Beranda > BUKU, EKONOMI, Uncategorized > 99 Perbedaan Cara Bangkit dari Kegagalan Miliarder VS Orang Biasa

99 Perbedaan Cara Bangkit dari Kegagalan Miliarder VS Orang Biasa


99 Cara2Biar saja orang lain menjalani hidup ini apa adanya, memperdebatkan hal-hal sepele, menangisi luka kecil, atau mempertaruhkan masa depannya di tangan orang lain. Hal terpenting kita tidak melakukan apa yang orang lain lakukan. (hlm. 31)

Kesekian kalinya berkesempatan membaca seri 99 yang diterbitkan oleh Grasindo. Kali ini dengan tema 99 Perbedaan Cara Bangkit dari Kegagalan: Miliarder vs Orang Biasa.

Ini beberapa yang menjadi bab favorit:

#3 Para Miliarder Berani Mengubah Jalan Hidupnya vs Orang Biasa Terlalu Takut dan Memilih Menyerah

Berada dalam zona nyaman terlalu lama sering membuat manusia terlena. Tidak sedikit diantara mereka yang akhirnya kehilangan spontanitas dan kreativitas sehinga  ketika terjadi sesuatu di luar dugaan, mereka sulut untuk bangkit. Para miliarder juga pernah mengalami keterpurukan dan terlempar ke jurang yang bernama kegagalan. Tetapi, mereka tidak terlena pada zona nyaman yang pernah mereka rasakan. Mereka berani mengubah seluruh keseluruhan jalan hidup mereka kalau hanya itulah satu-satunya cara agar mereka terbebas dari belitan kegagalan. Tidak mudah memang, tetapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan kita berani mencoba melakukannya dan memacu diri menyelesaikan apa yang sudah kita coba.

#6 Para Miliarder Tidak Mencari Kambing Hitam vs Orang Biasa Cenderung Menyalahkan Orang Lain

Ketika mengalami kegagalan, entah karena kesalahan diri sendiri atau kesalahan orang lain, para miliarder tidak memfokuskan perhatian mereka pada kegagalan itu, apalagi fokus pada orang yang menjadi penyebab terjadi kegagalan. Daripada mencari kambing hitam, mereka lebih senang mencari solusi untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki segalanya agar kembali seperti semula.

#13 Para Miliarder Yakin Nasib Harus Diubah vs Orang Biasa Yakin Nasib Adalah Kehendak Tuhan

Kegagalan yang paling banyak terjadi di muka bumi ini adalah ketika kesadaran yang salah memenuhi hati dan pikiran kita hingga membuat kita berhenti berusaha. Jika saat ini kita adalah anak yang besar di panti asuhan dan yakin bahwa hidup miskin sejak lahir merupakan nasib yang harus diterima ikhlas dan sepenuh hati, maka ubahlah sesegera keyakinan itu.

#16 Para Miliarder Tidak Mengenal Kata Menyerah vs Orang Biasa Punya Segudang Alasan Untuk Menyerah

Banyak orang biasa mengira kalau miliarder bisa mendapat kekayaan dan meraih kesuksesan tanpa sedikit pun mengalami tantangan, masalah, atau harus mengalamin kegagalan. Padahal kenyataannya tidak begitu. Hampir semua miliarder, memulai usaha menjadi miliarder dengan bersusah payah terlebih dahulu. Tidak ada proses yang instan, baik ketika hendak mencapai kesuksesan atau hendak bangkit dari kegagalan. Yang membedakan adalah mengapa miliarder tetap kaya meski gagal dan orang biasa malah terpuruk begitu mengalami kegagalan adalah kemampuan untuk bertahan dan tekad untuk tidak menyerah.

#20 Para Miliarder Akan Berjuang Sampai Akhir Hidupnya Meskipun Sudah Divonis Penyakit Mematikan vs Orang Biasa Merasa Sudah Mati di Hari Pertama Ia Divonis

Perjuangan Steve Jobs untuk bertahan hidup dan tetap menghasilkan karya terbaik di sisa hidupnya harus kita teladani. Perasaan gagal akibat penyakit seharusnya tidak mematahkan semangat kita untuk berusaha bangkit dan tetap berkarya menciptakan hal-hal terbaik hingga akhir hidup kita. Percayalah, kadang Tuhan memiliki rencana-Nya sendiri. Sesuatu yang tidak mungkin bisa saja terjadi ketika Tuhan berkehendak. Penyakit yang tidak bisa disembuhkan bisa saja sembuh kalau Tuhan mengizinkan. Seperti halnya Steve Jobs yang diperkirakan hanya punya waktu 6 bulan, ternyata amsih bisa hidup hingga tujuh tahun kemudian.

#29 Para Miliarder Percaya Punya Kesempatan Selain Tidak Menyerah vs Orang Biasa Selalu Berpikir Mereka Tidak Punya Kesempatan

Jack Ma sebelum menjadi miliarder pernah tiga kali ditolak masuk universitas sebelum akhirnya diterima di Hangzhou Normal University. Ia pernah melamar pekerjaan sebanyak 30 kali dan tidak ada satu pun yang mau menerimanya. Bahkan ketika mendaftar menjadi polisi, ia dianggap tidak layak. Ia juga pernah melamar di KFC bersama 23 pelamar lain, ke-23 orang pelamar itu diterima dan hanya Jack Ma satu-satunya yang tidak diterima. Apakah Jack Ma menyerah setelah mengalami penolakan sedemikian banyak? Tidak! Karena kalau waktu itu ia menyerah, ia tidak akan menjadi orang terkaya di Cina dengan kekayaan hampir 23,6 miliar dolar Amerika.

#36 Para Miliarder Percaya Ketika Satu Pintu Tertutup, Maka Pintu Lain Akan Terbuka vs Orang Biasa Sulit Memercayai Masalah Pintu Ini

Awal tahun 1990, Naomi Simpson bekerja di perusahaan penerbangan. Ia menjadi anggota tim yang bertugas menangani program berhadiah berdasarkan poin. Ia bekerja sangat keras hingga program itu berjalan dengan baik dan memberi hasil luar biasa. Sayangnya ketika Naomi bertanya mengenai kebijakan perusahaan untuk meninjau kembali gaji bulanannya, ia malah didepak dari perusahaan itu. Naomi tentu saja kecewa, mengingat kontribusinya pada program itu dan bagaiman beban kerjanya dua kali lipat dari yang seharusnya. Siapa sangka beberapa pekan setelah ia didepak dari perusahaan penerbangan, ia malah diterima di perusahaan Apple Computer Australia dan menjadi CEO di sana.

#37 Para Miliarder Yakin Bahwa Passion Mampu Menyelamatkannya vs Orang Biasa Banyak Yang Tidak Tahu Apa Passion-nya

Jan Koum adalah salah satu miliarder yang kisah hidupnya bisa kita jadikan contoh, bahwa kebanyakan miliarder mengenali minat dan kemampuan yang ada di dalam diri merek terlebih dahulu sebelum bertindak. Bahkan ketika mengalami keterpurukan hidup dan kegagalan yang bertubi-tubi, mereka tetap berpegang teguh pada keyakinan bahwa passion mereka akan membuat mereka mampu bangkit dan meraih kesuksesan.

Jan Koum sebelumnya adalah imigran asal Ukraina yang pindah ke Amerika Serikat bersama ibunya dan menjadi gelandangan di negara itu. Ia hidup dengan mengandalkan bantuan pemerintah dan gajinya sebagai tukang sapu di supermarket. Tahun 2009, ketika bisa membeli iPhone, ia mulai mempelajari iPhone itu dan berhasil menciptakan aplikasi WhatsApp, layanan pesan cepat. whatsApp ciptaannya itu kemudian dibeli Facebook senilai 19 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 223 miliar rupiah. Saat ini, kekayaan Jan Koum diperkiraan meloncak menjadi 6,8 miliar dolar berkat kepemilikan 45% saham WhatsApp oleh Facebook.

#60 Para Miliarder Menggunakan Kesedihan Sebagai Penyemangat vs Orang Biasa Menggunakannya Untuk Mendapatkan Belas Kasihan Dari Orang Lain

Francois Pinault adalah salah satu miliarder yang menjadikan kesedihan sebagai pendorong dan penyemangat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tak seperti teman-teman seusianya, masa remajanya dihabiskan untuk bekerja di pabrik kayu milik ayahnya. Selama bertahun-tahun, ia bekerja penuh semangat dan terus mengumpulkan uang yang didapatkannya. Pada 1963, ia berhasil mendirikan Pinault Printemps Ridoute (PRR). Perusahaannya ini bergerak di bidang fashion dengan merk Gucci dan Yves Saint Lauren. Stella Mc Cartney dan Alexander McQueen juga pernah menjadi bagian dalam deretan rumah mode milik Pinault.

Banyak banget kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Tidak mungkin hidup tanpa mengalami kegagalan, kecuali kita sangat berhati-hati dalam menjalani hidup sehingga bisa diartikan kita belum memiliki kehidupan sama sekali. (hlm. 2)
  2. Kebanggan kita yang terbesar dalam hidup ini bukan tidak pernah gagal, tetapi tetap mampu bengkit ketika kita jatuh. (hlm. 9)
  3. Belajarlah untuk menikmati setiap menit hidupmu. Bahagialah sekarang. Jangan menunggu sesuatu di luar diri kita membantu bahagia di hari depan. (hlm. 27)
  4. Tidak masalah kita dan dari mana kita berasal. Kemampuan untuk bangit dan menang berasal dari diri kita sendiri. (hlm. 59)
  5. Kesuksesan tidaklah permanen dan kegagalan bukanlah sesuatu yang fatal. (hlm. 76)
  6. Orang yang sukses memiliki banyak uang, tetapi bukan karena memiliki uang ia sukses, melainkan kesuksesannyalah yang membuat datang padanya. (hlm. 80)
  7. Hanya orang-orang yang mau mengambil risiko besar yang dapat mengukur kemampuan terbaiknya. (hlm. 83)
  8. Jika kita hanya mempelajari caranya saja, kita akan terikat dengan cara itu, tetapi jika kita mempelajari prinsipnya, kita dapat menemukan cara kita sendiri. (hlm. 89)
  9. Jangan pernah menyerah. Hari ini memang berat. Besok akan lebih buruk lagi, tapi lusa matahari tetap bersinar. (hlm. 95)
  10. Mungkin orang bisa menjadi sangat cerdas atau memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan, tetapi jika tidak percaya dengan apa yang mereka punya, mereka tidak akan bisa bekerja keras. (hlm. 105)
  11. Ketika satu pintu tertutup maka pintu lain akan terbuka. Kadang kita terlalu lama terpaku di depan pintu yang tertutup. (hlm. 115)
  12. Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Ia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan hidup. Ia membuat kita memandang masa depan dan memberi kerangka tentang apa yang belum kita ketahui. (hlm. 121)
  13. Jika tidak berani gagal demi mendapatkan pelajaran dan beradaptasi dari pengalaman, kita tidak mungkin meraih kesuksesan. (hlm. 129)
  14. Jika memiliki tekad yang kuat, kita akan berhasil karena pa yang dipelajari saat kita belum berhasil, akan membuat kita sukses. Yang paling penting adalah tidak menunda pekerjaan dan menghitung kegagalan. (hlm. 143)
  15. Kita dapat memiliki apa pun yang kita inginkan kalau kita benar-benar sangat menginginkannya. Kita dapat menjadi apa pun yang kita inginkan, melakukan apa pun yang bisa kita kerjakan kalau kita bertahan pada keinginan itu dengan satu tujuan. (hlm. 158)

Apakah seorang Bill gates tiba-tiba menjadi seorang miliarder? jawabannya tentu saja tidak, berbagai kegagalan dalam hidupnya. Mulai drop out dari kuliahnya dan masalah lainnya, tetapi ia gigih dan bangkit dari kegagalannya. Hasilnya, Boss Microsoft itu menjadi orang kaya tersukses dan karyanya dipakai di seluruh dunia.

Dibuku ini, dibahas dengan apik dan sistematis perbedaan antara tokoh miliarder dengan orang biasa, serta kisah kehidupan mereka, dan tentunya berbagai quotes yang sangat memberikan motivasi untuk tetap berkarya. Tokoh miliarder mulai dari pengusaha sampai pemain bintang film dari berbagai dunia dijabarkan dalam buku ini. Buku ini sangat menginspirasi saya yang ingin memulai usaha bisnis. Kisah para miliarder memotivasi saya untuk tetap berkarya dan segera bangkit dari kegagalan.

“Faktanya, hampir semua miliarder pernah mengalami kegagalan. Perbedaan antara orang biasa dan miliarder adalah orang biasa suka membicarakan secara berulang-ulang mengenai kegagalan mereka, sementara miliarder yang tidak fokus pada kegagalan yang mereka alami, memilih berusaha bangkit dan mencoba lagi. Mereka tidak membicarakan kegagalan yang telah terjadi.”

Kutipan favorite:

  1. Kelemahan yang ada di dalam diri bukan alasan untuk tidak berusaha keras menjadi manusia yang lebih baik lagi. Hal. 147
  2. Percayalah, apa yang kita tabur, itulah yang kita tuai.  Hal. 215
  3. Kegagalan bukan sesuatu yang harus ditakuti, melainkan dijadikan alasan agar mereka belajar lebih banyak lagi.  Hal.223
  4. Jiwa sosial para miliarder ternyata sangat tinggi, bahkan sebelum mereka menjadi miliarder. Hal. 268
  5. Kelemahan itu menjadi batu loncatan  yang membuatnya bisa menemuka potensi tersembunyi yang ada didalam dirinya. Hal. 287
  6. Baginya, kegagalan hanya tersandung batu membuat ia jatuh, tetapi sama sekali tidak membuat dia terluka. Hal. 306

Sindiran halus dalam buku ini:

  1. Ya, kebanyakan dari kita tidak mengenal diri dan kemampuan kita sendiri, bahkan kita tidak tahu apa passion (minat) kita yang sesungguhnya. Hal. 118
  2. Banyak orang biasa yang tidak menyadari bahwa berbagai peristiwa pada masa kanak-kanak akan membentuk kepribadian mereka di masa dewasa. Hal.126
  3. Kebanyakan orang biasa kurang memahami dengan baik pentingnya pendidikan.   Hal. 135
  4. Selain itu, lingkungan disekitar mereka juga sudah terlalu sering menjejalkan doktrin di pikiran mereka bahwa orang biasa tidak seharusnya bermimpi terlalu besar.   Hal. 149
  5. Jadi, tidak aneh lagi jika kebanyakan orang biasa dapat dikatakan miskin pengalaman meskipun sudah berkali-kali gagal. Hal. 194
  6. Orang biasa sulit meninggalkan keterpurukan dan malah membiarkan kketerpurukan itu menghancurkan hidup mereka secara perlahan Hal. 240
  7. “Untuk makan dan bertahan hidup saja sudah sulit, bagaimana kami harus melanjutkan sekolah dan berpendidikan?” Hal. 294

Saya juga menjumpai beberapa Typo dalam tulisan diantaranya :

  1. Mengenai menjadi mengenal.  Hal.118
  2. Dipasktikan seharusnya dipastikan.  Hal. 143

Overall, Covernya sangat manis dan saya sangat menyukai seluruh isi buku yang sangat menginspirasi, membuka mata dan pikiran, sehingga semangat untuk menggapai cita-cita. Intinya, tetap berusaha dan berdoa serta semangat.

Melalui buku ini, kita bisa mengetahui apakah kita calon miliarder atau hanya orang biasa.

Keterangan Buku:

Judul                                     : 99 Perbedaan Cara Bangkit dari Kegagalan: Miliarder vs Orang Biasa

Penulis                                 : Monica Anggen & Erlita Pratiwi

Editor                                    : Mira R.

Penata isi                             : Dua Sisi Studio

Desain kover                      : Garis Bawah Studio

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 316 hlm.

ISBN                                      : 9786023754199

Sumber:

https://yohanasiallagan.blogspot.co.id/2016/07/book-review-99-perbedaan-cara-bangkit.html

https://luckty.wordpress.com/2016/05/30/review-99-perbedaan-cara-bangkit-dari-kegagalan-miliarder-vs-orang-biasa-giveaway/

Iklan
  1. 21 September 2017 pukul 12:44 PM

    mf cuma mau sering sahpa tau bisa membantu anda dan aku mau cerita kisah nyata aku dalam kesuksesan aku,begini aku dulu anak petani 3bersaudara aku anak ke 3,3tahun yang lalu orang tuaku pusing karna banyak hutangnya gara gara aku disekolahkan sampai lulus s1,tapi aku diam2 mencari jalan keluar permasalahan kami and cek di internet sahpa tau ada orang pintar bisa membantu,tapi lama kelamaan aku temukan posting orang yang pernah minta bantuan ama aki songo anom degan nonya0852 1751 9919 atau http://www.paranormal-kisongo.blospot.com,tapi awal takut hubungi karna kata orang larangan agama,aku beranikan diri telpon beliau degar cerama atau arahanya ternyatah bukan juga jalan sesat,tergantun keyakinan kata aki,banyak juga pilihan aku diberikan ada,uang balik,dana hibah,uang gaib,togel,jual tuyul,jual permata pusaka dan permata,pelaris dagan,pekerjaan,jodoh dll…tergantun keinginan kita juga dan tidak ada tumbal,berkat bantuan beliau aku tak terbebagi hutang orang tua lagi,dan orang tua pun senang setelah aku ceritakan semuanya,terima kasih,wassalam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: