Beranda > Alkitab, Uncategorized > Daftar Orang Yang Hafal Alkitab

Daftar Orang Yang Hafal Alkitab


memorize bibleUmat kristen berbeda dengan umat agama lainnya. Ada kalangan umat beragama yang pemimpinnya menghafalkan kitab suci nya. Bahkan ini menjadi momok, ejekan dan hinaan terhadap orang kristen. Banyak kritikan bahwa tidak ada orang kristen yang mampu menghafalkan Alkitab.

Bahkan yang paling konyol, kemampuan menghafal Alkitab (atau yang disebut Injil atau Bible atau Bibel) ini disangkut-pautkan dengan “bahwa Alkitab bukan Firman Allah” sehingga sulit dihafalkan. Sebenarnya ada banyak orang yang menghafalkan Alkitab namun tidak menonjolkan diri di publik. Mungkin karena mereka menyadari bahwa menonjolkan keunggulan menghafalkan Alkitab bukanlah inti ajaran Kristen. Banyak orang Kristen tidak mau menjadi “Orang Farisi”, ini adalah sikap yang bijaksana.

Namun, untuk sekedar pengetahuan siapa sajakah umat Kristen yang hafal Alkitab. Berikut nama-nama tokoh Kristen yang hafal isi Alkitab dan diketahui publik.

1. Charles Matlock (59) seorang penginjil yang dikenal sebagai “Alkitab berjalan dari Tennessee Barat” menghafalkan hampir seluruh bagian Alkitab. Charles Matlock mulai menghafalkan Alkitab sejak usia 12 tahun. Terinspirasi dari kemampuannya menghafalkan tugas sekolahnya, ia pun berusaha menghafalkan Alkitab. (Laporan Church & Ministry, 2007)

2. Dr. William Evans, seorang penulis buku berjudul “How to Memorize the Bible” – Bagaimana Cara Menghafal Alkitab” pada tahun 1919. Dalam bukunya dia menyatakan bahwa Ia hafal seluruh isi Alkitab versi King James dan Alkitab Perjanjian Baru American Standard. Buku yang ditulisnya ini mengungkapkan bagaimana cara untuk menghafalkan isi Alkitab dengan cara yang sederhana.

3. Van Impe, hafal 14.000 ayat Alkitab setelah 35 ribu jam menghafalkannya. Dia menggunakan metode kartu untuk menghafal Alkitab. Van Impe menyarankan orang yang ingin menghafalkan Alkitab untuk menghafalkan sesuai subyek atau doktrin daripada per bab.

4. Jon Goetch, wakil presiden eksekutif di West Coast Baptist College telah hafal lebih dari 14.000 ayat, dan dia terus berusaha menghafalkan ayat Alkitab setiap olahraga jalan kaki paginya selama 5 menit di pagi hari.

5. Adam Houge, Davis (Pastor di Gereje Baptis pertama di Durham) juga Nadine Hammonds, seorang perempuan tunatera yang juga berhasil menghafal puluhan Kitab dalam Alkitab.

6. Tom Meyer, anggota Wordsower International Ministries dan profesor Shasta Bible College di California. Ia menulis buku “The Memorization Study Bible: The New Testament KJV”.

Setiap umat Kristen yang pernah mengalami masa kecil di gereja dan mengikuti Sekolah Minggu Anak juga pasti ingat bahwa ada aktivitas menghafal Alkitab atau Injil atau Bible atau Bibel di gereja. Jadi mari tidak berhenti membaca dan menghafalkan Alkitab. Anda tidak perlu mempublikasikan diri bahwa Anda telah hafal isi Alkitab. Pergunakan kemampuan anda untuk melayani Allah. ~Maranatha!

Sumber:

http://www.kristenalkitabiah.com/daftar-orang-yang-hafal-alkitab/

Referensi :

Arako. (26 Januari 2016). Ini Dia Para Penghafal Alkitab. Bersumber dari http://www.kompasiana.com/arakoo/ini-dia-para-penghafal-alkitab_56a7351a6123bd2813be76af (diakses 25 Februari 2017)

Gryboski, M. (28 Juni 2016). Man Who Memorized 20 Books of Bible Reveals Tips in New Book, ‘The Memorization Study Bible’. Bersumber dari http://www.christianpost.com/news/man-who-memorized-20-books-of-bible-reveals-tips-in-new-book-the-memorization-study-bible-165742/

Iklan
  1. 27 Mei 2017 pukul 10:08 AM

    Shalom,
    Terima kasih sudah mencantumkan sumber referensi pada artikel ini.

    Sebab rupanya banyak yang asal comot artikel saya di kompasiana begitu saja dan tidak mencantumkan link aslinya.

    Syukurlah blog ini tidak demikian. Ini berarti untuk saya. Terima kasih. Tuhan memberkati.

    -Arako-

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: