNPB sedikitnya 102 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. Terdapat 139 orang luka berat, 718 orang luka ringan. Jumlah pengungsi paska gempa Aceh mencapai 85.000 karena gempa susulan yang terus terjadi membuat warga khawatir. Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk mengunjungi korban gempa dan memastikan penanganan dilakukan dengan baik.
  7. Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap tiga orang terduga teroris. Dari penangkapan polisi menemukan barang bukti berupa bom rakitan berdaya ledak tinggi di rumah kontrakan, di kawasan Bekasi Barat (10/12). Tiga orang yang ditangkap berinisial NS, AS dan DYN diduga merupakan jaringan Bahrun Naim, anggota ISIS asal Indonesia. Yang mengagetkan satu dari tiga tersangka adalah wanita. Menurut keterangan polisi, wanita berinisial DYN bertindak sebagai ‘pengantin’ (eksekutor) bom bunuh diri yang disiapkan untuk melakukan aksi di Istana Negara. Rencana bom bunuh diri tersebut diketahui setelah pemeriksaan terhadap DYN dan dua teroris lainnya, ada pun penemuan surat wasiat yang dikirimkan untuk orang tuanya di Cirebon, Jawa Barat. Dari pengembangan Densus 88 berhasil menangkap 13 orang terkait temuan bom di kawasan Bekasi. Dari 13 orang terduga, 7 orang diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.
  8. Benih cabai berbakteri ditemukan di Bogor. Kasus ini terungkap setelah imigrasi menangkap 4 orang Warga Negara China di Kampung Gunung Leutik, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Mereka ditangkap karena melanggar visa kunjungan dengan menjadi petani dan menanam cabai seluas 4 hektar. Badan Karantina dan Imigrasi, mendapati empat warga Tiongkok menanam benih cabai yang positif terinfeksi bakteri berbahaya jenis Erwinia chrysamtemi, organisme pengganggu tanaman golongan 1. Bakteri berbahaya tersebut bisa menular dan menimbulkan penyakit pada tanaman lain, sehingga menurunkan produktivitas, karena itu Balai Besar Karantina memutuskan untuk memusnahkan benih cabai yang dikemasaannya bertuliskan China, serta tanaman cabai dan benih bawang daun yang terinfeksi bakteri.
  9. Pengadilan Negeri Jakarta Utara (13/12) menggelar sidang perdana kasus dugaan penodaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dalam sidang yang berlangsung 2,5 jam, Jaksa Penuntut Umum menyebut perbuatan Ahok telah menghina para ulama dan agama. Ahok didakwa menodai agama karena menyebut dan mengaitkan surat Al-Maidah ayat 51 dengan pemilihan gubernur Jakarta. Di depan Majelis Hakim, Ahok menyampaikan nota keberatan atas dakwaan dan menegaskan tidak pernah bermaksud menodai agama Islam atam menghina ulama. Ahok menjelaskan ucapannya di Kepulauan Seribu ditujukan pada sejumlah politikus yang memanfaatkan surat Al-Maidah ayat 51 secara tidak benar, karena tidak mau bersaing sehat dalam pemilihan gubernur Jakarta. Ahok mengaku sedih dituduh menistakan agama, suaranya sempat bergetar, bahkan Ahok meneteskan air mata saat membacakan nota keberatannya.
  10. Majalah Forbes merilis nama-nama tokoh penguasa dunia pada 2016. Pada rangking teratas, Presiden Rusia Vladmir Putin menempati posisi pertama sebagai manusia paling berkuasa di dunia 2016, sementara posisi kedua diduduki presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump. Nama Trump melejit paska memenangkan pilpres November lalu. Posisi manusia berkuasa di peringkat tiga diraih oleh Kanselir Jerman Angela Merkel yang dianggap pelindung bagi perekonomian eropa selama belasan tahun. Forbes menempatkan 74 sosok paling berkuasa di dunia untuk 2016, mereka dianggap sosok yang mampu menggerakkan dan menguncang dunia.

  1. Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani sidang perdana kasus dugaan penodaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (13/12). Dalam sidang perdana itu, Ahok mengajukan nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ahok mengaku sedih dituduh menistakan agama. Ahok sempat menangis saat membacakan nota keberatannya, pembelaan Ahok menceritakan tentang sejarah kehidupan sedari kecil yang sangat dekat dengan orang-orang beragama Islam di sekitarnya.
  2. Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dalam laga pertama babak final Piala AFF di Stadion Pekansari, Bogor (14/12). Hasil ini menjadi modal penting bagi Indonesia yang mengejar trofi pertamanya dalam lima final yang sudah diikuti. Sejarah besar Timnas Indonesia baru akan terjawab pada laga kedua yang akan berlangsung di Bangkok Sabtu 17 Desember 2016. Kemenangan leg pertama ini disambut bahagia oleh Pelatih Timnas, pria asal Austria ini pun tak sungkan memuji permainan anak-anak asuhnya. Meski senang, Riedl tak mau terlena dan akan tetap berusaha membuat timnya tampil lebih baik di leg kedua nanti.
  3. Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas hasil perjuangan Timnas mengalahkan Thailand 2-1 lewat akun Twitter-nya. “Selamat… Selamat.. Untuk Tim Nasional Indonesia- JKW” cuitnya. Presiden Jokowi tidak bisa menyaksikan langsung pertandingan leg pertama Tim Nasional Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor karena harus melakukan kunjungan kenegaraan ke Iran. Namun ia tetap meluangkan waktu khusus untuk menyaksikan pertandingan melalui layanan streaming di laptopnya.
  4. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi elektronik tilang (e-tilang) pada Jumat 16 Desember 2016. Aplikasi ini berfungsi untuk mengurus denda pelanggaran tilang. Sistem ini dibuat untuk memangkas birokrasi dan mencegah pungutan liar serta mempermudah pelanggar membayar denda. Pelanggar tidak perlu lagi ke pengadilan, lebih mudah karena hanya tinggal membayar denda melalui smart phone dengan cara mentransfer ke bank yang bermitra setelah mendapat penetapan pengadilan tentang besaran denda yang harus dibayarkan. Prosesnya, setelah ditilang, petugas kepolisian akan mencatatnya dalam e-Tilang, dan pelanggar hanya mengurusnya melalui online. Program e-Tilang merupakan inisiatif Polri untuk meminimalisir adanya pungutan liar.
  5. Ribuan orang memadati Lapangan Gasibu Bandung, Senin (12/12), menghadiri acara doa bersama 1212 dan Pesantren Perekat NKRI. Acara ini diprakarsai oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) dan Pondok Pesantren Daarut Tauhid pimpinan KH Abdullah Gymnastiar atau yang dikenal AA Gym. Kegiatan tersebut juga bagian dari Gerakan Salat Subuh Berjamaah atau Aksi Subuh Berjamaan 1212. Aksi ini dilakukan di lebih dari 90 titik wilayah di Indonesia dan dipusatkan di Masjid Pusdai, Bandung.
  6. Penyerangan terhadap siswa sekolah dasar (SD) ternyata tidak hanya terjadi di Amerika saja. Selasa (13/12) seorang pemuda masuk ke SDN 1 Seba Kecamatan Sabu Barat, Sabu Rijua, Nusa Tenggara Timur. Pelaku melukai tujuh siswa kelas V yang saat itu sedang belajar di kelas. Polisi berhasil menangkap pelaku dan membawanya ke Kantor Polsek setempat, tetapi sebagian warga setempat marah dan mendatangi polsek. Warga memaksa masuk dan menghakimi pelaku hingga tewas.
  7. Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap tiga tersangka teroris yang diduga terlibat serangkaian aksi pemboman. Mabes Polri merilis pernyataan telah berhasil menangkap ketiga pelaku yakni KF ditangkap di Ngawi, APM ditangkap di Solo dan WP ditangkap di Klaten. Berdasarkan hasil penggeledahan, tim Densus menyita beberapa barang bukti diantaranya cairan asam nitrat dan cairan kimia lainnya, satu buah laptop, alat komunikasi dan beberapa buku jihad. Sebelumnya tim Densus menangkap 4 lainnya yakni DYN, NS, AS dan S di Bekasi, Jakarta dan Solo. Total sampai saat ini sudah ada 7 orang yang ditangkap terkait terorisme.
  8. Tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghasutan terkait SARA, Buni Yani mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak Senin (5/12). Namun Polda Metro Jaya menolak permohonan praperadilan Buni Yani. Dalam sidang lanjutan praperadilan yang diajukan Buni Yani, Polda Metro Jaya menjawab bahwa penangkapan Buni Yani dilakukan sesuai prosedur. Polda Metro Jaya menyatakan tindakan Buni Yani yang mengunggah video pidato Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Kepulauan Seribu merupakan penyebab terjadinya konflik di masyarakat. Polda Metro Jaya menetapkan Buni Tani sebagai tersangka karena melanggar Pasal 28 (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 1 miliar.
  9. Bantuan untuk para korban gempa Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya terus mengalir. Bantuan sosial berupa pakaaian, makanan dan uang terus disalurkan untuk meringankan beban korban. Pemerintah Provinsi Aceh menetapkan status tanggap darurat di Aceh ditetapkan hingga 20 Desember 2016. Masa tanggap darurat berlaku untuk tiga kabupaten yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen. Penetapan tanggap darurat diperlukan untuk memudahkan penanganan darurat dan kemudahan akses menggunakan potensi sumber daya yang ada.
  10. Pada 19 Desember 2016 nanti, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru secara serentak ke seluruh Indonesia. Desain pecahan uang baru akan menampilkan gambar pahlawan nasional, diantaranya gambar Soekarno dan Mohammad Hatta pada uang kertas Rp 100 ribu, Djuanda Kartawidjaja pada uang kertas Rp 50 ribu, G.S.S.J. Ratulangi akan ada di uang baru pecahan Rp 40 ribu, Frans Kaisiepo pada pecahan uang Rp 10 ribu, Guru Besar Nahdatul Ulama Idham Chalid akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 5.000 kertas, Mohammad Hoesni Thamrin pada uang kertas pecahan Rp 2.000, I Gusti Ketut Pudja pada uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 logam, TB Simatupang pada Rp 500 logam, Tjiptomangunkusumo pada Rp 200 logam dan Herman Johannes pada Rp 100 logam.

 

Sumber :
http://kabarinews.com/top-10-berita-minggu-ketiga-desember-2016-2/88941
http://kabarinews.com/top-10-berita-minggu-ketiga-desember-2016/88835

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: