Beranda > CALVINISME > Q&A TENTANG LUASNYA PENEBUSAN YESUS KRISTUS

Q&A TENTANG LUASNYA PENEBUSAN YESUS KRISTUS


Tanya Jawab:
PERTANYAAN PENTING TENTANG LUASNYA PENEBUSAN YESUS KRISTUS

Alat Eksegetis
Buku ini dapat digambarkan secara positif sebagai ensiklopedia. Bagaimana proses Anda untuk meneliti, mencatat, dan menulis, dan berapa lama semua itu?

Dr. David L. Allen
Saya mulai meneliti dan menulis kira-kira 10 tahun yang lalu. Semakin banyak saya membaca literatur modern, semakin saya menyadari bahwa saya perlu kembali dan membaca sumber-sumber utama tentang hal ini, terutama dari Reformasi hingga saat ini. Bab saya tentang pertanyaan luas, “Tingkat Pendamaian/Penebusan: Terbatas atau Universal?”, yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam Whosoever Will: a Biblical-Theological Critique of Calvinism , menjadi template untuk sebagian besar buku ini.

Saya memutuskan untuk membahas masalah ini secara historis, alkitabiah, teologis, logis, dan praktis. Dua pertiga dari buku ini adalah teologi sejarah. Saya ingin menemukan apa yang dikatakan para patristik secara khusus tentang subjek ini. Hal yang sama juga berlaku bagi para cendekiawan kunci abad pertengahan, Reformasi, pasca-Reformasi dan modern. Dari survei sejarah ini saya dapat melihat bagaimana para sarjana sebelumnya menangani bukti-bukti alkitabiah dan teologis mengenai pertanyaan tersebut.

Westminster dan tulisan-tulisan mereka yang berpartisipasi ketika mereka berbicara secara khusus tentang masalah ini. Aku mengikuti prosedur penelitian ini ke dalam abad 21.

Dengan demikian, sebagian besar buku ini merupakan studi induktif tentang pertanyaan luas. Saya mencoba untuk membiarkan para pemain sejarah berbicara dengan suara mereka sendiri tentang masalah ini. Membaca, meneliti, dan mencatat semua materi ini memakan waktu yg tidak sedikit. Saya menambahkan ratusan EBOOK ke perpustakaan digital saya. Saya berakhir dengan dua kotak pengarsipan lateral yang penuh dengan ribuan halaman materi yang disalin dan ditandai.

Saya mencurahkan sekitar 100 halaman ke bab demi bab kritik dari pembelaan ilmiah terbaru dari penebusan terbatas: Dari Surga Dia Datang dan Mencarinya , diterbitkan oleh Crossway.

Volume terakhir yang diterbitkan adalah 848 halaman dan berisi sekitar 3000 catatan kaki.

Alat Eksegetis
Anda jelas sangat peduli dengan topik ini, dan Anda telah menulis lebih banyak tentang Calvinisme di tempat lain. Menurut Anda apa yang dipertaruhkan dengan tingkat penebusan sehubungan dengan teologi pastoral, penginjilan, atau pengabdian pribadi?

Allen
Pada akhirnya, saya percaya doktrin apa pun yang tidak sesuai dengan Kitab Suci akan merusak gereja. Saya tidak percaya penebusan terbatas sesuai dengan Kitab Suci. Tidak banyak saudara-saudara saya yang Reformed, seperti yang ditunjukkan oleh studi yang cermat tentang sejarah gereja dari Reformasi hingga saat ini. Kitab Suci tampaknya dengan jelas menegaskan bahwa Kristus mati untuk dosa semua orang.

Khotbah dan penginjilan adalah pemberitaan Injil kepada semua orang. Namun, jika Yesus tidak mati untuk dosa beberapa orang, lalu bagaimana Injil dapat ditawarkan oleh Allah sendiri kepada semua orang? Itu tidak bisa dilakukan secara konsisten. Penebusan yang terbatas merusak tawaran Injil yang bermaksud baik. Ini juga mempertanyakan kehendak penyelamatan universal Allah dan kasih-Nya yang penuh kebaikan bagi semua orang. Bagaimana bisa Tuhan dikatakan mencintai seseorang yang tidak menyediakan penebusan dosa untuknya? Bagaimana Allah sendiri dapat menawarkan Injil kepada mereka yang Ia tahu tidak memiliki penebusan atas dosa-dosa mereka? Dia tidak bisa. Berbicara secara pastoral, penebusan terbatas menciptakan masalah yang tidak dapat diatasi.

Pertanyaan untuk dosa siapa Yesus mati datang sangat dekat dengan inti Injil dengan cara yang tidak diperdebatkan oleh surat-surat lain dari akrostik TULIP. Sementara penebusan terbatas bukanlah penyangkalan Injil, dalam pandangan saya, itu adalah distorsi Injil.

Sebagaimana Thomas Lamb, seorang Calvinis Baptis abad ke – 17 yang tegas menurut Benjamin Brook, mengatakan: “Namun saya tidak menyangkal, tetapi memberikan kepadanya [John Goodwin], bahwa penyangkalan kematian Kristus untuk dosa-dosa semua orang, tidak mengurangi filantropi Allah ; dan menyangkal dia untuk menjadi kekasih manusia, dan dengan perbuatan yang sangat menghancurkan fondasi dan pekerjaan dasar iman Kristen.” ( Kebebasan Mutlak dari Dosa oleh Kematian Kristus bagi Dunia [London: HH 1656], 248.)

Alat Eksegetis
Salah satu tujuan buku Anda adalah untuk mendokumentasikan banyak teolog Reformed yang berpegang pada penebusan tanpa batas. Setelah semua penelitian Anda, apa kesan Anda tentang perpecahan di dalam kubu Reformed antara mereka yang berpegang pada penebusan yang tidak terbatas dan yang terbatas? Yaitu, secara historis, dari Reformasi hingga hari ini, dapatkah Anda (secara kasar) memperkirakan berapa persentase yang dimiliki para teolog Reformed terhadap masing-masing?

Allen
Hampir semua, jika tidak semua, dari generasi pertama di antara Reformed, termasuk Calvin, berpegang pada penebusan tanpa batas. Di Dort, kira-kira satu dari empat delegasi menegaskan penebusan tanpa batas. Di Westminster, kira-kira satu dari tiga menegaskan penebusan tanpa batas. Perdebatan tunggal terbesar di Dort dan Westminster terjadi atas pertanyaan sejauh mana penebusan.

Saya memperkirakan bahwa setidaknya seperempat dari kaum Puritan berpegang pada penebusan dosa tanpa batas. Meskipun sulit untuk mengukur persentase di antara Particular Baptist di Inggris, jelas bahwa beberapa dari mereka juga memegang penebusan tanpa batas, namun tetap menjadi Particular Baptist. Di antara Calvinis Baptis di Amerika pada abad 18 dan 19, saya akan mengatakan sekitar setengah menegaskan pendamaian terbatas. Semua laki-laki New Divinity pada akhir abad 18 dan awal hingga pertengahan abad 19 diadakan untuk penebusan terbatas.

Saya kurang yakin bagaimana mengukur abad ke-20. Di antara para teolog Calvinis Baptis Selatan modern, ada semakin banyak yang menegaskan penebusan tanpa batas. Alasan utama yang saya lihat untuk ini adalah kenyataan dari masalah eksegetis dalam menemukan penebusan yang terbatas dalam Kitab Suci.

Apa yang terjadi saat ini dalam penelitian Reformed tentang topik ini adalah penemuan bukti yang menunjukkan ada banyak di antara Reformed yang berpegang pada penebusan tak terbatas jauh sebelum kontroversi Amyraldian.

Alat Eksegetis
Seperti yang Anda perhatikan dalam pendahuluan Anda, interaksi dengan bagian-bagian Alkitab diselingi di seluruh volume Anda seperti yang digunakan oleh para teolog. Bisakah Anda menjelaskan kepada kami di sini bagian terpenting bagi mereka yang menganjurkan penebusan tak terbatas di satu sisi, dan penebusan terbatas di sisi lain? (Anotasi secara singkat jika Anda mau!)

Allen
Para pendukung penebusan tanpa batas menunjuk ke ayat-ayat berikut:

Yesaya 53
Yohanes 1:29
Yohanes 3:16
Kisah Para Rasul 3:26

Roma 5:18-19
Roma 14:15

1 Korintus 15:1-12
2 Korintus 5:18-21

1 Timotius 2:4-6
1 Timotius 4:10

Ibrani 2:9
Ibrani 10:29

2 Petrus 2:1
1 Yohanes 2:1-2

Para pendukung penebusan terbatas menunjuk pada ayat-ayat berikut:

Matius 1:21
Yohanes 6
Yohanes 10
Kisah Para Rasul 20:28
Efesus 5:25
Ibrani 10:14
Wahyu 5:9

Perhatikan tidak satu pun dari ayat-ayat ini menegaskan Kristus mati hanya untuk dosa-dosa “umat-Nya” atau “domba-Nya” atau “gereja-Nya.” Untuk menegaskan seperti itu berarti melakukan kesalahan inferensi negatif, kesalahan logis yang mengasumsikan negatif dari pernyataan positif yang telanjang. Semua Calvinis yang menegaskan ayat-ayat ini mengajarkan penebusan terbatas terlibat dalam kesalahan kesimpulan negatif. Yang dibutuhkan adalah satu ayat yang menegaskan bahwa Kristus mati hanya untuk dosa-dosa sekelompok orang tertentu. Ayat seperti itu tidak ada dalam Kitab Suci.

Saya sedang mempertimbangkan untuk menulis jilid kedua yang akan membahas secara khusus bukti eksegetis dari bagian-bagian kunci dan menunjukkan mengapa penebusan tak terbatas adalah pandangan alkitabiah.

Alat Eksegetis
Volume ini mengikuti satu lagi besar, komentar Ibrani Anda dalam seri NAC (New American Commentary). Apa lagi yang harus kami cari untuk Anda publikasikan selama 10-15 tahun ke depan?

Allen
Saat ini saya sedang mengerjakan dua buku. Salah satunya adalah “Exalting Christ in Job” yang akan diterbitkan oleh B&H dalam seri Christ-Centered Preaching yang diedit oleh Akin, Merida, dan Platt. Saya juga sedang mengerjakan “The Doctrine of Salvation” yang akan menjadi bagian dari seri baru B&H Academic tentang Baptist Theology.

Ada terpikir oleh saya untuk menulis lebih banyak di bidang khotbah. Saya berencana untuk menulis sebuah buku tentang topik “Preaching and Prayer,” sebuah buku tentang “The Theology and Practice of Text-driven Preaching,” dan mungkin sebuah buku tentang “Preaching and Biblical Authority,” yang akan memperluas artikel saya tahun 2000 di JETS tentang hal itu. (David Allen, “A Tale of Two Roads: Homiletics and Biblical Authority,” JETS 43.3 [2000]: 489-515.)

Saya memiliki banyak koleksi bahan renungan dari sepanjang sejarah gereja. Saya berencana untuk menulis sebuah buku berisi 365 renungan harian yang akan diambil dari kekayaan materi sepanjang sejarah gereja ditambah dengan pemikiran saya sendiri.

Akhirnya, saya berencana untuk menulis beberapa komentar khotbah berbasis teks pada beberapa buku Perjanjian Lama dan Baru, seperti Rut dan Filemon sebagai permulaan. Ini tidak akan menjadi komentar tradisional, tetapi akan menunjukkan struktur semantik teks dan bagaimana itu akan menginformasikan struktur khotbah.

Volume saya 1-3 John: Fellowship in the Family , in Preaching the Word, ed. Kent Hughes, (Crossway, 2013), adalah serangkaian 20 khotbah teks-didorong atas 1 Yohanes diikuti dengan khotbah tentang 2 Yohanes dan satu di 3 Yohanes. Saya mungkin mencoba untuk menulis dan menerbitkan lebih banyak volume seperti ini pada beberapa buku Perjanjian Lama dan Baru, dimulai dengan Ibrani. ( Catatan editor: Dr. Allen juga menerbitkan komentar bagus tentang Ibrani yang unggul dalam sintaksis dan analisis teologis, dan saya senang berinteraksi dengan perspektif uniknya tentang bagian peringatan (Warning Passages) dalam tesis ThM saya. Anda mungkin juga menemukan monografinya tentang kepenulisan Lukas dari Ibrani menarik.)

Terima kasih, Todd, untuk kesempatan ini!

Alat Eksegetis
Terima kasih, Dr. Allen, atas jawaban yang menarik mengenai buku penting Anda, The Extent of the Atonement . Baca lebih lanjut tentang bukunya di posting Book of the Week kami , atau beli di sini di Amazon.

Sumber : http://exegeticaltools.com/2016/12/08/important-questions-extent-atonement/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: