Beranda > PESONA ALKITAB, TOKOH > KISAH SINGKAT KEMATIAN 17 MURID YESUS

KISAH SINGKAT KEMATIAN 17 MURID YESUS


KISAH SINGKAT KEMATIAN 17 MURID YESUS

Hipolitus dalam bukunya On The Twelves Apostles, mengisahkan kematian tragis 12 murid yesus+Paulus

1. PETRUS
Nama Asli Petrus adalah Simon. Petrus/Kefas adalah murid yesus yang banyak disebutkan didalam Alkitab, dan telah menjadi juru bicara secara tidak resmi dari murid-murid yesus yang lain.
Mengabarkan Injil di Pontus, Galatia, Kapadokia, Betania, Italia dan Asia. Ia dibunuh dengan cara Disalibkan secara terbalik sesuai permintaannya dengan posisi Kepala dibawah oleh Kaisar Nero di Roma.

2. ANDREAS
Andreas merupakan saudara dari Petrus, Andreas merupakan salah satu penginjil di masanya, Kematian Tragis yang dialami Andreas yaitu : Dia mati Disalib dengan posisi membentuk huruf X tergantung pd sebuah pohon zaitun di Patria, di kota Akhia dan dimakamkan di sana. Mengabarkan Injil kpd Orang Sintia dan Trakea.

3. MATIUS/Lewi Pemungut Cukai
Matius adalah salah satu murid Yesus yang sering mencatat semua perkataan-perkataan yesus ketika masih hidup, menurut sejarah Matius Mati karena disiksa kemudian dibunuh menggunakan Pedang di daerah Etiopia dimana ia menginjil. Menulis Injil Matius dalam dialek Ibrani dan diterbitkan di Yerusalem sebelum tahun 64 M, saat kemartiran PAULUS dan Petrus di zaman Nero.

Hipolitus mengatakan Matius meninggal di Hiries, sebuah kota di Partia (Etiopia). Matius dikenal sebagai Rasul yang vegetarian. Clement dari Alexandria mengatakan bahwa Rasul Matius makan biji2an, kacang2an dan sayuran tanpa daging.

4. YAKOBUS
Saudaranya Rasul Yohanes, ketika berkhotbah di Yudea, dipenggal dg pedang oleh Herodes IV, dan dimakamkan di sana.

5. YOHANES
Yohanes dikenal juga sebagai penulis injil Yohanes, di buang oleh Domitianus sang Kaisar ke Pulau Patmos, dimana dia menulis Injilnya dan Kitab Wahyu. Yohanes pernah direbus hidup-hidup pada kuali minyak yang mendidih, akan tetapi menurut sejarah Yohanes berhasil selamat dan tidak mengalami luka-luka sedikitpun karena pertolongan tuhan. Akan tetapi setelah itu Yohanes dibuang dan diasingkan ke sebuah pulau. Pada zaman Trajan, ia meninggal di kota Efesus, di mana dia tinggal di sana dan dicari tentara, namun tidak ditemukan. Yohanes dan Yakobus anak Zebedeus, keduanya disebut Yesus dengan nama *Boanerges yang artinya anak-anak guruh.*

6. FILIPUS
Filipus murid yesus yang banyak dikisahkan dalam injil Yohanes, Kisah kematiannya sama dengan yang dialami oleh Petrus, yaitu disalibkan secara terbalik dengan posisi kepala dibawah di Hieropolis pada zaman Domitianus dan dikuburkan di sana. Mengabarkan Injil di Prigia.

7. BARTOLOMEUS/Natanael
Menjadi misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Mengabarkan Injil kpd Orang India yang mana dia juga memberikan Injil Matius dan Ia meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman pukulan cambuk yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas kebeset. Disalib dg kepala di bawah, dan telah dimakamkan di Allanum, kota dari Armenia yang Agung.

8. THOMAS/DIDIMUS
Berkhotbah kpd Orang-orang Partia, Media, Persia, Hikarnian, Baktria dan orang Margia, dan kematian Rasul Thomas yaitu dieksekusi dengan cara di tikam pd keempat bagian tubuhnya dg tombak di Kalamin, kota India dan dikuburkan di sana.

9. YUDAS anak Yakobus, disebut juga LABIUS/TADEUS
Berkhotbah kpd rakyat Edesa, dan kpd semua orang Mesopotamia, dan meninggal di Beritus, dan dimakamkan di sana.

10. YAKOBUS anak Alfeus
Ketika berkhotbah di Yerusalem, telah dirajam dg batu sampai mati oleh orang2 Yahudi dan dimakamkan di sana di samping Bait Allah.

11. SIMON orang Zelot
Anak Klopas, yg juga disebut YUDAS, menjadi Bishop Yerusalem setelah Yakobus “orang benar” dan meninggal dan dimakamkan di sana pada usia 120 tahun.

12. MATIAS
MATIAS, termasuk anggota 70 murid Yesus, pengganti dari Yudas Iskariot, berkhotbah di Yerusalem dan mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya, dimakamkan di sana.

13. PAULUS
PAULUS masuk dalam kerasulan kira-kira satu tahun setelah Kenaikan Yesus, dan memulai di Yerusalem, dia melanjutkan pengabaran Injil sejauh Ilirikum, Italia dan Spanyol, mengabarkan Injil selama 35 tahun. Pada zaman Kaisar Nero, dia dipenggal di Roma dan dimakamkan di sana.

Tambahan:
14. YAKOBUS
Yakobus merupakan saudara tiri dari Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, kematian yang dialami Yakobus juga cukup mengenaskan, Yakobus mati karena dirajam dan dilemparkan dari  puncak bumbungan bait Allah dimana tempat saat Yesus pernah digoda dan dicobai oleh setan pada masa hidupnya.

15. YUDAS
YUDAS saudara Yesus dihukum mati dengan panah, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Yesus.

16. LUKAS
Tabib LUKAS mati digantung di Yunani, setelah ia berkhotbah di sana kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

17. MARKUS
MARKUS meninggal dunia di Alexandria (Mesir), setelah badannya diseret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan-jalan yang penuh batu sampai ia menemukan ajalnya.

Sumber:
Dialog Tritunggal Gereja Timur, Gratia Pello, halaman 20-24
https://www.pastimati.com/2018/06/kematian-tragis-ke-12-murid-yesus.html

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: