Beranda > BERITA, TOKOH > dr Wendell G Geary: Pejuang Iman & Misi Kesehatan

dr Wendell G Geary: Pejuang Iman & Misi Kesehatan


BENGKAYANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Bethesda Serukam Bengkayang berduka atas meninggalnya founder RSU Bethesda Serukam dr Wendell G Geary dalam usia 84 tahun di Minnesota, USA. Ia meninggalkan seorang istri yaitu Marjore Ann Geary dan 2 anak, cucu serta cicit.

dr. Wendell G Geary lahir pada 22 Oct 1935 dan meninggal 12 Desember 2019 waktu USA di rumah anak keduanya di St Paul, Minnesota karena masalah gangguan kesehatan pulmonary edema (infeksi paru-paru) yang telah hampir tiga tahun diderita.

“Beliau sempat dirawat di RS di St Paul tanggal 13 hingga 20 November 2019 dan melanjutkan perawatan di rumah dengan program hospice,” kata Sekretaris Pengurus Yayasan Bethesda Serukam, Fransiskus Yanto, Jumat (13/12/2019).

Ia memanggil dr. Wendell G Geary dengan sebutan Opa Geary. Opa Geary tiba di Sungai Betung 1 Oktober 1961 untuk memulai pelayanan klinik kesehatan dan berkembang menjadi RSU Bethesda Serukam.

Lebih dari 45 tahun Opa Geary mendediksikan hidupnya untuk Tuhan melalui pelayanan medis holistik bagi masyarakat pedalaman Kalimantan Barat (Kalbar).

Bagi Fransiskus, Opa Geary adalah sosok pejuang iman dan kemanusiaan yang telah pensiun sejak 2006. Ia bersyukur dapat mengenal dan berkerja sama dengan Opa Geary yang seperti sosok orangtua baginya.

Opa Geary terakhir datang ke Serukam pada April 2016. Opa Geary orang yang sangat rendah hati, penuh kasih dan hangat.

Banyak teladan hidup Opa Geary yang dapat terus dipergunakan selama berkarya di dunia. Hal yang paling luar biasa dari Ia adalah kasihnya yang begitu besar bagi masyarakat pedalaman.

Hari ini boleh dibilang hari berkabung bagi RSU Bethesda Serukam Bengkayang karena hidup dan pelayanannya betul-betul untuk Tuhan.

“Hati kami sedih, tetapi tetap bersyukur karena hidup beliau selama ini betul-betul mencerminkan cara hidup Kristus baik dalam pelayanan dan penyerahannya,” ungkapnya.

Pejuang Kemanusiaan

Pelayanan RSU Bethesda Serukam telah dimulai sejak tahun 1956 oleh Pdt. John G. Bremen, seorang misionari independent diantara suku dayak. Ia membuka sebuah klinik kesehatan kecil di Gereja Rehobot Sungai Betung yang diberi nama Bethesda.

Selanjutnya pada tahun 1965 keluarga dr. Wendell G. Geary dari Misi WorldVenture Amerika datang ke Indonesia untuk mengembangkan klinik ini menjadi sebuah Rumah Sakit Pembantu Bethesda di Sungai Betung.

Mengingat akan kebutuhan pelayanan jangka panjang maka secara bertahap rumah sakit dipindahkan ke Lao Serukam melalui pertolongan Ir. John Seaders dan alm. Pdt. UT. Simatupang.

Tahun 1971-1981, sebuah mimpi menjadi suatu kenyataan berdiri sebuah Rumah Sakit pedalaman yang terletak di Serukam yang diresmikan oleh Gubernur Kalbar Kadarusno pada tanggal 23 Februari 1974 dengan kapasitas 70 tempat tidur.

dr. Wendell G Geary semasa masih hidup
dr. Wendell G Geary semasa masih hidup

Pada waktu itu bangunan yang siap digunakan adalah poliklinik, bangsal rawat inap dan bangunan bedah. Secara bertahap oleh pertolongan Tuhan, tahun demi tahun berikutnya juga dibangun bangsal bedah dan kebidanan, bangsal anak, ICU, gedung administrasi.

Sejak tanggal 12 Agustus 1982 secara resmi status kepemilikan RSUB Serukam diserahkan dari GPIBI ke Yayasan Bethesda Serukam. Selanjutnya sejak tahun 1982 mulai berdatangan dokter-dokter Indonesia antara lain dr. Sri Sjamsudewi, Sp.Rad. dr. D. Francisca Badudu, Sp. B (K) Onk, dr. Rosita Siregar, dr. Husin Basir, dr. D. J. William Ken dan menyusul beberapa lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis sejak tahun 1984 secara konsisten RSUB Serukam mengirim dokter untuk mengambil program pendidikan dokter spesialis diberbagai tempat baik dalam maupun luar.

Sumber: Tribunnews Pontianak

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: