Beranda > PESONA ALKITAB > Lot Berada di Sodom, Kok Bisa Sich?

Lot Berada di Sodom, Kok Bisa Sich?


abram-and-lotTetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, (2 Petrus 2:7.)

Dalam Kitab Kejadian 13-14 dikisahkan mengenai kisah Lot:
13:10 Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN,seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. –Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. —
13:11 Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.


13:12 Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.
13:13 Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN.14:12 Juga Lot, anak saudara Abram, beserta harta bendanya, dibawa musuh, lalu mereka pergi–sebab Lot itu diam di Sodom.

Kisah selanjutnya kita mengetahui bahwa Lot yang telah memilih seluruh lembah Yordan sampai ke Zoar yang kesuburannya seperti Taman TUHAN dan seperti tanah Mesir, menetap dekat Sodom dan akhirnya diam di Sodom. Daerah Sodom yang menjadi tempat tinggalnya, diserang oleh pasukan raja-raja (Amrafel, raja Sinear, Ariokh, raja Elasar, Kedorlaomer, raja Elam, dan Tideal, raja Goyim) dibawah pimpinan Raja Kedorlaomer.

Adapun raja-raja yang diserang Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora, Syinab, raja Adma, Syemeber, raja Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar. Raja-raja ini memberontak setelah 12 tahun takluk pada Kedorlaomer, tahun ke-13 mereka memberontak dan pada tahun ke-14 Kedorlaomer datang mau membereskan pemberontakan ini.

Lalu keluarlah raja negeri Sodom, raja negeri Gomora, raja negeri Adma, raja negeri Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar, dan mengatur barisan perangnya melawan mereka di lembah Sidim, melawan Kedorlaomer, raja Elam, Tideal, raja Goyim, Amrafel, raja Sinear, dan Ariokh, raja Elasar, empat raja lawan lima. Di lembah Sidim itu dimana-mana ada sumur aspal. Ketika raja Sodom dan raja Gomora melarikan diri, jatuhlah mereka ke dalamnya, dan orang-orang yang masih tinggal hidup melarikan diri ke pegunungan. (Kej 14:8-10)

Seorang pelarian memberitahu Abraham mengenai tertawannya Lot, keponakannya. Karena Abraham mengasihi keponakannya ini, yang telah dia ajak kemana-mana dalam pengembaraannya bersama Allah, maka Abraham menolong Lot dengan 318 orang dan berhasil menyelamatkan Lot sekeluarga (halini terjadi sebelum Sodom dan Gomora dihancurkan Allah).

Kita lihat prosesnya Lot bisa tinggal di Sodom:

Lot Menetap di kota-kota Lembah Yordan –> berkemah di dekat Sodom –> Diam di SODOM

Apa Yang Kita Pelajari dari Tokoh LOT
Dari tokoh Lot, kita diingatkan sebagai orang yang dibenarkan Allah atau orang Percaya untuk tidak bermain-main atau mendekatkan diri dengan sumber dosa. Kita belajar bahwa sesuatu yang baik, yang enak dan menyenangkan belum tentu seterusnya menyenangkan, kita harus pandai dalam memilih apa yang baik dan yang berkenan kepada Allah jangan hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Meski kita dimampukan Allah untuk menghindari dosa-dosa, namun Alkitab berkata janganlah engkau mencobai dirimu sendiri. Janganlah mendekatkan dirimu pada dosa, jika itu terjadi larilah seperti Yusuf yang menjauhi godaan istri Potifar. Kita belajar bahwa orang muda (Lot) hendaklah menghormati orang yang lebih tua (Abraham) meskipun Abraham sebagai orang yang lebih tua memberi kebebasan pada orang muda (Lot) memilih.

Apa Yang Kita Pelajari dari Tokoh Abraham
Kita juga dapat belajar dari tokoh Abraham yang mengandalkan Tuhan dan hanya bergantung pada Allah -bukan pada manusia- dalam segala sesuatu, dia mempersilahkan Lot,keponakannya memilih daerah yang Lot sukai dengan sesuka hati Lot. Abraham orang yang rendah hati dan berbesar hati. (baca kisahnya setelah bertemu dengan Melkisedek dan Raja Sodom). Abraham punya Hati Bapa, tampak ketika mendengar Lot tertawan pasukan Kedorlaomer, dia langsung turun tangan menyusun rencana penyelamatan Lot dan berhasil menyelamatkan Lot karenaia mengasihi Lot dan keluarganya.

Abraham tipe orang yang Sigap atau Cepat Bertindak setelah mendengar berita/perintah. Terbukti dengan langsung meresponi Allah yang menyuruhnya untuk meninggalkan rumah bapa leluhurnya dan berani mengembara bersama Allah meski belummengetahui akan ke mana. Abraham seorang yang Visioner.

Sumber: Buku PESONA ALKITAB, Dede Wijaya, PBMR ANDI

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: