Beranda > AKHIR ZAMAN > Siapakah ANTIKRISTUS Itu?

Siapakah ANTIKRISTUS Itu?


who-is-the-antichristAntikristus adalah sebuah kata yang misterius, penuh kejahatan, kekuasaan dan ketakutan. Istilah ini sangat populer dikalangan Kristen, tetapi sedikit dari mereka yang mengetahui asal kata Antikristus. Kata Antikristus (antichristos) muncul lima kali dalam Perjanjian Baru, semuanya dlam kitab Yohanes (1 Yoh.2:18, 22; 4:3; 2 Yoh.7). Istilah Antikristus dalam kitab Yohanes menunjuk kepada penyesat-penyesat yang menyangkali kemanusiaan Yesus Kristus. Ini adalah antikris-antikris kecil, bukan Antikristus besar, si penunggang kuda putih (Wahyu 6:2).

Kata Antikristus dalam bahasa Yunani, “anti” dan “kristos.” Anti memiliki dua arti, yaitu melawan dan menggantikan. Antikristus adalah pribadi yang akan melawan Kristus dengan tujuan ingin menggantikan posisi Kristus, yang adalah Tuhan, Juruselamat dunia (2 Tes.2:3-4). Ia adalah musuh besar dan tokoh kejahatan yang paling mengerikan yang akan muncul di akhir zaman.

Banyak orang Kristen begitu penasaran ingin tahu siapa dan seperti apa pemimpin dunia yang akan muncul di akhir zaman nanti. Karena tokoh ini sangat jenius, kejam, licik dan misterius, banyak orang menghubungkan Antikristus dengan tokoh-tokoh antagonis macam, Nero, Hitler, Mussolini, Stalin, dll. Bahkan ada yang menghubungkannya dengan orang-orang terkenal, seperti Bill Gates, John F. Kennedy, Henry Kissinger, Paus (Roma Chatolic) sampai Barak Obama. Kita tidak mungkin bisa menuduh siapa sosok Antikristus itu sebelum ia sendiri yang akan memperkenalkan dirinya dalam Wahyu 6:2. Akan tetapi, sepak terjangnya bisa kita deskripsikan sebagai berikut:

Siapakah Antikristus Itu ?
1. Ia adalah seorang intelektual yang jenius (Daniel 8:23).
Ia akan menguasai dan memesona dunia dengan intelektual manusianya yang super dan dengan kemampuannya memahami. Jelas, siapa saja yang bisa menguasai seluruh dunia dengan perkataannya dan dengan cepat berhasil menyakinkan sepuluh pemimpin kekaisaran Romawi yang telah bersatu kembali (G-10) agar memberikan kekuasaan penuh kepadanya pasti memiliki kemampuan intelektual yang jauh melebihi manusia normal.

2. Ia adalah seorang yang jenius dalam berpidato (Daniel 7:8, 11;11:36; Wahyu 13:5).
Seluruh dunia akan terhipnotis oleh perkataannya yang menyihir. Berulang kali, ayat-ayat Alkitab tentang antikristus berfokus pada mulutnya yang mengucapkan berbagai kata hebat. itulah kemampuan hebatnya dalam berbicara, banyak orang akan mendengarkan dan mempercayainya.

3. Ia adalah seorang yang jenius dalam politik (Daniel 9:27; Wah.17:11-12).
Dari orang yang relatif tidak dikenal, secara mengejutkan, Antikristus akan tampil ke pentas politik dunia. Ia tidak akan melakukan perbuatan besar atau menarik perhatian banyak orang ketika pertama kali masuk arena poltik. Dengan cepat, ia kan muncul melewati berbagai jenjang jabatan dn akan dipilih oleh kelompok sepuluh untuk berkuasa atas kekaisaran Romawi yang telah bersatu kembali (Why. 17:13) Ia akan menjadi pemersatu dan diplomat yang sempurna. Setiap orang akan mengasihinya. Ia akan memegang kekuasaan berselubungkan diplomasi. Bahkan untuk sementara, ia kan memecahkan kebuntuan politik di Timur tengah yang akan menyebabkannya memperoleh sanjungan seperti menjadi pemenang nobel perdamaian atau di tetapkan sebagai tokoh tahun itu dalam majalah Time.

4. Ia adalah seorang jenius dalam bidang Ekonomi (Daniel 11:43; Wah.13:16-17).
Antikristus akan menjadi CEO setan perekonomian dunia. Ia akan menetapkan besarnya bunga, harga, nilai saham, dan tingkat penawaran. Di bawah kepemimpinannya, semua akan dinasionalisasi atau diinternasionalisasi dalam kendalinya. Dengan munculnya kekacauan yang disebabkan peristiwa pengangkatan dan kejatuhan perekonomian dunia seperti yang diprediksikan dalam Wahyu 13:5-6, orang-orang akan bersedia menyerahkan semua kekuasaan ke satu orang. Dunia akan berpaling kepada antikristus karena mencari jawaban atas berbagai masalah menghancurkan yang dihadapi dunia. Menurut wahyu 13:16-17, dari pertengahan masa kesusahan besar hingga kedatangan Kristus yang kedua, tidak seorangpun bisa membeli atau menjual tanpa seizin Antikristus. Banyak orang di seluruh dunia akan terdorong untuk menerima tanda darinya.

5. Ia adalah seorang Jenius dalam bidang militer (Wahyu 6:2; 13:2).
Pada pertengahan masa kesusahan besar, Antikristus akan menanggalkan topengnya dan mengganti dahan pohon zaitun dengan pedang. ia akan menaklukkan seluruh dunia. Semua kehebatan Alexander Agung dan Napoleon menjadi tidak ada artinya dibandingkan dengannya. Tidak serang pun yang bisa menghalangi penaklukkannya. Ia akan menghancurkan semua dan setiap orang yang ada dihadapannya. Ia akan menjadi Caesar terakhir yang berkuasa atas bentuk kekaisaran Romawi yang terakhir

6. Ia adalah orang yang jenius dalam bidang agama (2 Tes.2:4; Wah.13:8).
Anak setan yang sangat bertalenta ini mampu melakukan hal yang tidak pernah dilakukan pemimpin agama lainnya. Ia akan melakukan hal yang tidak pernah dilakukan Muhammad, Buddha, atau paus: mempersatukan dunia dalam ibadah. Semua agama di dunia akan dipersatukan untuk menyembah satu orang.

Pikirkan saja kejeniusan dan kuasa serta penyesatan seperti apa yang harus dimiliki orang ini untuk melakukan hal tersebut. Agama adalah hal yang telah menimbulkan perpecahan besar diantara manusia. Ketika Anda masih kecil, orangtua Anda mungkin menyuruh Anda berbicara tentang agama atau politik di sekitar orang lain karena perasaan mereka yang peka terhadap topik ini. Bisa saja mereka mudah marah dan frustasi ketika ada orang lain yang tidak sependapat dengan mereka. Agama sering memisahkan manusia. Namun, suatu hari hal itu akan berubah. oleh karena dunia semakin merindukan seorang pemimpin hebat, seorang mesias, seorang penyelamat yang akan menyelesaikan berbagai kesulitan yang sedang kita hadapi dewasa ini, hal ini juga akan memunculkan ide untuk menyembah orang ini.

Julukan-Julukan Antikristus
1. Si tanduk kecil
“Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong” (Daniel 7:8).

2. Seorang raja yang garang dan pandai melakukan intrik.
“Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fisik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu. Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus. Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan” (Daniel 8:23-25).

3. Pangeran yang akan Datang
“Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan” (Daniel 9:26).

4. Orang yang menimbulkan kehancuran
Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan diatas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu (Dan. 9:27).

5. Raja yang berbuat sesuka hatinya
“Raja itu akan berbuat sekehendak hati; ia akan meninggikan dan membesarkan dirinya terhadap setiap allah. Juga terhadap Allah yang mengatasi segala allah ia akan mengucapkan kata-kata yang tak senonoh sama sekali, dan ia akan beruntung sampai akhir murka itu; sebab apa yang telah ditetapkan akan terjadi. Juga para allah nenek moyangnya tidak akan diindahkannya; baik pujaan orang-orang perempuan maupun allah manapun juga tidak akan diindahkannya, sebab terhadap semuanya itu ia akan membesarkan diri. Tetapi sebagai ganti semuanya itu ia akan menghormati dewa benteng-benteng: dewa yang tidak dikenal oleh nenek moyangnya akan dihormatinya dengan membawa emas dan perak dan permata dan barang-barang yang berharga. Dan ia akan bertindak terhadap benteng-benteng yang diperkuat dengan pertolongan dewa asing itu. Siapa yang mengakui dewa ini akan dilimpahi kehormatan; ia akan membuat mereka menjadi berkuasa atas banyak orang dan kepada mereka akan dibagikannya tanah sebagai upah.

Tetapi, pada akhir zaman raja negeri selatan akan berperang dengan dia, dan raja negeri utara itu akan menyerbunya dengan kereta dan orang-orang berkuda dan dengan banyak kapal; dan ia akan memasuki negeri-negeri, dan menggenangi dan meliputi semuanya seperti air bah” (Dan. 11:36-45).

6. Gembala yang bodoh
Sesudah itu berfirmanlah Tuhan kepadaku: “Ambillah sekali lagi perkakas seorang gembala yang pandir!Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan di negeri ini seorang gembala yang tidak mengindahkan yang lenyap, yang tidak mencari yang hilang, yang tidak meyembuhkan yang luka, yang tidak memelihara yang sehat, melainkan memakan daging dari yang gemuk dan mencabut kuku mereka. Celakalah gembala-Ku yang pandir, yang meninggalkan domba-domba! Biarlah pedang menimpa lengannya dan menimpa mata kanannya! Biarlah lengannya kering sekering-keringnya, dan mata kanannya menjadi pudar sepudar-pudarnya!”(Zakaria 11:15-17).

7. Manusia yang akan binasa
“Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa” (2 Tes. 2:3).

8. Si pendurhaka
“Pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnakannya, kalau Ia datang kembali” (2 Tes. 2:8).

9. Penunggang kuda putih
“Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan” (Why. 6:2).

10. Binatang yang keluar dari dalam Laut
“Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan tahtanya dan kekuasaannya yang besar” (Why. 13:1-2).

Berbagai julukan tersebut hampir tidak bisa dibayangkan. Penguasa terakhir dunia adalah manusia super yang dikuasi setan.

Apa Yang Akan Antikristus Lakukan Selama Kariernya?
Karier Antikristus akan naik dan jatuh persis seperti kembang api Romawi yang dinyalakan pada hari ulang tahun kemerdekaan sebuah negara. Ia akan memulai kariernya dengan kehebohan besar dan berbicara dengan cemerlang di punck dunia politik dan ekonomi. Kemudian, ia akan naik ke puncak kekuasaaan secara mengejutkan selama tiga setengah tahun. Akhirnya, ia akan menemui ajalnya ketika hukuman Kristus membinasakannya sat kedatangan Kristus yang kedua.

Kariernya, meskipun singkat, akan dipenuhi keberhasilan yang mengejutkan dan kemunduran yang menggetarkan. Dunia tidak akan pernah melihat orang sepertinya. Meskipun kita tidak mengetahui semua yang akan terjadi ketika ia berkuasa dalam waktu singkat, Alkitab memberikan beberapa gambaran terinci mengenai aktivitasnya:

Aktivitas Antikritus
1. Ia akan muncul pada “akhir zaman” dalam sejarah Israel (Daniel 8:17).
2. Kemunculannya akan menandakan permulaan hari Tuhan (2 Tes. 2:1-3).
3. Ia belum muncul sekarang karena “sekarang masih ada yang menahan dia” (2 Tes. 2:3-7).
4. Ia akan muncul dan berkuasa melalui program perdamaian (Why. 6:2). Ia akan membuat perjanjian perdamaian dengan Israel (Dan. 9:27). Peristiwa ini akan menandakan permulaan masa kesusahan besar yang akan berlangsung selama tujuh tahun. Belakangan, ia akan menginkari perjanjian tersebut pada pertengahan tujuh tahun itu.
5. Menjelang pertengahan masa Kesusahan Besar, AntiKristus akan dibunuh dengan kejam (Why. 13:3, 12,14).
6. Ia akan “muncul dari jurang maut” (Why. 17:8).
7. Ia akan mati dan hidup kembali (Why. 11:7; 13:3, 12, 14; 17:8).
8. Seluruh dunia akan heran dan akan mengikut dia (Why. 13:3).
9. Ia akan sepenuhnya dikuasai dan diberi kuasa oleh Setan (Why. 13:2-5).
10. Ia akan membunuh tiga dari sepuluh raja dalam kekaisaran Romawi yang bersatu kembali (Dan. 7:24).
11. Raja-raja itu akan memberikan semua otoritas kepada binatang itu (Why. 17:12-13).
12. Ia akan menginvasi negeri Israel dan menajiskan bait Allah yang telah di bangun kembali (Dan. 9:27; 11:41; 12:11; Mat. 24:15; Why. 11:2).
13. Tanpa belas kasihan, ia akan mengejar dan menganiaya orang-orang Yahudi (Daniel 7:21, 25; Wahyu 12:6)
14. Ia akan menetapkan dirinya dalam bait Allah sebagai Allah (2 Tes.2:4).
15. Ia akan disembah sebagai Allah selama tiga setengah tahun ( Wahyu 13:4-8). Klaimnya bahwa ia adalah Allah akan disertai tanda-tanda heran yang dahsyat (2 Tes.2:9-12).
16. Ia akan menghujat Allah (Daniel 7:8; Wahyu 13:6).
17. Ia akan memerintah dunia dalam bidang politik, agama, dan ekonomi selama tiga setengah tahun (Wahyu 13:4-8, 16-18).
18. Ia akan dipromosikan oleh binatang kedua, yang akan memimpin dunia untuk menyembah binatang pertama (Wahyu 13:11-18).
19. Ia akan menuntut semua orang untuk menerima tandanya (666) sebelum mereka bisa membeli dan menjual (Wahyu 13:16-18).
20. Ia akan mendirikan Babel sebagai ibu kota politik dan ekonomi (Wahyu 17).
21. Ia dan sepuluh raja akan menghancurkan Babel (Wahyu 18-16).
22. Ia akan membunuh dua saksi (Musa dan Elia: Wahyu 11:7).
23. Ia akan mengumpulkan semua bangsa untuk memerangi Yerusalem (Zakharia 12:1-2; 14:1-3; Wahyu 16:16; 19;19).
24. Ia akan berperang melawan Kristus ketika Kristus kembali ke bumi dan akan menderita kekalahan total (Wahyu 19:19)
25. Ia akan dibuang kelautan api (Daniel 7:11; Wahyu 19:20).

10 Kunci Utama Mengetahui Identitas Antikristus
1. Ia tidak akan diketahui sampai terjadi pengangkatan orang-orang percaya ke surga
2. Awalnya tidak akan tampak dengan jelas dan kemudian ia akan menjadi orang yang paling terkenal di dunia sebagai pencipta perdamaian international.
3. Ia adalah pemimpin dunia yang berasal dari bangsa bukan Yahudi dan muncul dari wilayah geografis kekaisaran Romawi.
4. Ia akan berkuasa atas kekaisaran Romawi (sangat mungkin Uni Eropa) yang bersatu kembali (kekaisaran Romawi yang “najis”).
5. Ia akan membuat perjanjian damai dengan Israel yang berlangsung selama tujuh tahun. Isi perjanjian damai dengan Israel adalah menjaga keamanan Israel dari musuh-musuhnya.
6. Ia akan dibunuh dan bangkit kembali.
7. Ia akan mengingkari perjanjiannya dengan Israel pada pertengahan masa kesusahan besar dan menginvasi negara Israel.
8. Ia akan duduk di bait Allah dan mendeklarasikan dirinya sebagai Allah.
9. Ia akan menajiskan Baik Allah di Yerusalem dengan menaruh patung dirinya sendiri dalam Bait Allah itu.
10. Ia akan memerintah dunia dalam bidang politik, ekonomi, dan agama selama tiga setengah tahun.

Diadaptasi oleh Eva Susanty dari buku Who is The Antichrist oleh Dr. Mark Hitchoock.

Mark Hitchcock is a well-known proponent of Bible prophecy, a popular author who has written over twenty books on important end-times topics. He is senior pastor of Faith Bible Church located outside of Edmond, Oklahoma since 1991 and has also served as adjunct faculty member of the Dallas Theological Seminary. Mark has appeared on hundreds of radio programs and in print as well as The History Channel, MSNBC, Fox, The Glenn Beck Show, andCNN and as a guest on an NBC sci-fi special in 2009 to speak about his expertise regarding the much talked about, highly anticipated Mayan 2012 prophecy.

After graduating from law school Mark worked with a judge at the Oklahoma Court of Criminal Appeals. He soon realized God had other plans for his life and began to study at Dallas Theological Center graduating with a master’s degree in1991 and a doctoral degree in 2006.

Sumber: http://www.kristenalkitabiah.com/siapakah-antikristus-itu/

Iklan
  1. 12 Juli 2017 pukul 4:53 AM

    Menurut saya, Antikristus itu adalah masih kalimat yang misterius dan banyak menyimpan konotasi bagi orang kristen dan kata ini membuat orang tidak mau berfikir panjang dan pada akhirnya menjadi sesuatu yang menakutkan.solusinya harus ada pertanggung jawaban dari pemimpin yang memimpin suatu jemaat Kristen di masing2 gereja, apapun itu denominasinya.karena seking tidak tahunya mereka berpemahaman bahwa antikristus adalah “Tentara Jahat yang membawa perlengkapan perang lengkap dan akan datang untuk menodong, para jemaat Tuhan yang ada di Dunia.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: