Beranda > BUKU, Uncategorized > 15 Hukum Pertumbuhan Yang Tak Ternilai

15 Hukum Pertumbuhan Yang Tak Ternilai


15 Hukum Pertumbuhan yang Tak Ternilai

Shopee_dbbeb83370076f01a94edef2e109dc49

Menurut John C. Maxwell dalam bukunya The 15 Invaluable Laws of Growth, kebahagiaan Anda bergantung kepada pencapaian potensial Anda secara penuh. Seorang pembicara dan penulis terkenal bernama Florence Littauer menulis tentang ambisi ayahnya yang gagal untuk menjadi seorang penyanyi. Littauer menulis, ayahnya “meninggal dengan musik masih tertinggal dalam dirinya.”

Ilustrasi yang diberikannya ini menyakitkan, namun mengandung peringatan yang sangat penting: jangan mengakhiri hidup Anda tanpa mewujudkan passion Anda. Demi mewujudkan tujuan dan kebahagiaan Anda, Anda harus bertumbuh dengan mengembangkan karakter Anda, kesadaran diri Anda, keterampilan dan talenta Anda, hubungan-hubungan Anda dan spiritualitas Anda.

Mengikuti 15 hukum pertumbuhan akan dapat menolong Anda. Pelajari hukum-hukum ini. Terapkan dalam hidup Anda dan lakukan sedikit perubahan setiap hari.

1. Hukum Kesengajaan.
Pertumbuhan pribadi tidak terjadi secara otomatis. Anda harus dengan sengaja mengusahakannya dan belajar terus menerus tanpa menunggu waktu atau motivasi yang sempurna untuk memulainya. Ambillah tindakan hari ini juga. Jangan takut berbuat salah.

2. Hukum Kesadaran. Anda perlu mengenali diri Anda dan mengerti apa yang ingin Anda lakukan atau capai dalam hidup ini. Hal ini menuntut Anda untuk mengeksplorasi diri Anda.

3. Hukum Cermin
Banyak orang memiliki penghargaan diri yang rendah sehingga tidak berani mencoba apa-apa. Jika ini menjadi masalah Anda, Anda perlu memperbaiki citra diri Anda, berbicara positif dengan diri Anda sendiri. Jangan mengecilkan hati Anda sendiri.

4. Hukum Refleksi
Untuk dapat bertumbuh, Anda memerlukan waktu untuk berhenti sejenak dan merenung. Ambillah waktu untuk merenungkan apa-apa saja yang Anda pelajari dari pengalaman Anda.

5. Hukum Konsistensi
Jika Anda tidak disiplin, maka semua motivasi lain di dalam dunia ini tidak akan bisa menolong Anda. Agar Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk bertumbuh, Anda perlu disiplin.

6. Hukum Lingkungan
Lingkungan kita bisa menentukan pertumbuhan kita. Selidiki lingkungan kita, apakah ada hal-hal yang menghalangi pertumbuhan Anda. Jika perlu, carilah tempat baru yang akan mendukung pertumbuhan Anda.

7. Hukum Desain 
Anda perlu menganggap pertumbuhan pribadi sebagai misi yang harus dikerjakan dengan serius. Bersikaplah proaktif dalam hidup Anda dalam area-area dimana Anda ingin bertumbuh.

8. Hukum Kesulitan
Memang kesulitan-kesulitan hidup itu tidak enak. Tetapi Anda dapat belajar dan bertumbuh melalui pengalaman-pengalaman yang menyakitkan. Jangan mengasihani diri sendiri. Ubahlah setiap kesulitan menjadi kesempatan bagi Anda untuk belajar.

9. Hukum Tangga
Bayangkanlah diri Anda sedang menaiki sebagai tangga. Orang yang naik tangga yang tidak seimbang, atau bagian bawahnya tidak rata, maka orang tersebut sedang menempatkan dirinya dalam hal yang berbahaya. Semakin ke atas, semakin goyang tangganya sehingga makin berbahaya. Demikian pula ketika Anda meningkatkan diri Anda. Anda perlu memperhatikan karakter Anda.

10. Hukum Karet Gelang
Bersiaplah untuk keluar dari zona nyaman Anda dan meregangkan diri Anda seperti sebuah karet gelang. Ini termasuk juga melakukan perubahan, dan kadang-kadang dapat terasa menyakitkan.

11. Hukum Pengorbanan
Pertumbuhan pribadi juga melibatkan pengorbanan. Untuk mencapai potensi Anda sepenuhnya, Anda harus mau mengorbankan sebagian dari hidup Anda.

12. Hukum Rasa Ingin Tahu
Anda harus memiliki rasa ingin tahu dan ingin terus belajar agar Anda dapat bertumbuh. Semakin Anda ingin tahu, semakin Anda belajar banyak, dan semakin Anda bertumbuh. Untuk mendapatkan rasa ingin tahu yang besar, tempatkan diri Anda dalam kondisi selalu sebagai pemula, bukan ahli. Dengan demikian, Anda akan makin belajar.

13. Hukum Bimbingan
Pertumbuhan pribadi akan terjadi dengan lebih mudah jika Anda memiliki orang yang membimbing Anda. Carilah mentor yang bisa membantu Anda dan memberi Anda nasihat dalam setiap langkah.

14. Hukum Ekspansi
Apa pun yang Anda telah lakukan, apa pun yang Anda telah capai, Anda dapat melakukan lebih lagi. Ada pendapat yang berkata bahwa seseorang hanya menggunakan 10% saja dari potensi mereka.

15. Hukum Kontribusi
Hidup Anda tidak boleh berpusat pada pertumbuhan diri Anda saja. Anda perlu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan orang-orang di sekitar Anda juga. Berikan kontribusi yang berarti bagi mereka, maka Anda akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan.

Berdasarkan buku John C. Maxwell, The 15 Invaluable Laws of Growth.

 

Miliki buku bahasa Indonesianya dengan cara klik link ini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: