Beranda > INDONESIA, ISU POPULER, Uncategorized > 100 Cuitan Said Didu tentang Masalah FREEPORT

100 Cuitan Said Didu tentang Masalah FREEPORT


Menurut SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) penjelasan dari Said Didu (Mantan Staf ESDM) soal Freeport sangat informatif. SBY menulis bahwa Said Didu memahami permasalahan dan dilema yang dihadapi pemerintah dalam menetapkan kebijakan.

Berikut ini tanggapan lengkap dari SBY :

“Saya baru membaca kultwit Pak Said Didu tentang isu divestasi saham Freeport. Penjelasan yang sangat informatif, utuh, mendidik, “fair & balanced” *SBY*”

“Pak Said Didu memahami kompleksitas permasalahan & dilema yang dihadapi setiap pemerintahan dlm menetapkan pilihan & kebijakan *SBY*”

“Pak Said Didu secara implisit juga mengatakan setiap pemerintah ingin tetapkan pilihan yang tepat & berbuat yang terbaik bagi bangsa & negaranya *SBY*”

“Karenanya, Bapak Said Didu tak mau & tak gegabah menyalahkan kebijakan pemerintah manapun, termasuk pemerintahan Pak Harto, SBY & Pak Jokowi *SBY*”

“Saya menaruh rasa hormat. Bapak Said Didu telah ambil risiko dengan “telling the truth”. Saya tahu iktikad Bapak baik. Tuhan, Allah SWT mencatatNya *SBY*”

“Pak Said Didu juga telah berikan pelajaran berharga: “Tidak selalu MEMBENARKAN yang KUAT, tetapi berani PERKUAT KEBENARAN” *SBY*”

Berikut ini 100 cuitan Said Didu yang ditulis dalam waktu 8 jam:

1. #Simalakama2. Sesuai janji saya, saya buat kultwit tentang pembelian saham PT Freeport oleh PT Inalum yang diumumkan pemerintah dan freeport tgl 21 Desember 2018. Kultwit ini merupakan lanjutan kultwit tentang freeport sebelumnya yang saya berikan hastag #simalakama.

2. #simalakama2. Kultwit saya ini saya maksudkan sebagai bahan diskusi terkait pembelian saham freeport oleh inalum – selanjutnya akan saya singkat menjadi pembelian freeport – karena saya yakin tidak semua sepaham baik yang pro maupun yang kontra terhadap pembelian freeport tsb

3. #simalakama. Seperti saya uraikan pada kultwit saya sebelumnya #simalakama bahwa keputusan apapun yang dipilih oleh pemerintah terkait freeport dipastikan akan menimbulkan kontraversi karena : 1) banyak variabel kebijakan yang multitafsir, dan 2) upaya politisasi kasus tsb

4. #simalakama2. Pada kultwit #simalakama bahwa terdapat 3 pilihan freeport : 1) hentikan kontrak dengan Mc Moran AS dan ambil alih sepenuhnya, 2) ubah kontrak jadi Izin Usaha Pertambangan Khusus dan ambil saham langsung mayoritas, 3) ubah KK menjadi IUPK dengan pengambilan saham bertahap

5. #simalakama2. Kultwit tentang freeport saya buat sebagai akumulasi pengetahuan saya selama ini terutama saat diikutkan mantan Menteri ESDM pak @sudirmansaid dalam perundingan penyelesaian freeport thn 2014-2015 yang mencapai puncaknya saat terjadinya kasus #papamintasaham

6. #simalakama2. Seperti saya uraikan sebelumnya bahwa solusi pilihan apapun yang dipilih tentang freeport hampir dapat dipastikan akan menimbulkan debat apalagi di tahun politik. Ini disebabkan karena banyak sekali wilayah abu dalam proses tersebut yang dapat digoreng secara politik

7. #simalakama2. Setelah pembelian freeport oleh inalum, terdapat minimal 6 hal yang menjadi topik diskusi : 1) kenapa harus dibeli, 2) kenapa baru sekarang, 3) kenapa harganya harus sebesar itu, 4) kenapa harus utang dari LN, 5) bagaimana penyelesaian masalah lingkungan, 6) pengelolaan

8. #simalkama2. Kenapa harus dibeli ? Ada 2 penafsiran tentang hal ini. Pihak 1 menyatakan bahwa sebaiknya tunggu saja kontrak habis thn 2021 maka akan kembali ke pemerintah secara gratis. Pihak kedua lain berpendapat bahwa karena sesuai kontrak maka tidak bisa diperoleh gratis

9. #simalakama2. Pihak yang berpendapat bahwa setelah habis kontrak 2021 bisa diperoleh gratis antara lain Bang @RamliRizal dan pak @FaisalBasri smtr yang berpendapat bahwa walau habis kontrak 2021 tidak bisa otomatis diperoleh scr gratis adalah pemerintah, saya sendiri dan prof @mohmahfudmd

10. #simalakama. Awalnya prof @mohmahfudmd juga berpendapat bahwa perundingan yang dilakukan pak @sudirmansaid utk mengubah KK menjadi IIPK adlh permainan utk mendapatkan sesuatu karena bisa diperoleh secara gratis stkh 2021. Saat itu saya atur pertemuan pak MMD dengan pak SS akhirnya clear

11. #simalakama2. Lewat kultwit prof @mohmahfudmd sudah menjelaskan hal tersebut dan saya nyatakan bahwa penjelasan tersebut benar karena saya saksi sejarahnya. Saat perundingan tersebut tekanan sangat tinggi termasuk arahan2 dari atasan pak @sudirmansaid yang kadang berubah

12. #simalakama2. Puncak dari kerasnya kepentingan di freeport terbukti saat kami menemukan rekaman pembicaaraan antara SN, RCH, dan Dirut Freeport yang seakan SN (Setya Novanto) dan RCH bisa mengatur keputusan tentang freeport sesuai keinginan mereka dengan berbagai imbalan – kasus papa minta saham

13. #simalakama2. Alasan yang digunakan oleh pihak yang menyatakan bahwa sebenarnya freeport bisa diperoleh secara gratis setelah kontrak habis adalah : 1) bahwa otomatis setelah 2021 kembali ke indonesia spt Migas, dan 2) bahwa seperti kontrak tambang lain kontraknya tidak perlu diperpanjang

14. #simalakama2. Alasan tersebut tidak salah jika kontrak karya freeport dengan pemerintah Indonesia yang ditandatangani 1991 tidak mecantumkan klausul yang berikan keamanan investasi bagi freeport Mc Moran di Papua. Saya coba pahami posisi pemerintah saat itu memberikan jaminan investasi

15. #simalakama. Saat berunding dengan freeport saya banyak diskusi dengan Bob Hasan yang paham latar belakang Kontrak Karya generasi I 1967 – 1991 dan pak Ginanjar yang menandatangani kontrak generasi II thn 1991 – 2021. Rasionalitas saya menyatakan bahwa kedua kontrak tsb cocok pada masanya

16. #simalakama. Dalam kontrak karya generasi II tercantum : 1) bahwa pihak freeport berhak meminta perpanjangan kobtrak 2×10 thn setelah kontrak habis, 2) pemerintah tidak bisa menghalangi tanpa alasan rasional, 3) kontrak hanya tunduk pada UU yang sdh berlaku saat kontrak ditandatangani

18. #simalakama. Atas dasar butir 18 dan posisi Kontrak Karya Freeport dengan pemerintah Indonesia thn 1991 “setara” dengan UU karena mendapatkan persetujuan dari DPR menjadikan alternatif penyelesaian kontrak setelah 2021 menjadi terbatas kecuali kita siap berperkara di Arbitrase

19. #simalkama2. Ada pihak dengan semangat menyatakan kita hadapi aja di Arbitrase. Saya katakan ide tsb cocok disampaikan di bangku kuliah dan pasti dengan mudah dikatakan bagi pihak yang belum tahu secara rinci permasalahan jika freeport berhenti beroperasi.

20. #simalakama2. Jika terjadi kasus arbitrase maka operasional tambang freeport berhenti. Jika berhenti sekitar sebulan saja maka perkiraan saya freeport sangat sulit atau tidak mungkin lagi dibuka dan dioperasikan selamanya karena ada persoalan teknis dan non teknis muncul

21. #simalakama2. Masalah non teknis adalah kemungkinan “diambilalihnya” tambang oleh suku2 Papua yang merasa berhak dan kemungkinan masuknya OPM menguasai lokasi. Masalah teknisnya bahwa terowongan tambang yang panjangnya sdh sktr 600 km akan runtuh karena tidak dipelihara lagi

22. #simalakama. Selain itu jika freeport berhenti operasi maka ekonomi Papua diperkirkan akan menghadapi masalah serius karena peran freeport thdp ekonomi papua sangat dominan. Jika ini terjadi dikhawatirkan akan terjadi gejolak sosial yang membuat masalah makin rumit

23. #simalakama. Atas pertimbangan : 1) hukum (kontrak karya), 2) realiras lapangan pengelolaan tambang, 3) stabilitas sosial ekonomi papua maka saat itu kami bersama pak @sudirmansaid bersikap bahwa solusi efektif keberlanjutan kontrak freeport adalah melalui perundingan

24. #simalakama2. Salah satu landasan perundingan yang digunakan adlh MOU antara pemerintah dengan Freeport yang dibuat saat pemerinrahan Pak SBY. Mou tersebut intinya bahwa freeport wajib memenuhi 17 butir permintaan pemerintah dan pemda papua jika ingin membahas tindak lanjut kontrak

25. #simalakama2. Jadi adalah tidak benar isu yang dikembangkan oleh pihak yang tidak paham seakan presiden @SBYudhoyono memperpanjang kontrak freeport. MOU itu adlh peta jalan untuk pembahasan proses perundingan utk membahas kontrak yang akan habis thn 2021. Kenapa SBY melakukan itu?

26. #simalakama. MOU itu dibuat karena 2 hal : 1) sebagai peta jalan utk pelaksanaan UU Minerba oleh freeport, termasuk pembangunan smelter, dan 2) peta jalan perundingan tindak lanjut kontrak, 3) sbg pegangan kepastian freeport yang akab investasi sktr $ 20 milyar utk tambang dan smelter

27. #simalakama2. Sesuai uraian saya bada butir 26, sebagai yang paham tentang kebijakan publik – rasionalitas obyektif saya menyatakan MOU tsb adalah benar – kecuali yang mau menggoreng secara politik atau kepentingan subyektif bisa saja membelokkan substansi MOU tsb

28. #simalakama. Dalam MOU tsb sama sekali tidak ada arahan apakah kontrak akan diperpanjang atau tidak dan kalau diperpanjang akan seperti apa. Yang ada adalah kewajiban freeport yang harus dipenuhi jika ingin membahas perpanjangan kontrak tahun 2019 (2 tahun sblm kontrak berakhir)

29. #simalakama2. Beberapa hal penting dalam MOU tsb antara lain : 1) divestasi saham, 2) pembangunan smelter, 3) peningkatan pendapatan negara dan daerah, 4) peningkatan penggunaan produk dalam negeri, 5) peningkatan alih teknologi

30. #simalakama2. Terhadap kemungkinan arbitrase jika keputusan pemerintah adalah tidak mau berunding solusi kontrak yang berakhir 2021 dikemukakan berkali2 oleh pihak freeport bahkan (kalau tidak salah) sdh pernah mengirim aduan ke Arbitrase tentang hal ini. Kita hadapi saja ?

31. #simalakama. Banyak pihak yang dengan “semangat nasionalisme” berpendapat bahwa kita hadapi saja. Saya katakan jika lewat jalur arbitrase maka yang terjadi adalah “menang jadi arang dan kalah jadi abu”. Nasionalisme saya adalah bahwa tambang tsb harus memberikan manfaat buat rakyat

32. #simalakama2. Atas uraian bagian pertama yang terkait akhiri kontrak vs beli saham saya katakan bahwa solusi realistis adalah melanjutkan kerjasama dengan freeport agar tambang tidak berhenti beroperasi – bukan menghentikan kontrak. Thdp kenapa hrs beli saham akan dibahas tersendiri

33. #simalakama2. Sampai butir 32, dari 6 point isu yang akan saya bahas, saya sdh coba uraikan kenapa kita pilih jalan berunding dengan freeport dan bukan jalan putuskan kontrak. Butir selanjunya adalah kenapa baru sekarang dilaksanakan ?

34. #simalakama2. Pernyataan bombastis yang muncul menyatakan bahwa karena pemerintahan sebelumnya tidak mampu. Pernyataan ini saya katakan pernyataan overdosis secara politik. Karena tidak seoenuhnya demikian. Bahkan jika pernyataan overdosis ini berlanjut akan muncul pernyataan kontra

35. #simalakama2. Pernyataan kontra thdp pernyataan bahwa pemerintahan sebelumnya sdh muncul juga bahwa bisa saja jika pemerintahan lain bukan beli atau kalaupun beli tidak dengan utang LN tapi dengan cara spt saat pemerintahan @SBYudhoyono membeli inalum lewat APBN shg langsung jadi BUMN

36. #simalakama2. Atas pro kontra tsb dari awal saya sudah mengingatkan bahwa penyelesaian freeport sebaiknya mengurangi bobot politik karena sangat banyak variabel yang sangat debatatable scr politik. Dan jika ini terjadi maka yang akan muncul adalah meningkatnya resiko bisnis freeport

37. #simalakama2. Uraian saya selanjutnya mencoba tidak terpengaruh thdp pro-kontra tsb. Tapi menguraikan kenapa proses tsb baru bisa terjadi sekarang. Apakah kebijakan pemerintah membeli dengan harga sebesar itu dan lewat utang LN akan saya bahas tersendiri

38. #simalakama2. Kontrak Karya Generasi I (1967-1991) terkesan menguntungkan freeport. Saya memahami kebijakan tsb adalah tepat saat itu karena Irian Jaya baru bergabung dengan RI dan ada investor yang berani masuk adalah suatu yang diperlukan agar ekonomi Papua bisa sgr berjalan.

39. #simalakama2. Kontrak Karya generasi II (1991 – 2021) dibuat karena pihak freeport menemukan cadangan baru yang sangat besar namun dibutuhkan inbestasi yang juga sangat besar karena lokasinya sktr 2.000 meter di bawah tanah dan butuh teknologi baru shg butuh jaminan investasi

40. #simalakama2. Saat itu Indonesia blm siap mengelola tambang tsb tapi Indonesia inginkan agar suatu saat tambang freeport dikuasai dan dikelola oleh Indonesia. KK generasi II mencoba akomodir 2 hal tsb : 1) investasi berpanjut, dan 2) diambil alih scr bertahap

41. #simalakama2. Selain itu juga peningkatan pendapatan negara dan daerah. Sehingga pada KK generasi II memuat 3 hal pokok : 1) jaminan keamanan investasi, 2) mekanisme pengambilalihan secara bertahap lewat divestasi, 3) peingkatan pendapatan negara dan manfaat bagi daerah

42. #simalakama2. Artinya sejak KK generasi II sdh ada peta jalan utk mengambil alih pengelolaan dari freeport dilanjutkan dengan MOU lebih rinci pada saat pemerintahan @SBYudhoyono sbg butir2 peta jalan utk pembahasan kontrak yang akan habis 2021 sbg pelaksanaan UU Minerba

43. #simalakama2. Pasti muncul pertanyaan ngapai pemerintahan @SBYudhoyono buat MOU. Mnrt saya ini bentuk kewajiban pemerintah melaksanakan UU dalam hal ini UU Minerba yang ditetapkan thn 2009. Apakah pemerintah selanjutnya gunakan MOU tsb – terserah pem berikutnya. Ini biasa saja

44. #simalakama2. Salah satu yang memicu kenapa diperlukan percepatan pembahasan kepastian keberlanjutan operasi freeport karena diperhitungkan 2017 tambang atas tanah habis dan jika tambang bawah tanah terlambat investasi maka operasi tambang freeport akan stagnan selama 2 tahun.

45. #simalakama2. Hal yang dikhawatirkan adalah jika operasional tambang freeport berhenti sementara maka akan terkadi PHK, ekonomi papua terganggu, dan potensial terjadi gejolak sosial di Papua, termasuk pengurangan pelayanab dan sumbangsih freeport ke masyarakat papua

44. #simalakama2. Atas pertimbangan butir 43 tsb, maka atas persetujuan presiden @jokowi, menteri ESDM @sudirmansaid melakukan perundingan dengan freeport yang sebagian berbasis pada MOU pemerintahan presiden @SBYudhoyono karena MOU tsb masih sejalan dengan kbjkn pemerintahan @jokowi

45. #simalakama. Perundingan baru pada tahap untuk memenuhi isi MOU, termasuk divestasi saham dan sdh mau masuk rincian bagaimana cara divestasi tapi datanglah genderuwo yang ingin mengambil manfaat dr proses tsb yang mengatasnamakan presiden @jokowi yang dikenal kasus #papamintasaham

46. #simalakama2. Artinya kenapa baru bisa dilakukan sekarang karena 5 hal : 1) kontrak akan habis, 2) pelaksanaan UU Minerba, 3) freeport berkenan jual saham, 4) inalum sdh dimiliki Indonesia yang mau dan mampu cari utang untuk membeli, dan 5) dukungan kebijakan pemerintah

47. #simalakama. Fakta butir 46 menunjukkan bahwa siapapun presidennya saat ini proses thdp freeport akan terjadi karena dlm rangka pelaksanaan UU Minerba dan akan berakhirnya Kontrak Karya generasi II. Justru kalau terjadi overdosis pernyataan prestasi politik maka timbul pro-kontra

48. #simalakama2. Pro-kontra yang bisa muncul karena pernyataan politik overdosis, al : 1) sesuai UU Minerba bahwa pembahasan perpanjangan kontra baru bisa dilakukan 2 thn sblm kontrak habis, artinya 2019 – bukan sekarang, dan 2) mekanisme divestasi yang dipilih – dibeli dari utang

49. #simalakama2. Alasan ini pernah disampaikan ke media oleh Bpk Presiden @jokowi bahwa pembahasan tindak lanjut freeport baru dilakukan 2019 dan pernah digunakan oleh Pak Luhut meminta agar perundingan dengan freeport olh pak @sudirmansaid ditunda sampai 2019. Kenapa dilakukan skrg ?

50. #simalakama2. Saya berharap agar debat penafsiran demi politik dikurangi. Saya paham dasar hukum yang bisa digunkan kenapa pembahasan kontra bisa dilakukan sblm 2019 tapi lebih baik saya tidak buka karena nanti dianggap memihak. Silakan publik perdebatkan butir 47 – 49 tsb

51. #simalakama2. Proposal mekanisme divestasi yang disiapkan pak @sudirmansaid dan Tim tahun 2015 sebenarnya berbeda dengan mekanisme yang dipilih saat ini tapi saya pilih tidak kemukakan di sini karena saya percaya bahwa mekanisme yang dipilih pemerintah saat ini pasti punya alasan yang kuat

52. #simalakama2. Kesimpulan dari isu bahwa kenapa baru sekarang terjadi divestasi karena : 1) pelaksanaan UU dan kondisi yang memungkinkan – siapapun pemerintahannya, 2) bahwa kesepakatan yang terjadi, termasuk membeli saham merupakan topik yang pasti akan timbul pro-kontra. Biasa saja !!

53. #simalakama2. Setelah saya bahas sub topik : 1) kenapa harus dibeli, dan 2) kenapa baru saat ini dilakukan, skarena saya akan bahas kenapa harga pembelian sebesar itu dan apakah uang tsb memang utk beli saham atau membayar Rio Tinto ?

54. #simalakama2. Pro-kontra yang sangat keras tentang besaran harga adalah : 1) kenapa mahal mencapai Rp 56 trilyun utk harga sktr 42 % saham, dan 2) kenapa milik sendiri kok dibeli ?

55. #simalakama2. Setelah pemerintah pilih mekanisme divestasi yang dipilih adlh saham dibeli oleh BUMN Inalum tmsk Pemda – bukan dibeli pemerintah seperti pembelian inalum yang dilakukan oleh pemerintahan @SBYudhoyono melalui APBN – maka semua proses adlh mekanisme korporasi

56. #simalakama2. Karena mekanismenya adalah mekanisme korporasi maka seluruh perhitungan harga dan mekanisme pembayaran adlh mekanisme korporasi, termasuk cara menghitung nilai saham dipastikan menggunakan standar intermasional. Yang salah jika dlm prosesnya ada penumpang gelap

57. #simalakama2. Saya percaya bahwa pak @BudiGSadikin sebagai pimpinan perunding adalah seorang profesinal yang saya yakin mengikuti kaidah2 profesional. Atas kemampuan pak @IgnasiusJonan mencari celah perundingan saya juga yakin bahwa sdh memilih pilihan terbaik dari pilihan yang sulit

58. #simalakama2. Saya tidak akan bahas lebih panjang tentang harga tsb karena pihak @INALUM_Official sdh jelaskan secara rinci harga sebesar itu. Silakan publik diskusi sesuai penjelasan tsb. Sikap saya bahwa sampai tidak terbukti ada yang terbaik saya amggap uraian @INALUM_Official rasional

59. #simalakama2. Pertanayaan selanjutnya apakah pembayaran tsb beli saham atau beli PI Rio Tinto ?

60. #simalakama2. Adanya hak PT Rio Tinto bersumber dari “pinjaman” modal investasi kepasa freeport yang dibayar lewat hak pengambilan sebagian produk freeport untuk dijual oleh Rio Tinto. Sederhananya freeport menggadaikan produk tambang freeport ke Rio Tinto. Itu saja

61. #simalakama2. Perlu diingat bahwa masalah Rio Tinto muncul saat tercapai kesepakatan bahwa freeport setuju menjual sahamnya secara mayoritas ke pihak Indonesia dan Rio Tinto menemui pemerintah Indonesia bahwa dia punya “hak gadai” di freeport dan meminta dicarikan solusi

62. #Simalakama2. Saya tidak pernah membaca solusi ini secara terbuka tapi saya bisa menduga bahwa pemerintah meminta agar freeport membebaskan “hak gadai” Rio Tinto dengan cara mengembalikan atau membayar utang Freeport ke Rio Tinto. Perkiraan saya spt itu

63. #simalakama2. Artinya yang terjadi adlh Freeport Mc Moran menerima pembayaran dari PT Inalum dan sebagian digunakan untuk membayar Rio Tinto. Berapa besarnya ? Itu urusan internal Freeport Mc Moran dengan Rio Tinto. Terpenting bahwa skrg Freeport sdh bebas dari “hak gadai” Rio Tinto

64. #simalakama2. Terhadap isu bahwa punya kita kok dibeli sendiri. Pernyataan ini valid jika tambang freeport tidak terikat dengan Kontrak yang sdh saya jelaskan sebelumnya serta sistem kontraknya adalah menggunakan kontrak migas.

65. #simalakama. Perbedaan utama kontrak tambang dengan migas antara lain : 1) status asset, 2) kepemilikan produk, 3) hak atas cadangan yang ada, 4) penyelesaian saat akhir kontrak. Ini perlu dijelaskan agar tidak keliru dalam membahas

66. #simalakama. Status asset di migas bahwa semua asset – termasuk sendok makan pun – di migas adalah milik negara karena dibayar negara lewat cost recovery sementara asset di kontrak tambang semuanya adalah milik kontraktor. Shg kalau asset di tambang mau diambil harus dibayar

67. #simalakama2. Kepemilikan produk di migas langsung terbagi antara milik kontraktor dan milik negara sesuai kontrak. Sementara semua produk tambang adalah milik kontraktor. Kontraktor membayar ke negara lewat pembayaran royalti dan penerimaan lainnya.

68. #simalakama2. Hak atas cadangan yang ada bagi kontraktor migas hanya berhak thdp prosentase produk sesuai kontrak sampai masa kontrak habis, sementara di Tambang semua cadangan menjadi hak kontraktor sampai masa kontrak habis atau cadangan habis

69. #simalakama2. Penyelesaian di akhir kontrak utk Migas maka semua asset dan cadangan diambil negara secara gratis karena sdh dibayar ke kontraktor lewat mekanisme cost recovery sementara tambang, kecuali cadsngan maka semua asset tetap milik kontraktor. Kalau mau ambil ya dibeli

70. #simalakama2. Kesimpulan sub bahasan kok harganya saham adalah bahwa menurut saya itu adalah hasil perhitungan berbasis kaidah2 profesional dan sesuai aturan tidak benar membeli punya sendiri. Silakan perdebatkan dengan kaidah profesional mekanisme korporasi kecuali ada penyimpangan

71. #simalakama2. Setelah membahas : 1) kenapa harus beli, 2) kenapa baru sekarang, dan 3) kenapa harganya Rp 56 trilyun, butir selanjutnya saya coba membahas kenapa harus utang dari Luar Negeri.

72. #simalakama2. Pro-kontra tajam thdp isu ini adalah : 1) kenapa harus utang dari LN, 2) kenapa gunakan global bond, 3) apkh tingkat bunganya rasional, 4) apkh tidak terjadi bahwa global bond tsb dibeli lagi oleh pemilik freeport yang lama, dan 5) apkh dengan utang sah kita sdh memiliki?

73. #simalakama2. Saya coba memahami kenapa pemerintah meminta Inalum mencari pinjaman dollar dari LN utk membeli saham freeport karena saat itu nilai kurs rupiah sedang melemah, jika inalum mencari pinjaman dollar dr dlm negeri maka permintaan dollar naik – nilai tukar akan melemah

74. #simalakama2. Pilihan kebijakan tersebut memang bagaikan buah #simalakama juga. Jika gunakan pinjaman dalam negeri akan membuat nilai tukar melemah dan jika gunakan pinjaman luar negeri pasti memunculkan banyak pertanyaan spt uraian pada butir sebelumnya

75. #simalakama2. Alasan gunakan global bond mungkin karena kalau gunakan pinjaman Bank LN prosesnya panjang dan butuh jaminan ril asset inalum yang mungkin tidak cukup. Saya tidak bahas panjang tentang hal ini karena saya yakin pak @BudiGSadikin sbg mantan Dirut Mandiri sdh pertimbangkab semua

76. #simalakama2. Thdo pertanyaan apkh pemilik lama bisa jd pemilik global bond yang dipinjam oleh PT Inalum, scr teori bisa tp secara hukum tidak bisa mempengaruhi komposisi suara dalam proses pengambilan keputilusan dalam korporasi. Keputusan tetap sesuai proporsi kepemilikan saham

77.#simalakama2. Apakah dengan utang kepemilikan sudah sah ? Secara hukum sudah sah bahwa saat ini komposisi kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia adlh : 1) Freeport McMoran sktr 49 %, 2) PT Inalum sktr 32 %, 3) BUMD Pemda (dititip di Inalum) 10 %, dan 4) pemerintah sktr 9 %

78. #simalakama2. Kesimpulan dari sub bahasan kenapa harus utang dari LN adlh bahwa kondisi ekonomi nasional dan kondisi obyektif PT Inalum mengharuskan mencari utang dari LN dengan global Bond. Masalah ini silakan didiskusikan secara obyektif dan non politik

79. #simalakama2. Setelah bahas tentang : 1) kenapa harus dibeli, 2) kenapa baru sekarang, 3) kenapa harganya sbsr itu, 4) kenapa hrs utang ke LN skrg saya akan coba bahas tentang tanggung jawab lingkungan dan kepastian perpajakan.

80. #simalakama2. Isu yang menonjol tentang hal ini adlh adanya hasil perhitungan ahli lingkungan yang “diamini” oleh @bpkri bahwa tjd kerusakan ekosistem akibat pembuangan limbah B3 olh freeport yang nilainya sktr Rp 185 trilyun. Walau dlm pernyataan akhir BPK bahwa itu bkn kerugian negara

81. #simalakama2. Saya perkirakan isu ini akan terus berlanjut karena solusi kebijakan memghilangkan kewajiban tsb terjadi mendekati target penyelesaian divestasi. Saya tidak membahas lebih lanjut mslh ini karena pengetahuan saya tentang hukum lingkungan terbatas. Silakan pihak lain bahas

82. #simalakama2. Saya sdh bbrp kali mengunjungi freeport, termasuk ke pengelolaan limbah. Dimasukkannya limbah tailing dengan status B3 bkn karena termasuk limbah kimia berbahaya tapi karena jumlahnya yang sagat besar mencapai sktr 150.000 – 200.000 ton per hari !!!

83. #simalakama2. Dengan kepemilikan saham pihak Indonesia sktr 51 % maka tanggung jawab perbaikan pengelolaan limbah ke depan (mungkin termasuk perbaikan kerusakan sebelumnya) secara logika menjadi tanggung jawab korporasi secara proporsional sesuai proporsi kepemilikan saham

84. #simalakama2. Pihak freeport McMoran bisa menghindar dari sanksi lingkungan karena dalam kontrak karya berbunyi bahwa kedua belah pihak hanya mengakui hukum yang sdh berlaku saat kontrak ditandarangani thn 1991 sementara UU Lingkungan sepengetahuan saya disahkan setelah thn 1991

85. #Simalakama2. Terkait pemberian jaminan kepastian pajak tetap dengan istilah “nail down” sampai 2041, diskusi yang muncul adalah apa hak pemerintah skrg memberikan jaminan tsb sementara bisa saja pemerintahan berikutnya mengubah (bisa naik atau bisa turun).

86. #simalakama2. Dari dulu pihak freeport meminta jaminan ini demi kepastian investasi karena investasi tambang bawah tanah dan smelter sangat besar, resiko tinggi, marjin kecil dan pengembalian lama shg sangat sensitif dengan besaran pajak. Secara rasional saya memahami pemberian ini

87. #simalakama2. Walau secara rasional obyektif bahwa pemberian kepastian pajak selama kontrak adala baik namun jika dibahas secara politik dipastikan akan selalu ada celah utk diperdebatkan. Monggo saja

88. #simalakama2. Kesimpulan sub bahasan tentang lingkungan dan jaminan pajak tetap bahwa kbjkn tsb scr obyektif dan rasional dapat dipahami namun secara politik tetap terbuka bisa diperdebatkan, apalagi tentang lingkungan karena terlihat perubahan arah mendadak saat mendekati kpts divestasi

89. #Simalakama2. setelah bahas sub topik : 1) knp dibeli, 2) knp baru skrg, 3) kenapa harganya sbsr itu, 4) knp utang dari LN, 5) bgmn isu lingkungan dan pajak maka butir2 ulasan ke depan adalah bagaimana sebaiknya pengelolaan PT Freeport ke depan.

90. #simalakama2. Spt diketahui bahwa sjk 21 Desember 2018 komposisi kepemilikan saham PT Freeport :
1) Freeport McMooran sktr 49 %
2) PT Inalum sktr 32 %
3) BUMD Papua 10 %
4) pemerintah pusat skt 9 %.
Secara undang2 PT Jika pihak Indonesia bersatu maka menjadi saham pengendali

91. #simalakama2. Isu yang diperdebatkan terkait hal ini adalah kenapa Freeport McMoran yang memiliki saham lbh rendah dari slrh saham pihak Indonesia (sktr 49 %) jadu pengendali PT Freeport ? Inj tergambar dari susunan Komisaris dan Direksi. Komut dan Dirut dari Freeport McMoran

92. #Simalakama2. Permintaan tersebut sejak dulu jadi persyaratan yang diminta oleh pihak freeport bahwa walaupun dia minoritas tetap minta sbg pengendali dan sepertinya pemerintah memenuhi permintaan tersebut. Apakah itu melanggar UU ?

93. #simalakama2. Alasan yang digunakan oleh Freeport McMoran sbg pengendali adlh keamanan investasi dari intervensi politik. Selama ada dalam perjanjian induk pemegang saham mk bisa saja saham minoritas sbg pengendali. Ini pernah terjadi saat Cemex mengendalikan SI walau minoritas

94. #Simalakama2. Saya termasuk yang setuju pengendali operasional dipegang oleh mrk karena saya khawatir jika dikendalikan oleh PT Inalum selain mslh penguasaan teknologi juga menjadi rawan intervensi kekuasaan ke bisnis freeport. Saya paham betul bahaya ini tp blm saatnya saya buka

95. #simalakama2. Melihat komposisi Komisaris dan Direksi PT Freeport yang baru, dari yang saya kenal spt @BudiGSadikin (komisaris), Amin Sunaryadi (Wakomut – mantan pimpinan KPK) dan pak Orias (Wadirut) adalah orang profesional. Smg mereka tetap di jalan yang lurus

96. #simalakama2. Saat ini freeport menghadapi agenda investasi yang sangat besar berupa investasi tambang bawah tanah dan investasi pembangunan smelter. Diperkiranak freeport akan menambah utang ratusan trilyun rupiah utk kedua investasi tsb

97. #simalakama2. Saya berharap pimpinan freeport berani membersihkan benalu di freeport yang masih ada jika tidak mau berubah dan juga berani melawan model2 spt papa minta saham dalam investasi freeport ke depan, termasuk teman papa yang msh cawe2 dlm rencana pembangunan smelter dll

98. #Simalakama2. Hal lai yang perlu diwaspadai adalah pemburu rente dari pihak yang memberikan sumber pinjaman serta sumber teknologi. Tetaplah konsisten utk meningkatkan pendapatan negara dan daerah, penggunaan produk dalam negeri, dan penggunaan SDM dalam negeri

99. #simalakama2. Saya berharap agar pimpinan freeport yang baru segera menyampaikan secara terbuka kepada pemda dan masyarakat Papua realitas perubahan dan perubahan manfaat secara realistis agar harapan mereka tidak melebihi yang sebenarnya akan terjadi. Ini agenda penting

100. #simalakama2. Alhamdulillah setelah hampir 8 jam sdh selesai kultwit tentang freeport dengan 7 sub issu mulai dari kenapa harus dibeli sampai pengelolaan ke depan. Ini skdr bagi pengetahuan utk bhn diskusi.
Kbjkn apapun yang dipilih hanya dengan cara City yang akan jamin kesuksesan ke depan,” tulis Said Didu.

Sumber: http://bogor.tribunnews.com/amp/2018/12/28/sby-respon-said-didu-soal-freeport-tidak-gegabah-menyalahkan-pemerintah-pak-harto-sby-dan-jokowi?page=all

Iklan
  1. DAVIS WILSON
    18 April 2019 pukul 8:10 AM

    Căutați un creditor veritabil de împrumut? esti la locul potrivit pentru solutiile tale de credit chiar aici! Sunt creditor privat care oferă împrumuturi pentru oportunități de viață. Aveți nevoie de un împrumut de consolidare sau de ipotecă? Nu te uita mai mult pentru că suntem aici pentru a face toate problemele tale financiare un trecut. Împrumuturile acordate persoanelor fizice care au nevoie de asistență financiară, care au un credit rău sau au nevoie de bani pentru a plăti facturile, să investească în afaceri la o rată de 5%. Vreau să utilizez acest mediu pentru a vă informa că oferim asistență și destinatar fiabil și că vom fi dispuși să oferim împrumuturi. Deci, contactați-ne astăzi prin e-mail la:
    vă rugăm să ne contactați prin e-mail prin: wilsondavis816@gmail.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: