Beranda > RENUNGAN, Uncategorized > Dua Macam Dasar

Dua Macam Dasar


Dua Macam Dasar

Matius 7:24-27 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Perikop di atas merupakan bagian akhir dari khotbah Yesus di bukit sesungguhnya Tuhan Yesus sedang menantang para pendengarnya. Kita tidak tahu berapa jam lamanya Yesus berkhotbah di atas Bukit, yang pasti saat itu berada di atas sebuah bukit membuat suara dari tempat tinggi sungguh menjangkau banyak audiens pendengar. Masa kini kita hanya membutuhkan Microphone saja untuk berbicara dihadapan khalayak ramai.

Bagian perikop Dua Macam Dasar/Fondasi sangat cocok bagi para pembaca Alkitab seperti Gerakan Baca Alkitab.

Mari kita pelajari bersama ada 3 Hal yang perlu kita renungkan bagi yang Mendengar/Membaca Firman Tuhan:

1. Seseorang yang sudah membaca Alkitab tidak dapat berdiam diri.

Ayat 24&25 mengisahkan tentang kelompok yang mendengar dan melakukan firman Tuhan sedangkan Ayat 26 ada kelompok yang mendengar/membaca Alkitab dan melalukannya/tidak melakukan firman Tuhan. Kelompok ini disebut Yesus sebagai Orang BODOH. Sebenarnya ada kelompok ketiga yang tidak dicatat yaitu Kelompok yang tidak mendengarkan firman Tuhan/Membaca Alkitab. Tentang ini kita tidak akan singgung.

Saudara/i, Tidak Memilih sebenarnya Juga Memilih. Alkitab berkata kepada siapa yang banyak diberi (mengerti banyak ajaran Alkitab), kepadanya akan banyak dituntut (melakukan dan mengajarkannya).

Saudaraku, Firman Tuhan yang kita baca dan renungkan pastinya akan berbicara kepada diri kita, akan memeriksa hidup kita. Kita tidak mungkin dapat berdiam diri. Alkitab berkata Firman Tuhan tajam bagai Pedang Bermata Dua.

2. Orang yang membaca firman Tuhan, itu berarti dia sedang membangun Fondasi/Dasar.

Seperti apa fondasi yang dibangunnya? Sesungguhnya firman Tuhan yang dia baca, renungkan, mengerti, akan menggantikan fondasi-fondasi lain yang kita miliki. Pertanyaannya sekarang, Apa fondasi anda? Terbuat dari apa fondasi anda? Jerami, Kayu, rumput keringkah?

Bagian ayat 26-27 berbicara bahwa ada seorang yang membangun rumah dengan fondasi PASIR. Pasir sesuatu yang sangat transien/sementara, begitu datang badai/gelombang besar, maka apapun yang didasarkan di atas pasir akan musnah dalam waktu cepat.

Membangun di atas fondasi Batu sesungguhnya tidak bisa dalam waktu singkat. Belajar Alkitab juga tidak bisa dalam waktu singkat. Sesuatu yang ditulis di atas batu, dapat bertahan lama dibanding ditulis di atas Pasir.

Apakah fondasimu dibangun di atas batu? Apakah Imanmu seteguh dan sekuat Batu Karang?

3. Memperingatkan orang yang baca Firman Tuhan akan menghadapi Badai.

Banyak orang berpikir jikalau dirinya sudah membaca, merenungkan dan hidup taat pada firman Tuhan, maka segalanya akan lancar, baik dan tidak ada badai. Ini Pemikiran yang tidak tepat. Seharusnya kita menyadari bahwa semua orang pasti akan menghadapi Badai dalam hidupnya, akan menghadapi kesulitan-kesulitan dalam hidupnya.

Badai dalam hidup punya banyak tujuan: untuk memurnikan iman, agar hidup bersandar pada Tuhan, serta menyempurnakan karakter hidup kudus kita, dll. Saudaraku, Patutlah Imanmu haruslah didasarkan pada Firman Tuhan.

oleh Dr. Steven Einstain Liauw, Th.D (konselor Gerakan Baca Alkitab) dalam acara Launching Gerakan Baca Alkitab (GBA) Gelombang 2 sekaligus Gathering Grup FB Gerakan 1.000.000 Orang Baca Alkitab

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: