Beranda > IPTEK > Wuling Confero S, Mobil Terlaris Nomor 7 di Dunia

Wuling Confero S, Mobil Terlaris Nomor 7 di Dunia


Wuling-Confero-S

Kupas Lengkap Fitur Wuling Confero S

Otomotif – Masyarakat Indonesia yang guyub, senang berkumpul, gemar beramai-ramai menuju satu tempat nampak tertangkap jelas oleh merek asal Tiongkok, Wuling Hongguan. Lihatlah model pertama yang mereka luncurkan, mencoba melawan hegemoni Avanza yang notabene mobil sejuta umat lantaran daya angkutnya itu.

Wuling Motors menjual kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) Confero S dengan harga mulai dari Rp 130 juta di  Hall B, JIExpo Kemayoran, Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta, 8 Juni – 16 Juli 2017.

Menghadirkan kendaraan berdaya angkut banyak bukanlah hal sulit. Bermodal mesin 1.5 liter dan konfigurasi bodi yang cukup, tiga baris bangku untuk tujuh manusia sudah terakomodir. Hal ini sudah diikuti Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, hingga Honda Mobilio.

Harga ini bahkan setara dengan harga kendaraan di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Padahal, Wuling Confero S merupakan kendaraan yang menyasar segmen keluarga seperti halnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Nissan Grand Livina.

Wuling sudah punya hal itu di Low MPV-nya, namun mereka mencoba menambahkan pendekatan berbeda. Mereka melihat bahwa para penumpang di dalam kabin juga memiliki beragam kebutuhan. Alhasil merek ini menyodorkan aneka fitur canggih. Rencananya Wuling akan membangun 50 Dealer mobil dalam kuartal ketiga 2017 ini, selain telah membangun pabrik dengan kapasitas produksi 120.000 Unit di Cikarang.

Harga termurah Toyota Avanza seperti dikutip dari situs resmi Toyota Astra Motor adalah Rp 189,7 juta. Sedangkan Honda Mobilio tipe terumah dijual dengan harga Rp 189,5 juta. Sementara itu, Daihatsu Xenia ditawarkan mulai dari Rp 180,45 juta. Harga kompetitor tersebut masih kalah jauh jika dibandingkan dengan tipe termahal Wuling Confero S sekalipun yang dilepas seharga Rp 165 juta.

Berikut adalah fitur-fitur yang kami temukan di Wuling Confero S.

1. USB charger di semua baris bangku

Ya, semua baris, ada di baris pertama, baris kedua dan baris ketiga. Fungsinya untuk baris kedua dan ketiga bukan sebagai audio input, melainkan hanya mengecas peranti daya dengan kabel berkonektor Universal Serial Bus (USB). Dengan hadirnya tiga konektor ini, tentu para penumpang tak perlu berebut mengisi perantinya di satu soket lighter. Pun penumpang baris ketiga tetap bisa memainkan gadget tanpa perlu meninggalkannya di baris kesatu.

2. Headunit dengan layar berwarna 8 inci

Peranti ini memiliki interface tanpa satupun tombol. Kontrol dilakukan via sentuhan di layar yang intuitif atau dari lingkar kemudi. Tampilannya juga sederhana, tak serumit headunit aftermarket. Satu yang juga keren adalah konektivitas Mirroring via HDMI, jadi headunit akan menampilkan citra dari layar smartphone.

3. Sensor parkir + kamera

Ya, sensor parkir kabarnya menjadi standar bagi Confero S. Empat di bagian belakang dan dua di bagian depan, sehingga sensitifitas atas objek di berbagai sudut bisa diandalkan. Bahkan untuk melengkapi performanya saat memandu pengemudi untuk parkir mundur, diberikan juga kamera.

4. Rem ABS dan EBD

Meski transmisinya manual, dan pengemudi masih bisa menggunakan engine brake untuk membantu pengurangan laju, Wuling tak ingin mempertaruhkan sisi keamanan berkendara. Mereka membenamkan rem cakram di setiap roda lengkap dengan fitur anti-pengunci (ABS) juga pengatur distribusi daya rem (EBD).

5. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Ini adalah salah satu fitur paling berharga di Wuling Confero S. Fitur ini memiliki kemampuan mendeteksi kekurangan angin pada setiap rodanya. Biasanya fitur ini hanya ada di mobil Eropa yang harganya di atas Rp 500 juta. Itu pun dengan notifikasi berupa logo di panel indikator. Sedangkan pemantau sisi ban mana yang kempis, belum tentu ada. Confero S sudah punya!

Pada layar MID, ada citra mobil yang menunjukkan tekanan angin di setiap roda dengan satuan Bar.

6. Captain Seat

Kami melihat kursi model ini sukses memewahkan kabin Toyota Kijang Innova varian Luxury. Nah pada Confero S, kursi individual untuk penumpang baris kedua ini tersedia sebagai pilihan standar. Ya, Wuling menjual pesaing Avanza ini dalam dua pilihan konfigurasi bangku. Captain Seat 7-seater atau 8-seater dengan formasi 3-3-2.

7. Smart Key

Oke, ini memang bukan smart key entry yang bisa membuka pintu tanpa perlu memencet tombol di gagang. Pihak Wuling menyebutnya Smart Key lantaran fitur pembuka kunci bagasi dan jendela yang ada di remote ini. Dengan menekan tombol pembuka kunci beberapa detik, maka kaca mobil langsung terbuka semua. Fungsinya, mensirkulasikan udara dalam kabin. (OD)

Untuk menantang mobil asal Jepang tentu bukan perkara mudah. Pasalnya masyarakat Indonesia akan memandang sebelah mata mobil asal China yang sering kami dianggap kurang berkualitas dibandingkan mobil asal Jepang.

Namun Wuling membuat perbedaan dengan menghadirkan Wuling Confero S yang memiliki segudang fitur unggulan yang siap mengalahkan mobil asal Jepang. Kualitas mobil ini juga sangat baik, jadi jangan anggap remeh mobil asal China ini. Terlebih didalamnya terpasang mesin berkapasitas besar yang dijamin bertenaga. Nah untuk mengetahui kapasitas mesin mobil ini, silahkan sobat otomotif menyimak ulasan spesifikasi dan harga Wuling Confero S yang kami rangkum dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga Wuling Confero S

Spesifikasi dan Harga Wuling Confero S

Spesifikasi Mobil Wuling Confero S

Mesin
  • Tipe Mesin : 4-silinder 1.5 liter DOHC C-VVT
  • Kapasitas Silinder : 1.485 cc
  • Tenaga Maksimal : 107 PS / 5.800 rpm
  • Torsi Maksimal : 142 Nm/ 3.800-4.400 rpm
  • Transmisi : Manual 5-percepatan
Dimensi
  • Panjang : 4.530 mm
  • Lebar : 1.691 mm
  • Tinggi : 1.730 mm
Kaki-Kaki
  • Rem Depan : Disc Brakes
  • Rem Belakang : Disc Brakes
  • Fitur : ABS + EBD
Fitur Andalan
  • Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Anti-lock braking system (ABS)
  • Dual SRS Airbag
  • ISOFIX
  • Charging port
  • AC
  • Head unit Touchscreen 8″
  • Headlamp Proyektor
  • LED DRL
  • Foglamp
  • Auto Lock Collision
  • Auto Door Lock By Speed
  • Smart key dan
  • Headlamp Leveling

Review Mobil Wuling Confero S

Review Wuling Confero S

Kita awali pembahasan spesifikasi Wuling Confero S dari segi eksterior. Mobil ini memiliki desain bongsor dengan ukuran dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, dan ketinggian 1.730 mm. Bentuknya terlihat lebih besar dibandingkan Avanza ataupun Xenia, sehingga memiliki ruang kabin lebih lega untuk menampung tujuh sampai delapan penumpang. Didalamnya juga terpasang beragam fitur canggih yang akan meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penampung Confero S.

Salah satu fitur andalannya adalah head unit yang menggunakan layar sentuh berukuran 8 inci. Layar tersebut digunakan sebagai pusat hiburan dan terintegrasi pada fitur mirror link dan steering switch control. Selain itu, tersedia pula fitur smart key dan headlamp Leveling. Lebih gilanya lagi, kita akan menjumpai power outlet untuk USB pada setiap baris kursi mobil ini. Dimana telah tersedia tiga baris kursi yang bisa menampung tujuh sampai delapan penumpan.

Ruang interiornya juga terlihat mewah dan tak terkesan murahan. Padahal harga Wuling Confero S tergolong murah dan bisa bersaing melawan Low MPV sekelasnya. Kemudian untuk bagian penerangan, mobil ini telah dilengkapi headlamp proyektor dengan fitur LED DRL dan Foglamp. Sedangkan untuk lampu bagian belakang sudah menggunakan teknologi LED. Secara keseluruhan fitur pada bagian interior dan ekstrior memang mampu menandingi Avanza dan Xenia, lalu bagaimana dengan mesinnya ?

Wuling Confero S dibekali mesin C-VVT 4 Silinder berkapasitas 1.485cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 107 Horsepower pada 5.800 rpm. Sedangkan untuk torsinya menembus 142 Nm pada 4.400 rpm. Sayangnya untuk saat ini hanya tersedia satu varian transmisi, yaitu manul 5 percepatan. Namun tak menutup kemungkinan akan tersedia varian otomatis atau matic yang otomatis dibanderol lebih mahal dibandingkan harga Wuling Confero S varian manual.

Mobil Wuling Confero S

Performa mesinnya bisa menandingkan Low MPV sekelasnya, jadi sobat otomotif tak perlu meragukan performa mobil ini. Terlebih Wuling melengkapinya dengan sistem pengereman ABS (anti-lock braking system) dan EBD (Electronic Brake Distribution) yang siap menghentikan laju kendaraan dengan aman. Pasalnya fitur ABS mampu mengurangi resiko terjadinya selip pada ban ketika mengerem secara mendadak. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi fitur Dual SRS Airbag untuk menjaga keselamatan pengemudinya.

Kabarnya Wuling Confero S memakai sistem penggerak roda belakang atau RWD yang membuatnya semakin sempurna. Lebih hebatnya lagi, mobil ini juga dilengkapi rem cakram pada ke empat rodanya yang dibalut velg sporty. Lalu ada pula fitur kamera mundur dan sensor parkir 4 titik pada bagian belakang dan 2 titik di depan. Selain itu, Wuling juga melengkapinya dengan fitur Auto Lock Collision, Auto Door Lock By Speed, dan kursi ISOFIX.

Masyarakat Indonesia memang membutuhkan mobil murah dengan fitur lengkap. Mengerti akan hal itu, Wuling telah melengkapi Confero S dengan fitur dan spesifikasi berkelas yang sering kali kita jumpai pada mobil mewah dengan harga melebihi 200 Juta Rupiah. Performa mesinnya juga tak mengecewakan, sehingga bisa diandalkan sebagai mobil harian yang dipakai beraktivitas setiap harinya.

Harga Wuling Confero S yang cukup terjangkau dan didukung ruang interior lega serta beragam fitur canggih didalamnya membuat mobil ini sangat cocok sebagai mobil keluarga. Menurut kami Confero S bisa menjadi salah satu alternatif terbaik selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio yang kemungkinan dibanderol lebih mahal dibandingkan harga Wuling Confero S. Nah bagi sobat yang penasaran ingin mengetahui harganya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Harga Wuling Confero S

Daftar Harga Wuling Confero S

Harga Wuling Confero S Manual
  • termahal Rp. 165.000.000,-
Harga Wuling Confero S Matic
  • Rp. –

Note :

  • Informasi spesifikasi dan harga Wuling Confero S yang kami sampaikan diatas bisa berubah sewaktu-waktu
  • Mobil ini belum resmi dipasarkan di Indonesia

Kabarnya mobil ini akan mulai dijual pada kuartal ketiga tahun 2017. Belum ada informasi resmi mengenai harga Wuling Confero S. Namun kabarnya mobil ini akan dipasarkan pada rentang harga 130-165 Jutaan. Tak menutup kemungkinan harganya lebih mahal, karena mobil ini telah dilengkapi segudang fitur canggih yang membuatnya bisa bersaing melawan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan berbagai mobil LOW MPV sekelasnya yang sama-sama dibanderol dibawah 200 Juta Rupiah.

Kami sendiri kurang menyukai desain Wuling Confero S. Bagi sobat yang mencari mobil keluarga yang aman dan nyaman mungkin tak terlalu memikirkan soal desain. Terlebih mobil ini menawarkan fitur sangat lengkap dan beragam teknologi canggih yang bisa menandingi mobi asal Jepang. Mari kita bersama-sama melihat respon masyarakat Indonesia terhadap mobil asal China ini, dan semoga saja masyarakat Indonesia menyambut positif kehadiran Confero S. Lalu bagaimana dengan sobat otomotif, apakah sobat tertarik membelinya ? “Salam Otomotif”

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: