Beranda > DOKTRIN GEREJA > Persepuluhan Sudah Tidak Berlaku di Gereja Perjanjian Baru

Persepuluhan Sudah Tidak Berlaku di Gereja Perjanjian Baru


Memang di Gereja Perjanjian Baru, baik Yesus dan Para Rasul tidak menjalankan persepuluhan karena mereka bukan bekerja sebagai petani hasil tanah dan peternak, jadi tidak ada keharusan memberikan persepuluhan yang biasa diberikan setahun sekali dari hasil tanah dan ternak.

Yesus tukang Kayu, Paulus tukang bikin tenda, Petrus dan Yohanes dll Nelayan bukan peternak dan bukan petani.

Orang Miskin, Para Janda, Orang Asing, dan suku Lewi adalah yang menerima persepuluhan. Suku Lewi pun memberikan persepuluhan.

Bahkan baik Yesus dan Para Rasul tidak menerima persepuluhan dan tidak menyuruh jemaat gereja jalankan persepuluhan untuk gereja mula2. Apakah praktek persepuluhan masih dijalankan Orang Yahudi di masa Perjanjian Baru? Iya, sampai hancurnya Bait Suci 70 Masehi. Apakah orang Kristen/Gereha masa Perjanjian Baru menjalankan persepuluhan? Tidak.

Mana buktinya? Ayoo kita baca di Kisah Para Rasul

Kisah Para Rasul 3:1-3, 6 (TB) Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.
Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.
Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.
Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”

Petrus dan Yohanes tdk punya yang untuk diberikan kpd Pengemis yg lumpuh jadi peminta2. Seandainya para Rasul jalankan dan terima persepuluhan dari jemaat gereja, maka Petrus dan Yohanes Pasti punya uang/harta yg bisa diberikan kpd Sang Pengemis peminta2.

Jadi jelas bahwa Yesus dan Para Rasul tidak menjalankan persepuluhan dan tdk menerima persepuluhan.

Setelah Bait Suci hancur 70 Masehi, sampai hari ini, orang-orang Yahudi tdk pernah menjalankan persembahan persepuluhan.

Namun sayangnya Doktrin Persepuluhan yg tdk dijalankan lagi oleh Yahudi dan dibuang oleh Gereja Katolik, dipungut oleh hampir semua denominasi Kristen karena menguntungkan.

  • Dede Wijaya
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: