Beranda > Alkitab > 7 Trik Ini Bikin Kita Tetap Sempat Baca ALKITAB Meski Super Sibuk. Coba Yuk!

7 Trik Ini Bikin Kita Tetap Sempat Baca ALKITAB Meski Super Sibuk. Coba Yuk!


Bisa membaca lebih banyak buku ALKITAB. Mungkin hal ini jadi salah satu resolusi yang kita buat saat tahun baru. Tapi saking sibuknya, kita merasa enggak punya waktu buat baca. Padahal sebenarnya kita tetap bisa mencuri waktu buat baca di sela-sela jadwal yang padat kok, asal tahu triknya.

Selalu bawa Alkitab

Sekarang ini udah banyak ebook bible Alkitab yang bisa kita download dan baca di smartphone kapanpun, di mana pun. Atau kalau kita termasuk yang lebih suka memegang Alkitab dalam bentuk fisik, kita bisa memasukkannya ke dalam tas. Jadi kalau ada waktu kosong kayak pergantian kelas atau saat perjalanan, kita bisa memanfaatkan waktu tersebut buat baca.

Batasi penggunaan internet

Seringkali di saat kita mengaku sibuk, sebenarnya bukan karena kita benar-benar punya hal yang harus dikerjakan. Secara enggak sadar, waktu kita banyak tersita buat browsing internet, socmed, atau chatting. Saatnya batasi penggunaan internet dan mengalokasikan waktunya buat baca ALKITAB.

Atur jadwal Baca

Pasang alarm beberapa menit lebih awal dari waktu bangun tidur kita biasanya, dan gunakan waktu tambahan itu buat baca. Menyusun jadwal baca kayak gini bisa membuat kita lebih disiplin. Kalau kita enggak terbiasa atau susah bangun pagi, bisa juga memanfaatkan waktu sebelum tidur buat baca. Sambil menunggu rasa kantuk datang, kita bisa larut sejenak dalam bacaan. Tapi jangan malah jadi keasikan baca dan mengorbankan waktu istirahat, ya. Baca satu pasal di saat bangun tidur, satu pasal saat istirahat makan siang dan baca satu pasal lagi sebelum tidur juga bisa jadi solusi.

Berteman dengan audio bible

Manfaat dari audio book adalah kita bisa tetap membaca sambil melakukan aktivitas lain kayak jogging, merapikan kamar, atau dalam perjalanan ke sekolah atau kampus. Apalagi buat kita yang naik transportasi umum. Kita tetap bisa menggunakan tangan kita buat pegangan, karena enggak perlu repot memegang Alkitab dan membaliknya. Yang perlu kita lakukan hanya fokus pada alur cerita yang kita dengar.

Belajar baca cepat

Belajar cepat bikin kita bisa menghemat banyak waktu, tanpa melewatkan isi bacaan. Ada banyak aplikasi yang bisa kita manfaatkan buat belajar baca cepat, contohnya kayak Spreeder. Salah satu tips supaya bisa baca lebih cepat adalah dengan menelusuri kata demi kata yang kita baca lewat pergerakan jari telunjuk. Makin cepat pergerakan jari, maka kita akan membaca kata tersebut dengan lebih cepat.

Buat target Baca

Target kadang bisa membuat kita lebih termotivasi buat melakukan sesuatu. Jiwa kompetitif kita pun muncul demi memenuhi target tersebut. Tentukan target berapa banyak banyak bagian Alkitab yang harus kita selesaikan selama sebulan atau setahun, dan berusahalah mencapainya. Jangan lupa memberi reward pada diri sendiri kalau kita berhasil memenuhi target itu, misalnya dengan membeli buku rohank baru atau makanan favorit kita.

Baca ALKITAB bareng teman

Siapa bilang baca ALKITAB adalah kegiatan yang individualis? Kita bisa ikut Kelompok Gerakan Baca Alkitab di LINE/WA atau Grup Facebook, atau mengajak teman yang punya keinginan yang sama kayak kita buat baca dalam kurun waktu bersamaan. Lihat siapa yang berhasil menyelesaikannya lebih dulu, baru deh kalian bisa mendiskusikan ceritanya bersama. Kita juga bisa minta bantuan teman untuk mengingatkan kita supaya rajin membaca ALKITAB.

Jadi, tunggu apa lagi Coy. Buka ALKITAB Anda dan Bacalah! Berkat Tuhan dengan segala firmanNya melimpah di dalamnya bagi kehidupan Anda.

Diadaptasi dari artikel Averina Lita, Minggu, 12 Februari 2017

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: